Agar Diet Berhasil, Inilah Yang Harus Dipahami

Diet Sehat
Diet menurunkan berat badan semacam pe-er bagi yang telah menikah dan punya anak. Rata-rata hampir setiap wanita jika telah melahirkan akan kesulitan menurutkan berat badannya, mengingat masih memberi  ASI, tapi setelah itu malah keenakan makan, susah menahan selera, dan tidak tahan godaan, tapi bisa juga pengaruh hormon kontrasepsi. Kamu kok gemuk, kamu hamil ya, adalah kalimat-kalimat itu semacam menyebutkan keburukan ditengah keramaian dan memalukan, tapi kenapa masih ada yang berkata seperti itu, apakah mereka gak tahu itu pertanyaan menyakitkan, atau semacam punya  kelainan merasa bahagia melihat emak-emak tersudut dikatain gendut?? Hahahaha kok jadi baper.

Akhir-akhir ini aku semacam tersadar, hehe. Ya, walau gak gemuk banget tapi kok  sudah gak enak melihat perut yang maju, apalagi kalau duduk, kita aja yang liat gak enak apalagi orang lain ya. Aku jadi senang cari-cari informasi tentang diet, dari situ   aku paham tujuan diet itu sendiri bukan fokus ke langsing atau kurus saja tapi yang utama adalah kesehatan. Perempuan gemuk itu berpotensi megidap beberapa penyakit sebut seperti diabetes, osteoporosis, sakit lutut dan panggul karena menahan bobot tubuh yang berat, asam urat, kolesterol dll. Beberapa minggu ini  mencoba untuk diet dan bersyukur ternyata aku bisa juga menahan selera walau didepan mata ada kue yang enak, gak ada kepikiran mau makan mie ayam, bakso dan kawan-kawan . Ternyata selama ini keinginan makan itu cuma dikepala bukan didasari atas rasa lapar, tapi cuma maruk. Itulah kenapa sebelum mau makan ini itu kita harus pastikan rasa lapar, apakah cuma ingin atau memang lapar. Semoga gak ada setan yang menggoda niat suci ini, ihir. :D

Agar diet berhasil dan bisa dijalani dengan rasa nyaman, tidak tertekan atau malah jadi beban, berikut yang harus kita pahami.
Luruskan niat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya , tujuan diet jangan semata-mata ingin cepat kurus. Jika niat ingin cepat kurus maka tak heran yang ambil jalan pintas  dengan meminum obat-obatan kimia cepat kurus tapi setelah itu gemuk lagi, minum lagi kurus lagi gemuk lagi, ujung-ujung malah menimbulkan penyakit karena banyak mengkonsumsi pil-pil yang gak bagus untuk metabolisme tubuh. Atau ada yang lebih parah malah makan      atau minum zat –zat dalam kategori narkoba, ih serem ya. Jika niat lurus ingin sehat maka pola makan diet yang kita lakukan akan dijalani dengan nyaman, menikmati prosesnya sedikit demi sedikit. Jadi kalau 1 bulan diet belum ada hasil belum kurus juga , maka gak akan patah hati atau sudah males duluan.  Sudah 1 bulan kok belum kurus juga ya? Eh tapi aku kan sekarang udah agak enakan, terasa lebih sehat, selalu ada alasan positif untuk terus menjaga pola makan.

Pilihlah cara diet yang paling cocok. Sekarang banyak banget berbagai cara diet , kita bisa mencari informasi  mengatur pola makan diet seperti apa yang cocok.Cocok disini tentu disesuaikan dengan tubuh kita, karena ada beberapa cara agar diet berhasil dan cepat bikin langsing,  tapi setelah dijalani tidak cocok.  Sebut saja Diet OCD Deddy Cobuzzier, diet kenyang Dewi Hughes, atau yang sekarang lagi  banyak yang praktekkan adalah diet Ketogenik atau sering disebut DEBM (Diet Enak Bahagia  Menyenangkan. Orang yang punya penyakit lambung mungkin harus waspada dengan jus sayur campur nanas atau  jeruk nipis karena sebagian orang sama sekali gak bisa makan asam karena maag nya, atau yang punya penyakit kolesterol dan hipertensi waspada dengan  lemak-lemak yang dikonsumsi ketika mengikuti cara diet ketogenik. Baca sinyal tubuh, jika merasa kurang sehat jangan dipaksakan berdiet, bagaimanapun diet untuk sehat bukan untuk sakit, sehatkan dulu baru lanjut diet lagi.

Diet  ingin kurus bukan artinya tidak makan atau menahan lapar. Khususnya  untuk pola diet kenyang dan diet DEBM sama-sama menghindari karbohidrat dan manis.  Jadi jika lapar ya makan saja, tapi pastikan apa yang dilarang dan apa yang boleh dimakan. Dalam sebuah wawancara Dedy Cobuzzier pernah bilang, gemuk itu bukan seberapa banyak kamu makan tapi apa yang kamu makan. Jika makan  makanan yang karbohidrat banyak sebut saja nasi, mi, kue manis, dll dijamin cepat gemuk, tapi kalau makan ayam,ikan, daging, buah dan sayur dijamin tidak bikin gemuk.

Disiplin. Apapun cara diet agar cepat langsing jika tidak disiplin tidak konsisten tak akan pernah membuahkan hasil. Biasanya ada pantangan yang boleh dimakan dan ada yang tidak jadi harus benar-benar dijalankan. Mungkin suka tergoda “ah cuma dikit kok”, tapi kalau sering ya sama saja.
Olahraga. Diet tanpa olah raga bisa bikin kurus, tapi mungkin tidak sehat. Sebaiknya diet yang kita lakukan harus dibarengi olahraga. Kadang emak-emak model kita ini ( kita? Lo aja kali) males banget olahraga, pengen lari pagi rasanya kok ribet ngatur waktu, mana gak punya sepatu lagi. Tapi diera digital seperti saat ini percuma kalau tak memanfaatkan teknologi, tinggal download di youtube banyak loh cara simple olahraga buat ngecilkan perut, bahkan bisa ngelakuin sambil nonton gossip ( baru sadar sekarang? Kemana aja? Toyor hidung sendiri), banyak juga panduan senam cardio yang dilakuin cuma 30 menit saja, kuncinya cuma satu niat yang kuat. Walau bagaimanapun kalori yang kita makan tetap harus dibakar lewat olah fisik.
Banyak minum air putih murni. Yup, ini penting banget  kadang saat sibuk kita jadi jarang minum, suka lupa . Padahal air dapat mengontrol kalori dan mnurunkan berat badan, meningkatkan energy, dan meningkatkan produktifitas.
Itulah beberapa hal yang harus kita pahami sebelum melakukan diet agar cepat langsing tapi juga sehat. Soalnya kebanyakan suka gagal paham bahwa diet itu menahan lapar, atau hanya boleh  makan buah saja, padahal walau diet tetap gizi harus seimbang cukup protein, lemak, karbohidrat yang berasal dari sayur dan buah.

Apakah teman-teman pernah melakukan diet, diet yang cepat bikin kurus apa sih?, atau jika punya suka duka saat diet yuk share disini  mari kita langsing bareng ya..

49 comments

  1. duh duh duh, aku tuh paling sering gagal diet. semuanya udah aku ikutin. komitmenku belum kuat untuk diet

    ReplyDelete
  2. Ini saya banget, mau diet hanya wacana, mau olahraga males hehe

    ReplyDelete
  3. Bener tuh paling utama adalah niat. Aku susah banget ngumpulin niat. Eh udah niat sekarang gak boleh banyak olahraga. besok lagi kumpulin niat ah

    ReplyDelete
  4. bener mba.. yang penting dan utama itu adalah niat dan disiplin.. tanpa keduanya gak mungkin diet seseorang akan berhasil... saya udh mencoba diet tapi gak konsisten eh malah jadi tambah melar ahaha

    ReplyDelete
  5. Bener nih, temanku kalau lapar ya makan daging. Jadi kenyang kok. Tapi ya harga lebih mahal dari nasi.kalau lapar di jam ngemil bisa makan buah, sayur atau kuaci katanya. Aku pinginnya olahraga rutin nih belum berhasil lagi

    ReplyDelete
  6. Aku gk pengen diet kurusin badan mbk. Aku pengen gemukin hehe. Yap, niat dan disiplin itu paling utama. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  7. terkadang disiplinnya yang agak susah mbak hehe, sering tak tahan godaan. Misalnya aja ga tahan pas lihat teman sebelah makan makanan berlemak nan nikmat itu

    ReplyDelete
  8. Yang meluruskan niat itu paling gampang tapi berkomitmen sesuai niat itu yg susah mba. Wkwkwk... Biasanya cm bisa komit bbrp hari lalu buyar

    ReplyDelete
  9. Aku malas olahraga dan enggak tahan godaan jajan ketika lagi keluar rumah. Gimana sukses diet coba?
    Eh tapi sepertinya sih berat badanku sukses berkurang dikit nih, efek rajin jalan kaki tiap ke halte dan konsumsi yogurt buat sarapan.

    ReplyDelete
  10. Banyak banget cara orang buat diet yah. Yang penting mah memang jangan lupa sama asupan makanan yang bergizi. Nanti bukannya sukses diet malah ketemu dokter yang ada

    ReplyDelete
  11. Ternyata diet itu gak semudah itu ya. Diet itu juga proses karena butuh komitmen yang kuat kalau mau berhasil.

    ReplyDelete


  12. Sengaja menahan lapar demi diet mmg tdk oke juga ya.krn manusia sdh ada kebutuhan alamiahnya akan asupan tubuh. Yakni 3 kali makan utama dan 2 snack. Tinggal siasati dgn 3 J, GGL, dan lemak. Atau simpelnya "makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang"

    ReplyDelete
  13. Pernah saya menjenguk teman yang rawat inap karena diet tidak makan akirnya muncul masalah lambung.
    Sebenarnya ketika aktivitas meningkat, dan mengurangi karbohidrat pasti akan lebih kurus dan tidak instan.

    ReplyDelete
  14. Nah, itu, kalau mau makan kudu mikir dulu, cuma pengen atau emang butuh makan? Hehehe. Kembali lagi ke niat, ya :)

    ReplyDelete
  15. Niat yg pertama ya. Karena kendala yg sesungguhnya adalah rasa malas. Banyak cara diet, tapi selalu saja tidak konsisten. Hasilnya jadi gak karuan. Bukan diet malah nambah berat badan.

    ReplyDelete
  16. Habis lahiran aku tekad ahh mau diettt

    ReplyDelete
  17. Aku diet tapi nggak berhasil nih. Tapi tetap mau usaha hanya saja disiplinnya itu loh yang nggak mudah

    ReplyDelete
  18. klo aku sih easy going aja mbak meski tambah melar
    yang penting olahraga dan minum air putih terjaga

    ReplyDelete
  19. Minum air putih itu emang cara ampuh buat sehat dan kurus (ideal). Atur pola makan, jgn terlalu banyak karbohidrat. Dijamin diet berhasil. Tamvah top cer, ya olahraga.

    ReplyDelete
  20. Huaaa huhuhu ini aku lemak 13 kg abis lahiran belum luntur juga, niat diet pun kadang musnah terhempas oleh rasa malas.

    ReplyDelete
  21. Wah kalau saya malah nyari cara buat nambahin sedikit berat badan mbak, bukannya ngurusin. Soalnya saya kurus. hihi
    Namun meskipun kurus saya tetap olahraga dgn niat agar sehat

    ReplyDelete
  22. Sebenernya titik beratnya bukan pd diet tapi perhatikan pola makan, olah raga yg tertuju banget dengan gaya hidup ya mba

    ReplyDelete
  23. wah terima kasih tipsnya... tapi kata orang-orang "Gemuk itu tanda bahagia loch" hihihi

    ReplyDelete
  24. Aku selalu gagal diet, ngga pernah sukses. dan selalu bermasalah pada pola makan sih hehehehe suka lompat lompat dan ngga teratur

    ReplyDelete
  25. Ngomongin soal diet memang tiada habisnya jika tidak dilandasi dengan niat kuat dan usaha yang rutin..

    Kalau cara diet saya biasanya lebih memilih dengan tetap makan seperti biasa, leBih dibanyakij minum air putih dan olahraga joging

    ReplyDelete
  26. Pingin banget deeh...bergaya hidup sehat.
    Gak perlu diet tapi badan bisa ngebentuk sendiri.
    Wkkwk...

    Selama ini sudah ketemu 1 olahraga yang cocok, tapi emm, suka gak konsisten melakukannya.
    Jadi kalo liat timbangan suka syerreem.

    ReplyDelete
  27. Setuju banget Mba... diet bukan untuk menahan lapar namun mengatur asupan ke dalam tubuh...

    ReplyDelete
  28. Kalau ngomongin diet langsung lirik perut yang maju, pnegen bisa langsing kayka sebelum punya anak, pernah diet dan sukses tapi balik lagi pola makan nggak bener dan gendut lagi, sekarang coba konsisten dietnya

    ReplyDelete
  29. Aku juga salah satu yang udah lima tahun mencoba diet ini itu tapi badan ga langsing2, ya karena kurang konsisten sih sebenernya, tapi sekarang model dietku cuma nasi merah, sering jogging, sama berusaha biar ga kalap, terus jadi body positivity juga kalo cantik itu ejaanya bukan kurus :D

    ReplyDelete
  30. pas nih, aku lagi mulai mikirin nurunin berat badan, bukan semata ingin kurus, tapi lebih ingin sehat, soalnya mengurangi produktitifitas cepet capek, heuheu

    ReplyDelete
  31. Kalau saya sekarang pilih low karbo mbak. Bukan krn pengen langsung gmn2 gtu, cuma emang bikin gula darah lbh stabil aja, trus emang terasa lebih enak di badan saat kita enggak terlalu banyak konumsi karbo/ gula. Bener niat harus dilakukan. Awalnya jg susah ngurangin nasi, alhamdulillah bisa, cuma makan 5 sendok nasi aja tiap makan :D

    ReplyDelete
  32. Disiplin dan olahraga itu yang utama menurutku dalam program diet. Biasanya saat diet, kita jadi mudah tergoda dg makanan2 yang kelihatannya enak tp berdampak buruk bagi goal diet kira. Olahraga juga memegang peranan penting ya biar kalori bisa terbakar semurna dg jalan yang sehat.

    ReplyDelete
  33. Saya selalu gagal diet huhuhu, sedih banget. Kadang suka biarinlah gemuk juga tapi kadang suka ingin diet lagi, gimana dong? wkwkkw

    ReplyDelete
  34. huwaaaa, artikelnya pas banget buat aku nih kak. sipp aku catet semua tipsnya

    ReplyDelete
  35. Setuju Mba Nova, jika ingin diet dan kurus itu bukan artinya tidak makan atau menahan lapar, yang penting sih atur pola dan porsi makannya saja, sama imbangi dengan olahraga yang rutin.

    ReplyDelete
  36. Betul sekali, harus meluruskan niat dan disiplin. Kurang disiplin bisa membuat semua rencana gagal total, termasuk soal diet

    ReplyDelete
  37. selalu baper deh klu baca ttg diet
    penginnya kurus
    tp malas diet dan olahraga

    ReplyDelete
  38. Diet itu artinya mengatur pola makan, bukan gak makan sama sekali. Tp ya ada orang2 yg masih suka gak paham tentang diet ini. Kalau aku, kurang di olahraganya

    ReplyDelete
  39. Kalau orang ingin mengurangi berat badan dengan segala macam diet, saya malah ingin berisi, Mbak hihihi

    ReplyDelete
  40. Mbak sepertinya kapan hari aku dah komen di blogpost ini tapi kok komenku gak ada ya? hehe.
    Kalau dari pengamatan emang kuncinya disiplin dan enggak mudah tergoda. Kurangi karbo, gula, perbanyak serat dan jangan lupa gerak (olahraga) :D

    ReplyDelete
  41. Aku mah dieatnya DMBE lebih gampang hehehehe (Diet Masih Bisa Esok) soalnya banyak undangan makan makan yang ngga bisa dilewatin hehehehe

    ReplyDelete
  42. Hahaha problematika emak-emak nih emang. Setelah menyapih, BB ku malah naik drastis sudah itu kulit pun jadi gatal dan buruk rupa. Olahraga olahraga olahraga 😩 tapi kok rasanya malas banget ya hahaha

    ReplyDelete
  43. Kayaknya yg plg gampang yg terakhir ya haha! Emang sih kl mau sesuatu harus disiplin euy ;)

    ReplyDelete
  44. Udah lama diet dan gak ada hasilnyaa.
    Kayanya opsi olahraga perlu dilakukan yahhh...
    Makasih tipsnya Mbakk

    ReplyDelete
  45. Aku diet karbo
    Gak makan nasi kecuali terpaksa
    Lumayan turun 10Kg an lebih... tapi ya harus olahraga seminggu minim 1x lah
    Pas udah kurus sekarang ini, biasanya saya lari 15Km an/ minggu hahaha

    ReplyDelete
  46. Pengalamanku kemarin sempet nurunin berat badan 10 kg dari 75 sampe 65, karena aku download aplikasi fullfild, disitu diajarin cara makan yg bener... Aku sering share ke teman-teman, to pada ga berhasil... JD bingung...

    ReplyDelete
  47. suamiku nih yang perlu banget diet, tapi dia susah banget disuruh olahraga, hiks :(

    ReplyDelete
  48. jadi mikir, bener juga pernyataan Deddy Corbuzier. Bukan seberapa banyak yang kamu makan tapi apa yang kamu makan.. Aku makan nasi jarang, tapi ngemilnya yang banyak...gemuk juga #yaiyalah wkwkwk

    ReplyDelete
  49. Betul sekali, Nova, apapun kalau niatkan gak ditenggelamkan dalam-dalam dalam hati pasti gak akan berhasl. Oo, jadi makan ayam, daging gakpapa ya, asalkan makan sayur dan buah. Bunda hampir seperti ini, tapi masih gak nahan kalo liat masakan bersantan, hiks, hiks...

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.