5 PEMICU PERTENGKARAN DIAWAL PERNIKAHAN

12:15:00


pertengkaran awal pernikahan
Diawal pernikahan selalu identik dengan cinta yang masih menggebu, romantis  setiap hari dan segala kisah manisnya. Tapi pernikahan bukanlah penyatuan kesamaan, tapi penyatuan dua kepala, dua karakter, dua kebiasaan yang dibawa sejak lahir dan telah mendarah daging.  Dan segala perbedaan itu tentunya sedikit banyak akan memicu perselisihan diantara keduanya.
Banyak yang berfikir “eh.. kok bisa bertengkar ya?”, ternyata yang katanya cinta banget, dan sayangnya beribu sayang dan berpikir tak kan terjadi ribut-ribut kecil, ternyata terjadi dalam hitungan bulan.   


Apa saja sih… pemicu pertengkaran diawal pernikahan itu , menurut aku ada yang dasar banget itu ada 5, merah—kuning..o bukan..itu balon ya..?? he2
1.       Cemburu, rasa cemburu   dapat memicu perselisihan diawal pernikahan. Mungkin awalnya ada ucapan selamat dari teman-teman baik via sms ataupun chatt atau juga kado-kado, dan biasanya salah satu pihak akan bertanya  ini siapa..ini siapa  dan terucaplah bahwa itu dari mantan. Buat yang sensitive dengan sesuatu yang berbau mantan, maka akan timbul riak-riak kecil perselisihan  itu* lari..nangis dibawah bantal*
2.    Kebiasaan. Jika yang satu rapi yang satunya cuek, hal ini bisa jadi pemicu juga. Misalnya menaruh handuk setelah mandi, cara memencet odol, suka asal-asalan menaruh barang-barang. Lebih baik jangan kaget, karena kita dari dunia keluarga yang berbeda, lebih baik dibicarakan jika tidak suka dari pada tiba-tiba langsung marah, dan jangan cuma didongkolin dalam hati, yang kemudian menumpuk jadi kemarahan yang lebih besar.
3.       Bercanda yang dirasa berlebihan. Biasanya diawal pernikahan sering banget becanda ini itu kadang juga pakai mencela kekurangan. Bagi pihak yang sensian bakalan cepat tersinggung dan cemberut marah, apalagi misalnya bawa-bawa fisik. Lebih baik fisik tidak usah jadi bahan candaan , mending sering puji-puji ambil hati.
4.       Salah satu pihak ingin terlihat hebat. Ini biasanya terjadi pada pasangan beda pendidikan atau tipe orang yang gak mau kalah. Biasanya perempuan emang selalu nyahut nyamber omongan suami, jadi suami berasa dibantah gak didengerin omongannya berujung dengan rasa kesal begitu juga sebaliknya. Jika urusan yang gak penting, masalah ga penting jangan pakai debat kusir, mending iya in aja, lah ga ngaruh juga yang dibahas juga cuma gossip dan diluar hubungan berdua dari pada berantem, mending sayang-sayangan.
5.       Terlalu posesif dan ingin diperhatikan. Ini biasanya dialami para wanita yang terkesan manja.
“ mas dimana?, cepat pulang ya” . Inginnya suami selalu dekat suami terus, padahal suami sedang kerja atau kumpul dengan temannya atau kemana-mana maunya dianterin ditungguin. Nah.. ujung-ujungnya suami jadi kesal.

Seiring bertambahnya usia pernikahan akan banyak terjadi “keributan” dalam rumah tangga termasuk faktor uang dan anak. Ribut kecil dalam rumah tangga itu hal biasa, dan kedua belah pihak  harus bisa saling intropeksi atas kekurangan masing-masing dan berusaha menjadi pasangan yang lebih baik bagi istri atau suaminya.  Sungguh tidak baik jika memaksakan kehendak pada pasangan, atau memaksa pasangan untuk menerima apa adanya, tetap harus ada perbaikan diri.
pertengkaran awal pernikahan
Yakin deh..dulu pasti punya harapan mendapatkan jodoh “yang menerima saya apa adanya”. Tapi penerimaan apa adanya itu dalam konteks bagaimana?. Ketika dulu berpikiran seperti itu apa ada  juga terbersit  bahwa “saya juga menerima kamu apa danya” dan dalam konteks penerimaan bagaimana pula.

Coba bayangkan suami istri  istri yang punya prinsip seperti itu, dan keduanya memiliki sifat jelek, kasar, judes, egois,berantakan, bayangkan kalau mereka berprinsip “terima saya apa adanya”, yakin deh rumah tanggga bakal kacau balau. Jadi pernikahan adalah sekolah bagaimana kita menjadi pribadi yang lebih baik bagi pasangan, agar rumah tangga yang dibangun dalam pernikahan bisa kekal akhir  hingga akhir hayat .

#selfreminder #selfreminder _____ jangan sampai cuma bisa nulis.,cuma bisa baca., cuma bisa nasehatin, cuma bisa ngomong---semoga Allah menjaga cinta dengan penjagaannya yang terbaik aaamiin.  

Teman-temana punya pengalaman “ribut” diawal pernikahan ga..?? ya..yang awal banget lah n ga nyangka bakal ngambeg-ngambegkan, atau punya solusi dan sekedar sharing dipersilakan loh..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

36 komentar

  1. aku aku, dulu wktu awal nikah, cemburu gk jls gt. maklumlah yah penganten baruk *halah.
    kalau skrg, di 5 hn usia pernikahan kami, lbh fokus ke berjuang aja mbk, bwt si kecil, bwt klrga, bwt hdup lbh baik, di dunia maupun akhirat. amin
    tengkiu sharenya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sih..kalo awal nikah masih cinta cinta. Makin kesini fokus ke ekonomi dan anak...
      Amiin..

      Delete
  2. No 2 aku alami. Habis capek-capek, Eh dianya malah nggak tertib naruh barang. Tapi sekarang dibawa selow aja, qeqeqe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...kalo bagian berantakin itu malah aku mba..he2

      Delete
  3. Adaptasi seumur hidup ya, Mbak, pernikahan itu. Saya apa ya.. Ada kagetnya juga sih waktu awal nikah. Suami simpel banget orangnya kalau bepergian. Sy biasa ribet. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba... coz beda tahun beda tantangan ...tsailah..apaan coba...wkakwk

      Delete
  4. iya, faktor kebiasaan yg beda kadang jadi masalah, deuuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan sih gitu..apa llagi kalao salah satu pihak idealis banget...pengen segala rapihhh..

      Delete
  5. hihii huum banget deh. Saya merasa gitu awal nikah saya suka rapi suami cuek bgt. sampai lelah sendiri. akhirnya sekarang ya dibawa selow aja. dirumah juga ga bisa habis2 tenaga kalau ribut, lebih baik berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng lagi punya suami gitu..hi2 , pas males..dia mah cuek aja..

      Delete
  6. Aku alamin semua tuh nomor 1, 2, 3 dan 5... wkwkkw.... ribut2 mulai mereda justru setelah ada si kecil hadir... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa...rekor..mungkin karena awal nikah perlu penyesuaian..lama2 biasa ja...

      Delete
  7. akuu masih awal banget nikah nih mak, baru 2 bulan..
    namanya juga lagi adaptasi ya, kecil2 pasti ada lahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow..pengantin baru lagi hot hot tuh..hahahah... ribut kecil biasa ntar malam romantisan lagi...

      Delete
  8. Mumpung saya lagi remaja, jadi bisa belajar banyak untuk kedepannya menghadapi pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke... ambil ilmu ama yang lebih dulu punya pengalaman..

      Delete
  9. Paling sering sih soal kebiasaan, sampe sekarang jg masih.. tp gak sampe bertengkar gimana2 sih, paling ngomel-ngomel doank..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambeg abegan dikit lah..ya... cemberut2.. giru..

      Delete
  10. pasti ada awal sampai sekarang hihihi gak seru klo gak ada ribut2 kecil mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribut besar..masalah juga besar pasti... amit2 jgn sampai deh..

      Delete
  11. Waduh saya belum menikah jadi saya tidak tahu :) no 1 dan 2 bisa juga terjadi pada saat masih jamannya pacaran ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi..klo no 2 waktu pacaran tertutupi lah... gimana liat kebiasaan dia..he2

      Delete
  12. Alhamdulillah jarang ribut dengan suami sejak awal menikah sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi panutan nih... rahasianya apa mba..bagi2 ya..he2

      Delete
  13. Alhamdulillah di awal pernikahan saya bisa melewati 5 hal ini, apa karena kelamaan pacaran ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oohhh..pacarannya udah tahu siafat nih..jadi udah paham banget dengan kebiasaan masing2..

      Delete
  14. woaahh..jadi inget awal2 nikah. Ngambek mulu kerjaannya, wkwkwk. Maklum, aku nikah nggak pake pacaran. Hanya ta'aruf dua kali, ketemu ke enam kali ya di akad nikah. Jadi terkaget-kaget dengan suami sendiri yang memang belum kenal. Tapi percayalah, banyak yang manisnya kok ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaget..kaget..tapi tambah cinta..he2

      Delete
  15. wah... beruntung baca blog postingan ini.
    buat nambah pengetahuan sebelum terjun ke hari itu...
    terimakasih nasihatnya, akan selalu saya ingat.

    ReplyDelete
  16. hmmm, jadi ingat awal-awal menikah dulu XD

    ReplyDelete
  17. betul banget nih, pernah denger juga solusinya katanya kalau marahan, marahnya gantian..tunggu slaah satunya reda, baru gapapah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo marah gantian... gak abis2 dong marahnya...he2, ya,,,jika ingin menjelaskan sesuatu tunggu tenang dulu lah..

      Delete
  18. awal2 masih kaget...karena nikah dan sebelumnya kan beda pastinya..
    banyak hal yg dibayangkan beda sm realita juga..
    lalu kecewa n akibatnya marah..
    seriring waktu belajar saling memahami

    ReplyDelete
  19. banyak yg bilang dari temen2 yg udh pada nikah, memang sulit mnyatukan dua hati dalam satu rumah
    penting banget nih tulisan ini buat jadi bahan pelajaran sebelum menikah
    makash mba infonya :D

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA