PIKIRAN MESUM


Hari ini sengaja buka-buka dashbor blog, dan mengklik satistiknya dan sumber lalu lintasnya…
Oh ternyata… minggu-minggu  ini ,  banyak yang kesasar  di blog ku  gegara nyari “cerita abg mesum”. Kenapa sih… pada nyari yang mesum-mesum  baca yang masam-masam  jadi mesem-mesem ^_^ . Aku jadi bertanya-tanya  siapa sih yang nyari begituan, para ABG  atau orang dewasa kah…??? Anak-anak atau justru emak-emak atau  malah bapak-bapak? :p
Kenapa mereka ngebet banget ama yang mesum-mesum…, kok  pikiran pada mesum banget sih.
Coba deh supaya gak mikir yang mesum-mesum,  carilah  kegiatan yang positif, sibuk kan diri kepada hal-hal yang baik. Jika kita (eh lo aja kali...)  tidak disibukkan dengan kebaikan , pastilah akan disibukkan dengan sesuatu yang  tidak bermanfaat .
nih mereka contohnya.. gak ada kerjaan.. nganggur lama di depan  computer atau di warnet ya gini-nih… malah nyari-nyari cerita yang gak bermanfaat.

Buat ortu mesti waspada jangan  sampai anak-anak kita mengkonsumsi cerita beginian, jadi ingat share link dari   Mak Mira Sahid cerpen  c*b*y j*nior yang agak-agak “ menjurus… “*miris jadinya.


Karena aku ikut gerakan PKK cerita ABG , eh.. malah banyak nyasar.., tapi syukurlah mereka nyasar ditempat yang tepat n gak bakal menyeburkan mereka kejurang kemesuman.. (ceilehhhhh…), semoga mereka sadar dan tidak mencari  yang masam-masam n mesum di situs lain.

Sekarang lebih baik gak usah nyari-nyari yang “begituan…”. kalo ga k ada pembaca para “oknum” yang tidak bertanggung jawab itu  tidak akan menulis hal-hal mesum dan menyebarkannya.. biarlah mereka menikmati pikiran kotor mereka sendiri, dan tuhan akan menyiksa mereka. (aih… jadi emosi yak? Udah dulu ah…)


*by : Novili*

SURPRISE YANG MEMBUAT PIKUN

Kak Ema ( Kakak Pertama ku)

Surprise untuk ibu..

Hampir dua minggu ibuku sakit. Maag nya lagi kambuh, ibuku penyakitnya emang udah komplikasi gitu, ya diabetes, osteoporosis, dan maag.  Maag nya kambuh gara-gara minum jus tomat tiga hari berturut-turut, mungkin rasa yang agak asam  membuat lambungnya bermasalah.
Mendengar ibu sakit kakak-kakak ku yang ada di Jakarta berniat untuk mudik Ke Airmolek (Riau) . Tapi niat itu tidak kami sampaikan ke ibuku, takut  jadi ke ikat janji dan gak jadi datang. Akhirnya aku, Kak beti,kakak ku yang nomor dua dan  abang ku Hengki  merahasiakannya dari ibu dan bapak ku , pengen bikin kejutan gitu deh....

Awalnya kak Ema  (kakak pertama ku) dan Kak Evi (kakak nomor 3) akan datang bersamaan pada tanggal 1 januari mendatang dan pulang tanggal 4 januari. Aku protes...masa cuma tiga hari.... Mbok ya seminggu gitu biar berasa, kesannya baru duduk naruh pantat, eh  langsung pergi...ya mana kerasa, mana sebelumnya  mereka datang  cuma 2 tahun sekali saat lebaran, sungguh gak greget aja rasanya.

Oke. Dengan beberapa pertimbangan akhirnya Kak Ema   datang duluan pada tanggal 22 Desember  dan akan pulang pada tanggal 30 desember 2013..lumayankan.. satu minggu dan setelah kak Ema pulang , tanggal 1 Januari kak Evi yang mudik , dengan bergantian  seperti itu perasaan kehilangan tak begitu terasa, karena ada penggantinya.

Dan lucunya surprise itu  membuat kedua  orang tuaku pikun sesaat ha2. Ceritanya begini…. Ketika kak Ema diantar oleh abangku dan kakak iparku kerumah… 

Bapak ku ( kami biasa memanggil dengan sebutan abah) ditanya…sama kakak iparku..

Kenal ga pak.. ni siapa?
“ Siapo yo…..? lali aku “ katanya sambil senyum-senyum mengingat, tentu saja  mereka tertawa, melihat reaksi abah…,abah makin dalam mikir.. ( abah dari suku jawa.., kami memanggilnya abah, karena ibu keturunan banjar.. jadi kami cendrung  memakai bahasa ibu)

“bah…. Ini ema bah.. baru datang dari Jakarta “
Si Abah baru ngeh… , ohhhh… pantas tadi pagi Uli (keponakan ku usia 10 tahun) ada nyeletuk katanya  mak wo (bude) Ema  hari ini mau datang…, tapi aku dengar  sekilas katanya… ( kejutan lumayan berhasil)

Kemudian Kak Ema masuk kamar menemui ibuku yang sakit… datang-datang langsung mendekatkan wajahnya ke ibukuyang sedang berbaring membelakangi pintu kamarnya… otomatis ibuku tentu terkejut..

“ Kamu siapa?!”
“ Kenal gak mak…..??” kakak ipar ku kembali bersuara..
“Siapa…?”
“  Teman nita kerja mak…. “ tambahnya lagi..
“ Ema….” Sambung kakak ipar ku…
“ Ema siapa?”

Aduh… mereka udah gak tahan nahan geli….
“ ini Ema… mak ai…, hanyar datang dari Jakarta” Kak ema udah gak tahan nahan geli, akhirnya buka suara , dengan logat banjar….

“Oh… ikam.., ngapa datang kada bepadah…” (oh..kamu,kenapa mau datang gak ngomong-ngomong)
“ Kan kejutan….mak..”

Akhirnya  semua pada ketawa…, mak langsung kelihatan lebih seger.., terbawa suasana happy

Mak langsung telepon aku dikantor (hari minggu aku tetap ngantor..dan libur ku itu hari Jum,at)

“ Nova…. Ni kak Ema ada datang…!!!”  mamak  bersemangat sekali…
“ Ah… masa iya mak…, sama siapa datangnya?” kura-kura dalam perahu… pura-pura gak tahu.. hi2
“Iya…. Datang sendirian gak bawa Ria Rio…, aku gak ngenali tadi.., pakai kaca mata, masuk kekamar senyam senyum…” mamak tetap bersemangat..

“ Masih lama pulang?”
“ Sebentar lagi…. “ ujar ku.. yang kemudian telepon langsung ditutupnya.

Ah…. Benar saja ketika aku pulang, semua pada cerita kejadian tadi….pada ngakak, aneh dan lucu sampai gak ngenali anak sendiri.

Ortuku beralasan, ya.. karena gak mikir sama sekali bakalan datang, rasa percaya dan nggak.. katanya.

“Pantas kemarin waktu Uli mijit-mijit kaki ku dia bilang katanya mak wo Ema bakalan datang…” kata ibuku…
“ Ah..mana mungkin mereka datang” ibuku sempat menjawab..

Ah… Uli… tu anak…ya…ngegemesin, untung pada gak nanggepin… jadi  surprise berjalan lancar..

Ups.. tapi masih ada surprise ke dua… , kedatangan Kak Evi tanggal 31  Desember nanti..dimajuin dari rencana semula 1 januari 2014…, gimana ya…??? Apakah seheboh tanggal 22 Desember.. kejutan bikin pikun sesaat…ataukah rasa bahagia yang membuat melayang .. he2

*By Novili*

Ibu, Cinta mu Tiada Akhir

My Mom.. ( love you forever)

Ibu..
Tiada satu alat ukur yang dapat mengukur kasih mu..
Luruh peluhmu pun tak sempat kau seka..,
Saat aku, bayi mu menangis haus dipangkuanmu..

Ibu..
Bagiku cintamu
melebihi cinta matahari
Jika manusia bisa hidup tanpa melihat matahari..
Maka aku tak sanggup hidup tanpa cinta dan do’a mu barang sedetik pun


Ibu..
Cintamu..
Sebuah jalan tak berujung…dan lautan tak berdermaga
Tiada sekat tiada batas

Ibu..
Dunia ku peluk lalu ku letakkan dipangkuanmu..
Takkan dapat membalas semua cinta yang telah kau beri…
Jika kata “ah” saja dapat mengobarkan lidah jahanam
Maka ku ingin merengkuh surga..dengan bakti ku..
Biarkan ku sisir rambut mu yang memutih
Ku pijat tiap lekuk tubuhmu yang lelah
Biarkan kuusap airmata dengan lengkungan senyum dibibirmu..

Ibu..
Maafkan aku…
Ridhoi segala laku ku..
Agar Tuhan meridhoi langkahku..

---------------------
SELAMAT HARI IBU …
*by novili*

Ntahlah..


foto: search google
Ntahlah…
Aku tak tau isi hati ini,
Mungkin saat ini si “ jubah hitam” sedang menjajari langkahku , lalu menutupi bayang-bayangku… dan membisikkan sesuatu yang buruk, kemudian ia tertawa girang melihatku mulai terpengaruh pada hasutannya..

Tapi bisa jadi cahaya putih menyinari bagian sisi hatiku..
Dan menyingkap keluguanku  yang selama ini bersemayam disana.

Aku tahu.. kalian bagian dari ku , tak sepantasnya ku berprasangka buruk terhadap kalian…
Ntahlah.. mungkin ini kelabilanku.. aku yang terlalu sensitive dan cengeng..
Aku  tak tahu….

Kalian begitu lincah..
Seperti kelinci yang lepas… berlari dan melompat kesana kemari…
Seperti kupu-kupu yang bebas menari..
Menjamahi tiap kuntum , menghirup manisnya madu…

Aku..
Aku disini..
Menatap dari  kejauhan

Hei…!
Lihat aku.
Bisakah kalian kesini…

Bisakah kita sebentar saja berganti posisi..
Biarkan ku sejenak.. menari disana..

Sebentaaaaar… saja..
Kaki ku tak sejenjang kalian…
Sayapku pun  tak bisa terbang tinggi ..
Sebentar saja..

Agar aku kuat…
Agar ku tak merasa sendiri..
Kita lakukan tugas  mulia bersama..
Lalu Tuhan merengkuh kita dalam rahmatNya..

Ntahlah…
Kita memang punya kesibukan masing-masing…
Jika ada waktu ..
Mampirlah sejenak.., sebentaaar.. saja..

-------
By: Novili

Meringankan Gejala gangguan lambung (Maag)

foto : search google


Penyakit gangguan lambung, merupakan penyakit yang banyak di idap orang, kita lebih sering menyebutnya dengan penyakit maag.
Yang jelas  rasanya gak enak banget nget nget...perut rasanya sebah, perih, mual dll, Aku pernah sampai diendoscopy gara-gara-gara ini..
Sekedar sharing aja sih... ada beberapa gejala  yang aku alami saat itu, terkadang sekarang pun suka muncul kalau lagi kiamat eh kumat maksudnya :p
 1.      Mual, dan hilang nafsu makan. Selera makan ntah hilang kemana, makan jadi beban dihati. Misalnya nih... Liat jam udah waktu untuk makan siang.."duuuh....makan lagi...". melihat nasi, kaya ngeliat  gebetan lagi ngupil, gak nafsu banget.
2.      Kaki, tubuh terasa lemas , kepala pun terasa pusing bahkan vertigo.
3.      Jantung serasa berdebar-debar, tapi bukan jantung yang bermasalah dan nafas terasa pendek.
4.      Perasaan gelisah sampai-sampai ga bisa tidur. Saking gelisahnya pernah pindah-pindah kamar. Baru tiduran sebentar, terus bangun lagi, pindah ke ruang tengah, pindah kekamar lain, pindah kekursi.. Gak enak banget rasanya. Perasaan kadang seperti cemas, tapi ga tau apa yang dicemaskan.
5.      Perut bunyi ..krukk.. Kkruk.. Kriuk.., seperti otang cacingan. Aku pernah tanya dokter apa aku cacingan. Tapi dokter bilang karena asam lambung yang banyak.
6.      Terkadang aku merasa kaki dan tanganku kesemutan, dan terkadang terasa hingga ujung hidung dan pipi aneh banget memang.

Aku merasakan itu hampir 3 bulan, akhirnya aku diendoscopy. Ternyata aku  radang lambung, kebanyakan asam lambung, refluks, anatomi lambung yang tidak sempurna syukurnya tidak ada luka dan bakteri.
Aku diharuskan jaga makan, makan sedikit tapi sering. Pikiran juga gak boleh stress, karena stress dapat meningkatkan produksi asam  lambung, tidak boleh makan terlalu pedas, makanan dan buah yang asam, minuman bersoda dan kop , jangan sering mengkonsumsi mi instan.
Mungkin karena pengobatan yang tepat, alhamdulilah sembuh. Tapi sekarang gejala itu sering muncul, mungkin pola makan ku yang tak terjaga, biasanya kalau berasa asam lambung naik, aku coba obat tradisional dulu,ada beberapa resep obat tradisional yang biasa aku lakukan, terkadang aku semuanya ku lakukan, toh semuanya bahan herbal jadi gak ada efek sampingnya.
Sahabat blogger juga bisa coba kok.

  1. Madu.  3 sendok makan madu dicampur air minum yang agak hangat satu gelas, diaduk dengan sendok setelah bercampur rata lalu  diminum, lakukan 3-4 X sehari. 

  2. Kunyit,  3 rimpang kunyit dihaluskan, boleh diparut atau diblender, campur dengan setengah gelas air panas, kemudian  disaring, dinginkan setelah mengendap lalu diminum Biasanya aku minum saaat hendak tidur malam hari.   
  3. Rebusan air kacang hijau. Ambil 2-3 sendok makan kacang hijau, rebus dengan segelas air hingga mendidih, tak perlu menunggu kacang hijau matang, karena justru airnya kurang berhasiat untuk  mengurangi asam lambung. cukup airnya mendidih dan warna air menjadi hijau, kemudian angkat ambil airnya, dinginkan dan minum. Lakukan 3 kali sehari.
  4. Lidah buaya. pilih lidah buaya yang agak besar. Lidah buaya bisa di beli di super market, biasanya aku suka titip teman yang kebetulan ke pekanbaru. Boleh juga dengan lidah buaya yang biasa kita tanam di halaman rumah, tapi biasanya kita perlu beberapa  lembar, karena dagingnya yang sedikit. Lidah buaya dicuci terlebih dahulu, kemudian dikupas ambil dagingnya saja, lalu potong kotak-kotak, campurkan madu atau gula pasir lalu dimakan begitu saja. Lidah buaya berkhasiat melapisi dinding lambung, dan mendinginkan lambung yang panas. 

Untuk Obat  kimia  biasanya aku minum obat maag yang biasa dijual, biasanya jenis antasida untuk menetralisir asam lambung, dan kalau udah gak kuat banget aku minum  kapsul omeprazole satu kali sehari,  baik bisa yang merkgenerik maupun merk lain, ini berfungsi  untuk mengurangi  keluarnya asam lambung dari sumbernya. Untuk obat-obat kimia aku gak bisa jelasin panjang lebar, karena gak setiap orang cocok, lebih baik konsultasi langsung kedokter.

****
Semoga bermanfaat, teman-teman juga bisa share pengalaman juga…disini. Semoga dengan berbagi pengalaman bisa menambah ilmu dan membuat kita lebih sehat.

By ; Novili

Sakit Ingat Sehat Lupa



Keadaan Kurang sehat (Sakit)
sumber foto disini
Bismillah..
Hampir dua mingguan blog ini gak diupdate, kebiasaan sih….., kurang konsisten dan gak bisa disiplin untuk bisa update postingan tiap hari, wajar aja kalau postingan masih sedikit gini he2.

Kali ini saya mau posting tentang sehat yang bisa membuat kita banyak lupa, dan nikmat sakit itu membuat  ingatan kita lebih kuat. Ah..masa sih..? penemuan dari mana? Apakah ada penelitiannya?
Sebenarnya sih gak ada penelitian ilmiahnya, Cuma pengamatan terhadap diri sendiri aja, intropeksi diri gitu deh…. 

Coba deh…. Kalau sakit apa sih yang kita ingat :

1.       Ingat Mati, wah… kalau sakitnya rasa-rasa gak tahan, gak sabar dan kurang ikhlas menghadapinya jadi ingat mati, kebayang kalau amalan-amalan  masih kurang banyak dilakuin. Ketika sakit  jadi sholat tepat waktu dan perbanyak do’a, padahal nih kalau sehat, pas waktu sholat tiba.. banyak ntar-ntarnya.. mau ini ..atau ngelakuin itu dulu.. pokoknya  lebih banyak mengulur waktu dibanding tepat waktu.
2.       Ingat sehat, ya iya lah… siapa sih  yang gak pengen sehat ketika sakit? Pastilah pikiran tentang sehat itu muncul dikepala. Ketika sakit baru menyadari dan mensyukuri nikmat sehat yang Allah berikan.
3.       Ingat makanan yang jadi pantangan. Nah ..kalau sakit baru diingat-ingat kemarin aku makan apa ya?  Minum apa ya?
4.       Ingat pekerjaan yang belum diselesaikan. Ketika sakit baru inget kerjaan yang udah hampir  DL , ingat setrikaan yang menumpuk , ingat halaman kotor yang belum disapu dll.

Pokoknya sakit membuat kita banyak ingat ini itu deh…. Kadang yang udah lama dan terlupa kadang muncul tiba-tiba di depan hidung *apaan ya*.. bahkan ingat utang pun pas saat sakit hahahaha…. *ga segitunya juga kali ya…*

Jika Sehat apasih.. yang sering kita lupakan,  kita balik aja ya… dari yang kita ingat waktu sakit
1.       Lupa mati. Jika kita sehat jarang sekali kita memikirkan tentang kematian terutama orang-orang seperti saya ini (gak mau bilang kita), sholat masih mengulur waktu, sholat emang sih lima waktu dijalanin  tapi bisanya banyak bilang ntar deh 15 menit lagi masih ngerjain yang ini itu dulu, dan do’a yang pendek-pendek.
2.       Lupa pahitnya sakit. Dengan lupa sakit jadi kurang mensyukuri sehat, semua dilakuin gak nyadar bahwa tubuh bisa lelah dan butuh istirahat.
3.       Lupa makanan yang jadi pantangan. Kalau sehat tentu selera  makan begitu nikmat di lidah. Apaa.. aja dimakan selagi  lambung muat hayuuuk aja… alasan cuma makan dikit aja ga apalah.. padahal gak sadar makan sambil ngerumpi itu banyak.
4.       Terkadang diwaktu sehat kita suka malas-malasan,jika ada kerja  suka berpikir “besok  saja lah”, nah ketika ingin dikerjakan kitanya malah sakit , jadi menyesal kenapa gak dikerjain kemarin aja.

--------
Dari sekian banyak yang kita lalui disaat kita sakit maupun sehat, yang terpenting adalah adalah  rasa Syukur  tiada  henti kepada Allah swt yang telah  memberikan rasa sehat dan rasa sakit kepada kita. Sesungguhnya  tak ada yang sia-sia diciptakannya didunia ini.
Diciptkannya sehat agar kita bisa menikmati hidup, dan diciptakannya sakit karena dia ingin menarik kita dari keterlenaan diri terhadap hingar bingar  dunia, agar kita selalu ingat kepadaNya, karena Allah  tak ingin kita melupakannya , Allah cemburu jika kita banyak mengingat  yang lain dibanding mengingat Nya.
Sesungguhnya rasa sakit  yang diterima dengan rasa ikhlas dan sabar akan menggugurkan dosa yang telah  lalu.

*By : Novili*

Anjuran Zina dan Kampanye Kondom



sumber foto : Internet
Berikut beberapa petikan kalimat yang dilontarkan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, dalam konferensi pers Hari Aids Sedunia  pada jum’at 29 Nopember 2013. Yang saya baca di berabagai  media online:

"Kondom bukan barang terlarang, seperti narkotika. Jadi tidak perlu risau," 

Nafsiah juga membandingkan antara bagi-bagi kondom dengan bagi-bagi rokok. Menurutnya, lebih berbahaya jika ada yang bagi-bagi rokok secara gratis dan generasi muda mencoba merokok. "Dari coba-coba bisa jadi ketagihan merokok," katanya.

Menurut saya sungguh tidak pas jika membandingkan rokok dengan kondom, dengan alasan jika  rokok itu  bisa membuat ketagihan dan kondom gak bisa di coba  dan gak membuat ketagihan. Ah… masa sih… kondom gak bisa membuat generasi muda ketagihan?
Dengan tidak langsung , apakah dikatakan lebih berbahaya rokok dari pada kondom? Gitu ya?
Oke lah.. dari segi kebendaan memang kondom gak bisa dicobain langsung, dan gak akan bikin ketagihan kalau cuma disimpan..atau cuma dipegangin doang,  dan kondom gak akan berpengaruh buruk kalau cuma di pakein kepisang.

Tapi kan.. kondom diciptakan buat *begituan*, otomatis para pelajar jadi ngebayangin  yang “itu tu” kan…..?, dan seperti kita tahu anak sekarang gak semua bisa berpikir jernih, mereka paling cepat penasaran dan mencoba hal-hal baru. Gak menutup mata dengan prilaku anak sekarang , banyak sekali dari mereka yang berpacaran dengan melakukan seks bebas, berapa gadis yang aborsi, keguguran dengan adanya hamil diluar nikah. Nah dengan pemberian kondom gratis ini kepada para generasi muda dan pelajar, apakah tidak khawatir jika mereka berpikir dan memiliki opini gak masalah hubungan seks diluar nikah asal pakai kondom dan tidak hamil! . dan seks juga bisa membuat  pelakunya ketagihan. Efeknya tak hanya  penyakit tubuh tapi juga mental “ngeres” yang tak dapat disembuhkan dan dosa yang dibawa keakhirat, beda jika dibanding  dengan rokok yang bisa disembuhkan dengan pembuangan toksin racun rokok dll.

Pada Konferensi AIDS se-Dunia di Chiangmai, Thailand tahun 1995, diumumkan hasil penelitian ilmiah, bahwa kondom tidak dapat mencegah penularan HIV/AIDS . Sebab ukuran pori-pori kondom jauh lebih besar dari ukuran virus HIV. Ukuran pori-pori kondom sebesar 1/60 mikron dalam kondisi normal dan membesar menjadi 1/6 mikron saat dipakai. Sedangkan ukuran virus HIV hanya 1/250 mikron. (dari berbagai sumber)

Dari  keterangan tersebut seharusnya tidak  ada kampanye  pekan kondom nasional dihari AIDS, tapi  seharusnya kampanye  “ Say No to Zina” dengan menerangkan sebab penyakit yang ditimbulkan di dunia dan dosa yang mesti ditanggung oleh para pelaku dan masyarakat sekitar juga kena imbas dosa jika membiarkan secara sengaja kepada pelaku yang melakukan zina. Itu baru GOOODS… KEREN jika dibandingkan orang boleh berzina asal pakai kondom. Aduuuh… gak mau dong Indonesia  makin banyak bencana gegara banyak yang ngelakuin dosa… udah banyak dosa yang terjadi dinegri ini, mulai  banyaknya yang gak amanah, korupsi, prilaku syirik ditambah lagi  zina dll. (Naudzubillahi min dzalik) 
Aduh... apalagi Pekan kondom ini dilaksanakan sampai tujuh hari kedepan (1-7 Desember 2013), jangan sampai perzinahan meningkat dan azab Allah akan turun di minggu ini.

Dihari AIDS ini cuma bisa bilang:
Gak mau kena HIV ? Tingkatkan Iman Taqwa ,Jauhi ZINA DAN JAUHI NARKOBA. (itu aja)

Kampanye Kondom? cukup untuk program Keluarga Berencana (KB) bagi yang telah berumah tangga, bukan untuk pelajar dan lokalisasi prostitusi.

*By : Novili*

J-Theme