Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

ANTARA TA'ARUF,PHP DAN BAN SEREP


novanovili.com - Bukan. Ini bukan sebuah fiksi ataupun puisi, ini cuma ingin cerita saja tentang  3 frasa tersebut  Ta,aruf, PHP, dan Ban Serep. Apakah ketiga kata itu punya hubungan yang signifikan? ,jawabannya bisa jadi Ya bisa juga tidak , tergantung cara kita mengubung-hubungkannya apakah bawa-bawa supir truk gandeng apa nggak? :D

Disini saya cuma ingin cerita tentang kejadian-kejadian yang akhir-akhir ini banyak berseliweran dipanadangan, pendengaran, dan pengamatan saya yang nggak penting ini. Mohon maaf jika ada yang merasa kesenggol-senggol, ke colek-olek bahkan ketampar *elus pipi dewe*

Taaruf / Perkenalan
Bahagia, senang  banget kalau sekarang banyak yang sadar bahwa pernikahan melalui jalan ta'aruf dan tidak melalui pacaran mesra sana mesra sini, gandeng sana-gandeng sini. Ini memang sudah kewajiban orang tua untuk menjelaskan ke anak-anak (bagi yang muslim) agar tidak pacaran , dan menjamin jomblo itu bukanlah sebuah petaka atau sesuatu yang sangat jelek, justru sebuah penjagaan kesucian diri dan hati, walaupun itu menjadi  sebuah tantangan bagi orang tua untuk menjelaskan ke anak dan memberikan pemahaman yang sebenarnya.

Ikut salut dan bahagia ketika seorang teman menikah dengan jalan ta’aruf . Kedua keluarga bertemu  yang kemudia memperkenalkan kedua anak mereka dan anak-anak mereka setuju untuk dinikahkan. Ta'aruf memang harus ada pihak ketiga yang mengenalkan, jadi kalau ada suka sama sosok wanita atau pria  lalu di cari pihak ketiga untuk  memperkenalkan tentu dari keluarga atau mahram.  Aku gak berkompeten untuk menjelaskan secara  rinci untuk jalan yang lebih syar’i takut salah, pokoknya intinya begitu lah ya.. ( iss..gak tanggung jawab, hahahaa) atau bisa bisik-bisik ke mba Leyla Hana hi2.

Kunci Ta'aruf itu adalah menjaga hati dari pihak-pihak calon mempelai , menjaga hati disini maksudnya hati masing-masing dalam keadaan netral. Jangan sampai ada harapan yang tinggi ke pada  calon, atau malah bertaburan benih “cinta” duluan, takutnya kalau gak cocok bakalan jadi sedih, nangis, bahkan benci. Itulah keduanya tak boleh langsung berkomunikasi sebelunya misalnya via chat berdua tanpa ada pengawasan , si pria mungkin saja merayu-rayu mungkin wanita juga begitu.
Ya..jujur saja dulu walau gak pacaran, aku kaya gini… gak deket tapi sms gencar (waduh! jangan ditiru ya!) tapi untung jadi, 3 minggu sms-an langsung dilamar hahahaha..*kepo deh..isi sms*

Biasanya yang gampang baper itu pihak wanita ya…, apalagi udah masuk usia wajib nikah hati yang netral itu emang harus banget. Karena banyak loh yang udah ada pertemuan  keluarga ,kayanya tuh sudah iya banget,  sudah ngerep tapi gak jadi dengan berbagai alasan.

PHP (Pemberi Harapan Palsu)

Pria selalu tak ingin disalahkan kalau mereka telah memberi harapan palsu, bahkan menuduh wanita yang terlalu baper, kan ini kenalan dulu wajarlah kalau semisal gak jadi.

Jangan tuduh wanita baper kalau kaliannya yang ternyata membuat wanita duluan berharap.  oke.. untuk soal bahasan PHP ini  diyakinkan bukan cara ta'aruf yang sebenarnya  karena untuk murni syar'i itu terlalu kuat godaannya bagi kita-kita yang nggak bener-bener sholeh yang tidak menjaga pandangan. sholeh-sholeh tapi ada cewek jilbaban imut maniez, 3 kali melengin muka.  melihat cowok ala korea lewat blash! langsung angkat kamera ingin motret.

Tapi Alhamdulilah untuk menjaga tidak kontak pisik, yang ta,aruf tapi ala-ala…(masih disyukuri daripada gonta ganti gandengan )

memulai dengan mengirim pesan sekedar bertanya kabar lalu berujung bertanya “seandainya kita nikah nanti kamu mau tinggal dimana?”, “nanti seandainya  kita nikah kalo kamu kerja biar aku yang antar ya..”
seandainya..seandainya….seandainya..
sadar gak sih para cowo kamu itu sudah memberikan harapan???
please… wanita itu sangat lemah, jangan memulai menyakitinya dengan kata seandainya..
jangan pernah katakan sebuah janji nikah. Janji itu adalah hutang, tak selayaknya nikah dibuat sebagai janji.

Buat wanita waspada terhadap pria yang kelihatan sholeh, memang terkadang mereka terlihat kurang pandai merayu wanita, ngegombalin wanita secara langsung, atau malu-malu kucing gemetaran didekati wanita tapi kalau  via sms/ chatt mereka  gencar banget kadang bawa-bawa ayat segala loh, waspada nanti niat kamu untuk gak berpacaran akan terkotori oleh pria-pria penggoda iman seperti ini. (buk..buk..ini pengalaman toh?!

Ban Serep

Kalian pasti sangat paham apa pungsi dari ban serep, yup! sebagai pengganti alias cadangan
Dengan dalih ta'aruf  kini banyak pria yang sengaja pasang 3 ,4 bahkan 5, wow!. Jadi tuh ada (gak semua ya..banyak pria yang baik kok, cuma waspada aja) pria-pria yang katanya ta’aruf tapi gak cuma ke satu wanita saja. Sama  yang ini minta dikenalin, sama yang itu juga  minta di temukan, sama yang ono minta biodata, sama yang ono lagi ngirim daftar riwayat hidup, sama yang tua ngirim surat penolakan. Ya..gak jauh bedalah sama nebar surat lamaran kerja, untung-untungan mana yang diterima kalau tiga nerima bisa pilih yang mana suka-suka.

Yah…, seandainya  memang ingin ta’aruf secara benar putuskan lah lebih dulu jika merasa kurang cocok dengan catatan jangan ada PHP. Buat kesepakatan jika  taaruf ini dihentikan serta berikan alasan yang tepat dan memang bisa diterima oleh kedua belah pihak. Jika sudah final untuk tidak dilanjutkan, boleh lah cari calon yang lain.

----
Menikah itu ibadah jangka panjang, pasti kita tidak mau kan..disaat kita menikah justru ada do’a jelek dari seseorang yang tersakiti oleh tingkah kita. Perinikahan itu perjalanan panjang banget gak mau donk ternyata ada hal-hal jelek yang terjadi  didalam pernikahan kita, misalnya istri ternyata judes dan cerewet dan nebar-nebar kejelekan  kamu dimedia social. Bisa jadi loh..itu hasil doa jelek dari orang yang pernah kamu sakiti.

Buat para pria, sorry, ini tulisan emang pro wanita kok!!!!


21 comments:

  1. Hahahaha.. #glegh kasian si ban serep... Taaruf lah cocok XD #naon siiih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. taaruf sebenar-benarnya taaruf ya mba..

      Delete
  2. Suka sama judulnya. Saya sering banyak curhatan neh dari beberapa pasangan, mereka memang memilih Taaruf, karena merasa sering di PHPin. Ta'aruf juga ada aturannya, dan memang harus dilakukan secara benar.

    ReplyDelete
  3. Aih, jangan sampe deh ketemu ama tipe tipe PHP, mba Nova
    Menueutku itu tak jantan #eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. lantas dimana letak ke jantanannya..he2

      Delete
  4. Kalau begitu (mungkin)kita, sebagai perempuan harus punya ban serep juga semisal nanti ada yang PHP.
    Tapi semoga jangan lah yaaaah...
    Ikut hukum Gravitasi saja. Perempuan baik-baik akan mendapatkan laki-laki yang baik pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju... kalo nggak jadi artinya dia bukan lelaki yg kita butuhkan menurut Allah..

      Delete
  5. Alhamdulillah aku pernah gagal ta'aruf dan akhirnya menemukan jodohku :) sabar ya akalau ta'arufnya belum berhasil

    ReplyDelete
  6. Jadi ban serep...aduh jangan deh.

    Alhamdulillah saya ketemu jodoh juga mudah.

    ReplyDelete
  7. Banyak cerita yang tentang taaruf..jadi lebih tau..

    ReplyDelete
  8. ckckck, kasian banget tuh bila ketemu orang yang suka PHP :(

    ReplyDelete
  9. Waduuuh tanda seru di akhir tulisan banyak ya mbaa hhehee.
    Saya baru tau ada istilah ban serep, ternyata ada ya yang kayak begitu.
    Nah yang begitu itu namanya mah PHP. Si cewek udah berasa aman karna udah ada yang datengin ke orang tua, ternyata doi nyabang taaruf ke yang lain.

    ReplyDelete
  10. Ternyata taaruf, php dan ban serep bisa berhubungan. Tadinya bingung, kenapa ada ban serep segala hihihi..
    Tapi memang ya..untuk memilih pendamping itu harus melalui pemikiran yang matang.

    ReplyDelete
  11. Nah iya tuh bener deh kalo ta'aruf harus bener2 niat dan serius seandainya pun nggak sreg mending langsung ngomong di awal

    ReplyDelete
  12. haha..aku suka judulnya bikin penasaran di baca, setuju tuh enak aja kita dijadiin ban serep :)

    ReplyDelete
  13. Jaman skrng kalau gak hati2 kadang saat prosesnya susah jaga hati ya mbak..

    ReplyDelete
  14. Sepupuku ada beberapa yang Ta'aruf, Alhamdulillah sebenar-benarnya Ta'aruf bukan ban serep.

    ReplyDelete
  15. Ahahaha... Untuk masalah ini saya fifty2 deh, Mbak. Kadang memang ada wanita yang ngarep dan geernya kebangetan kemudian merasa di PHP. Tapi cowok juga sih suka baik sama wanita. Berasa biasa aja tapi wanita kan suka baper. Harusnya jaga jarak :D

    ReplyDelete
  16. ada juga akhwat yang PHP dan ban serep, ibaratnya menebar kail sebanyak-banyaknya...kali aja ada yang nyangkut. KZL!

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM