KEBIASAAN-KEBIASAAN MENJELANG BULAN RAMADHAN

16:02:00



KEBIASAAN-KEBIASAAN MENJELANG BULAN RAMADHAN
KEBIASAAN-KEBIASAAN MENJELANG BULAN RAMADHAN

Eh.. ga berasa ya.., bulan Ramadhan  sudah didepan mata tinggal hitungan hari. Sebagian masyarakat  telah bersiap menyambutnya .  Mulai dari kesiapan diri dan hati untuk  berjanji bahwa ibadah Ramadhan kali ini  harus lebih baik dari Ramadhan tahun lalu, sampai pada belanja  nyetok bahan makanan karena takut harga naik diawal bulan puasa dll.


Disini sih ..aku mau ngebahas santai aja,  tentang beberapa  kebiasaan  yang  dilakukan  masyarakat  menjelang Romadhan. Yuk… kita liat kebiasaan apa aja itu.. mungkin  saja juga kebiasaan kita.. :)

Ganti Puasa. Beberapa  bulan menjelang  Ramadahan banyak wanita muslimah  yang  mengganti hutang puasa  tahun lalu. Ntah mengapa  hutang puasa  cuma satu minggu itu   mesti dibayar menunggu ambang Ramadhan, padahal waktu buat bayar utang itu panjang banget, nih ..anggap aja..maless..semalesss malesnya orang..ya pusa aja seminggu sekali atau sebulan satu hari pasti ludes..lunas jauh-jauh hari sebelum Ramdhan tiba. tapi itulah sukanya yang mepet-mepet waktu. Kudu..dibiasain puasa sunnah biar hutang seuprit ga berasa setahun berat banget rasanya. (toyor jidat sendiri)

Beli baju lebaran.Gak salah tuh? Nggak.. menurut orang-orang yang memiliki kebiasaan seperti ini beranggapan bahwa harga baju itu akan mahal mendekati lebaran jadi saat lebaran tak perlu baju baru lagi , kenyataan apa?? Mendekati lebaran ternyata banyak mode baru yang muncul ujung-ujungnya tergiur beli lagi atau dengan alasan baju yang dibeli  kemarin  udah dipake duluan karena gak sabar nunggu lebaran (gak jadi berhemat donk!). Ada juga yang beli baju lebaran tujuan ngangsurin baju gitu katanya,duileh..emang punya rencana mau beli baju berapa ya..???

Musim Nikah. Mendekati Ramadhan  banyak sekali yang melangsungkan pernikahan, banyak undangan resepsi dimana-mana ,siap-siap aja sediakan amplop he2. Nggak tau kenapa .. mungkin kebiasaan aja..atau karena ada mitos bahwa dari lebaran idul fitri hingga  lebaran idul adha adalah bulan  bulan yang tidak baik melangsungkan pernikahan, padahal semua bulan sama baiknya itu hanya kepercayaan  atau keyakinan saja.

Mendo’a.  Beberapa minggu menjelang Ramadhan tiba banyak masyarakat mengadakan kenduri menyambut bulan Ramadhan dengan istilah kirim doa, haul jama dan lain-lainnya. Nah..kalau gini jadi asyik karena hampir tiap hari dapat kiriman besek berisi nasi dan lauk pauknya. Sebenarnya dalam islam tak ada  anjuran  ini.. tapi hal ini sudah menjadi tradisi yang harus dilakukan.

Ziarah Kubur. Mendekati Ramadhan biasanya pemakaman menjadi ramai banyak yang datang ziarah kubur bersih-bersih dll. Ini yang panen biasanya tukang kembang.
Ziarah kubur atau nyekar banyak dilakukan masyarakat menjelang romadhan

Makan bersama.  Nah… biasanya beberapa hari menjelang Ramadhan selalu ada janjian  sama teman-teman atau bareng keluarga untuk bikin acara  makan bersama. Terkadang dilingkungan RT juga mengadakan  acara ini biasanya jarang sih pesan-pesan kebanyakan  ibu ibu se RT masak sendiri, jadi menu jadi banyak bisa nyicip-nyicip atau bisa juga masak bareng-bareng gitu..

Jadwalin buka puasa bersama . Ini nih..yang paling lebay..belom juga puasa pada heboh ngejadwalin  buka puasa, eleh-eleh :D

Merendang. Nah…  kebiasaan ini banyak dilakukan didaerah aku , menjelang sehari sebelum berpuasa esok hari biasanya daging dipasar  laris manis walaupun harga melambung tinggi. Yah.. kalo gak beli sekilo ya seperempat doank…. Alasannya mungkin agar sahur pertama berselera makan sahur hi2, yah..namanya makan dini hari itu pasti rada eneg terutama awal-awal puasa. Nah..kalo lauk rada enak  mungkin sahur lebih semangat.

Nyetok belanjaan dirumah. Biasanya para ibu-ibu sebelum lebaran memenuhi mini market atau warung-warung untuk belanja kebutuhan pokok, misalnya teh, gula, sirop, terigu yah..segala tetek bengek  yang menyangkut untuk berbuka puasa, biar ga capek-belanja  pas saat puasa. Namun faktanya baru seminggu puasa udah mulai malas masak, ujung-ujungnya  beli takjil di pasar kaget Ramadhan.
Tradisi Mandi Balimau (sumber foto kaskus)
Mandi keramas atau  mandi balimau. Ini hanya sebagian suku masyarakat yang ngadain acara mandi mandi segala, mungkin  biar lebih bersih lahir batin ..niatnya begitu kali ya.... Tradisi ini biasanya banyak dilakukan oleh beberapa daerah yang berada dipulau sumatera terutama daerah suku minang kabau sumatera barat.  Mandi balimau hanyalah sebuah tradisi masyarakat.., dan pastinya seru..ya..tapi mesti jaga aurat juga ya..jangan terlalu buka-bukaan biasanya mandi rame-rame gini cuma syarat gak mesti polos hahaha..

Nah….  Itu beberapa kebiasaan  yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia, teman-teman punya kebiasaan apa dalam menyambut Ramadhan? boleh juga cerita tentang  kebiasaan dideket daerah tinggal…yuk..kita ngobrol santai aja…, setelah beberapa hari ikutan stress baca soal kasus-kasus kekerasan seksualplus kasus blogger dengan android brand lokal..menurut aku ..sedikit ikut mikir keras..hahahaha.. terlalu baper sehhhh..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

20 komentar

  1. Wihh ga terasa udah deket banget bulan puasa. harus nyisihin uang jajan nih buat beli baju lebaran :D sebenarnya g terlalu penting sih tapi itu udah tradisi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anak bujang... emag beda..ma udah bekeluarga... :)

      Delete
  2. belon ganti hutang puasa :(

    ReplyDelete
  3. Sepanjang tidak keluar dari ajaran agama ya nggak apa.
    Jangan sampai musyrik karena ketidak tahuan kita
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah..jangan sampai keluar dari syariat aja,nyambut bulan suci malah syirik... audzubillahimindzalik..

      terimakasih tanggapannya pakde,..

      Delete
  4. Satu lg kalo aku sebelum puasa bersih2 rumah smp kinclong.klo hari2 cm nyapu ngepel ni semua sudut dibersihkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah! iya..benerr..kelupaaan..he2, biasanya emang suka bersih2..terus beberapa haribisa libur ngelap kaca jendela..

      Delete
  5. Tradisi beli baju lebaran sudah tak kami terapkan di keluarga Mba hihihi.
    Tapi yang lain2nya masih.
    Duh mau puasa rasanya senang bangettttt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya... rasanya tuh kalo deket puasa bawaan happy..soalnya rutinitas sedikit berubah..pulang kerja jadi lebih cepat...

      Delete
  6. Sebelum dah sesudah ramadan kalo di kampungku hajatan bisa maraton, alhasil dompet menipis xixiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo undangannya besek..beh!amplop harus lebih tebal... hahah

      Delete
  7. Iya ya mba nova ga terasa sudah mau puasa aja. Ish jadi kangen kampung deh. Mba nova ikut balimau juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak..gak ikutan... , hahahaha..paling cuma keramasan..itupun karena udah sebulan..gak dicuci..hahaahah

      Delete
  8. taun ini absen belanja baju lebaran nih mbak, soale lagi hamil gede uda gak mikir baju lebaran, mikirnya nanti biaya persalinan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. baju lebaran calon anak..dibanyakin..he2

      Delete
  9. Wis mbak pasti seru tuh keramas bareng ditempat saya belum pernah keramas bareng soalnya tidak ada sungai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di..kolam renang aja..rame2 hahahaha..

      Delete
  10. kalau di aku ada tradisi unggah-unggahan kayak sedekah kirim makanan atau apapun lah ke saudara dan tetangga

    ReplyDelete
  11. Hahahaha..kalau di sini ada tradisi jalan-jalan. Jalan-jalan ke pantai atau kemana gitu sebelum puasa.

    Bukan tradisi sih, kebiasaan orang-orang sini aja.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA