Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

TIPS MENGHADAPI CEPLAS CEPLOS SINYINYIR


Asyik ya  jika punya teman yang asyik diajak ngobrol ngalur ngidul apa aja dibahas, yang bisa ngomong suka-suka . Dalam hal suka-suka itu tentu tak semua yang dibicarakan ada hal-hal pribadi yang tentu kita simpan rapat dan gak juga ngegosipin orang, kecuali gossip artis hahahaha..*sama aja*

Asyik-asyik ngobrol itu kita juga mesti waspada loh, ternyata ada pertanyaan-pertanyan lawan bicara yang mengarah ke –kepo dan bukan bentuk perhatian, lihat ekspresi dan gerak tubuhnya. Dan ada lawan bicara yang tipe penyerang, sepertinya senang kalau kita “jleb” atau merasa terendahkan. Yah..jujur aja sekuat-kuatnya hati kadang jadi baper juga, jadi gondok sedih dalam hati karena ni orang kok ya gak bisa jaga omongan dan perasaan orang lain.



aku pernah kesel sama seorang teman nih…gondok banget, disela-sela asyik ngomong langsung nyeruduk,“ Oh, jadi ngelahirin kemarin pake BPJS ya, itu kan buat orang miskin!”
degh!
udah,males aja ngeladenin, mending diem.
Seperti  dia orang kaya aja ngomong gitu.., dan aku juga bukan orang kaya, laa artis yang rumah gedongan aja pake BPJS kok.Dan lagian BPJS itukan prinsip gotong royong, tolong menolong berlaku untuk seluruh rak yat Indonesia , benerkan??

Pernah juga waktu belum punya anak, ah..seneng liat dari jauh temen lama begitu nyamperin, langsung nyeplos:
“Eh, aku hamil lagi nih, anak ke 4 nah kamu kapan hamilnya, lama betul?!” Orang kaya gini kayak gak punya perasaan apa ya??

Hmmm.. ada juga yang nyinyir tanya itu tanya ini bawa gossip ntah dari mana, nah kita tetanggan yang dekat aja gak tau berita, lah..dia jarak rumah 3 kelurahan  tau..ckck.., belum lagi kita dijadiin bahan gossipnya ntah dibawa kemana.

Oke, kalo dibawa baper emang hati gak akan pernah bahagia, apalagi berharap orang tipe gini bakal jaga perasaan orang lain, kuncinya ya kita sendiri mesti jaga perasaan kita sendiri .

Tidak terlalu dekat tak pula terlalu jauh.
 Berteman dengan orang seperti ini ambil jalan tengah aja, ntah itu tetangga, teman kantor atau yang lainnya. Jangan akrab banget dan jangan pula pasang tabir permusuhan, santai aja. Dengan begitu kalo kita terpaksa ngobrol kita jadi bikin pagar jangan pernah obral masalah pribadi.

Jangan terlalu hot menanggapi pembicaraannya yang gak penting.
Nah kalau dia mulai ngomong sana-sini  , semangat 45 berapi-api tanggapi secara dingin tanpa semangat. Prinsipnya ada aksi ada reaksi, jadi  tanggapi dengan biasa pasang muka tanpa dosa bahkan kalau perlu pasang muka linglung “he?”. Pokoke jangan terlihat begitu antusias mendengar kenyinyirannya, dia juga pasti gak enak untuk melanjutkan, paling kalau masih mau ngobrol pasti dia ganti tema, hmmm kalau perlu kita yang duluan pindah tema, ganti  judul dan sub-sub judulnya sekalian, kita putar otaknya 180 derajat hahahahah.

Tanggapi  anget-anget kuku saja saat ketemu.
Bukan nyaranin sombong sih, maksudnya tetap senyum menyapa, dan tanya kabar seperlunya. Pasalnya nih, saat kita keliatan senang ketemu eh dianya langsung ceplas ceplos ,ada aja komentar miring keluar dari mulutnya,  yang membuat mata orang-orang sekitar makin tertuju pada kita, ditambah pula dengan suara menggelegar (petir kali..? :D). Nah intinya ya itu jangan dingin ntar malah kita punya kesan sombong, kalau tanggapan hot ntar kita juga yang kepanasan, gondok , mangkel, jadi suam-suam kuku aja..cukup dipercik-percikan :D  (apaan sih..? :D)

Ikuti Alur dan pasang level lebih tinggi.
Tau sendirilah orang yang nyinyir dan ceplas-ceplos itu kadang perkataannya gak bisa ditebak ya, ditengah keramaian, misalnya ketemu disebuah acara dengan lantang bilang..
‘ Hei..orang kaya apa kabar, dah hebat  sombong ya…” Padahal kita bukan kaya, ntah maksud memuji, ntah menyindir, wallahualam
jawab dengan bahagia:
“Aaaminn, iyalah suami baik.., utang gak ada rejeki lancar, gimana gak hebat tuh”
hihi..dijamin dia gak banyak omong lagi, paling cuma “iya..deh tau..” selesai, bye.

Sisanya senyumin aja.
 Tips lain, ya skip semua tentangnya, senyumin,  biar hidup makin ringan, bahagia dan panjang umur.
-----
Berasa sok ngasih tips, ini juga rada bingung ngasih lebel antara curcol ama tips. Btw kita pasti sering  ketemu orang seperti ini , baik di alam nyata maupun dunia maya.  Kebanyakan mereka ingin dimengerti dan gak mau mengerti bagaimana perasaan orang lain. Dan cuma satu kuncinya biar gak makin menjadi-jadi plus semena-mena , jangan tanggapi, dah itu aja sih.
Buat teman-teman punya pengalaman, atau point yang aku jabarin kurang sreg, kurang anggun, kurang berkelas, boleh sharing disini ya…
---
berasa aku yang nyinyir hehehehehe..





24 comments:

  1. hahahaa andai semua orang di dunia ini mampu mengontrol rasa bapernya itu mbak. akan tentram, dengan jurus bodo amat. Tapi sebodo bodo amatnya kita kita, kalau di sindir begitu emang wajarnya sih jlep masuk ati dulu ya..
    Baru deh tips tips di atas bisa di pake. Hihih

    Menurut aku pertanyaan yang paling jahat di atas adalah tentang. dia udah punya anak ke 4, sementara dia nanya kapan kamu hamil? yallah padahal anak itu juga rejeki, titipan, nggak tau sampe kapan dia ada kan ya.. hiks sedih banget kalau ada yang ngejek soal kehamilan.

    karena aku punya kakak yg belum hamil jg setelah 5 th menikah, kalau ada yang nanya kapan hamil kadang ikut baper juga :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm.... kebayangkan gimana mendidihnya aku sampai ke ubun2..hahahaha.., saat pertama kena emang gak bisa dipungkiri..jleb..baper..

      kemudian tarik nafas...dan bilang... "ini tak bisa diteruskan" bye! ha2

      Delete
  2. kalau ada orang nyinyir gitu biasanya aku tinggal pergi haha. Agak kurang sopan tapi males aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..gk bisa ditahan ya.., langsung angkat kaki...

      Delete
  3. Semoga disadarkan yah semua orang nyinyir di dunia iniii. Gemes! Kadang suka mikir, apa memang ga semua orang itu bisa berempati sm org lain ya. Tapi ini jd pelajaran jg sih, supaya kita sabar dan berusaha ga nyinyir ke siapapun krn dinyinyirin tuh ga enaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... *dulu aku juga agak nyinyir..tapi udah tobat ...qiqiqii

      Delete
  4. Kebetulan dirumah saya tipe yg tidak sering netangga, baru berapa bulan menempati rumah peninggalan mertua. Belum banyak kenalan, belum banyak tahu sifat2 dari mereka. Tapi kalau ada yang suka nyinyir jurus2 ini bakal saya praktekkan :)

    biar dia tahu kita orang kaya hahaha... Amin

    ReplyDelete
  5. Gak usah dipikirin, senyumin aja, itu tips paling mutakhir hahaha. Kalo semua orang nyirnyir diurusin, cape deh. Biarkan saja, masuk kuping kiri keluar kuping kanan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya masuk kuping kiri_ mandeg dulu didalam meresap kehati- 3hari baru keluar .... move on lama he3

      Delete
  6. Dulu suka baper kalau ada yg nyinyir. Sekarang sih langsung aku tinggalin hahahaaa. Nggak peduli seleb kayak apa atau bu ketua arisan warga sekalipun kalau nyinyir langsung dadah & move on.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba... capek ngeladenih orang seperi itu..mending dadah dadah...he2

      Delete
  7. Jurus ngadepin orang nyinyir: senyumin, gak usah direspon kata-katanya. Lalu, dengarkan saja semua kata-katanya sampai dia puas. Kasihan, orang-orang kaya gitu biasanya gak pede dengan dirinya sehingga perlu nyinyir pada orang lain.

    ReplyDelete
  8. Hahahha nyinyirlah sebelum dinyinyirin #eh XD aku dah kebal di nyinyirin... jadi masuk telinga kiri kluar kanan, kadang pasang poker face jadi yg nyinyir malah jengah sendiri.. :D

    ReplyDelete
  9. hihihhi..jadi ingat waktu blm punya anak...suka dinyinyirin...udahlah ditanya ngapa blm juga..trus disuruh berobat sana sini..minum ini itu...mereka pikir kita ga usaha kali...blm lagi yg jualan produk MLM tuk kehamilan...pusing eike...sekarang udah punya..ga ada yg terlalu nyinyir...paling nanya kapan nambah hehehe

    ReplyDelete
  10. Butet deh yang ngomomng kurang piknik keknya mba ampe blg bpjs bwt ormis. Ntar juga ketulah mba pas dy pake bpjs balikin lagi nah loh skrg miskin yak pake bpjs wkwkwkwk jurus balas :p

    ReplyDelete
  11. Setuju mbak..malas banget ngomong sama yang suka jleb gini, semoga omongan dan tulisanku juga ngga sampai nyakitin orang lain aamiin..

    ReplyDelete
  12. hihibi..oke banget tipsnya, kayak saya ketemu sama.temen si A, tiba2 ngomong gini: eh si mba itu kenapa ya nggak punya anak dr suami keduanya, nggak kepengen kali ya, jawaban saya:nggak tahu, tuh, tanya aja ke orangnya langsunh, jawaban simpel.dan bikib dia speechless

    ReplyDelete
  13. Hahaha bakal mumet kalau merhatiin omongan si nyinyir, biasanya org kyk gini kurang kerjaan jd punya bnyk waktu ngejudge org :D

    ReplyDelete
  14. kalau saya biasanya menjaga jarak seperti yg mb bilang ga terlalu deket ataupun nggak terllau menjauhi

    ReplyDelete
  15. Aku ambil point menjauh dari si tukang nyinyir...rasanya waktu ku sia2 dengar ocehannya...Khawatir kalo tetap berada di lingkungan orang yg suka nyinyir..kita terikut pula..hahahha

    ReplyDelete
  16. "Kalo gue kan cantik, makanya laku. Nita tuh belum laku," cocot salah seorang rekan kerja yang entah kenapa ngajak saingan mulu, haha...

    "Gue nggak jual diri!" balas saya singkat sambil lanjut kerja. Laku dan tak laku itu untuk jualan kan :D

    Satu ruangan pun terdiam dan perhatiin kami bergantian. Muka dia merah padam :D Diam adalah emas bukanlah prinsip hidup saya ketika dihina. Cerdaskan yang masih bodoh, ini yang saya pilih :D

    Saya memang orang yang pilih2 dalam berteman, dan kaum nyinyir itu saya coret dari pertemanan. Bukan nggak tegur sapa, tapi cukup berurusan seperlunya.

    ReplyDelete
  17. majleb bgt itu ketika komunikasi langsung sama org yg nyinyir, klo saat2 ini banyak juga yg 'menebar kebencian' lewat medsos

    ReplyDelete
  18. paling BT ya Mbak, klo ada orang yg suka nyinyir,iihhh merasa paling benar aja ya gitu,,

    semoga kita terhindar dari kenyinyiran ya Mbak :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM