Pentingnya Memerhatikan Asupan Makanan,Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

09:01:00


www.novanovili.com[Tips-Berpuasa] Bersyukur sekali rasanya ketika kita kembali dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, bulan Ramadhan  begitu banyak memiliki keistimewaan, tak hanya  ada kewajiban berpuasa tapi nilai ibadah pun  digandakan, karena itulah orang begitu berlomba-lomba berbuat kebaikan. Segala hal yang dilakukan memiliki nilai ibadah, bahkan tidur saja bisa bernilai ibadah jika niatnya untuk menghindari perbuatan yang kurang baik, misalnya ngerumpi,  bergossip , tapi gak boleh juga  tidur melulu, tidur memang baik tapi lebih baik kita melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat tentunya.

Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa itu menahan lapar dan haus di siang hari, dan segala hal yang membatalkan puasa. Dengan alasan berpuasa ada sebagian orang malah melalui hari dengan rasa malas dan lemas, bahkan enggan melakukan kegiatan apapun. Puasa sesungguhnya hanya memindahkan jadwal makan saja, dari siang ke malam hari. Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan pada saat berpuasa. 

Agar tidak lemas saat berpuasa tentu saja kita harus pintar mengatur asupan makanan yang kita makan, juga mengatur waktu istirahat pada siang hari. Mengatur asupan makanan  itu paling penting terutama saat sahur dan berbuka puasa. Pada saat buka puasa cendrung makan berlebihan , sehingga  seharusnya puasa bisa menjadi terapi agar tubuh sehat, dan kadar kolesterol ataupun  gula darah menjadi normal, malah yang terjadi sebaliknya.  Makanya tidak heran jika banyak yang mengeluh  berat badan bertambah pada bulan Ramadhan, pastinya gak mau bangetkan ini terjadi sama kita, bisa-bisa Gamis Syar’i kesayangan tidak bisa dipakai saat lebaran, amit-amit deh.
perbanyak air putih dan buah-buahan saat sahur dan berbuka
Agar tubuh tetap  fit saat berpuasa , ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan tentang makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka. Berikut beberapa tips yang dapat kita jalankan.

1) Bersahurlah diwaktu yang sesuai , maksudnya jangan terlalu malam atau terlalu mendekati waktu imsak. Jika terlalu cepat maka kita akan cepat lapar juga. Jika terlalu mendekati imsak tentunya kita kan makan terburu-buru. Mengatur waktu ini penting agar kita punya waktu menikmati makan sahur dengan tenang  selain itu  kita memberi  ruang pada lambung untuk mengkonsumsi  yang lainnya, misalnya sehabis atau sebelum makan nasi bisa mengkonsumsi buah, bisa juga minum susu dll. Bayangkan saja jika cuma punya waktu cuma 5 menit, pastinya cuma bisa makan nasi dan  segelas air putih.

2). Saat sahur penting mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti gandum, karena bisa mengenyangkan untuk waktu lama sekitar 6 jam tergantung aktifitas. Jangan lupa konsumsi air putih dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh disiang hari. Tidak dianjurkan memakan mi instan karena selain gak bagus diperut, mi instan cendrung menyerap air dalam tubuh sehingga membuat tubuh cepat lelah dan rasa haus yang berlebihan, kerongkongan terasa begitu kering, aku pernah mengalami ini.

3.) Saat sahur tidak dianjurkan meminum kopi atau teh manis. Kopi dapat meningkatkan asam lambung, sehingga lambung akan terasa perih dan sakit. Minuman atau makanan yang manis disaat sahur akan membuat makanan cepat diserap tubuh dan cepat juga dikeluarkan sehingga membuat tubuh menjadi cepat lelah. Lebih baik perbanyak minum air putih dan  makan buah, agar makanan diserap secara perlahan dan dibuang secara perlahan juga.  minumlah vitamin jika dibutuhkan, ini tergantung pekerjaan jika bekerja dilapangan atau terlalu aktif, pentig konsumsi vitamin.

4.) Saat siang hari beristirahatlah sejenak. Yang namanya kantor atau bekerja apapun pasti ada waktu istirahat, gunakanlah waktu ini sebaik-baiknya. Kita bisa memanfaatkan jam istirahat untuk tidur sebentar, ntah itu di mushollah ataupun di ruang kerja, sejenak memejamkan mata disandaran kursi. Boleh juga  sih.., memanfaatkan waktu istirahat  untuk kegiatan lain , asal tidak memporsir tenaga, seperti membeli  perlengkapan  kosmetik secara online agar tampil cantik lebaran nanti. Ehm! puasa baru mulai pikiran udah lebaran aja hehehehe. Ya, dari pada saat jam istirahat melipir ke mall terdekat, dan ternyata disana banyak godaan, mending via online dong. Buat kamu yang ingin memaksimalkan ibadah Romadhan bisa kok memanfaatkan jam istirahat  untuk  baca qur’an atau dengar tilawah via gadget kamu, sekarang itu untuk berbuat baik itu mudah kok.

5.) Saat berbuka puasa, penting untuk tidak makan secara berlebihan. mulailah dengan segelas air putih hangat, atau teh hangat yang manis. Minuman dingin memang menyegarkan tapi itu akan membuat tubuh menjadi lemas. Boleh saja jika saat bwrbuka langsung makan nasi dan lauk pauk, tapi jangan kebanyakan mengingat masih banyak rangkaian ibadah yang akan kita lakukan selepas maghrib.

6.) Bagi teman-teman yang ingin berolah raga sebaiknya dilakukan 20 menit sebelum berbuka puasa. Ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi berlebihan, selesai berolah raga kita  bisa langsung minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang saat berolah raga.


Berpuasa tak hanya membutuhkan kesiapan rohani tapi butuh juga kesiapan jasmani.  Apa yang kita asup mempengaruhi kinerja dan metabolisme tubuh, untuk itu kita perlu memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Besok sudah puasa nih, teman-teman sudah beli baju lebaran belum sih? , nah loh, kok? hahahaha

Baiklah sebagai penutup tulisan sederhana ini saya  menghaturkan maaf kepada teman-teman semua jika saya ada salah dalam berkata-kata maupun ketika berkomentar di blog teman-teman. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga segala amal ibadah kita dibulan Romadhan ini terima oleh Allah SWT,aamiin


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

30 komentar

  1. Yang terkadang kebablasan itu kalau buka puasa jadi ajang balas dendam ya mba. Selamat menjalankan ibadah puasa mba :)

    ReplyDelete
  2. Wah aq ga bisa sahur tanpa teh manis hiks...selamat menjalabkan ibadah puasa mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. air putih..harus lebih banyak mba... biasanya kalo minum teh manis..bakalan bolak balik BAK..

      Delete
  3. pnting bgt mnjaga asupan gizi saat sdg berpuasa

    ReplyDelete
  4. Marhaban ya Ramadhaan...
    Selamat menunaikan ibadah shaum 1438 H, mba...

    Semoga lancar dan penuh berkah.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Momen Ramadhan saat tepat untuk detoksifikasi, tapi tidak berarti mengabaikan asupan gizi ya, mbak Novi. Semoga Ramadhan ini dan seterusnya menjadikan kita insan yang lebih baik. Terimakasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin..makasih juga udah mampir..

      Delete
  6. Penting banget ya minum air putih agak tetap segar dan bugar

    ReplyDelete
  7. waduh, ga baik ya makan mi instan. Itu menu andalan di saat kepepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesekali gak masalah lah ... asal jangan tiap hari.., kasian usus..kasian kitanya juga..

      Delete
  8. Gak pernah beli baju khusus saat lebaran, tapi pengennya mukena baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya sering beli baju baru kaaaan... :D

      Delete
  9. Bagi saya buah juga wajib saat sahur mbak, sayur juga,hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting buat kebutuhan vitamin dan mineral tubuh..

      Delete
  10. Replies
    1. terimakasih juga udah beekunjung..

      Delete
  11. Saya termasuk yang harus makan nasi kalau lagi sahur, Mbak. Kalau enggak, bisa lemes hehehe...
    Selamat menjalankan ibadah puasa, juga ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..nasi wajib bagi ku... , kalo gak bisa gemetaran..

      Delete
  12. selamat menunaikan ibadah puasa ya mba semoga lancar hingga hari kemenangan tiba

    ReplyDelete
  13. Aamiin. Semoga dilancarkan pula puasanya yaa mba..
    Aku sudah 2 x ramadhan membiasakan sahur dengan buah mb..klo teh, mmng nggak. Jadinya sering pipis soalnya..☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... bolak balik pipis, n jadi cepat haus dan lelah..

      Delete
  14. Saya belum olah raga lagi nih mbak, alesan banget karena berpuasa hehe, kalo air putih dan buah gak ketinggalan untuk dikonsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup air putih harus banyak... kadang juga bikin bibir dan kulit kelihatan kering..

      Delete
  15. selamat mnjalankan ibadah puasa .........

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

VIVA LOG

IG: NOVA_VIOLITA