-->

Pentingnya Memerhatikan Asupan Makanan,Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa


www.novanovili.com[Tips-Berpuasa] Bersyukur sekali rasanya ketika kita kembali dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, bulan Ramadhan  begitu banyak memiliki keistimewaan, tak hanya  ada kewajiban berpuasa tapi nilai ibadah pun  digandakan, karena itulah orang begitu berlomba-lomba berbuat kebaikan. Segala hal yang dilakukan memiliki nilai ibadah, bahkan tidur saja bisa bernilai ibadah jika niatnya untuk menghindari perbuatan yang kurang baik, misalnya ngerumpi,  bergossip , tapi gak boleh juga  tidur melulu, tidur memang baik tapi lebih baik kita melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat tentunya.

Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa itu menahan lapar dan haus di siang hari, dan segala hal yang membatalkan puasa. Dengan alasan berpuasa ada sebagian orang malah melalui hari dengan rasa malas dan lemas, bahkan enggan melakukan kegiatan apapun. Puasa sesungguhnya hanya memindahkan jadwal makan saja, dari siang ke malam hari. Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan pada saat berpuasa. 

Agar tidak lemas saat berpuasa tentu saja kita harus pintar mengatur asupan makanan yang kita makan, juga mengatur waktu istirahat pada siang hari. Mengatur asupan makanan  itu paling penting terutama saat sahur dan berbuka puasa. Pada saat buka puasa cendrung makan berlebihan , sehingga  seharusnya puasa bisa menjadi terapi agar tubuh sehat, dan kadar kolesterol ataupun  gula darah menjadi normal, malah yang terjadi sebaliknya.  Makanya tidak heran jika banyak yang mengeluh  berat badan bertambah pada bulan Ramadhan, pastinya gak mau bangetkan ini terjadi sama kita, bisa-bisa Gamis Syar’i kesayangan tidak bisa dipakai saat lebaran, amit-amit deh.
perbanyak air putih dan buah-buahan saat sahur dan berbuka
Agar tubuh tetap  fit saat berpuasa , ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan tentang makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka. Berikut beberapa tips yang dapat kita jalankan.

1) Bersahurlah diwaktu yang sesuai , maksudnya jangan terlalu malam atau terlalu mendekati waktu imsak. Jika terlalu cepat maka kita akan cepat lapar juga. Jika terlalu mendekati imsak tentunya kita kan makan terburu-buru. Mengatur waktu ini penting agar kita punya waktu menikmati makan sahur dengan tenang  selain itu  kita memberi  ruang pada lambung untuk mengkonsumsi  yang lainnya, misalnya sehabis atau sebelum makan nasi bisa mengkonsumsi buah, bisa juga minum susu dll. Bayangkan saja jika cuma punya waktu cuma 5 menit, pastinya cuma bisa makan nasi dan  segelas air putih.

2). Saat sahur penting mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti gandum, karena bisa mengenyangkan untuk waktu lama sekitar 6 jam tergantung aktifitas. Jangan lupa konsumsi air putih dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh disiang hari. Tidak dianjurkan memakan mi instan karena selain gak bagus diperut, mi instan cendrung menyerap air dalam tubuh sehingga membuat tubuh cepat lelah dan rasa haus yang berlebihan, kerongkongan terasa begitu kering, aku pernah mengalami ini.

3.) Saat sahur tidak dianjurkan meminum kopi atau teh manis. Kopi dapat meningkatkan asam lambung, sehingga lambung akan terasa perih dan sakit. Minuman atau makanan yang manis disaat sahur akan membuat makanan cepat diserap tubuh dan cepat juga dikeluarkan sehingga membuat tubuh menjadi cepat lelah. Lebih baik perbanyak minum air putih dan  makan buah, agar makanan diserap secara perlahan dan dibuang secara perlahan juga.  minumlah vitamin jika dibutuhkan, ini tergantung pekerjaan jika bekerja dilapangan atau terlalu aktif, pentig konsumsi vitamin.

4.) Saat siang hari beristirahatlah sejenak. Yang namanya kantor atau bekerja apapun pasti ada waktu istirahat, gunakanlah waktu ini sebaik-baiknya. Kita bisa memanfaatkan jam istirahat untuk tidur sebentar, ntah itu di mushollah ataupun di ruang kerja, sejenak memejamkan mata disandaran kursi. Boleh juga  sih.., memanfaatkan waktu istirahat  untuk kegiatan lain , asal tidak memporsir tenaga, seperti membeli  perlengkapan  kosmetik secara online agar tampil cantik lebaran nanti. Ehm! puasa baru mulai pikiran udah lebaran aja hehehehe. Ya, dari pada saat jam istirahat melipir ke mall terdekat, dan ternyata disana banyak godaan, mending via online dong. Buat kamu yang ingin memaksimalkan ibadah Romadhan bisa kok memanfaatkan jam istirahat  untuk  baca qur’an atau dengar tilawah via gadget kamu, sekarang itu untuk berbuat baik itu mudah kok.

5.) Saat berbuka puasa, penting untuk tidak makan secara berlebihan. mulailah dengan segelas air putih hangat, atau teh hangat yang manis. Minuman dingin memang menyegarkan tapi itu akan membuat tubuh menjadi lemas. Boleh saja jika saat bwrbuka langsung makan nasi dan lauk pauk, tapi jangan kebanyakan mengingat masih banyak rangkaian ibadah yang akan kita lakukan selepas maghrib.

6.) Bagi teman-teman yang ingin berolah raga sebaiknya dilakukan 20 menit sebelum berbuka puasa. Ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi berlebihan, selesai berolah raga kita  bisa langsung minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang saat berolah raga.


Berpuasa tak hanya membutuhkan kesiapan rohani tapi butuh juga kesiapan jasmani.  Apa yang kita asup mempengaruhi kinerja dan metabolisme tubuh, untuk itu kita perlu memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Besok sudah puasa nih, teman-teman sudah beli baju lebaran belum sih? , nah loh, kok? hahahaha

Baiklah sebagai penutup tulisan sederhana ini saya  menghaturkan maaf kepada teman-teman semua jika saya ada salah dalam berkata-kata maupun ketika berkomentar di blog teman-teman. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga segala amal ibadah kita dibulan Romadhan ini terima oleh Allah SWT,aamiin


TIPS ASYIK LIBURAN HEMAT


www.novanovili.com [ Tips- Wisata ]Semua pasti setuju kalau aku bilang liburan itu mengasyikkan, apalagi kalau bisa liburan rombongan, baik sama keluarga atau teman-teman. Ya, siapa sih yang gak happy bisa liburan, jalan-jalan, melupakan kesibukan kerja untuk beberapa waktu, tanpa mikir bangun pagi atu telat ke kantor. 

Tapi pasti jadi gak asyik kalau liburan sambil mikirin isi dompet, mikirin tiket pesawat, mikirin tempat menginap, aduh..uangku masih cukup gak ya….???, aduh jangan-jangan pas pulang nanti malah  dapat tiket yang lebih mahal. Nah, jadi gak menikmati liburan kan?

Buat teman-teman, yang mau liburan tanpa diganggu bayang-bayang buruk seperti diatas, aku mau berikan sedikit  tips, biar liburan teman-teman semua  bisa dinikmati senikmat-nikmatnya :).

1) Tentukan jenis liburan/wisata. Yup, sebelum menentukan tujuan liburan atau wisata, ada baiknya pastikan jenis wisata yang ingin dilakukan. Jenis wisata disini yaitu apakah wisata alam apakah wisata belanja. Wisata alam tentunya bisa menikmati laut, pantai, pegunungan, atau air terjun bisa juga arung jeram, biasanya ini biaya lebih murah, tapi relatif juga tergantung jauh dekat, dan sulitnya akses yang dituju. Untuk tujuan wisata belanja biasanya dengan tujuan kota besar atau Negara  yang dituju. Bisa juga  kedua-duanya dinikmati sekaligus .

2) Sesuaikan dengan budget yang ada. Setelah teman-teman menentukan jenis liburan yang ingin dilakukan , pastikan budget yang ada mencukupi  jangan sampai kekurangan atau malah kehabisan. Pasti gak mau dong, pulang liburan jadi malah banyak utang. Sebaiknya sisakan tabungan untuk memenuhi kebutuhan setelah liburan, minimal sebelum tanggal gajian tiba.
3) Tentukan daerah wisata yang akan dikunjungi. Setelah menetapkan jenis dan budget yang ada, baru kemudian  memutuskan daerah mana. Tentu disesuaikan budget misalnya ingin menikmati pantai dengan pasir putih, daerah atau tempat mana yang terdekat sesuai budget. Jika wisata belanja apakah dalam negri atau luar negri.

4) Tentukan transportasi yang digunakan.  Disini ada beberapa pilihan apakah naik bus, pesawat, atau kapal laut. Menggunakan kapal laut dan bus biasanya memang lebih murah tapi teman-teman dipastikan akan mengeluarkan dana konsumsi lebih banyak dan waktu yang akan digunakan pun lebih lama, bisa dikatakan waktu banyak terbuang. Naik pesawat itu memang kelihatan lebih mahal tapi sesungguhnya banyak diberi kemudahan dan waktu tak habis terbuang hanya untuk menuju tempat wisata, kecuali punya waktu cuti yang lebih panjang.

5) Pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat wisata dan nyaman. Pastinya tujuan berlibur itu adalah meluangkan banyak waktu untuk jalan-jalan, bukan mengahabiskan waktu untuk tidur dan berleha-leha dikamar. Jadi sebaiknya pilihlah penginapan atau hotel yang nyaman untuk teman-teman bisa  tidur dimalam hari dan bisa melanjutkan liburan esok harinya. Memilih hotel yang terlalu mewah itu akan percuma saja , toh sering ditinggalkan juga.  Kecuali kalau sengaja, dan tujuan berlibur adalah menenangkan diri dan stay saja dikamar atau menikmati fasilitas hotel, seperti kolam renang dan spa.

6) Booking tiket pesawat jauh sebelum hari keberangkatan, Ini dimaksudkan biar teman-teman punya waktu banyak untuk hunting tiket dan memilih promo dari setiap maskapai.  Pemesanan secara mendadak hanya membuat manteman terjebak dan terpaksa membayar tiket yang mahal. Pasti gak mau kan ya…? sayang donk, dana yang ada bisa buat beli oleh-oleh untuk teman kantor atau saudara.

7) Bookinglah tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Untuk  menghemat waktu dan dana, sebaiknya pesanlah tiket pesawat dan hotel secara bersamaan, karena booking secara terpisah itu cukup menghabiskan waktu. Biaya yang dikeluarkan pun akan semakin banyak.
Perlu teman-teman ketahui sekarang ini sudah ada  paket wisata traveloka, yaitu booking tiket pesawat dan hotel  dalam satu paket.  Kenapa harus booking dalam satu paket? karena teman-teman akan mendapatkan  kemudahan dalam saving time, harga lebih murah  dibanding pesan terpisah. Sisa dana pemesanan ini bisa teman gunakan untuk yang lainnya mungkin untuk wisata kuliner  atau lainnya. Cara pembayarannya juga gak ribet karena di traveloka menyediakan berbagai cara metode pembayaran sehingga tidak menyulitkan bagi teman-teman yang tidak memiki kartu kredit. 

Bagaimana nih.. manteman liburan sebentar lagi, sudahkah memilih tempat untuk liburan? Jangan lupa beli tiket dab hotelnya di taraveloka saja yah..

Memetik Cinta Ananda Disaat Lansia


www.novanovili.com - [Parenting ] Pastinya kita sering mendengar bahwa ada orang tua yang sudah lansia tapi kurang mendapatkan perhatian dari anak-anaknya. Bahkan dari beberapa anaknya malas mengurusi, seakan seperti saling tolak jika diminta agar orang tua tinggal bersama mereka.

Kita yang melihat dan mendengar saja  ikut sedih apalagi  bagi ayah ibu yang sudah lansia itu mengalaminya sendiri. Bergidik membayangkan bagaimana jika kita mengalaminya ketika kelak masa tua itu menghampiri. Apakah teman-teman pernah membayangkan ini?  Jujur, aku pernah.
Rasa ketakutan di sia-siakan anak ketika renta itu  membua ke khawatiran sendiri, tapi pastinya semuanya bisa di antisipasi. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan saat ini agar kelak kita tak disia-siakan oleh anak.

Menghormati dan berbuat baik ke pada orang tua.  Yes, tentu saja jika kita ingin kelak  anak-anak yang kita lahirkan dan kita besarkan menghormati kita sebagai orang tuanya, jauh sebelum itu kita juga harus menghormati dan berbuat baik kepada orang tua kita sendiri. Sudah banyak contohnya, bahkan  dari kerabat  sendiri, yang dulunya "durhaka" ke orang tua, eh nyatanya "dibalas" anak berkali lipat. Bukan maksud membuka aib tapi  hanya untuk menjadi contoh saja.

Tanamkan Pendidikan Agama. Akhir-akhir ini agama seperti dipandang  gimana..gitu ya.., kalo dengar  kata agama jadi kelihatan sinis saja bahkan ada ajakan jangan bawa-bawa agama. Padahal menurut aku pribadi (maaf jika tidak sependapat *emang perlu minta maaf ya..?) namanya Agama itu nomor 1 yang jadi pondasi atau landasan untuk melakukan segala hal. Misalnya banyak berdalih “ini seni loh… jangan bawa-bawa agama disini”, alhasil seni yang  diciptakanpun berhasil merusak moral misalnya tari telanjang dll (cuma contoh). Jika ada yang berbuat jahat berbuat kesalahan itu yang salah orangnya pribadi bukan agamanya, karena agama pasti mengajarkan kebaikan.


Begitu juga soal mendidik anak, dalam agama Islam sendiri begitu banyak dalil-dalil  yang menganjurkan  agar berbuat baik  kepada orang tua, terutama ayah dan ibu. Bahkan Ibu sendiri memiliki keutamaan lebih dibanding ayah, karena melihat jasa ibu baik saat mengandung, melahirkan, menyapih , mendidik dan membesarkan hingga dewasa.   Agama memberi dasar agar anak-anak tahu budi dengan kebaikan dan jasa-jasa orang tua. Bahkan diwajibkan berbuat baik walau kenyataannya orang tua berbeda keyakinan.

Jadi jika ada yang menasehati anak bahwa jangan menghormati orang tua  hanya karena telah mengandung melahirkan dan menyusui, jujur saja  kok rasanya kurang sependapat aja sih, karena Tuhan saja menyebutnya, masa kita nggak.


Ciptakan Kedekatan dengan anak.  Sekarang banyak banget artikel  yang berisi tips-tips meningkatkan bonding dengan anak. Cinta itu seperti tanaman akan mekar berseri jika dijaga, disirami, dipupuk dan dipelihara, begitu juga dengan kedekatan dalam keluarga. Bagaimanapun kita berusaha untuk selalu ada untuk mereka, mendengarkan  ketika mereka mengeluh, menguatkan ketika mereka lemah. Kita memang orang tua mereka, bukan bearti kita semena-mena, tugas kita menanam cinta di hati mereka, jangan sampai mereka tumbuh sebagai anak yang suka membangkang.


Tegas tapi tidak kasar. Sayang itu bukan artinya tidak pernah marah, marah karena cinta. Anak-anak suadah pasti sering melakukan kesalahan, adakalanya mereka perlu dinasehati bahkan dimarahi. Semua itu tentu saja untuk kebaikan mereka agar mereka tahu kata maaf dan kelak bisa memperbaiki kesalahan dan tak mengulangi kembali. Marah juga harus sesuai dengan porsinya tak langsung pukul, tampar , menendang, karena akan membuat anak- hanya takut di depan kita tapi membangkang jika jauh dari penglihatan orang tua, selain itu mereka hanya mengingat bahwa kita telah memukul dan takutnya menjadi sebuah dendam dan bom waktu dimasa yang akan datang. Tapi bukan artinya kita tidak boleh marah dan cerewet, bagaimanapun cerewet itu penting namun harus sesuai kebutuhan.

Jangan turuti semua kemauan, Jangan hanya uang. Mungkin kita banyak uang, kita kaya, tapi bukan artinya sebuah pembenaran untuk menuruti semua kemauan anak. Menuruti semua kemauan anak hanya mendidiknya menjadi anak yang lemah dan berpikir segalanya akan tercapai hanya dengan uang. Bahkan banyak anak-anak yang malas sekolah atau kuliah karena merasa orang tuanya kaya atau banyak uang.  Selain itu ditakutkan anak hanya menganggap kita sebagai mesin uang  dan ketika kita tua , bangkrut, mereka akan  menyia-nyiakan kita (naudzubiilah).


Bagaimana pendapat teman-teman soal ini? ada yang punya pengalaman atau menambahkan, silakan lanjutkan ya.., siap menerima wejangan hehehehe..

#Selfreminder







Penawaran Beli Tiket Pesawat Murah Bukalapak



Lebaran tinggal dua bulan lagi, walaupun terhitung masih lama tapi orang-orang sudah sibuk booking tiket untuk mudik, bahkan jauh hari sebelum Ramadhan tiba. Mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.  Alasan mereka booking tiket jauh jauh jauh hari selain takut kehabisan,  mereka beralasan agar punya waktu banyak untuk memilih maskapai dan memesan tiket yang lebih murah.

Pesawat masih menjadi salah satu moda transportasi pilihan untuk masyarakat Indonesia khususnya yang kelas ekonominya adalah menengah ke atas. Mereka biasanya akan membeli tiket ini untuk melakukan berbagai jenis perjalanan termasuk disaat mudik lebaran. Maka dari itu jangan sampai ragu karena pastinya maskapai penerbangan saat ini juga sudah semakin beragam, bahkan saat ini sudah ada beberapa rute penerbangan baru yang bisa menjadi alternative. Harga Tiket pesawat di Bukalapak  bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang ingin beli tiket dengan mudah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui pastinya sebelum membeli tiket pesawat ini yang berkaitan juga dengan prosedur. Berikut ini adalah beberapa hal penting ini antara lain:

1)Harus memiliki identitas lengkap dan asli, karena pastinya fitur yang diberikan Bukalapak ini bukan untuk mereka yang ingin menjalankan percaloan. Dimana fitur ini dibuat memang khusus untuk mereka yang membutuhkan tiket pesawat dengan mudah.

2) Mengisi data sesuai dengan kartu tanda pengenal, karena hal ini sangat penting untuk beberapa kepentingan. Seperti untuk keperluan maskapai dan juga untuk keperluan asuransi jika terjadi hal yang tidak diinginkan pastinya. Pada saat akan mengisi data diri ini juga hanya diberikan waktu yaitu 15 menit.

3) Verifikasi pembayaran secara otomatis, sehingga kita tidak perlu ragu menunggu hasil pembayaran yang biasanya memang akan lama sekali keluarnya. Sehingga kita harus tahu beberapa metode pembayaran yang bisa membuat kita jadi lebih mudah pastinya dalam pembayaran.

Prosedur pada saat akan membeli tiket pesawat ini memang tidak jauh berbeda pada saat membeli tiket secara langsung. Akan tetapi saat ini banyak orang yang menjatuhkan pilihan mereka pada tiket pesawat murah Bukalapak yang akan membuat mereka bisa membeli tiket pesawat dengan mudah. Pastinya ini merupakan salah satu hal yang juga dapat menjadi pilihan pada saat akan membeli tiket ini pada waktu yang sangat mepet karena juga tiket ini bisa menjadi andalan pada waktu yang sangat sederhana.


Jika Anda merasa ragu, maka Anda ada baiknya mencoba dahulu agar tahu apa saja kelebihan jika menggunakan pembelian melalui Bukalapak ini. Memang saat ini pembelian ini masih bisa dilakukan di website saja, namun jika program ini dirasa juga sudah berhasil maka akan mulai bisa digunakan untuk aplikasi pastinya. Jadi Anda yang memiliki Aplikasi Bukalapak tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam membeli tiket pesawat ini.

Pastinya banyak orang yang akan menanyakan mengenai harga yang ditawarkan ini. Sebenarnya harga yang ditawarkan juga tidak terlalu tinggi. Inilah sejumlah keuntungan yang bisa kita dapatkan jika membeli secara online ini antara lain:

1) Bisa dibeli kapan saja dan dimana saja, ini menjadi hal yang sangat membuat orang menyukai tiket online juga.

2) Ada potongan harga diskon, jika kita melihat kolom diskon maka kemungkinan untuk dapat diskon semakin besar.

3) Bisa membeli untuk jangka waktu panjang, sehingga untuk Anda yang ingin merencanakan pergi pada beberapa bulan ke depan maka ini pilihan yang baik.

Menggunakan cara modern ini memang akan membuat banyak orang jadi lebih mudah. Tiket pesawat murah Bukalapak ini harganya juga beragam. Kita bisa mendapatkan harga tiket yang dimulai dari harga 200 ribuan. Hampir semua maskapai penerbangan juga terdaftar dalam situs ini dan akan ada pembelian penerbangan internasional.

Wah! Ini Tips Memilih Kursi Kantor yang Nyaman

Bagi yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, pastilah berkerja sudah menjadi kegiatan utama sehari-hari. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang selalu merasa kelelahan sehabis bekerja, penyebabnya tentu saja keadaan lalu lintas yang tidak mendukung kita untuk pergi atau pulang bekerja secara cepat. Maka dari itu kenyamanan dalam bekerja merupakan hal utama yang harus dijaga agar tidak terlalu lelah ketika pulang bekerja.

Kenyamanan ini banyak faktor, salah satu faktor terbesar adalah furniture yang mendukung kita bekerja seperti kursi kantor. Kenyamanan kursi kantor berkualitas sangat menentukan kesehatan serta primanya badan kita. Nah, untuk memilih kursi kantor ini harus memperhatikan banyak faktor. Apa saja sih tips memilih kursi kantor yang nyaman untuk Anda bekerja? Yuk cek di sini yuk!

1. Punya kaki roda
Percaya atau tidak, ternyata ada kursi kantor yang tidak mempunyai roda pada kakinya. Hal ini tentu sangat membuat tubuh terasa pegal karena kita akan diam di satu tempat saja. Jika kursi kantor mempunyai kaki roda, tentunya kita akan bisa berpindah dari satu meja ke meja lain sehingga tidak akan membuat tubuh hanya diam saja sehingga pegal-pegal bisa dihindari. Maka dari itu ada baiknya kita memilih kursi kantor yang punya kaki roda.

2. Bantalan empuk
Jika Anda ingin bekerja secara maksimal, ada baiknya Anda memilih kursi kantor yang punya bantalan empuk sehingga bagian bokong dan pinggang tidak akan terasa sakit jika duduk berlama-lama. Ingat! Anda bekerja tidak hanya 1 atau 2 jam saja, tapi hampir seharian. Untuk itu ada baiknya Anda perhatikan dulu pada bantalan kursi, apakah empuk atau keras. Jika keras, pinggang tentu menjadi sakit sehingga bisa memunculkan berbagai kemungkinan penyakit.

3. Kursi kantor fleksibel
Pilihlah kursi kantor yang punya fleksibilitas yang tinggi agar Anda bisa mengatur posisi kursi kantor. Jika Anda bisa mengatur sendiri tinggi rendahnya kursi kantor, tentu Anda bisa menyesuaikannya dengan meja kantor. Dengan begitu, jika Anda bosan pada posisi yang standar, Anda bisa mengubahnya dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda sehingga pikiran tidak terasa bosan selama bekerja.

Itulah 3 tips memilih kursi kantor yang nyaman. Dengan memperhatikan ketiga hal di atas, tentunya tubuh Anda selama bekerja akan lebih fresh sehingga sepulang kerja, tubuh tidak terlalu kelelahan. Maka dari itu yuk beli kursi kantor yang berkualitas dan minimalis agar kerja Anda menjadi lebih giat.

6*J-Theme