PENGALAMAN BERPUASA SAAT HAMIL

 on Senin, 19 Juni 2017 


Memasuki Ramadhan tahun 2014 lalu, saat itu usia kehamilanku menginjak 5 bulan. Ada keraguan dalam hati apakah aku bisa puasa apa tidak?. Kakak ku menyarankan  agar aku berpuasa saja, karena usia kandungan sudah lumayan kuat, dan menurut pengalamannya saat dia hamil, dia bisa memenuhkan puasanya  hingga 1 bulan, dan bayi sehat-sehat saja. Eh, tapi tiap orang kan beda-beda ya (mulai ngeles biar bisa gak puasa,lol).

Sempat juga konsultasi ke ustadh bagaimana hukumnya wanita hamil yang tidak berpuasa. Memang sih, wanita hamil  boleh tidak berpuasa jika kondisi medis si ibu atau janin mengkhawatirkan. Tapi jika hanya “rasa-rasa” saja alias “jangan-jangan nanti kenapa-kenapa” tanpa ada kepastian medis lebih baik berpuasa. Alhamdulilah didalam hati juga gak ada perasaan “asyik..aku hamil, enak bisa gak puasa” alias kehamilan dijadikan alasan, akhirnya aku memilih berpuasa. Salah satu alasan ingin berpuasa adanya harapan semoga sang jabang bayi kelak menjadi anak yang sholeh, terus yang kedua pusing mikirin ganti puasa , dan mengganti puasa diluar Ramadan itu  terasa sangat berat :D. Walaupun membayar dengan fidiyah dibolehkan (banyak pendapat sih ya…) tapi aku tetap ingin berpuasa.


Bagaimana hasilnya? apakah puasa ku penuh 30 hari? tentu saja tidak, puasa ku belang bentong  alhasil aku kalah selama 11 hari, lumayan banyak ya? ngalah-ngalahin saat haid yang biasanya cuma 7 hari. Alasan aku buka puasa atau tidak puasa, biasanya rasa was-was aja, misalnya sudah puasa 2 hari  si dede dalam perut kok jadi kurang aktif banyakan diam, karena takut ada apa-apa besoknya aku gak puasa. Bisa juga kebalikannya misalnya saat pas lapar-laparnya eh yang didalam perut aktifnya minta ampun, berasa mutar sana sini, jadi kepikiran aduh..anak aku pasti laper, kasian (padahal emaknya juga) , ya udah akhirnya bikin teh manis :D. Ada juga,karena puasa setengah niat, jadi walau puasa ke kantor tetap bawa bekal mi goreng, bilang sama suami buat jaga-jaga, suami bilang kalau aku puasanya gak niat  bawa mi goreng cuma alasan hahahha. Alhamdulilah (kok , Alhamdulilah :D ?) dikantor punya ruangan sendiri, jadi bisa bebas makan, tinggal nyempil dekat meja udah deh mangap gede-gede wkwkkww. Apesnya ternyata hidung orang lapar itu ternyata begitu tajam, ada  teman datang dan nanya
 “kakak makan ya?”
“loh? kok tau sih…”
“iya aroma mi gorengnya ke mana-mana “
wkwkwkwwk.
hi2.. selama hamil cuma ada foto ini
mohon maaf kalo ini sering dipakai

Oh , iya ini ada sedikit tips buat  teman-teman  yang ingin berpuasa saat hamil, postingan agak telat ya ? hihi, tapi tidak apa  ini postingan akan selalu ada kok walau di baca awal romadan tahun depan atau beberapa tahun lagi.


yup.
tips puasa dari ibu hamil yang puasanya gak penuh
tips puasa dari ibu hamil, yang walau puasa tetap bawa bekal ke kantor.
tips puasa ibu hamil, yang suka gak tega kalau anaknya kelaperan, padahal dianya yang  manja. :D

  1. Niat yang kuat, dan jangan setengah-setengah. Karena akan seperti yang aku alami, walau puasa tetap bawa bekal saat  ngantor, dan dikantor ternyata gak kuat melihat dan mencium aroma bekal :D.
  2. Pastikan kehamilan dalam keadaan sehat, tidak ada indikasi yang mengkhawatirkan secara medis.
  3. Wajib sahur ini udah pasti banget,  dan saat sahur di anjurkan  banyak makan, karbohidrat, sayur dan buah,  susu vitamin dan banyak minum air putih, ya..pintar pintar saja memberi waktu. Jangan nyempil dekat imsak.
  4.  Saat siang hari jangan lupa untuk beristirahat dan tidur barang beberapa jam, agar tak menguras tenaga ibu hamil, agar tidak terlalu lemah.
  5. Saat berbuka puasa , jangan makan yang terlalu manis dan berlemak, takutnya bayi Memiliki berat badan berlebih. Makanlah takjil yang sehat misalnya pudding buah, sup buah atau bisa juga bubur kacang hijau dan lainnya. 
  6. Jangan malas makan kurma, katanya nih secara kesehatan ternyata kurma juga mengandung karbohidrat  , tentu juga vitamin , sangat bagus untuk ibu hamil dan bayi yang dikandung. Kalau aku biasanya makan sari kurma saat sahur dan malam hari . Tapi  kalau rajin bisa blender kurma dicampur susu , kalau ini aku belum pernah coba.
Adakah teman-teman disini yang full puasa dibulan Romadan saat hamil, boleh bagi pengalamannya juga ya..


20 komentar:

  1. iya bener, mba. makan kurma bikin badan kuat puasa sampai magrib. hehe

    BalasHapus
  2. aku tahun kemarin puasa pas umur kehamilan 3 bulan. alhamdulillah dapat 28 hari

    BalasHapus
  3. kalau hamil dan menyusui alhamdulillaah full. Tapi kalau ga hamil pasti ada bolongnya karena tamu bulanan.

    Yang penting jaga nutrisi dan bayi di dalam perut sering diajak ngomong, besok kita puasa ya, nak.
    :D

    BalasHapus
  4. Selain niat yg kuat memang kudu banget didukung dg kondisi kehamilan kita ya mba, kan beda bumil beda pula kondisinya, ada yg lemah, ada yg bandel...

    BalasHapus
  5. Aku pun gak ada satu foto pas hamil hug hug sedih..Gak ada kenangannya

    BalasHapus
  6. berarti orang hamil masih bisa puasa ya mbak? tergantung kehamilannya gimana :3
    aku baru tauuu XD

    BalasHapus
  7. Dulu waktu hamil, saya tetap ikut puasa. Karena usia kehamilannya sudah besar,jadi gak perlu khawatir. Tapi yang kedua, puasanya hanya sampai minggu kedua, soalnya udah me ndekati HPL, buat persiapan tenaga.

    BalasHapus
  8. Aku dua kali hamil ketemu bulan puasa bolongnya hampir semua malahan. Yang pertama karena nggak kuat mual muntah dan laparnya, yang kedua karena nggak boleh puasa sama dokternya.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah saat hamil anak pertama dulu shaumnya full.
    Kehamilan baru trimester pertama siih...((tapi justru katanya ini ang paling penting yaa...))

    Karena belum ergerak, jadi asik aja.

    Hamil anak kedua pun alhamdulillah kuat..sambil menyusui anak pertama pula.
    Hiihii...**malu ((hamilnya cepet, anak pertama usia 19 bulan))

    Yang gak kuat saat menyusui.
    Rasanya lapaarr terruuss...Lalu anak kedua selalu agak mencret kalo diajak shaum.
    Jadi pake cara puasa Daud.

    Yang penting dapat ridlo suami.
    ^^ **pembelaan juga.

    BalasHapus
  10. aku baru full puasa di tahun ke 5 pernikahanku, karena sebelumnya 2x hamil dengan kondisi yg gak memungkinkan untuk puasa dan abis lahiran juga nifasku lumayan lama

    nikmatnya hamil sambil puasa ya mak

    BalasHapus
  11. Aku sih, cuma sekali puasa saat hamil. Karena udah gak mabok dan belom masuk bulannya. Yang lainnya mah saat lagi mabok dan sudah masuk bulannya. Dua-duanya gak puasa. Yang satu karena lemes, yang keduanya karena disuruh orang-orang sekitar supaya gak puasa. Takut gak ada tenaga saat melahirkan. Soalnya memang udah masuk HPL. Walopun ternyata melahirkannya seminggu abis lebaran. :D

    BalasHapus
  12. Blum ngalamin puasa hamil mba tp kmrn Senin Kamis sempat pas lahiran dua2nya lg nifas... Noted bngt infny

    BalasHapus
  13. akuuu.. hamil anak pertama nyaris pooll, tapi berhubung akhir bulan puasa lahiran, sama dokter dan suami disarankan jangan puasa buat nambah stamina lahiran, jd puasanya byk yg bolong..

    pas hamil anak ketiga, alhamdulillah usia kandungan udah 7bulan, bisa pol puasanya.. intinya memang niat, kalau niat dan banyak makan, insyaallah aman-aman aja

    BalasHapus
  14. Setuju mba...niat kuat, kondisi kita juga terus asupan gizi, si sulung dulu saya bawa puasa, tp keburu lahiran pas hari kesembilan alhamdulillah anaknya sehat, sdh gedenya sholihat pula...alhamdulillah :D

    BalasHapus
  15. Aduh mba Nov, rasanya gimana ya jadi Bumil heheheh
    geli nggak sih. Tapi bahagia ya.
    Makasih berbagi penalamannya mba Nov.

    BalasHapus
  16. Saya gak pernah puasa kalo hamil mbak. Gak nahan laparnya.

    BalasHapus
  17. waktu hamil dulu aku juga seomat boolong beberapa hari. aaah, jadi pingin hamil lagi nih

    BalasHapus
  18. hihihi... saya pernah full puasa dan bolong2 jg pas hamil.
    kalo janin jd ga aktif memang agak bikin ragu ya. tapi kalau janin makin aktif biasanya justru gpp. mungkin itu krn perut kita kosong jd gerakannya lbh berasa :P
    kalau ada kekawatiran mending konsul aja ke dokter say biar agak legaan. karena rata2 sih dokter bolehin puasa kok :)

    BalasHapus
  19. Hahaha... alasan bolong puasanya keren. :D

    Semoga anaknya sehat dan jadi anak yang sholeh ya mbak. Amin...

    BalasHapus
  20. nag iya tuh... perempuan emang banyak godaannya... udah puasa gak bisa ful sebulan, belum kalo hamil menyusui...

    jadi emang bener kudu ada niat kuat ya kak.... kebayang pahala jadi ibu.. hmm..

    #akubanyakdosasamaibuk hiks

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.

J-Theme