Mengenal Sakit Anyang-anyangan dan Prive Uri-Cran


Pengetahuan aku  tentang anyang-anyang ternyata minim  sekali bahkan salah sangka, salah kaprah, semua salah. Sesalah anggapan aku tentang mengukur pembukaan mulut rahim ketika wanita ingin melahirkan. Loh, kok bisa dihubungkan ke mau melahirkan sih? iya, intinya aku sama sekali  tidak tahu. Jadi sebelum aku melahirkan aku mengira mengukur pembukaan itu cukup dari luar miss “V”, yang katanya cukup  diukur dengan jari-jari yang direnggangkan. Nah , ketika aku melahirkan dan merasakan mulas  setelah beberapa jam diinduksi, aku sampaikan itu ke bidan yang ada di Rumah Sakit, lalu dia bilang akan mengukur pembukaan aku. Awalnya aku biasa saja ketika ia mengatakan  akan mengukur berapa jumlah pembukaan, tapi aku mulai dipenuhi tanda tanya  “ kok dia langsung pakai sarung tangan ya?!’ mulai seram sendiri. Dan benar saja ketika  dia mulai merenggangkan kedua kaki ku, dan bilang tahan ya , lalu “aaaaaakkkkkk!!!!”. Sumpah , ‘shock’ banget, sambil mengutuki kebodohan dan ketidaktahuanku selama ini. 

Yes, pengetahuan ku tentang anyang-anyang juga sama . Selama ini aku mengira anyang-anyangan itu hanya sekedar  bolak balik buang air kecil (BAK) karena cuaca dingin atau  karena meminum air yang tidak tercampur rata  antara panas dan dingin ( mencampur air panas dengan air dingin/es  agar suhu air normal), gak tau kok bisa ini membuat orang bolak balik BAK ya?, termakan mitos. Nah, akhir-akhir ini aku banyak baca pengalaman teman-teman  yang terkena anyang-anyang yang ternyata lebih dari sekedar bolak balik BAK.
  
Berkaca dari pengalaman maka saya kali ini ingin membahas  soal penyakit anyang-anyangan. Dibahas secara ringkas saja, agar teman-teman yang belum pernah terkena anyang-anyang dapat mencegah penyakit ini. Kelak jika dihampiri sianyang-anyangan kita bisa memberi pengobatan yang tepat. Dan perlu diketahui bahwa penyakit anyang-anyang ini lebih sering menjangkiti wanita dengan persentase 50 persen, artinya dari 10 wanita 5 diantaranya pernah terjangkiti.

sumber : pulsk.com
Apa itu penyakit Anyang-anyangan?
Anyang-anyangan adalah penyakit infeksi saluran kemih yang disebabkan ada infeksi dan iritasi pada saluran kemih dan  juga bakteri e-coli. Bakteri ini  mengakibatkan infeksi pada kandungan kemih.  Tak hanya sekedar perasaan ingin BAK terus menerus, tapi urin keluar sedikit-sedikit menyebabkan rasa tak puas saat BAK, dan terasa sakit bahkan menyebabkan demam dan urin pekat keruh bahkan bisa berdarah. Setiap orang memiliki gejala yang berbeda.

Urine yang keruh yang mengandung nanah
sumber : wikipedia

Penyebab dan Gejala Anyang-anyangan.
Penyebab  anyang-anyangan: Menahan hasrat  buang air kecil untuk waktu yang lama,  Air cebok yang tak bersih, alergi, kurang bersih saat berhubungan seksual, hamil tua,  efek pemakaian keteter, memakai bedak di area intim, pakaian dalam yang tidak bersih, pemakaian toilet umum yang tidak bersih.

Saat hamil tua, wanita banyak mengeluhkan anyang-anyangan.
Gejala anyang anyangan tiap orang berbeda-beda tergantung bagian yang terinfeksi, dan parahnya penyakit.  Secara umum berikut gejala yang ditimbulkan ketika infeksi saluran kemih atau anyang anyangan 
  1. Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  2. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  3. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  4. Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  5. Rasa perih ketika buang air kecil.
  6. Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  7. Merasa lelah dan kurang sehat.
  8. Demam

Obat untuk sakit anyang-anyangan

Untuk pengobatan atau cara mengatasi penyakit ini tentu  harus sesuai gejala, jika gejala yang ditimbukan sangat parah, misalnya demam tinggi, mulas yang tak tertahankan, atau mengeluarkan darah lebih baik langsung ke dokter, agar bisa di tangani secara medis

Tapi jika gejala masih ringan lebih baik kita gunakan bahan - bahan alami  atau cara tradisional seperti minum air putih yang banyak, meminum rebusan tanaman obat. Bagaimanapun bahan alami lebkh baik dikonsumsi dibanding bahan kimia.

Berikut beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air kecil.

Cranberry 
✓ Jus Cranberry
✓ Rebusan daun kumis kucing
✓ Rebusan Daun Sirsak
✓ Jahe
✓ Jeruk Nipis dll.

Ribet banget pastinya jika sudah sakit buang air kecil. Tidak enak sakitnya, ya capeknya mesti bolak balik BAK belum lagi harus cari tanaman , mesti merebus dan mengolahnya.

Ups! jangan ngeluh dulu untuk bahan alami dan sehat sekarang ada cara simpel untuk mengatasi dan mengobati susah buang air kecil , dan rasanya juga enak.

taraaaa..!!!
Uri-Cran bentuk serbuk yang diminum
dengan mencampurkan ke segelas air
Uri-cran dengan bentuk kapsul
Yes. Prive Uri-Cran.
Uri-Cran mengandung sari buah Cranberry. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi dan mengandung proanthocyanidins, yang dapat
mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak
akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Gak cuma mengobati tapi juga bisa mencegah loh. Dan perlu dipahami Prive Uri-Cran bukan jenis obat walau berfungsi untuk mengobati tapi lebih kepada  suplemen makanan yang bisa diminum kapanpun sesuai aturannya. Jadi sangat aman dikonsumsi

Alhamdulilah aku belum pernah dan jangan sampai pernah mengalami susah buang air kecil, dan untuk mencegahnya sesekali aku minum Prive Uri-Cran. 

Apakah teman-teman pernah mengalami sakit anyang-anyangan?? Buat yang belum pernah simpan post ini ya :), gak pernah sakit bukan artinya gak kenal penyakitnya. Dengan mengenal kita bisa mencegah.


PENGALAMAN BERPUASA SAAT HAMIL


Memasuki Ramadhan tahun 2014 lalu, saat itu usia kehamilanku menginjak 5 bulan. Ada keraguan dalam hati apakah aku bisa puasa apa tidak?. Kakak ku menyarankan  agar aku berpuasa saja, karena usia kandungan sudah lumayan kuat, dan menurut pengalamannya saat dia hamil, dia bisa memenuhkan puasanya  hingga 1 bulan, dan bayi sehat-sehat saja. Eh, tapi tiap orang kan beda-beda ya (mulai ngeles biar bisa gak puasa,lol).

Sempat juga konsultasi ke ustadh bagaimana hukumnya wanita hamil yang tidak berpuasa. Memang sih, wanita hamil  boleh tidak berpuasa jika kondisi medis si ibu atau janin mengkhawatirkan. Tapi jika hanya “rasa-rasa” saja alias “jangan-jangan nanti kenapa-kenapa” tanpa ada kepastian medis lebih baik berpuasa. Alhamdulilah didalam hati juga gak ada perasaan “asyik..aku hamil, enak bisa gak puasa” alias kehamilan dijadikan alasan, akhirnya aku memilih berpuasa. Salah satu alasan ingin berpuasa adanya harapan semoga sang jabang bayi kelak menjadi anak yang sholeh, terus yang kedua pusing mikirin ganti puasa , dan mengganti puasa diluar Ramadan itu  terasa sangat berat :D. Walaupun membayar dengan fidiyah dibolehkan (banyak pendapat sih ya…) tapi aku tetap ingin berpuasa.


Bagaimana hasilnya? apakah puasa ku penuh 30 hari? tentu saja tidak, puasa ku belang bentong  alhasil aku kalah selama 11 hari, lumayan banyak ya? ngalah-ngalahin saat haid yang biasanya cuma 7 hari. Alasan aku buka puasa atau tidak puasa, biasanya rasa was-was aja, misalnya sudah puasa 2 hari  si dede dalam perut kok jadi kurang aktif banyakan diam, karena takut ada apa-apa besoknya aku gak puasa. Bisa juga kebalikannya misalnya saat pas lapar-laparnya eh yang didalam perut aktifnya minta ampun, berasa mutar sana sini, jadi kepikiran aduh..anak aku pasti laper, kasian (padahal emaknya juga) , ya udah akhirnya bikin teh manis :D. Ada juga,karena puasa setengah niat, jadi walau puasa ke kantor tetap bawa bekal mi goreng, bilang sama suami buat jaga-jaga, suami bilang kalau aku puasanya gak niat  bawa mi goreng cuma alasan hahahha. Alhamdulilah (kok , Alhamdulilah :D ?) dikantor punya ruangan sendiri, jadi bisa bebas makan, tinggal nyempil dekat meja udah deh mangap gede-gede wkwkkww. Apesnya ternyata hidung orang lapar itu ternyata begitu tajam, ada  teman datang dan nanya
 “kakak makan ya?”
“loh? kok tau sih…”
“iya aroma mi gorengnya ke mana-mana “
wkwkwkwwk.
hi2.. selama hamil cuma ada foto ini
mohon maaf kalo ini sering dipakai

Oh , iya ini ada sedikit tips buat  teman-teman  yang ingin berpuasa saat hamil, postingan agak telat ya ? hihi, tapi tidak apa  ini postingan akan selalu ada kok walau di baca awal romadan tahun depan atau beberapa tahun lagi.


yup.
tips puasa dari ibu hamil yang puasanya gak penuh
tips puasa dari ibu hamil, yang walau puasa tetap bawa bekal ke kantor.
tips puasa ibu hamil, yang suka gak tega kalau anaknya kelaperan, padahal dianya yang  manja. :D

  1. Niat yang kuat, dan jangan setengah-setengah. Karena akan seperti yang aku alami, walau puasa tetap bawa bekal saat  ngantor, dan dikantor ternyata gak kuat melihat dan mencium aroma bekal :D.
  2. Pastikan kehamilan dalam keadaan sehat, tidak ada indikasi yang mengkhawatirkan secara medis.
  3. Wajib sahur ini udah pasti banget,  dan saat sahur di anjurkan  banyak makan, karbohidrat, sayur dan buah,  susu vitamin dan banyak minum air putih, ya..pintar pintar saja memberi waktu. Jangan nyempil dekat imsak.
  4.  Saat siang hari jangan lupa untuk beristirahat dan tidur barang beberapa jam, agar tak menguras tenaga ibu hamil, agar tidak terlalu lemah.
  5. Saat berbuka puasa , jangan makan yang terlalu manis dan berlemak, takutnya bayi Memiliki berat badan berlebih. Makanlah takjil yang sehat misalnya pudding buah, sup buah atau bisa juga bubur kacang hijau dan lainnya. 
  6. Jangan malas makan kurma, katanya nih secara kesehatan ternyata kurma juga mengandung karbohidrat  , tentu juga vitamin , sangat bagus untuk ibu hamil dan bayi yang dikandung. Kalau aku biasanya makan sari kurma saat sahur dan malam hari . Tapi  kalau rajin bisa blender kurma dicampur susu , kalau ini aku belum pernah coba.
Adakah teman-teman disini yang full puasa dibulan Romadan saat hamil, boleh bagi pengalamannya juga ya..


MUDIK DENGAN TRANSPORTASI UDARA? INILAH YANG WAJIB KAMU KETAHUI, AGAR PERJALANAN, AMAN, NYAMAN DAN SELAMAT



Jujur saja di zaman yang serba modern ini masih banyak yang takut untuk melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Mereka yang merasa ngeri jika harus berada diketinggian bahkan sebagian merasa  bahwa pesawat lebih  rentan terjadi kecelakaan. Namun Faktanya bahwa transportasi  udara lebih  aman dan nyaman dibanding transportasi darat.  Kecelakaan transportasi darat  secara jumlah statistic dan korban jauh lebih banyak dibanding kecelakaan pesawat tiap tahunnya, hanya saja biasanya kecelakaan transportasi akan memakan banyak jiwa sekaligus sehingga terasa begitu mengerikan.


Banyak hal yang dapat menyebabkan kecelakaan pesawat, bisa dari kesalahan Pilot, Masalah mesin pesawat, faktor cuaca dll.  Sangat jarang sekali kita dengar ada tabrakan pesawat, walaupun katanya  lalu lintas udara kita di Indonesia ini sangat ramai.

Untuk diketahui pada tahun 2017 ini  prediksi  jumlah penumpang angkutan udara  akan melayani sekitar 5 juta lebih penerbangan  baik dalam maupun luar negri  dari berbagai maskapai penerbangan. Dengan adanya data ini diharapkan bagi masyarakat yang akan mudik dapat memesan tiket jauh-jauh hari.

Fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai merasakan manfaat bepergian dengan transportasi udara. Kecepatan waktu, aman, nyaman, dan lebih hemat waktu menjadi alasan berbagai kalangan masayarakat. Memang sudah seharusnya kita tak perlu lagi khawatir untuk bepergian dengan transportasi udara. Kenapa? Karena sebenarnya  orang-orang yang terlibat dalam penerbangan telah terlatih, dan melalui pemeriksaan kesehatan sesuai setandar yang ada. Pilot, pramugari, Aviation scuriity,sampai pada Air Traffic Controller yaitu seorang pemandu layanan pengaturan lalu lintas udara,sehingga tak terjadi tabrakan pesawat.
Untuk keselamatan penumpang para  petugas tentu telah melakukan cek kesehatan dan berbagai latihan khusus, lalu bagai mana dengan kita sebagai pengguna?. Kita tak bisa begitu saja menyerahkan segala hal  kepada mereka, tapi sebagai  penumpang kita juga harus tunduk pada peraturan yang ada. Bagimanapun perjalanan haruslah memberikan kenyamanan , keamanan yang insha Allah akan selamat sampai tujuan.

Berikut hal-hal yang harus diketahui dan  dilakukan  #sahabatAviasi untuk perjalanan udara yang nyaman dan aman, karena keselamatan  penerbangan  juga merupakan kewajiban kita sebagai pengguna jasa.

Belilah tiket pada agen perjalanan atau maskapai penerbangan yang terpercaya. Pembelian tiket bisa secara langsung dan bisa juga via online. Pastikan nama yang didaftarkan sesuai dengan semua kartu identitas #sahabataviasi , agar memudahkan urusan ketika samapai di bandara.

Bawalah barang bawaan seperlunya agar tak merepotkan, jika bawaan terlalu banyak lebih baik dikirimkan melalui  jasa pengeiriman. Bawalah tas ransel dan ringan dan jika perlu warna yang mencolok, apalagi jika harus masuk bagasi, agar memudahkan ketika pengambilan.

Datanglah ke Bandara 30 menit sebelum chek in.  Batas wakyu penutupan loket chek-in adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat udara. Ini bukan aturan dari bandara yang bisa shabat aviasi tawar,karena ini diatur  dalam Peraturan Mentri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 pasal 18.

Saat melewati pemeriksaan di bandara  ikuti peraturan atau petunjuk dari petugas.  Saat melewati Gawang Detektor Logam , simpan alat-alat yang mengandung logam dalam bagasi dan tidak boleh dibawa kedalam pesawat. Lepas Aksesoris yang mengandung logam dan jangan bercanda yang nggak jelas. Hindari untuk meletakkan uang dalam kotak keamanan saat pemeriksaan , dan hindari pergi mendahului tas. Ini agar sahabat aviasi dapat mengawasi  tas dan barang bawaan lainnya.



Jangan Pernah Bercanda tentang Bom.  Bercanda teng Bom tidak diperbolehkan, apalagi sambil teriak menunjuk bungkusan “ada bom! ada bom!. Kenapa ? karena prilaku ini dapat merusak kenyamanan dan keamanan para penumpang yang lain. Bagi yang terbukti melakukan ini  dengan sengaja bisa dikenai hukuman pidana penjara. Tentang  ini sudah diatur dalam UU No1 Tahun1999 tentang penerbangan pasal 437.


Jangan pernah mau dititipi barang oleh orang yang tak dikenal.  Demi keselamatan ini penting sekali dijadikan catatan, banyak sekali kejadian yang ternyata barang yang dititipkan adalah barang berbahaya, ntah senjata , ataupun narkoba. Akibatnya kita yang tidak tahu apa-apa justru menjadi korban.

Selama penerbangan jangan mengaktifkan ponsel. Ponsel dan system komunikasi pesawat sama-sama mengandalkan  frekuensi. Walaupu ponsel tidak digunakan namun otomatis mencari sinyal dan itu sangat mengganggu pilot  untuk mendengar jelas instruksi dari ATC. Aktifkan kembali ponsel ketika turun atau telah berada dalam bandara.

Berdoa. Yak sebelum pesawat tinggal landas jangan lupa berdo’a untuk keselamatan bersama, walau bagaimanapun segala ikhtiar kita lakukan, belum afdol jika tak disertai do,a. ya gak sih..?!

A post shared by Perhubungan Udara (@djpu151) on



Bagaimanapun hiruk pikuk  mudik, mudik merupakan sesuatu yang menyenangkan bahkan ditunggu-tunggu keseruannya. Tujuan mudik adalah bejumpa menebus rindu dengan segala sanak saudara , untuk itu jagalah keselamatan , amankan perjalanan, karena hati yang nyaman akan  membawa pulang senyuman selamanya.

Oh iya, buat teman-teman yang jagi nge-vlog,  ada  vlog completion yang diadakan oleh Direktorat Jenderaln Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan yang bertemakan “keselamatan,keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan”. Jangan takut hadiah kece sudah menunggu. Untuk Mekanisme dan tata cara vlog compettion  teman-teman bisa langsung  saja ke  http://selamanya.id deadline publish 15 juni 2017, jangan lupa ya.

   


Tampil Anggun Dengan Gamis Menyusui Aldea

Saat menyusui adalah saat yang menyenangkan buat para ibu. Bagaimana tidak kita bisa menatap  mata nya dengan jarak dekat, meningkatkan bonding , dia bisa mendengar degup jantung kita, lalu tersenyum dan bertatapan, sungguh cinta ibu dan anak adalah cinta paling tulus di dunia. Begitu tahu kalau sedang hamil, biasanya ibu-ibu langsung beli baju-baju hamil bahkan cari-cari baju yang membuat gampang untuk menyusui.

Masalah yang umum dialami para  wanita yang sedang menyusui, adalah mencari baju yang cocok disaat menyusui. Mereka akan mencari baju-baju yang memiliki belahan didepan, agar gampang meyusui. Tapi sayangnya baju-baju semacam itu cuma ada untuk baju dengan model dan bahan daster,  cuma cocok dipakai dirumah, ya bisa dibilang baju rumahan, tidak bisa dibawa kemana-mana. Padahal wanita zaman sekarang kebanyakan  bukan sekedar ibu rumah tangga, mereka umumnya wanita aktif, multitasking, dan ingin kelihatan gaya jika sedang bepergian, dan tak jarang mereka membawa anak kemanapun mereka pergi.

Saat ini sebenarnya sudah banyak baju atau gamis yang kekinian dan memiliki kancing depan dan ramah untuk ibu menyusui. Tapi lagi-lagi tidak memberikan keleluasaan untuk ibu yang ingin menyusui, kancing dan risleting kebanyakan menghambat, yang suka nyangkut lah.., suka macet, malah kadang kancing  gampang lepas, mana anak kadang suka tidak sabar menunggu ibu membuka kancing, mereka sudah nangis-nangis duluan. Sepertinya ibu menyusui perlu baju  yang sangat nyaman dan lebih dari kata friendly.
Terinpirasi dari wanita muslim Indonesia, yang begitu ingin memiliki baju gamis, syar’I tapi juga sangat nyaman untuk menyusui. Dengan alasan itu Sofeya hadir memenuhi harapan seorang ibu menyusui yang juga memiliki harapan bisa tampil cantik, segar, walau sedang menyusui
Sofeya merupakan produsen gamis khusus untuk ibu menyusui.   Dengan model yang trendy namun tetap syar’I dan juga dengan warna-warna yang soft memberikan kesan  dan elegan buat para ibu. Baju gamis ini, dibaliuk motif bagian dada dibuat belahan tersembunyi tanpa kancing dan risleting, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan untuk ibu dan anak ketika menyusui.

Sofeya memiliki bermacam model gamis ibu menyusui, warna juga sangat cantik, cocok untu bepergian, menghadiri acara dan cocok dipakai saat lebaran nanti. Untuk kali ini  aku mencoba untuk  share khusus baju gamis menyusui model  Aldea, yang aku sendiri sudah memakainya, jadi aku paham benar tentang kelebihan  baju ini.

*Sofeya Aldea berbahan dasar Katsurra Print Premium, bahannya lembut dan jatuh  sehingga memberikan efek langsing bagi yang memakainya.
*Bahannya Flowy ,adem, tidak menerawang membuat aktifitas menyusui  semakin menyenangkan.
*Terlihat lebih cantik dengan motif dibagian lengan dan bagian bawah gamis.

*Akses menyusui dibalik motif, tanpa resleting, tanpa kancing, membuat baby aman. Anti kejepit.
*Bagian tangan longgar, dan dan pada bagian lengan , sangat memudahkan untuk berwudhu.

*Lebar gamis bagian 2,5 meter  ukuran yang pas agar memudahkan beraktifitas.

* Terdapat 4 variasi  warna yang cantik  yaitu : Green, Sky, Soft pink dan Grey.

Bagai mana bu..?? model dan warnanya cantik-cantik kan…?? cocok dikenakan saat silaturahmi lebaran nanti. Oh iya bisa juga buat hadiah, atau oleh-oleh untuk teman-teman atau saudara saat mudik lebaran nanti. Seorang ibu harus kelihatan segar dan fresh walaupun sedang punya anak dan menyusui.
Buat yang sudah tidak sabaran bisa langsung  ke akunt resmi Instagram Sofeya : @sofeya.id

Sakit Maag, tapi ingin berpuasa. Mengapa tidak?!. Baca dulu tips berikut.

novanovili.com [Tips- Puasa]
Puasa dibulan Ramadan merupakan ibadah bagi seorang muslim ataupun muslimah. Namun begitu ada hal-hal yah membolehkan untuk tidak berpuasa, seperti wanita haid, nifas, musafir (dengan jarak dan waktu yang telah ditentukan), dan yang sakit , dengan kewajiban mengganti puasa dibulan yang lain atau bisa juga dengan membayar fidyah bagi yang sudah lansia. Boleh tidak berpuasa jika  sakit berkemungkinan akan semakin parah atau dirasa tidak kuat menahan lagi, tapi bukan berpura-pura gak kuat ya..:D

Dulu aku pernah banyak memiliki hutang puasa, dikarenakan maag yang aku derita. Tapi aku terus berusaha untuk bisa berpuasa, karena ternyata  dengan berpuasa justru bisa meringankan gejala maag atau sakit lambung. Dengan catatan maag yang kita derita  tidak terlalu parah kecuali jika sudah sangat kronis seperti muntah darah, BAB hitam,dll.

Berikut tips buat teman-teman yang memiliki maag, agar bisa berpuasa dibulan Ramadan. Ini sesuai dengan pengalaman pribadi aku, jadi gak mutlak ya...

1. Wajib makan sahur,ini wajib banget. Sebaiknya makan tidak dekat dengan waktu imsak. Makan yang terburu-terburu dipastikan mengunyah makanan secukupnya dan langsung minum. Lambung akan kaget tiba-tiba, bukannya membuat kenyang dan perut nyaman justru membuat lambung terasa begah, bersendawa terkadang malah cegukan berkepanjangan dan berujung muntah setelah sahur , tapi aku usahakan meneruskan untuk berpuasa, kecuali kalau sudah gemetaran, pusing, dan berkeringat dingin. Jadi sebaiknya makan sedikit tapi sering, ya diatur saja, saat sahur mungkin bisa dibikin 2 x makan. Misalnya jam satengah 3 makan setengah piring dan  satu jam kemudian setengah piring lagi, 15 menit menjelang imsak sebaiknya tidak makan berat lagi. Begitu juga saat berbuka, makanlah sedikit demi sedikit beri tenggang waktu jika ingin makan makanan yang lain.

2. Saat sahur dan berbuka hindari makanan yang membuat produksi gas lambung atau asam lambung meningkat. Misalnya seperti sayur nangka, lobak/kol, kopi,minuman bersoda, serta makanan yang pedas dan asam. Sebenarnya tak hanya saat sahur tapi juga saat berbuka.

Baca juga : Sakit maag memaksaku untuk melakukan endoskopi

3. Hindari makan bersantan dan berlemak seperti makan kolak , gulai, dan gorengan saat sahur. Menurut pengalaman (kalau sekarang sudah nggak pernah) saat siang hari produksi air liur terasa meningkat (maaf aku gak punya penjelasan medis, jika teman-teman punya alasannya mungkin bisa ditambahkan di kolom komentar. Jadi saat siang hari, aku jadi bolak balik meludah, air liur terasa pekat  dan pahit (mungkin bercampur dengan asam lambung) sampai aku sengaja berkumur-kumur untuk menarik air liur keluar , setelah itu berasa enakan tapi gak diminum loh ya...hehheehehe, tapi lama-lama takut juga hukumnya makruh. Eh, iya waktu itu keluhan ini aku sampaikan ke kakak ku, dia menganjurkan setelah sahur coba memakan seiris atau dua iris mentimun agar tidak bolak balik ngeludah . Eh ternyata mujarab.

4. Hindari konsumsi coklat. Coklat memang enak ya, katanya bisa bikin happy juga. Coklat ternyata membuat klep kerongkongan jadi lemah dan membuat Reflux, atau makanan berbalik arah, inilah yang menyebabkan muntah.

Baca juga : Pentingnya Memerhatikan Asupan Makanan,Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

5. Katakan tidak pada mi instan.  Mi instan emang makanan pas disaat kepepet apalagi jika bangun kesiangan dan mendekati imsak. Tapi bumbu mi instan sangat tajam dan itu tidak bagus bagi penderita maag. Aku lebih baik makan nasi sama kecap dibanding makan mi instan, pokoknya diperut itu gak enak banget, lagian makan mi instan saat  sahur akan cepat terasa haus, karena mi menyerap air dalam tubuh.

6. Jika ingin makan buah, pilih buah yang aman untuk lambung, seperti pepaya pisang, apel manis, untuk menghindari naiknya asam lambung.

7. Hindari tidur selepas sahur. Tidur setelah sahur akan membuat asam lambung meningkat. Makanya begitu bangun perut terasa perih dan lapar, mual dll, pokoknya semua jadi satu deh.

8. Makan obat jika diperlukan. Obat maag bisa meminimal gangguan asam lambung. Bisa jenis obat sebagai penetraliasir asam lambung seperti antasida hmmm jangan salah baca ya, antasida bukan sianida :D, atau bisa juga jenis omeprazole dan turunannya . Omeprazole sifatnya nya mengecilkan “kran” asam lambung, jadi tidak diproduksi berlebihan. Untuk hal  ini sebaiknya konsultasi ke dokter ya. Jika makan omeprazole biasanya dimakan sebelum sahur, karena akan berfungsi baik jika dikonsumsi saat perut kosong.

9. Makan lidah buaya, biasanya aku makan saat menjelang tidur malam. Rasanya adem aja lambung jika mengkonsumsi lidah buaya. Apalagi jika merasa berdosa ketika godaan makan pedas dan asam  dilanggar.

Baca juga : Meringankan Gejala Gangguan Lambung (Maag)

10. Yakin lah!. Ya, beri keyakinan bahwa kita sanggup untuk berpuasa hingga  maghrib. Biasanya lambung juga dipengaruhi oleh pikiran. Ketika kita yakin, maka Insha Allah puasa bisa dijalankan. Makanya penderita maag itu dilarang banget stress dan cemas berlebihan, karena perasaan dapat mempengaruhi produksi asam lambung, jadi berpuasalah dengan yakin dan happy menjalankannya. Kalau perlu pastikan saat sahur ada yang membangunkan dengan panggilan sayang #eh.


Itulah beberapa point tips berpuasa bagi penderita maag, sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Jadi dulu itu kalau saat sahur gak ada sms plus kata sayang,puasa jadi galau, mual, apalagi gak ada kabar berita seharian , lah? ini kemana sih ceritanya...? hahahaha

Oke, kalau teman-teman punya tips tambahan buat pengidap maag saat puasa, bisa tambahin ya.., bagi -bagi amalan biar jadi ibadah, benerkan?

J-Theme