PASAL-PASAL PENIPUAN YANG WAJIB ANDA KETAHUI

12:15:00



Internet kini bukan lagi barang asing dan sudah banyak memanfaatkannya terutama mencari berbagai informasi  yang dibutuhkan. Bisa dibilang semua pada melek internet,  apa-apa inggal ketik di browsher langsung bermunculan apa yang dibutuhkan. Hampir semua mengatakan bahwa lebih gampang kalo nanya ke gugel dibanding nanya temen yang kadang dijutekin.  

Dengan keadaan yang seperti itu maka timbullah pemahaman di kalangan awam bahwa apa-apa yang terdapat di internet adalah benar padahal  banyak situs-situs informasi yang salah dan menjerumuskan.  Situasi yang seperti ini tidak dibuang percuma bagi orang-orang licik lalu mereka berbondong-bondong membuat peternakan situs penipuan, bagi masyarakat yang tidak paham soal internet.


Hampir saban hari menerima sms penipuan mulai dari mama minta pulsa, jual beli tanah, ngirim nomor rekening ntah siapa, sampai pemenang undian pengisian pulsa. Dan si Penipu tak ingin dibilang gaptek , untuk menarik  perhatian dan menanamkan kepercayaan maka dibuatlah blog  berisi informasi  hadiah dan pemenang .Awalnya mereka  menggunakan domain gratisan seperti blogspot namun makin kesini mereka memakai domain berbayar seperti dot com, mungkin banyak diejek para blogger “apa..blogspot..?? kita aja pakai yang berbayar…” mungkin itulah penyebabnya..ha2, kenapa aku berani bilang begitu karena aku pernah baca status teman yang isinya mengejek ..para penipu-penipu itu. Tapi walaupun begitu kita bisa tahu kok mana dengan situs asli yang tampilannya professional, dan punya data-data atau foto-foto pendukungnya yang jelas. Namun begitu tampilan antara gratisan dan berbayar tetap sama.

Iseng kemarin aku buka link yang ada di sms dan aku baca satu persatu (rajin banget apa karena kurang kerjaan ) dan isinya terkesan lucu, pokoknya keliatan banget kalau itu boongan. Beberapa aku screen shoot. Dan aku berharap mereka-mereka yang  kurang paham kesasar ke sini dan mereka baca bahwa hal-hal seperti itu adalah penipuan, dan gak ada lagi yang ketipu..aamiin.

Berikut hal-hal yang mengindikasi bahwa segala peraturan dan ketentuan yang mengindikasikan bahwa web tersebut abal-abal dan penuh tipu daya :), selanjutnya aku  sebut sebagai pasal-pasal penipuan :D

Dilarang menyebar luaskan informasi

Peraturan ini mengada-ada, logikanya yang menyebarluaskan informasi itu adalah prusahaan , dengan mengumumkan melalui media TV atau lainnya bahwa X menang.  Dan ini lucunya gak boleh menyebarluaskan informasi , gak boleh bikin status juga donk ..”asyik….dapet rejeki nih 100 juta” gak bisa pamer..apalagi bikin syukuran.. *ter-la-lu*

Nama-nama pemenang yang ditampilkan di web tidak jelas
Pada web tersebut  ditampilkan foto dan nama pemenang, dengan alamat yang umum apalagi terperinci sampai tingkat RT. Jangan harap menemukan foto pemenang yang berdiri bangga di depan sebuah mobil.
Waktu pengambilan hadiah yang teramat singkat cuma beberapa hari. Ini kelihatan banget seperti terburu-buru dan gak lazim biasanya, kan klaim hadiah itu sampai hitungan bulan. Gak lucu dong gimana kalo sms ke baca besok nya?? eh..baru tahu langsung hangus…

Belum apa-apa sudah disuruh transfer. Bearti dengan waktu singkat 2 hari itu kita harus sibuk transfer uang yang mereka minta.  Ini sudah keliatan banget nipunya   apalagi angka-angka sudah tertera jelas.



Biaya administrasi boleh dibayar dengan pulsa. Ini nih..yang lucu banget emang bisa pajak hadiah dan administrasi dibayar dengan pulsa??! gak mungkin kan….. coba deh besok ditanya dikerjain bisa dibayar dengan cendol ma kerupuk juga gak pak.. biaya administrasinya.?

Meyakinkan pemenang. Lah..sebenarnya yang khawatir siapa? . Dia tau banget  jika kita gak akan percaya sama dia, makanya dia mencoba membuat kalimat kepercayaan seperti ini.
Minta maaf..(lihat pasal dua), banyak dari peraturan dan ketentuan yang diawali dengan minta maaf. Ngapain minta maaf coba… lebaran juga nggak hehehehe. Jadi nih kalau ketipu gak bisa marah-marah lah kita juga memaafkannya dan senang hati mengiriminya sejumlah uang. Kata maaf yang  tidak tepat posisi (syarat dan ketentuan) menandakan situss tersebut bukan situs resmi dan professional.
Miris banget masih banyak orang-orang yang memanfaatkan ketidak tahuan orang untuk meraup keuntungan.


Teman-teman punya pengalaman tertipu gak.. atau malah suka ngerjain sms orang-orang kaya gini? cerita yuk..biar seru..mana tau bisa jadi penipu #eh maksudnya bisa ngerjain balik..he2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 komentar

  1. wah keren nih informasinya, perlu diketahui dengan baik :)

    ReplyDelete
  2. Aduh ini infonya kece bangt mba. Harus viral ini biar kapok mereka yg membafaatkan ICT untuk penipuan begini.

    Dan herannya hari gini tetap aja marak ya. Nice artikel mba..

    ReplyDelete
  3. Nah iya, sama kejadiannya dengan yang dialamin Mama saya. Bahkan si penipu sebelum minta transfer dulu, dia udah tau loh nama Mamah sampe nelpon ke rumah. Niat banget...ngeri.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA