Wanita menolak lamaran pria. Ini yang wajib diketahui pria


www.novanovili.com - [Lifestyle] Banyak pria yang langsung menuduh wanita materialistis ketika lamaran atau ajakan menikah ditolak wanita yang menjadi dambaannya. Perlu dicatat tak semua wanita mendambakan pria ganteng untuk menikahinya, atau mengharapkan pria super kaya untuk menjadi imamnya dalam menjalani biduk rumahtangga. 

Faktanya banyak wanita yang mengatakan bahwa dia hanya ingin pria sederhana, bertanggungjawab, setia, dan sayang kepadanya. Sangat jarang yang bilang harus super ganteng, harus kaya raya, karena harta bisa dicari seiring membangun rumah tangga secara berkah. Lagi pula hal-hal yang bersifat duniawi justru akan menimbulkan masalah dimasa datang. Misalnya suami ganteng ujung-ujungnya jadi sumber pertengkaran , karena perasaan cemburu, atau banyak wanita yang menggoda dll.

Jika alasannya begitu kenapa saja masih ada wanita yang menolak lamaran pria, yang jelas-jelas mencintai dan akan menikahinya. Wanita memang unik mereka memiliki sifat-sifat yang sulit ditebak. Tapi salah satu cara mendamaikan hati yang galau akibat penolakan adalah dengan berprasangka baik pada Allah mungkin dia  bukan  jodoh yang tepat dan terbaik, selain itu harus sabar dan terus memperbaiki diri agar diberikan jodoh yang tepat.

Berikut hal-hal yang mungkin membuat wanita berpikir ulang untuk menjadi istri mu.

Kepribadian dan Etos kerja. Kepribadian yang dimaksud disini adalah sikap diri, sopan santun , tata krama, cara berbicara, semangat hidup. Semangat hidup yaitu rasa percaya diri dan optimis menjalani kehidupan. Seorang akhwat pernah bercerita bahwa dia menolak  lamaran seoarang pria rekan kerjanya  karena dia melihat si pria ini seperti tak punya etos kerja, lamban dan seperti orang yang malas menjalani hari-harinya, misalnya datang kekantor terlambat, banyak ngobrol dll. Yes, Wanita butuh figur pemimpin dalam rumah tangga bagaimana bisa menjadi pemimpin jika menyemangati diri sendiri saja tidak bisa.

Baca juga : Antara ta'aruf,php , dan ban serep

Pekerjaan. Seperti yang disebutkan diatas bahwa tak semua wanita ingin pria kaya raya dia hanya butuh pria yang  semangat bekerja dan bertanggung jawab. Walaupun gaji pas-pasan paling tidak kamu bisa menunjukkan  punya modal untuk menghidupi dan memberikan kebahagiaan dari hasil keringat mu sendiri.  Untuk diawal ini perlu banget, beda lagi jika  nanti di tengah “jalan” kalian berdua memutuskan bikin usaha sendiri atau mau bagaimana-bagaimananya.

Egois. Banyak pria yang egois dengan berjanji ingin menikahi wanita, tapi tak pernah tahu waktu yang tepat untuk memenuhi janjinya. Wanita sangat tidak suka “digantung” dan butuh kepastian. Jadi jangan salahkan dia jika tiba-tiba dia meninggalkan dan mengambil keputusan untuk menerima lamaran pria lain.

Terlalu Menggampangkan Masaalah. Ketika ajakan menikah disampaikan, biasanya wanita akan memberikan beberapa pertanyaan pada pria, hal ini sering dilakukan saat-saat perkenalan atau taaruf. Misalnya aku gak  bisa masak loh, bagaimana nanti?  dll. Jawabanmu seperti apa? akan mempengaruhi keputusan wanita , misalnya kamu jawab “ alah..gampag, nanti begini..tinggal begitu..” dll. Biasanya wanita akan lebih banyak istikhoroh dengan pria model begini.

Baca juga : 6 Alasan kenapa menikah muda menjadi viral

Emosi. Selain bidang spritual calon suami , yang menjadi pertimbangan lain wanita, adalah tingkat emosional dan cara mengambil keputusan dari seorang pria juga hal paling penting. Wanita tidak suka pria yang emosional dan tempramental. Pria bisa dinilai bagaimana saat dia marah. Makanya banyak wanita bertanya tanya “ jika kamu marah? apa yang kamu lakukan?” karena ini juga masuk daftar ceklis dalam mengambil keputusan.

Wanita itu sangat sensitif  dan cendrung merasa takut ketika harus melangkah kepelaminan tak heran jika mereka sangat berhati-hati memilih suami.  Alasan-alasan kenapa pria ditolak itu sangat banyak , tergantung wanita seperti apa yang akan dijadikan istri.

Beberapa waktu lalu saat BW ke blognya MbaK Ria . M. Fasha aku juga menemukan artikel beberapa alasan kenapa pria ditolak, lengkapnya di “ Hai Lelaki! ini alasan Kenapa Ajakan Nikah Kalian DITOLAK” pada artikel ini mba Ria M. Fasha lebih terbuka dan blak-blakkan berdasarkan pengalaman yang dia alami dan berdasarkan pengamatannya.  Secara garis besar hampir sama yang aku jabarkan diatas hanya saja disini mba Ria lebih rinci , jelasnya langsung ke blognya saja ya, disini aku tulis point-pointnya saja.

Ini alasan wanita menolak ajakan menikah dari seorang pria :

Berjanji akan menikahi tapi masih dalam waktu lama, misalnya dua atau emapat tahun lagi. Siapa yang bisa jamin ya?? dalam satu menit saja kadang hati bisa berubah. Secara pribadi aku juga gak setuju dengan hal ini, mending siapa cepat dia dapat he2.
Menikah tapi nunggu sukses dulu, tapi gak tau suksesnya kapan, dan “jalani hubungan ini aja dulu”. Hello wanita gak suka digantung ya, dan butuh kepastian. Wanita gak suka lebel “perawan tua”.
Menyombongkan harta dan jabatan. Sebelkan ya, belum apa-apa sudah ngomongin harta benda. Memang sih, perempuan suka jika calon suaminya mapan. Tapi kalau belum apa-apa kok ya harta dijadikan daya tarik, kesannya kok belum apa-apa perempuannya sudah disangka matre. Hal semacam ini sudah bikin perempuan ilfill duluan.
Tidak Sabar Meyakinkan Orang Tua Perempuan. Laki-laki itu harus gentel dan berani untuk memperjuangkan cintanya. Jadi jika orang tua kurang yakin  sudah sepantasnya seorang pria dengan gagah berani meyakinkan bahwa anak mereka akan bahagia jika menikah dengannya. Tapi Jika nggak berani, ya jangan salahkan jika di tikung sipemberani he2
Salah mencari pihak ketiga. Maksud hati minta dikenalin, maksud hati agar dipermudah ternyata pihak ketiga tidak amanah. Nah  kan.., lebih baik berani langsung lamar ke orang tua perempuan , dari pada pihak ketiganya gak menyampaikan malah  dilamar orang lain lebih dulu.

Buat pria yang belum menikah, jangan remehkan diri anda dengen lebel pria jelek dan tidak kaya. karena tak semua wanita menggilai lelaki ganteng dan kaya raya.  Rupa ganteng/cantik itu merupakan ujian berumah tangga, karena itu kesholehan dan pribadi yang baik jadi syarat utama.
___
Btw buat manteman yang ingin kenalan dengan Blogger cantik asal Bengkulu Mba Ria M. Fasaha , seorang istri dan juga ibu ini bisa klik klik akunt sosial medianya .

Blog : www.riafasha.com
Fb : Ria M Fasha
IG :@riafasha
Twitter : @chikaraen 
Ria M Fasha ngeblog sejak 2009

Jangan lupa juga kunjungi blog probadinya, banyak artikel menarik, tentang tips dan trik, soal pernikahan , sampai resep masakan khas bengkulu.

Baca juga : Ketika Niat Tak Lagi Lurus




23 komentar

  1. Alasan lain wanita menolak lamaran pria adalah, karena sebelumnya pernah disakiti oleh pria tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi..kalo belum nikah udah nyakitin gimana udah nikah..ya mba.. mending antisipasi dari awal..

      Hapus
  2. hai mbak makasih tulisannya,
    beragam banget memang alasan wanita menolak lamaran,
    intinya sih kalo aku apa adanya aja sebagai laki-laki
    lelaki baik untuk wanita yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki diri..maka jodoh baik akan menghampiri..

      Hapus
  3. Hai mba Nova. Aku paling nggak suka kalau cowok membanggakan hartanya. Tuh ketahuan sombong. Malas ah ama coeok gitu. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba... kayaknya kita cuma ngejar harta doank...he2

      Hapus
  4. Bener banget mbak yang menyombongkan harta dan jabatan! Klo sudah gtu aku langsung byeeee~

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum lagi..klo ternyata itu cuma nebeng ortu..bye deh ya..

      Hapus
  5. Jangan sampai menolak pria yang benar2 niat mau menikahi, akhirnya senjata makan tuan, gak nikah-nikah sampe sekarang.kejadian teman sendiri mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika lelaki baik... kenapa ditolak...

      sebagai wanita juga jangan terlalu pilah pilih...yg penting agamanya bagus...

      Hapus
  6. Punya komitmen yang penting ya mba,,,

    BalasHapus
  7. Mbak aku msh bingung dgn postingan alasan wanita menolak lamaran dgn profil Mbk Ria, apa artikel sebelumnya itu rangkuman dr artikel yg ditulis Mbk Ria, gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi..
      mba ria juga nulis..soal wanita menolak lamaran...he2. ada benang merahnya :D

      Hapus
  8. Noted! tidak semua wanita memilih pria karena kaya dan ganteng, karena label ini tidak menjanjikan kebahagiaan dan kenyamanan dalam berumahtangga. Suka dengan tulisannya. :)

    BalasHapus
  9. masih banyak pertimbangan kali y mba. walau sudah memenuhi kriteria, pd akhirnya fisik jg d pertimbangkan...

    BalasHapus
  10. Laki2 kadanf egonya tinggi, mb. Terutama kalo pilihan hidupnya ga sesuai dengan si perempuan. Susah memadukan, jadi kadang perempuannya yang milih menolak. Khawatir ada potensi cekcok nanti di kemudian hari.

    BalasHapus
  11. Setuju mba setujuuuuu..
    Diperlukan pria dengan atitude yang baik untuk melamar wanita yang baik juga :)

    BalasHapus
  12. suka deh mba dengaan tema kekiniannya..keren tulisannya :)

    BalasHapus
  13. Setuju banget mbak, jangan langsung judging ya kalau pada akhirnya seorang wanita menolak lamaran pria, karena pasti ada alasan kuat dibaliknya

    BalasHapus
  14. Setuju,mba. Menerima lamaran laki-laki itu nggak mudah. Wanita mempertimbangkan banyak hal, karena menyangkut dua keluarga dengan latar belakang yang berbeda. Tentang masa depan juga.

    BalasHapus
  15. Yang pasti kalau datang pria dengan agama yang bagus melamar jangan ditolak ..itu kata hadist lho.. :)

    BalasHapus
  16. Boleh dong pilih-pilih karena ini menyangkut jangka panjang, bukan cuma "yang penting nikah"

    BalasHapus
  17. Saya pria di sini. Kami melamar kalian juga karena pertimbangan matang, tentu penolakan kalian membuat kami kecewa. Jawaban kami juga bisa berubah nantinya, pendeknya, kami melamar kalian karena kami menilai kalian yang terbaik. Penilaian mudahnya, bagaimana cara kami melamar, menentukan keseriusan kami.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.