Do & Don't Diawal Kehamilan


Hamil adalah saat yang dinantikan oleh pasangan baru menikah. Namun saat pertama kali hamil banyak yang merasa was-was  dengan kehamilannya, takut-takut  jika gagal. Kadang kala terlalu happy dan merasa aman-aman nyatanya banyak tindakan yang justru membahayakan janin.

Saat awal hamil dulu jujur saja saya banyak takutnya , habis menunggu kehamilan butuh waktu lama panjang ,  begitu hamil jadi was-was semua jadi lebih berhati-hati.
Sebenarnya apa saja yang boleh kita lakukan dan tidak lakukan. Yuk simak, ini menurut pengalaman pribadi sih, setiap orang pasti beda-beda dong.


Do :

1. Rileks dan santai. Justru saat hamil kita nggak boleh stress ya. Kehamilan adalah anugrah yang patut disyukuri  artinya Tuhan percaya untuk menitipkan buah hati kepada kita. Bagi yang belum siap punya momongan, terkadang banyak yang justru mengeluh kenapa harus hamil cepat . Ingat diluar sana banyak tangan menadah , menangis dlm sujud untuk mengharapkan diberi kepercayaan memiliki anak, tapi kita dengan mudah mendapatkannya, ini rezeki yang perlu disyukuri terimalah dengan rasa bahagia.

2. Makan dan minuman yang bergizi. Sebagai tanda syukur adalah merawat kehamilan, salah satunya mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat. O,iya jangan sampai bunda malah ngidam mangga yang diambil tanpa izin ya, karena itu bukanlah makanan yang baik. Susu kehamilan tidak wajib jika bunda dapat memastikan asupan terpenuhi, seperti nasi dan lauk pauk,jus buah dll. Kecuali mengalami  morning sicknes susah makan, mual dan muntah. mengkonsumsi susu jadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan tubuh dan janin.

3. Istirahat yang cukup, saat awal kehamilan kadang tubuh cepat lelah dan mengantuk. Buat bunda yang tinggal di rumah mungkin soal waktu istirahat lebih fleksibel beda buat pekerja kantoran. Walau di kantor tentunya bukan berarti tak bisa beristirahat, pergunakan waktu sebaik mungkin jika biasanya makan di luar bersama teman dan ngerumpi bareng, ada baiknya bunda membawa bekal dan camilan sehat jadi bisa istirahat di kantor tanpa membuang waktu untuk mencari makanan.

4. Perbanyak membaca buku dan artikel tentang kehamilan dan melahirkan. Buat yang pertama kali hamil penting banget loh ini dilakukan, sebagai membahagiakan pengetahuan. Dengan memperbanyak pengetahuan kita semakin percaya diri dengan kehamilan kita dan siap untuk melahirkan dan menjadi seorang ibu. Jangan sampai ketidaktahuan  membuat kita cemas dan khawatir berlebihan sampai pada tekanan psikologis dan terkena babyblues syndrome   setelah melahirkan.


5. Periksa kehamilan rutin baik ke bidan atau kedokter kandungan. Jia anak sehat cukup ke bidan sebulan sekali, jika kedokter kandungan dan ingin USG cukup 2-3 bulan sekali. Diawal kehamilan untuk memastikan kehamilan , kemudian usia kehamilan 3 bulan untuk memantau tumbuh kembang janin, trisemester akhir untuk melihat posisi letak janin.


6. Berdoa. Saat hamil jangan kurangi beribadah dan berdoa. Karena do’a adalah sumber kekuatan. Dengan semakin dekat kepada Tuhan tentu membuat kita damai menjalani semua ketentuannya termasuk hamil & melahirkan. Bagaimana jika hamil ketika bulan Ramadhan, hamil bukanlah halangan untuk berpuasa, kecuali jika ada indikasi medis yang dapat mengganggu tumbuh kembang janin. Banyak kok yang berpuasa saat hamil, toh bayi dalam kandungan sehat-sehat saja. Tapi pastikan dulu kesehatan bunda ya.


Don’t
  1. Tidak boleh stress dan tertekan , seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hadapi kehamilan dengan bahagia agar anak di dalam kandungan juga tidak ikut stress yg bisa memengaruhi perkembangan nya.
  2. Jangan sembarangan makan obat . Saat hamil biasanya banyak muncul keluhan kesehatan, mual, muntah, bahkan ada yang terserang flu dan sakit gigi. Pastikan obat yang kita minum aman, untuk menjamin itu minta ke bidan atau dokter kandungan. Dan jauhi jamu-jamuan dan herbal sembarangan yang tidak memiliki manfaat jelas dalam kehamilan. Bahkan sekedar obat oles luar seperti salap dll.
  3. Jangan makan makanan yang dapat membahayakan janin seperti buah nanas, buah durian, pepaya muda , dan daging kambing. Makanan tersebut dapat membuat janin gagal berkembang dan gugur. Memang pada sebagian orang tak memiliki resiko apapun saat mengonsumsi makanan tersebut, tapi sebaiknya kita menghindarinya karena kondisi tubuh dan ketahanan tubuh tiap orang berbeda.Hindari juga makan makanan mentah baik daging atau lalapan sayur karena jika pencucian tidak bersih bisa saja mengandung virus dan bakteri.
  4. Tidak menggunakan high heels. Secara langsung sepatu dan sendal dengan hak tinggi memang tak mengganggu proses tumbuh janin, hanya akan di khawatirkan jika terjatuh, yang bisa aja membuat keguguran.
  5. Jauhi produk-produk berbahan kimia. Obat anti nyamuk dalam bentuk apapun wajib dihindari karena itu merupakan racun yang bisa masuk ke tubuh. Perlengkapan makeup, pastikan bedak dan semua kosmetik yang digunakan adalah aman untuk janin. Jika tidak diperlukan misalkan cuma dirumah mending pake bedak baby saja.


Sebenarnya jika berupa larangan masih banyak yang gak boleh dilakukan oleh ibu hamil belum lagi dengan segala mitos kehamilan yang berkembang di masyarakat. Nah agar tak termakan mitos percaya dan yakin kepada Tuhan, dan tanyakan dengan ahlinya seperti bidan dan dokter. Jangan adalagi yang kemana-mana bawa gunting kuku, lol. Hamil memang unik ya kadang banyak hal absurd yang kita lakukan saat hamil, tapi semuanya dinikmati saja ya Bun.

48 comments

  1. Saya juga waktu hamil kemarin suka banget baca artikel-artikel kehamilan. Lumayan membantu buat tahu perkembangan janin

    ReplyDelete
  2. Waktu hamil aku check obgyn sebulan sekali sesuai jadwal dikasih dokter nya ya karena vitamin nya per sebulan.. yang penting ibu hamil harus terus bahagia ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah langganan ke obgyn..ya ke obgyn...
      Kalo dikampung2 biar hemat ..hi2 cukup ke bidan , USG 2-3 bulan sekali..

      Delete
  3. Wkkwkw memang benar mbak. Hamil itu sebuah fase yang lumayan berat untuk seorang perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beraninya..kalo merasa belum siap...tapi harus siap
      ..

      Delete
  4. Bener banget tipsnya anakku waktu lahir Ada dramanya banget mba,,, jadi keinget waktu ngelahirin anak k2 d lorong RS krn nunggu mo SC akhirnya normal

    ReplyDelete
  5. Nah kadang mitos kehamilan di dapat dari orang tua hiiii, aku dulu suka tutup kuping kalo di kasih tau, iya..iya in aja. Alhamdulillah selama hamil ga ada keluhan, ga mual ga pusing, lincah bekerja seperti layaknya ga hamil. Makanya pengen tahu rasanya mual2, muntah2 gimana hahhaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh.

      Mau donk hamil lincah..asyik ga pake manjah...hi2

      Delete
  6. Ini tulisannya bakal bermanfaat bagi ibu hamil muda. Benar banget diperlukan ilmu yang banyak agar kehamilan sehat dan ibu menjadi bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hamil kedua dan selanjutnya..biasnya lebih tenang ..Karen dahbpengalmn...ya..

      Delete
  7. wah saya itu orangnya ya sembrono, sampai hamil anak kedua jatuh tertelungkup, saking gak hati2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun...tapi anaknya sehat kan ya mba....

      Aku juga sempat jatuh terduduk...merosot dari kursi...
      Untung using anak masih bagus hahahha

      Delete
  8. Wah penting sekali ya menjadi ibu hamil bahagia. Inget2 dlu tiap malam nangis gak jelas sampe melahirkan. Baby blues datang tiba2. Huhu.

    ReplyDelete
  9. emang kadang kalo lagi hamil itu mba banyak mitos-mitos yang di kasih tau orang, jadi kita mau ga mau cari tau di internet kebenarannya heheheh

    ReplyDelete
  10. kebetulan banget lagi hamil 7 bulan hehe.. tapi kalau saya di awal kehamilan kemarin USG tiap bulan hehe makaish sharing nya mba

    ReplyDelete
  11. Setujuuu. Jangan gampang percaya sama hal-hal yang dikaitkan dengan mitos. Karena pas hamil dan pasca salin itu mitos bertebaran

    ReplyDelete
  12. Jadi nambah pengetahuan nih, sebenarnya saya masih lajang tapi perlu juga tau hal-hal yang beginian, supaya pas udah beneran nanti bisa dilaksanain hehe

    ReplyDelete
  13. Jadi nostaldia hamil 3 tahun lalu nich saya mbak Niva hheheheheh

    ReplyDelete
  14. Loh, aku kemana2 bawa gunting kuku kok, tp bkn krn mitos ngusir setan sih, berasa perlu aja dibawa :D

    ReplyDelete
  15. Insyallah aku khatam nih persoalan hamil hamilan begini. Hihi.
    Dulu aku oegang akun sosmed kehamilan gitu. Meskipun belum pernah hamil.

    ReplyDelete
  16. Hmmm, kayak nya yang penggunaan bahan kimia ini yang agak susah dikontrol mbak, nanti coba tak diskusiin sama istri. TfS ya mbak...

    ReplyDelete
  17. Iya nih, setuju harus rileks. Tapi emang biasanya kalau anak pertama lebih menegangkan jadinya gampang stress hihi..

    ReplyDelete
  18. iya tuh mbak, memang harus banyak baca. karena terkadang banyak hal yang kita tidak tahu dna akibatnya bisa sangat fatal. Contohnya saja jangan makan pepaya muda, siapa sangka coba mbak.

    ReplyDelete
  19. Masiiih...dulu waktu hamil muda malah makan nanas.
    Dan abis banyak.
    Karena gak tinggal sama orangtua, jadi gak ada yang ngingetin.

    Setelah telp mama mertua, dikasih tau...besok lagi kalau makan jangan banyak-banyak yaa...

    Baru deeh...ngeuh...
    Ternyata makan nanas di trimester pertama itu berbahaya.

    Haduuuduu...kurang edukasi, memangnya...

    ReplyDelete
  20. Mbak saya baryu nyadar tampilan blognya baru, lebih bersih gtu :D
    Iya bumil gak boleh setres kudu happy. Kalau ada keluhan segera cek dan cek. TFS

    ReplyDelete
  21. nah..masalah makeup ini kadang masih dianggap sepele bagi kaum ibu khususnya yg masih muda.
    mereka lebih utamakan penampilan
    bahkan pake kosmetik yg berpemutih
    ada teman sy keguguran..dia jualan cream pembersih wajah yg tidak ada BPOM
    akhirnya keguguran

    ReplyDelete
  22. Kalau ga boleh makan buah buahan seperti nenas, durian, dan pepaya itu mitos mbak nova. Enggak ada penelitian yang menyatakan kalau buah tsbt bisa menyebabkan keguguran. Malah nenas mengandung air dan serat yang tinggi dan baik dikonsumsi bumil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal tak makan berlebihan..porsi sedikit..dan tidak sering...

      Tapi ada juga yg gak kuat..., Makanya berhati-hati saja...apalagi hamil muda.., setiap orang punya ketahanan berbeda..

      Delete
  23. Tips yang keren banget dan dibutuhkan banget neh ama yang baru hamil

    ReplyDelete
  24. Baca tulisan ini jadi ingat masa-masa menyenangkan saat hamil, dan memang saat hamil nggak boleh stres karena berpengaruh banget sama janin

    ReplyDelete
  25. Jadi hindari pepaya muda itu benar adanya ya. Aku nonton film india dan dia gak mau makan pepaya muda krn hamil. Kupikir ngada2, ternyata bs bikin janin gak ngembang ya. Tp ada yg bilang boleh makan asal gak berlebihan. Tetep hepi selama kehamilan

    ReplyDelete
  26. Kayanya ibu ibu hamil yang sering terjadi adalah panic dan kurang doa disaat melahirkan serta penting tuh ibu hamil banyak istirahat

    ReplyDelete
  27. entah kenapa suka banget sama berita tentang kehamilan gini wakaka meskipun aku gak akan bisa hamil sih.

    ReplyDelete
  28. wih... ternyata durian ama high heels dilarang buat ibu hamil ya kak. sepupuku hamil malah ngidam makan duren sik. bisa abis banyak gitu. aku aja sampe serem. ntar perlu dingatkan nih

    ReplyDelete
  29. Tipsnya pas bgt nih buat aku yg calon bumil,mskipun blm tau kapan hamilnya..hhe
    Saat hamil bnyak bgt yg harus diperhatiin y mba,harus sabar sm telaten, ingat kesehatan baby yg ada dikandungan.

    ReplyDelete
  30. Nambahin satu ya mbak... Tidak memakan makanan mentah atau yang dibakar. Seperti sushi atau sate. Takut bakteri tokso masih nempel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga udah ditulis mba..di no 3 yang tidak boleh...
      Ada daging mentah dan lalapan...cuma sate atau yg dibakar .., makasih mba..

      Delete
  31. Saya sering denger kalo yang hamil itu ga boleh makan nanas, duren tapi jujur, saya baru tau yang tentang obat nyamuk itu. Ternyata memang ga boleh sembarangan pake obat anti nyamuk juga ya mbak. Makasih mbak untuk informasinya :D

    ReplyDelete
  32. Betapa membawa suasana hati tetap rileks itu penting ya, Mbak...

    ReplyDelete
  33. Pas hamil anak pertama aku tetep puasa cuman 10 hari karena dekat dengan HPL dan ternyata kata dokter BB bayi turun akhirnya aku ga puasa hehehe...

    ReplyDelete
  34. Wah jadi inget zaman hamil dulu...
    Aku kalo lagi hamil bawaannya pengen tidur mulu nih, payah banget hahaha

    *kalo gak lagi hamil juga pengen tidur terus sih hehr*

    ReplyDelete
  35. Aku waktu hamil banyakin makan sayur dan buah karena kalau ketemu nasi tuh kayaknya mual banget.

    ReplyDelete
  36. Saya juga waktu hamil pantang makan mie dan kopi, Alhamdulillah sih anaknya cerdas dan sehat :D

    ReplyDelete
  37. Saya agak degdegan di awal-awal kehamilan. Banyak khawatir. Takut begini takut begitu.

    ReplyDelete
  38. Itu lucu juga yang hamil ngidam mangga yang dipetik tanpa izin :D

    ReplyDelete
  39. Saya waktu hamil 7 bulan jatuh dari motor. Untungnya gak kenapa-kenapa. Cuma pegel-pegel aja selama beberapa hari. Hihihi..

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.