Puisi : TAHAJUD


Malam larut terpaku hening..
Suara jangkrik bersahutan nyaring..
Mata lelap di tubuh lelah tak bergeming..
Membawa mimpi ke alam asing


Hentakan embun berurai dingin..
Dipeluk beku sepoian angin..
Menarik tangan tuk berselimut kain..
Berpindah ke alam mimpi yang lain


Tidaklah bagi pemilik hati nan bening..
Jauhkan diri dari jiwa yg kering..
Bagai selalu dibasahi embun bening..
Bangun bangkit dari baring..


Tundukkan malam berbuat ihsan..
Tebarkan sajadah nyalakan dian iman..
Terlena sujud di belaian Tuhan..
Mohon ridho dan ampunan..
Bersihkan diri dari dosa dan kesalahan..
Menjadikan malam penuh keberkahan..
Takkan tahajud pernah ditinggalkan..
Walau mimpi menggodakan..
Kobarkan semangat penuh ketaqwaan..

(by novili)

______________


*Note  : Puisi ini pernah kukirim ke harian Riau Pos dan puisi ini diterbitkan pada Ahad 23 Agustus 2009 dan diberi tanggapan olehMarhalim Zaini  Pengasuh kolom Bengkel Sastra saat itu, dan tanpa sengaja aku menemukan banyak temen blogger yang ikut post puisi ini baik di blog maupun di facebook, bersyukur banyak yang suka walau terkadang mereka tak menyebutkan sumber Aslinya :) 
*note ini di tulis pada mei 2013, 


Puisi diterbitkan pada hari Minggu, 23 Agustus 2009
 

Mendapat Tannggapan dari pengasuh Bengkel Sastra Marhalim Zaini




KDRT Dan Pengendalian Marah

Akhir-akhir ini kita sering menyaksikan dan membaca berita tentang kekerasan dalam rumah tangga yang biasa disebut kasus KDRT. Kekerasan tsb bisa dilakukan oleh suami terhadap istri dan orang tua terhadap anak, kekerasan tersebut berupa penganiayaan, penyiksaan fisik yg di lakukan pelaku terhadap korban. Walaupun sebenarnya kekerasan dlm rumah tangga itu tidak hanya berupa penyiksaan fisik saja tapi juga penekanan psikis..misalnya membentak, mengancam, yang membuat anggota rumah merasa tidak tentram, takut jika berada di dekat pelaku. Tetapi kasus yg selalu diangkat adalah kasus penyiksaan secara fisik,karena bekas penyiksaan dapat di lihat dan bisa di jadikan bukti di pengadilan jika kasus tersebut di laporkan.

Terkadang yang sering kita sesalkan adalah pemicu KDRT itu adalah kemarahan yg disebabkan oleh hal-hal yg sepele.. Misalnya ada orang tua memukul anaknya hingga wajahnya biru lebam hanya karena si anak meminta uang jajan yg cuma Rp 1000, atau suami memukul istri karena sayur keasinan..(ho ho ,semoga Allah melindungi kita dari suami yg seperti ini..amin..)
ehm!

Di sini saya tidak akan bahas tentang hukum kasus kade erte itu.. tapi bagaimana cara kita mengendalikan diri kita disaat marah agar kemarahan tersebut tidak merugikan orang lain dan ujung-ujungnya akan merugikan kita sendiri. Marah adalah hal yang manusiawi dan harus dilakukan jika ada hal-hal yg patut untuk menjadi alasan  marah, apa lagi jika untuk kebaikan tetapi juga tidak boleh berlebih lebihan seperti orang kesetanan.

Eh! tapi ada juga loh orang yg hobinya marah.Terang-terangan ngomong kalau dia tu pemarah.. temperament dan meminta orang lain hati-hati jangan sampai membuat dia marah. Idih..! Kenapa bukan dia aja ya yg berupaya membuat dirinya berubah, belajar mengendalikan emosi ketika marah? Kalau hipertensi bagaimana? Ya berobat dong dan jaga makanan.

Lantas bagaimana cara mengendalikan diri ketika emosi marah meluap-luap? Selain belajar melatih kecerdasan emosi diri kita untuk sabar, Ikhlas dan tenang ketika marah  lakukan tips ini yang juga merupakan sunnah  Rasulullah 'alaisalam, ada beberapa hal yg mesti kita lakukan:

1) Membaca ta'auwudz, berlindung kepada Allah agar kemarahan tidak menyebabkan suatu kejelekan.
2) Berwudhu, sesungguhnya marah itu dari syetan,dan dia tercipta dari api dan api dapat dipadamkan dengan air.
3) Duduk, jika marah dalam keadaan berdiri kemungkinan banyak hal yg akan dilakukan entah itu menampar,memukul, maka di anjurkan untuk duduk.
4) Diam, ini merupakan hal yg patut di lakukan..jika marah biasanya mulut akan ngomel berpanjangan.. Kemungkinan akan membuat orang jengkel dan akan memicu orang untuk melakukan hal yang tidak baik, tapi bukan pula diam dalam arti menunjukkan kemarahan dan mogok bicara lantas tidak bertegur sapa, diam disini hanya membatasi diri agar tidak banyak mengeluarkan kata kata yg jelek..
5) Sholat dua rokaat, meminta kepada Allah agar lebih sabar dan tenang.

Terus kalau marah di jalanan bagaimana..?ga mungkin dong..duduk atau sholat.. Ya cukup sabarkan hati dan ikhlas dan berlindung kepada Allah dari kemarahan yg jelek.

Sesungguhnya kesabaran keikhlasan dan maaf adalah hal yg utama, tidak membesar besarkan masalah yg sebenarnya jika dipikirkan dengan tenang dapat di selesaikan dengan mudah dan tidak membuat sulit. Ini terbukti kebanyakan dari mereka yang melakukan tindakan kekerasan terhadap keluarganya merasa menyesal karena tidak bisa mengendalikan emosi ketika marah, sedangkan pemicu kemarahan adalah hal hal yg terkadang remeh temeh..

Eh, nih ada cerita bagus yg bisa jadi renungan buat kita yang saya kutip dari sebuah buku:

Ada seorang lelaki yg sedang mengagumi mobil barunya..dalam kekagumannya tiba2 anaknya yg berumur tiga tahun dengan gembira memukul mobilnya hingga peot cat mobil yg mengkilat itu. Lelaki itu terperanjat dan emosi,lalu mendorong dan memukul anaknya dengan kayu sbg hukuman hingga jari mungil anaknya itu remuk..
Lelaki itu tersadar,lalu melarikan anaknya ke rumah sakit. Meski dokter telah berupaya tapi jari jari itu tak terselamatkan ,dan dokter terpaksa memotong jari-jari dari dua tangan anak itu..
Ketika anak itu sadar dari perawatan,ia melihat tangannya di balut dia berkata.." ayah..aku minta maaf atas mobil..tapi kapankah jari-jari ku akan tumbuh lagi..??
Lelaki itu tertuduk lemas menyesali perbuatannya..sungguh suatu tak termaafkan..
Diceritakan lelaki tersebut bunuh diri karena memikirkan tindakan bodohnya..

----
Duh..sedih banget ya..? Benda yang rusak bisa di perbaiki tapi perasaan sakit dan kecacatan tak dapat di perbaiki.
Bagaimanapun maaf lebih utama ,apa lagi untuk orang-orang tercinta bagi kita.
Mungkin cerita yang mirip banyak terjadi disekitar kita anak dicubit hingga mengelupas karena hanya menumpahkan segelas air dikarpet, atau anak di pukul hingga biru hanya karena memecahkan piring..

Semoga Allah melindungi kita dari kemarahan yang merusak kebaikan..Amin..

Katanya? Mana buktinya!

Katanya Ikhlas?
Tapi..setiap bantuan yg kau berikan,kau selalu berharap suatu imbalan diberikan kepada mu.. , bahkan terkadang..kau selalu menyebut-nyebut kebaikan yg telah kau berikan... Kau riya..sum'ah... Kemana ikhlas yg kau dengungkan...?!
Dan disaat ujian Allah menghampiri mu, di bibirmu meluncur beribu keluh kesah dan penyesalan dan terkadang makian... Dan kau katakan bahwa Tuhan itu tidak adil pada mu..
Oh! Bahkan terkadang di sela takbir..ketika tangan mu diangkat untuk menyembah tuhan mu..dan ketika jilbab lebar mu berkibar di tiup angin..kau melirik dan berharap agar orang lain memuji mu...
TIDAK!! Kau bukan seorang yg tulus ikhlas mengharap ridho Allah swt, ketika berbuat kebaikan..

Katanya Pemaaf?
Tapi kenapa di dalam hatimu masih terbersit dendam..masih melintas di dada mu keinginan agar org lain celaka... Bertumpuk kebencian disela senyum kebohonganmu... Tersimpan permusuhan di balik uluran maaf mu.?

Katanya Tawakal dan Beriman?
Tapi kenapa kamu masih sering cemas.. disetiap langkahmu kau selalu ragu dengan setiap usaha mu.. Padahal kau telah menyerahkan seluruh jiwa ragamu kepada Tuhan..berserah diri.. Adakah yg kau ragukan dari kekuasaan Tuhan mu..? Tak kah kau percaya dengan kekuasaanNya...?

Mungkin bisa saja kau berujar..
Bahwa dirimu seorang yang ikhlas, pemaaf, sabar, sholehah,alim..baik hati dan lain lain..tapi yang lebih tahu dirimu adalah dirimu sendiri.. Dan tentunya juga sipenguasa alam Allah swt.
Ketika kamu berkata "ya saya maaf kan.. "
" ya saya ikhlas..dan sabar"
cobalah teropong hati mu yg terdalam.. Benarkah..sesuai lisan atau sekedar basa basi pemanis kata?

Kamu bisa menutupi hati dari pandangan orang lain..tapi tidak bisa dari Allah..karena hati adalah tumpuan pandangan Allah..bukan lahiriah saja..
Dan kamu tak kan dikatakan beriman..sebelum di uji..tak lah kamu mendapatkan medali emas sebelum melalui pertandingan yg panjang...

Oh...betapa rendahnya diri ini...dimatamu ya Allah...telah sombong telah mengatakan diri ini terbaik.. Pada hal masih banyak ujian yg blm dilewati...masih panjang lorong yg akan di lewati...

Ya Tuhan ku..bimbinglah aku untuk selalu di dalam kebaikan.. Dan tolong hatiku..untuk benar-benar membuktikan jika keimananku..tidak sekedar "katanya"..amin..amin ya robbal 'alamin..

Puisi : Meretas takdir

Waktu terus berlalu..
Detik demi detik kian terpetik..
Tiada nan tahu apa yang terjadi esok hari..
Adakah butir mutiara kilau mentari..bercahaya cerahkan hari..
Ataukah justru butir hujan yang mengelamkan jiwa..
Tetapkan lah diri sediakan payung kesabaran dan keikhlasan..

Jikalah cerah menerang tak kan jiwa pongah mengekang..,jikalah kelam berurai takkan butir air mata ikut berderai mengeluh di jiwa nan rapuh..

Segala nan terjadi bukanlah kuasa si makhluk pemilik keinginan nan muluk.. Semua berawal dari secarik skenario sang Kholiq..

Maha suci Allah nan agung pemilik ar'sy nan tinggi.. tak kan menyiakan makhluk nan tunduk dan berserah diri pada nya..

Kehidupan hanyalah perpindahan dari satu keadaan ke keadaan yang lain.. Hingga terdampar ke kehidupan nan kekal yg telah di janjikan.. dengan membawa bekal..sesuai tabungan yg diraup di dunia nan penuh ujian..

HIKMAH DIBALIK MUSIBAH

Innalilahi wa innalilahi roji'un..sesuatu datang dari Allah swt dan kembali pada Allah jua..
Malang tak dapat di raih untung tak dapat di raih.. Itu lah musibah datangnya tak dapat di tebak..
Baru 2 hari saya dirawat di RS karena kecelakaan motor,saya ditabrak motor ketika akan menyebrang jalan, padahal saya orang tipe yg sangat hati2, tpi tidak tau hari sabtu kemarin 20 juni 2009,hal itu terjadi sama saya..hingga wajah saya memar..dan dapat beberapa jahitan di kepala..mau duduk saja kepala berat dan pusing saya sempat sedih..tapi mau bagaimana lagi..sesungguhnya ujian tuhan itu dapat datang tanpa di tebak, mau tidak mau mesti sabar dan menerimanya dengan ikhlas.. Sesungguhnya jika kita terkena musibah jika sabar ikhlas dan selalu ingat pada ALLAH SWT, musibah dan rasa sakit menjadi ibadah dan dapat menghapus dosa-dosa kita. Amin..

Terkadang timbul pikiran "seandainya saya begini.." dan "jikalau saya begitu.." musibah ini tak kan terjadi, tapi lekas2 saya buang jauh pikiran itu, kata "seandainya" dan "jikalau" hanyalah bahasa setan untuk mengingkari takdir, segala sesuatu yg terjadi pada kita adalah sudah ketentuan Allah swt..,kita telah hati2 tapi masih saja terjadi,itu semua berjalan diluar kuasa kita..

Paling tidak dengan adanya musibah ini menjadi ladang intropeksi diri agar kelak lebih berhati2 lagi.. Dan mungkin amal ibadah kita msih kurang.. Sedekah masih jarang..mungkin masih kurang ramah dg orang2 sekitar..wallahu alam..sesungguhnya Allah yg maha tahu..
Selain itu kita dapat lebih tahu, betapa cintanya orang orang terdekat kita.. Keluarga.. Teman.. Tetangga.. Semua mendo'akan yg terbaik buat kita..memberi support dan optimis untuk sembuh.
Ini baru terjadi dua hari.. Bahkan menulis ini saya masih di rumah sakit.. Buat menghilang kan rasa gelisah.. Tapi semoga tidak terjadi apa2.. Dan Allah akan memberikan kesembuhan dengan tiada penyakit sesudahnya, amin..
Mohon doa semua..
Terimakasih..

Pemilu

Wah..wah.. Bentar lagi pemilu neh...
Kalau dulu cuma nyoblos gambar partai.. Kini kali ke dua pilih presiden secara langsung n tinggal contreng tok.. pake spidol.. Gampang banget..
Juli nanti masyarakat berbondong2 ke te-pe-es tempat pembelian sayur eh maksudnya tempat pemungutan suara, rame2 milih pemimpin buat lima tahun ke depan.. yang katanya bakal dapat nentuin nasib selanjutnya.. masa seh...? Makanya para calon presiden banyak banget iklannya seliweran di tv, macem2.. Ada lagu.."ABC... presiden ku.. Lanjutkan " eh ada yg pake slogan lomba lari.."lebih cepat lebih baik" trus ada lagi yg mencoba menarik perhatian masyarakat petani..n nelayan.. Deklarasi dekat pembuangan sampah..
Macam-macam dech.. intinya buat narik hati rakyat buat milih..
Tapi masyarakat indonesia katanya sudah pada cerdas.. memilih sesuai hati nurani.. dan mana yang bisa dipercaya, iklan dan duit tidak mempengaruhi.. Tapi siapa yg bisa jamin. Buktinya waktu pemilihan caleg bulan April lalu banyak caleg terpilih bukan caleg berkualitas, tapi caleg berkuantitas yaitu caleg yg terpilih karena duit..
Heh.. Itu buktinya masih banyak masyarakat kita tidak cerdas.. Hanya sebagian saja yg cerdas.. Seperti halnya yg menikmati kesuksesan pemilu..,hanya sebagian.
Lebih banyak yg merasa pemilu tak akan mempengaruhi nasibnya, jadi siapa pun yg terpilih yg oke atau yg tidak.. bagi mereka sama saja. Terus bagaimana dong..cara membuat rakyat jadi pintar,cerdas n memiliki pikiran berkualitas berkualitas..nah itu dia pe-er untuk presiden terpilih nanti..bagaimana meningkatkan mutu pendidikan negara ini.

Ko ngomong jadi serius gini ya..? Rileks dulu ah..bikin puisi yuk..judulnya PEMILU.,

SEBENTAR LAGI KAN TIBA PEMILU
BANYAK AJAKAN BISIK RAYU
BERUJAR BEGINI BEGITU
AGUNGKAN DIRI NOMOR SATU
MEMBUAT HATI JADI RAGU PILIH YG LAMA ATAU YANG BARU
TAKUT TAKUT CUMA RAYU
BAGAI PEMILU NAN TELAH LALU
BUAL JANJI DEKAT PEMILU
TAK TAHU MENAHU SETELAH ITU
TINGGALLAH HATI YG TERGUGU
RENUNGI NASIB NAN TETAP PILU
SUNGGUH PEMBUAL JANJI TAK TAHU MALU
TUNGGU TEGURAN TUHAN YANG MAHA TAHU..

Bagaimana puisinya.. Oke ga sich..

Met pemilu aja dech..

Please don't cry.. Semangat...!!

Pernah sedih..?(pernah...!!!)
pernah sakit hati? Tapi bukan radang lever.. Pernah mengeluh.. Resah n gelisah...?
Huh.. Ya pernah dong.. Namanya juga orang hidup pasti punya setumpuk masalah..yang kadang bikin pikiran jadi ruwet n kadang sampe nangis..
Yuk.. Coba nasihati diri sendiri.. Memang secara langsung tidak menyelesaikan masalah.. Tapi paling tidak sedikit membuat tenang...
1) jika ada menyakiti atau melukai perasaanku..aku harus coba untuk bersabar tenangkan hati dan mencoba memaafkan..karena dendam dan sakit hati hanya membuat perasaan semakin terasa sesak.
2) aku sudah berusaha keras tapi kesuksesan blm menghampiri..aku tak boleh dengki pd keberhasilan orang lain.. Itu akan menambah beban perasaan..mungkin ini giliran dia,besok akan tiba giliran ku.
3) perasaan sedih ini bersumber pada perilaku atau dosa yg ku lakukan.. Aku mesti Cepat mohon ampun pada tuhan.. Dan aku tak kan mengulanginya.. Aku Buat diri semakin dekat pada sang pencipta.
4) Berprasangka baik lah pada Allah sesungguhnya Dia maha tahu apa yang terbaik buat ku..aku harus ikhlas, sabar dan syukur terhadap apa2 yang diberikan pada ku,sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan.
5) Aku harus buang kesedihanku aku tak boleh berlarut-larut aku harus buang jauh2 semua beban menghimpit dada ku,karena hidup terus berjalan.
6) aku mesti semangat..optimis, ceria, penuh senyum..aku tak kan bersedih apa2 yg luput dariku sesungguhnya Allah beserta ku.
7) aku tak kan pernah berharap pada siapapun kecuali pada Allah semata, sesungguhnya aku termasuk pada orang yg sangat beruntung..

Huh.. Lega..
Mungkin rasa sedih tiba2 datang menghampiri diri.. Cobalah kurangi dengan menulis daftar nasihat diri seperti diatas.. Semoga akan membuat tenang..

Selamat mencoba!
Smile..smile.. :-)
semangattt...!!!

J-Theme