10 Universitas di Malang dengan Jurusan Teknik Informatika

Tinggal beberapa bulan lagi  akan dilaksanakan pengumuman Kelulusan Ujian Nasional  baik tingkat SMA/SMK/MA maupun tingkat SMP. Khusus untuk kelulusan tingkat SMA, biasanya mereka akan sibuk mencari Perguruan Tinggi yang cocok untuk kuliah melanjutkan pendidikan mereka kejenjang yang lebih tinggi. Bahkan Orang tua juga ikut memikirkan pendidikan anak untuk  mencari tempat kuliah yang cocok bagi anak-anak mereka.


Pulau Jawa biasanya menjadi tujuan utama untuk melanjutkan pendidikan. Salah satunya adalah kota Malang. Selain kota bunga dan terkenal dengan hawanya yang dingin , Malang juga dikenal sebagai kota Pendidikan, dimana kota ini memiliki banyak universitas dan politeknik yang terkenal hingga seluruh Indonesia. Ditambah dengan meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang datang dari luar kota dari tahun ke tahun membuat julukan tersebut semakin melekat pada kota Malang. Salah satu bidang ilmu yang menjadi favorit para mahasiswa baru adalah teknik informatika. Tercatat 10 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang mempunyai jurusan teknik informatika di dalamnya. Berikut ini adalah daftar kampus teknik informatika yang ada di Malang beserta akreditasi dari BAN PT sebagai referensi Anda yang ingin menempuh perkuliahan di jurusan teknik informatika :

1.       Universitas Brawijaya Malang
Kota Malang memiliki 2 universitas negeri, salah satunya yaitu Universitas Brawijaya. Kampus negeri favorit ini memiliki jurusan teknik informatika yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dengan akreditasi B (2013).

2.       Universitas Negeri Malang
Nama jurusan IT di universitas negeri ini yaitu Pendidikan Teknik Informatika, dimana lulusannya nanti akan mendapat gelar S.Pd. Pada umumnya mereka akan berprofesi menjadi guru professional atau instruktur di bidang IT atau bisa juga berwirausaha. Akreditasi jurusan PTI adalah B (2016).

3.       Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas swasta yang sangat terkenal hingga ke seluruh nusantara ini juga memiliki jurusan teknik informatika yang mendapat akreditasi B pada tahun 2014.

4.       Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang
Kampus teknik informatika ini semakin berkembang pesat sejak berganti status dari institut menjadi universitas. Akreditasi yang dimiliki jurusan teknik informatika di kampus ini adalah B (2014).

5.       Universitas Kanjuruhan Malang
Jurusan teknik informatika terbilang masih baru di kampus swasta ini, dimana proses akreditasi masih berjalan.

6.       Institut Teknologi Nusantara (ITN) Malang
Kampus swasta ini termasuk kampus pionir di kota Malang, yaitu berdiri sejak tahun 1972. Saat ini jurusan Informatika di kampus ITN memiliki akreditasi B (2015).

7.       Politeknik Negeri Malang
Jenjang pendidikan teknik informatika di kampus ini adalah D-IV dimana lulusannya memiliki gelar SST (Sarjana Sain Terapan). Akreditasi yang dimiliki adalah B (2013).

8.       Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang
Sesuai namanya, kampus teknik informatika ini memfokuskan diri pada pendidikan IT dan komputer. Nilai akreditasi yang diperoleh adalah B pada tahun 2014.

9.       Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional Malang
Dahulu kampus ini adalah sebuah lembaga pendidikan luar sekolah yang kemudian bermetamorfosis menjadi sebuah sekolah tinggi. Jurusan teknik informatika pada kampus ini memiliki akreditasi C (2014).

10.   Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Asia (STMIK Asia) Malang
Serupa dengan STT STIKMA Internasional, akreditasi jurusan teknik informatika di STMIK Asia ini adalah C (2015).

Semoga referensi kampus teknik informatika di Malang tersebut bermanfaat bagi adik-adik  yang berminat untuk menempuh pendidikan di bidang IT di kota Malang.




7 komentar

  1. wah banyak juga ya di Malang.. andai masih bisa kuliah lagi :-)

    BalasHapus
  2. Info sangat berguna bagi calon mahasiswa

    BalasHapus
  3. Penting banget nih buat anaka2 SMA yang udah mau tes kuliah.

    BalasHapus
  4. Buat kalian yang mau kuliah yg Fokus dunia Informatika, silahkan mengunjungi laman kami karena banyak sekali mahasiswa yang bisa diperoleh..
    di pmb.stiki.ac.id

    BalasHapus
  5. No.6. Institut Teknologi Nasional Malang

    BalasHapus
  6. Institut Teknologi Nasional mungkin

    BalasHapus
  7. Absolutely fantastic posting! Lots of useful information and inspiration, both of which we all need!Relay appreciate your work. Universitas Kedokteran Terbaik di Tangerang

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.