Resep : Tempe Goreng Kemangi

Tempe goreng kemangi
Membuat Tempe Goreng kemangi adalah resep paling mudah dan gak butuh keahlian khusus, kuncinya cukup mau aja, dan lakukan, hehe. Seperti yang kita tahu kemangi lebih akrab sebagai lalapan ketimbang dimasak sebagai bumbu. Nyatanya kemangi juga banyak diolah sebagai sebagai bumbu dan disatukan dengan bumbu yang lainnya. Aroma dan rasanya yang khas sangat mempengaruhi  kelezatan cita rasa masakan, sehingga memiliki rasa yang berbeda.


Alasan lain orang senang mencampurkan kemangi kedalam beberapa masakan adalah karena kemangi juga dikenal sebagai obat herbal yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit, memperlancar peredaran darah, mencegah kemandulan, menyehatkan organ jantung,meningkatkan kualitas sperma pria, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dll. Bagi yang kurang suka dengan rasa dan aroma kemangi, apalagi harus dijadikan lalap , maka solusinya dapat mencampurkan ke masakan sebagai bumbu, sehingga menyamarkan  aromanya yang agak tajam.
Salah satu cara paling mudah adalah dengan mencampurkan kedalam adonan tempe goreng. 

Berikut bahan dan cara membuat tempe goreng kemangi.


Bahan membuat tempe goreng kemangi :
  • Tempe iris persegi agak tipis
  • Tepung bumbu kemasan agar lebih simpel saya pakai tepung bumbu Sajiku (bukan iklan)
  • Satu buah telur
  • Irisan daun kemangi

Cara membuat tempe goreng kemangi :
Campurkan irisan daun kemangi, telur dan tepung bumbu , beri air dan aduk rata, jangan terlalu cair. Masukkan tempe kedalam adonan tepung , kemudian goreng hingga matang coklat ke emasn. Angkat dan tiriskan.

Mudah banget ya? 10 menit sudah jadi deh. Tempe goreng kemangi dapat disantap sebagai camilan atau lauk makan nasi. Lebih lezat jika dimakan selagi hangat. Selamat mencoba ya, enak dapat sehat juga.

Resep tempe goreng kemangi adalah artikel #KEBloggingCollab , artikel trigger Kemangi, Olahan yang Sedap dan Menggugah Selera ditulis oleh  mba Hana M Zwan.

Baca juga :  Masak Tumis Bunga Pepaya

38 comments

  1. jadi laper nih bu, hehe. thanks resepnya, maknyoss,
    ditunggu kunbal-nya ya bu !!

    ReplyDelete
  2. Dalam membuat tempe, Kalau tidak ada daun bawang, kemangi bisa jadi solusinya.

    ReplyDelete
  3. aku suka banget olahan tempe goreng dilumuri tepung, hhee
    Apalagi dalam keadaan anget, duhh mantep jiwa,
    dibuat lauk atau camilan, enak hhhee
    Kalau yang ditambah kemangi belum pernah kucoba hhee
    Bisa ihh nanti langsung eksekusi mbak, hee
    TFS ya mbak utk sharingnya 6_^

    ReplyDelete
  4. Wah...blm pernah coba pakai kemangi. Biasanya pake daun bawang.noted...gampil nih buat dicoba :)

    ReplyDelete
  5. enak nih...apalagi dimakan sama sambel...aku pernah bikin, tapo tempenya aku hancurin, jadinya mendol kemangi..

    ReplyDelete
  6. Mudah banget ya mba, langsung mau ku praktekin kebetulan mama suka banget tempe :p

    ReplyDelete
  7. Kemangi jadi teman sambal terasi, Mbak. Kalau di tempat mertuaku, kemangi dimasukin ke sayur bayam. Seger banget rasanya.

    ReplyDelete
  8. sedapnya. mirip2 tempe mendoan juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..di tempat saya ini namanya tempe mendoan..

      Delete
  9. Aah...tempe kemangi.
    Aku dulu gak suka banget sama kemangi, tapi makin ke sini nyobain, ternyata bikin bau badan wangi juga.
    Hihii...jadi suka.

    ReplyDelete
  10. Aku blum pernah coba ini mba,,, mau ah jajal, biasanya pakai daun bawang

    ReplyDelete
  11. Emmmmm nikmat mbaaaa ngebayanginnya, praktis pula, selama ini cuma diuleg bareng sambal aja nih, kalo dicampur langsung gini dan nasi pulen panas plus sambel kayanya udah enak banget mba :D

    ReplyDelete
  12. Aduuuh mbaaa aku jadi super ngileeer.. mau ah coba! Salam kenal yaaa

    ReplyDelete
  13. Duh, makanan kesukaan, jadi pengen. Apalagi ini tempe goreng kemangi. Kalau di rumah nanti bisa bikin bareng ibu nih..he

    ReplyDelete
  14. Ga perlu garam lagi ya mba. Boleh juga nih cowok jg bs bikinnya kayaknya simpel banget

    ReplyDelete
  15. Wah aku baru tahu bisa pakai kemangi. Selama ini pakai daun bawang aja. Jadi pingin coba

    ReplyDelete
  16. Ga kepikiran mencampur kemangi ke tempe goreng. Aku suka banget makan kemangi pakai nasi dan kecap. Itu aja udah enak.

    ReplyDelete
  17. Enak nih. Pasti aroma tempenya jadi wangi seperti daun kemangi*

    ReplyDelete
  18. Kebayang aroma tempe dengan kemangi. Dimakan sambil dicocol sambel yang pedes pasti nikmat banget yaaaaaaaa :D

    ReplyDelete
  19. Bisa dicoba menggunakan Daun Kemangi yang memberikan keunikan dan citarasa berbeda. Biasanya dimakan sebagai lalapan sudah enak, apalagi jika dicampurkan bersama tempe gorengnya. Jadi ingin mencobanya di rumah.

    ReplyDelete
  20. Coba ah buat buka puasa nanti. Belum pernah nih bikin beginian

    ReplyDelete
  21. Wah iya, ga kepikiran dibuat kek gini, biasanya makan kemangi pas mesen pecel sih huehe

    ReplyDelete
  22. Saya suka makan lalap kemangi.
    Apalagi dicampur sambal.pedas pedas gimana gt

    Penasaran dengan tempe kemangi
    Ntar cobalah resepnya

    ReplyDelete
  23. Perlu banget dicoba apalagi yang kurang suka makan kemangi secara langsung. Kalau aku biasanya dibuat sambal tempe penyet kemangi. Rasanya sedap! Tapi tanaman kemangiku ini baru mati, hahaha

    ReplyDelete
  24. Tempe goreng favorit saya sama si kecil fakhira, suka banget deh nyemilin tempe goreng tepung

    ReplyDelete
  25. Wahh bikin ngileeer nih mba.. itu tempe gorengnya dicocol ke sambel kecap pasti rasanya maknyuss banget.. wangi kemangi pasti bikin tambah selera makan nih mba

    ReplyDelete
  26. Wah, aku suka kemangi Mbak. Dibuat lalap oke, dicampur di sayur ya suka. Hehehe.

    ReplyDelete
  27. lah,,, ini keduanya favoritku mbak. Tempe goreng udah jelas aku suka. Daun kemangi juga lalapan favorit. tapi nggak pernah kepikiran nyatuin mereka dalam satu olahan. hohohooo... musti aku coba nih besok-besok. makasih resepnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  28. tepat banget nih. ngebaca saat weekend jadi bisa langsung dipraktekkan besok. Pasar ngga jauh dari rumah, bisa jalan kaki hehehe

    ReplyDelete
  29. kalo aku sukanya daun kocai, bukan daun kemangi,,, yah maklum selerah orang beda beda ...

    betul tidak??

    ReplyDelete
  30. Kemangi ini emang bumbu daun yg istimewa ya. Sbgi org palembang says jg kerap menggunakan kemangi dlm Makanan sehari hari. Pindah, pepes, sambel, bakwan dll

    ReplyDelete
  31. crispy dan wangi ya mbak. Kalo variasi di mendoan giana ya mbak, apa rasanya bakal sedikit berbeda gak ya. Beso pagi minta istri masakin ah... TFS mbak.. hohoho

    ReplyDelete
  32. gampang dan makan pakai cabe rawit

    ReplyDelete
  33. Wah ternyata banyak ya manfaat kemangi, sebagai obat herbal . Harus dicobain nih dirumah

    ReplyDelete
  34. Wah pake kemangi, penasaran pingin coba juga deh

    ReplyDelete
  35. Kelihatannya enak, kebayang kres kres tepung tempe saat dikunyah, berpadu rasa kemangi dan tempe

    ReplyDelete
  36. Hai mbak Nova, sala kenal ya.Waah...kesukaanku tuh mbak tempe goreng, apalagi dipadu kemangi cucok banget deh. Nasi sepiring bisa nambah ya mbak..plus sambel kecap deh..hehehe

    ReplyDelete
  37. Belum pernah nyobain, kemangi selama ini cuma buat lalapan

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.