Pakaian Wajib Muslimah

09:39:00

http://2.bp.blogspot.com/-kGCn3KI6Hqc/UK4Dcoi7A3I/AAAAAAAABMg/9YfzVaRR9ts/s1600/pakaian+muslimah.png
Syarat pakaian muslimah : Sumber  maknasuci

Sebelum memakai  pakaian muslimah aku sempat disangka non muslim, padahal pakaian ku cukup sopan waktu itu, pakai rok jins dibawah dengkul denganatasan kaos lengan pendek, tapi ntah kenapa seseorang tersebut menyangka aku non muslim, mungkin itu cara Allah swt untuk menyentil ku agar segera berhijab secara benar. Selain itu aku juga pernah digodain tukang ojeg (ih..gak banget), padahal dia tahu aku lebih suka jalan dari pada naik ojeg, eh tu abang masih aja nawarin pake ngekorin segala ….ih..sebel, aku sih pasang muka datar tanpa ekspresi aja, la wong ga kenal.  Setelah aku berhijab, dia nggak pernah lagi ganggu aku.
Ternyata segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah dan rasul itu pasti ada manfaatnya. Sesungguhnya berhijab itu merupakan identitas muslimah, agar tidak diganggu oleh orang jahil. Alhamdulilah ternyata ini terbukti setelah aku menggunakan hijab. Begitu juga jika Allah melarang sesuatu, pasti ada dampak negative jika itu dilanggar, misalnya Allah mengharamkan memakan Babi, ternyata setelah diteliti ternyata  daging babi banyak mengandung cacing pita yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Islam agama yang begitu komplit, segala sesuatunya telah diatur, bahkan makan dan minum juga  ada aturannya, agar apa yang kita makan bisa menyehatkan secara jasmani dan rohani. Begitu juga dengan berpakaian, wanita yang telah baligh diwajibkan untuk menutup auratnya , hampir seluruh tubuh wanita aurat, kecuali wajah dan telapak tangan. Tak sekedar ditutupi saja, ada syarat-syarat pakaian yang bisa dikatakan pakaian muslimah yang sesuai syar’i: 

*         Pakaian harus longgar, tidak membentuk lekuk tubuh, dan tidak menyerupai pakaian laki-laki.
*        Pakaian tidak tipis dan menerawang.
*       Pakaian tidak berwarna sangat mencolok, dengan pernak-pernik yang akan menjadi  pusat perhatian, sehingga membuat orang memandang lekat padanya terutama lelaki bukan muhrim

Awal-awal mengenakan hijab, aku juga pernah memakai jins dan kaos lengan panjang, lalu pakai kerudung segi empat, tapi nggak jilboobs lo…, karena kaos yang ku kenakan longgar dan kerudungnya nya juga menutupi dada. Selain itu aku juga suka pakai yang potongan maksudnya rok dan blouse , kerudungnya segi empat atau kerudung instan yang terbuat dari kaos. Makin kesini aku makin merapikan dan menyempurnakan cara berhijab, aku mulai suka mengenakan gamis dari pada yang setelan atas bawah. Gamis menurutku lebih simple karena tidak perlu memikirkan atasan atau bawahan, tidak perlu repot mix and match, jadi cukup memikirkan kerudungnya, jadi  lebih hemat waktu juga kan..?


http://3.bp.blogspot.com/-UJ8vyfcmjqk/VevCVzS5ErI/AAAAAAAACqo/nORLxe-MF5E/s320/1441508079360%2B%25281%2529.jpg
Gamis lebih nyaman dipakai sehari-hari
Aku lebih senang dengan gamis berbahan katun, sifon,  jersey dengan model payung yang lebar, spandek korea aku kurang suka karena agak mengikut bentuk tubuh terutama bagian bokong kadang suka membentuk. Sebagai muslimah kita harus pandai-pandai memilih bahan agar kita merasa nyaman mengenakannya dan merasa betah dan tidak gerah. Pada saat ini produsen baju gamis sangat faham  akan kebutuhan muslimah. Mereka berlomba-lomba mebuat desain baju yang sesuai syar’i  tapi tetap anggun dikenakan, cantik dengan model dan padu padan motif dan warna yang nyaman dipandang mata , jadi nggak asal lurus kaya karung goni atau asal longgar aja .
 Mengenai bahan mereka juga sangat mengerti, biasanya mereka  akan membuat gamis dengan bahan adem, tapi tidak menerawang, dan tidak nyeplak body. Jadi..gak ada alasan untuk tidak berhijab, gak mode lah…. pakai jilbab gerah lah..itulah…ini..lah, karena semua sekarang lebih mudah dan banyak pilihan.

 Akhir-akhir ini sangat booming gamis  dari bahan katun jepang, selain kualitasnya bagus, katun jepang sangat banyak coraknya baik polkadot ataupun motif garis atau bunga-bunga kecil juga ada yang polos, katun jepang bahannya tidak terlalu tebal tapi juga tidak menerawang sangat adem dan nyaman dikenakan disegala cuaca dan juga sangat fleksibel untuk dikenakan setiap hari dan bisa dikenakan pada acara formal, maupun non formal. Ini terbukti banyak sekali onlineshop yang memajang  gamis dengan bahan katun jepang dengan desainnya sangat cantik, dan pas untuk wanita yang ingin modis tapi tetap syar’i. itu membuktikan bahwa banyak muslimah yang meminati gamis dengan bahan ini.
http://cdn.jarvis-store.com/ahza-detoko-upload/produk/medium/20151029-195517.jpg
Salah satu desain gamis katun  jepang yang sedang digemari muslimah saat ini
 Di Indonesia Mukena juga merupakan pakaian wajib wanita muslimah . Mukena adalah pakaian untuk sholat, sebenarnya tak ada pakaian khusus untuk sholat, asal pakaian itu longgar dan menutup seluruh aurat maka syah untuk dipakai saat sholat. Tapi ini merupakan budaya Indonesia, karena zaman dahulu wanita tidak memiliki pakaian yang syar’i  bahkan cuma kembenan aja.., maka diciptakanlah mukena alias telekung alias rukuh untuk sholat. Sama halnya dengan baju, desain mukena  itu ada bermacam-macam ada yang setelan atas bawah, mukena terusan dll. Kalau aku biasanya suka beli  yang atas bawah gak tau kenapa , pokonya suka aja gitu, kalau dirumah malah bawahannya pakai sarung diikat dipinggang hahahha… tapi ini mode klasik yang semua muslimah Indonesia pasti pernah pakai, karena dulu itu jarang ada mukena setelan, biasanya yang dijual cuma atasnya saja. 

 Mukena biasanya terbuat dari kain katun karena  lebih adem,tapi sekarang ada juga dari bahan jersey, spandek , rayon , dan kain , katun jepang, mukena bahan parasut biasanya dibawa saat ketika bepergian atau traveling karena gampang dilipat kecil sehingga dapat memberi ruang lebih pada tas. Harga mukena juga cukup bersaing, kalau mau beli kita tinggal pilih mukena yang sesuai selera dan sesuai didompet. Di dompet? Yaaa…elah Cuma mukena aja..kok, Eh..asal tahu mukena ada dari bahan sutra dengan border cantik..wew.. kalo menurut kantong aku harganya sangat lumayan.
 Tapi kalo menurut aku… kalau mau  beli mukena mending cari model, bahan, dan warna yang adem dan gak terlalu mahal. Jangan sampai sholat dapat menimbulkan  rasa riya dihati, apalagi kalau sholat berjamaah di masjid. Bukan pahala yang berlipat  didapat malah sholat bagai  debu yang teriup angin dan tak tersisa. Emang sih..segala sesuatu tergantung niat dihati, tapi paling tidak meminimalisir   terjadinya penyelewengan niat. O iya, ngomong-ngomong soal mukena untuk traveler, kemarin aku baru  tahu  kalau sekarang ada mukena traveler yang setelan kaya baju gamis dan kerudung. Sipp banget ya… ntar kalo ada rejeki pengen beli deh.
Mukena Traveling/Terusan
ini nih penampakan mukena travel yang aku ceritakan barusan, keren ya..

Kewajiban muslimah tak hanya berpakaian syar’i saja, selain sholat dan puasa ada banyak hal yang harus kita sempurnakan. Memang tak ada yang sempurna tapi paling tidak ada niat dihati untuk bersikap lebih baik lagi baik hubungan dengan Allah swt, maupun dengan sesama.  Tak soal dari mana kita untuk memulainya ntah dari hati ataupun dari akhlak dan pakaian luar dulu, tapi yang penting adalah menepati janji hati tuk jadi muslimah sejati, semoga istiqomah,amiin.


     "Tulisan ini diikutsertakan dalam GiveAway Toko Online Ahza D'Toko"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 komentar

  1. gamis katun jepang tuh yang kayak apa saya belum pernah tahu wujudnya. bisa jadi saya punya tapi ga tahu. good luck ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. katun jepang bahannya lembut dan tidak begitu tipis dan tidak menerawang mba....adem dipake..

      makasih udah mampir n doa in..

      Delete
  2. memang harusnya begitu kalau perempuan wajib berpakaian muslimah

    ReplyDelete
  3. Kalau dirumah aku selalu pakai gamis. Kalau keluar kadang pakai gamis dan kadang pakai jeans. kalaupun pakai jeands, bajunya panjang. Klo tarvelling sukannya pakai jeans.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo traveling emang enak pake jeans yak... lebih leluasa melangkah bebas...

      thanks..udah bertamu zulfa...

      Delete
  4. amin allahumma amin, hhee
    semoga sukses dan berkah GAnya ya bunda ^_^
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih..rohma...
      salam kenal kembali ...

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA