Mengalihkan Perhatian Anak Dari Gadget


Mengalihkan Perhatian Anak Dari Gadget

Beberapa waktu lalu aku menulis tentang anak ku yang mulai kecanduan gadget berawal karena dia susah makan, artikel bisa baca disini .  Ya semuanya berawal agar dia anteng , agar dia mau makan, tapi lama kelamaan dia hafal dengan kebiasaan itu. Untuk selanjutnya dia bilang mau makan kalau sambil liat HP, dia mau ditinggal saat aku ke pasar kalau dipinjamin HP. Lama-lama nagih dan suka nangis-nangis kalau gak dipinjami. Dia lebih kangen HP dibanding aku , kalau aku datang yang dikejar tas aku, bukan meluk atau nyium aku, so sad.

Alhamdulilah banget, sekarang dia gak mencak-mencak lagi kalau aku gak kasih pinjam. Tidak mengancam lag mau manjat atau banting sesuatu, banting-banting pintu, tidak nangis histeris lagi kayak orang disiksa . Sudah berjalan sekitar 6 bulan, sejauhi bersyukur banget. Saat melihat aku pegang ponsel touch screen dia udah santai dan gak maksa minta pinjam.

Apakah para moms ada mengalami hal yang sama, mungkin pengalaman aku bisa  diterapkan juga. Ini bukan sok ngajarin sih, tapi sekedar berbagi, jika moms punya cara lain boleh share juga disini ya. Kita belajar bareng menyebarkan hal-hal positif.

Kesiapan Orang tua

Untuk mengawalinya yang harus dipersiapkan adalah diri kita sendiri. Siapkan kesabaran ketika melihat ngambek, teriak-teriak, nangis-nangis, banting-banting mungkin juga mengancam, atau bisa saja berkata agak kasar, siapkan telinga yang tebal hati yang kuat  dan tega melihat airmatanya bercucuran. Jangan sampai lemah hati ditengah jalan, misalnya gak kuat liat dia nangis super kenceng terus kita gak tega dan gadget langsung diberikan. Dipastikan jika kita akan mengulang besok dia akan melakukan hal sama dan lebih lagi agar kita "kalah" dan menuruti keinginannya. 

Persiapan yang lain, adalah moms dan suami gak menggunakan gadget di depan dia, jika ada kerjaan lebih baik "ngumpet" dikamar atau diruangan kerja, agar dia tak tergoda , atau malah merengek minta kasih pinjam. Menurut pengalaman aku nih, seminggu aja udah terasa bedanya, dia setengah lupa dengan gadget, selama dia gak liat kita melakukan hal yang sama. Seperti yang aku ceritain sebelumnya, aku beli ponsel jadul khusus untuk angkat dan terima telpon. 
Mengalihkan Perhatian Anak Dari Gadget
✓ Temani anak bermain. Anak ku baru satu dan dirumah dia bisa dibilang gak punya teman sebaya. Saat siang biasanya di tempat Simbahnya disana ada teman dan sepupu, tapi jika sore dan malam itu dirumah. Kadang suka bosan main sendiri ujung-ujungnya minta pinjam hp, apalagi kalau aku scroll-scroll depan dia. Nah , karena ingin mengurangi perhatiannya pada gadget aku banyak nemenin   dia, dan aku kudu kuat nunggu dia tidur dulu baru buka ponsel, cek WhatsApp atau blogwalking.

Sediakan mainan yang mengedukasi atau melatih saraf motorik anak. Ntah itu Lego, pasir sintetik, puzzle dll. Dengan sibuk bermain, sembari ditemani  perhatian anak jadi teralihkan, menepis ingatannya tentang gatget. Bahkan jadi lebih seru, bonding antara kita dan dia makin meningkat.

Sediakan buku buku full colour,buku dongeng. Walau anak belum bisa baca, biasanya anak tertarik dengan  cerita dongeng. Aku juga belikan buku mewarnai, awalnya dia ogah dan malas buat Corat coret, alasan capek. Padahal kalo lari sana sini manjat, gak pernah ngeluh capek . Begitu diminta diam dan mewarnai dia bilang capek mi. Butuh waktu untuk dia menyukainya.  Tapi gak bisa kalau kita cuma minta ia mewarnai atau main ini itu, tapi kita juga ikut serta ngajarin, main bersama. 

✓Biarkan ia bermain  bersama teman-temannya. Anak butuh komunikasi dua arah, bisa mengungkapkan perasaan dan pendapat nya pada orang lain,  Anak yang terlalu fokus pada gadget dikhawatirkan lambat bicara kesulitan berinteraksi. Ini pula alasan saya memasukan TK saat anak saya usia 4 tahun agar dia berinteraksi dengan teman seusianya, belajar disiplin dll .

Ada beberapa yang aku syukuri , dia jadi banyak hafalan surat, lebih dekat  dengan aku,cepat mengenal huruf. Ya karena aku ajakin main habis magrib, ya nyelipkan gitu deh, jadi gak sadar sebenarnya dia belajar. Ternyata satu poin yang aku sadari ternyata sumbernya ya kita sebagai orang tuanya 

Anakku itu aktif dan energik , bisa dibilang begitu. Makanya dulu aku sempat mengandalkan gadget untuk menenangkannya sesaat, ntah untuk makan atau saat aku sibuk, duh..jangan dicontoh banget.

Mengimbangi geraknya yang aktif emang perlu kesabaran ekstra walau kadang-kadang melotot, atau tangan gak sadar nyubit pantatnya hahaha. Gimana nggak makan aja badannya goyang kiri goyang kanan. Habis mandi lagi ngelap dihandukin gitu ia lompat-lompat terus, baca iqro'  kadang duduk kadang tengkurap , tapi ku biarin aja selama dia bisa menyerap apa yg aku ajarin. Tapi katanya nih anak energik begini, gak lama ntar masuk usia sekolah SD katanya berkurang sih.

Main gadget ternyata gak cuma sekedar kecanduan, beberapa berita di tv dan online banyak juga anak yang katanya terganggu jiwanya gara-gara gadget, terasa resah , gelisah, nangis kalo gak dipinjami gadget. Semoga anak kita gak terlalu sampai kesana, bersyukur aku cepat ambil tindakan, dan sudah berjalan sekitar 6 bulan lebih gitu, kalo gak salah dari sebelum bulan puasa lalu, dan sekarang banyak kemajuan.

26 komentar

  1. Gadget emang sesuatu banget yah Mba, bikin kecanduan anak
    Saya juga anak baru 1 usia mau setahun, awalnya cuma mau liatin video dia doang. Eeeh, tiap saya megang hp anak saya langsung pengen ikutan. Harus mulai no screen lagi nih...

    BalasHapus
  2. Gadget ini beneran racun, Mba.
    Dibutuhkan ortu yg disiplin tegas, dan asertif untuk menghadapi serbuan racun gadget

    BalasHapus
  3. Setuju banget nih sama tipsnya...secara sekarang banyak yang justru menyodorkan gadget biar anak anteng hehe..kalo udah kecanduan bingung..

    BalasHapus
  4. Masyaallah. Hebat deh ortu dan anaknya kalau bisa disiplin dalam menggunakan gadget, ya

    BalasHapus
  5. Saat ini, kalau aku seringnya bawa buku kosong dan pensil buat anak corat coret kalau misal nunggu pas makan di resto. Salah satu cara untuk gak tergantung sama gadget, tapi peran orang tua juga penting sih ya mba, jangan mencontohkan kita main sama gadget terus, nanti anaknya minta main juga jadinya

    BalasHapus
  6. Sepakat, mba.
    Peran dan kerjasama dari orang tua sangat penting agar anak terbebas dari kecanduan gadget.

    Aku juga pernah membaca, yang paling mengerikan adalah fakta bahwa kebanyakan orang tua lah pemicu anak kecanduan gadget!

    Duh...

    BalasHapus
  7. Thank you Mbak Nova. Aku sih udah mengurangi penggunaan gadget depan anak, tapi sayangnya nggak didukung suamiku. Alhasil, hpku terus diminta pinjam. Kezel!! Zzz

    BalasHapus
  8. meski sungguh sulit buat mengalihkan perhatian anak dari gadget di era sekarang ini, jadi aku berlakukan aturan yang jelas menggunakan gadget, lalu diberikan kepercayaan atas aturan tersebut

    BalasHapus
  9. Bener banget Mba. Anak perlu dibuat sibuk biar gak gadgetan terus

    BalasHapus
  10. kalau anakku lagi suka menggambar mbak. Jadi dia kalau udah disediain buku gambar dan spidol jadi anteng gak pegang hape

    BalasHapus
  11. Mba Nov, pengalamanny inspiratif banget. Semoga membantu banyak ibu yang kebingungan mengatasi gadget di tangan anaknya

    BalasHapus
  12. Gagdet sebenarnya gak berbahaya ya mba yg penting Ada kontroling dr Kita orang tua dn hrs bisa mngalihkn k permainan yg interaktif

    BalasHapus
  13. Bener banget mba, kalau udah pegang gadget tuh jadinya nyandu. Serasa kegiatan yang lain kayak enggak diminati. Makanya memang butuh effort orangtua untuk mendampingi dan mengarahkannya untuk lebih banyak bermain dengan temannya.

    BalasHapus
  14. paling utama itu mmg contoh sih ya..krn anakku sudah bisa bilang "kalo ayah/bunda kok boleh", jd jg harus kasih oengertian kalo kami pake gadget utk kerjaan/keperluan penting.

    BalasHapus
  15. Jangan sampai ya anak kita kecanduan gadget, karena main gadget itu asyik banget. Mungkin awalnya susah ya, Mbak, tapi harus telaten dan sabar mengalihkan perhatian anak dari gadget. Dan kita jadi orang tua juga harus lebih aktif juga untuk mengajaknya bermain tanpa gadget.

    Di medsos itu sampai viral, orang kecanduan gadget sampai terganggu jiwanya. :(

    BalasHapus
  16. Manfaatin balik mba.
    Dengan kudu setoran hafalan kalau mau main henpun.
    Di timer juga penggunaannya.
    Atau hanya boleh ketika akhir pekan.
    Mendidik tidak semudah itu, tapi semoga selalu Allah mudahkan ya maaaak :)

    BalasHapus
  17. yap saya pun sudah bertekad kurangi main gadget pada anak. sudah belikan banyak buku dan mainan biar waktu bermain bersama anak jg jadi lebih banyak

    BalasHapus
  18. Bener mba, kita tuh harus tegas dan tega memang. Apalagi kalau nangis kejer ya kan. Alhamdulillah anak-anak dirumah masih bisa dikendalikan, meski ada up and down nya juga.

    BalasHapus
  19. Enggak usah anak-anak, orang dewasa aja juga bisa kecanduan gadget ya.
    Dan bener sih solusinya itu orang tua yang pegang kendali. Harus menyiapkan solusi lain yang bisa menggantikan kegiatan yang lebih menyenangkan

    BalasHapus
  20. Semenjak usia dua tahun anakku juga kecanduan mba. Makanya sekarang sedang dibatasi. Semoga bisa lepas sepenuhnya

    BalasHapus
  21. Kebetulan kalau anakku main gadget sore hari dan hanya boleh 1 jam saja. Aku juga suka kasih kegiatan dirumah untuk pengalihan biar gak minta gadget.

    BalasHapus
  22. MashaAllah~
    Punya anak aktif itu memang alhamdulillah yaa, kak...
    Aku suka KZL kalo anak aktif sehat dibilang nakal.

    Nuhun, tipsnya kak..
    Ini jadi reminder buat para orangtua yang memiliki anak dekat dengan gadget.

    BalasHapus
  23. Semua anak ya sekarang mah kalau disediakan hp pasti kecanduan dan keterusan kalau kita sebagai para orang tua tidak segera menyadari dan membantu ia lepas dari addiction.

    BalasHapus
  24. Mungkin dari awal mmg harus dibikin aturan ya mb, biar dosis main gadgetnya ga kelewatan. Soalnya jaman sekarang semua pada kenal gadget. Jadi ga bisa dihindari. Yang penting diarahkan dan kita sebagai ortu harus mendampingi ya..

    BalasHapus
  25. Anakku ada empat, yang pertama punya hape setelah SMP karena butuh untuk komunikasi, yang no dua masih SD kelas 5 belum punya hape dan main hape kalau pinjam sama hape ayahnya, yang ke tiga uia tahun, gak main hape, yang bayi apalagi. Nah, yang SMP nih kuperhatikan intens sekali main hape, suatu kali aku dan ayahnya sepakat untuk ambil hapenya hingga sebulan kami tahan. Untuk melihat bagaimana dia tanpa hape, hasilnya dia susah komunikasi dengan teman dan gurunya sampai sang guru menghubungi kami agar memberikan hapenya guna untuk koordinasi kegiatan sekolah wkwkwkkw. Positifnya kakak jadi jarang di kamar dan main di kamar saya, katanya gabut di dalam kamar wkwkwkw. Mungkin karena tidak ada hape, akhirnya setelah sebulan saya kasih lagi. Dua kali sudah hapenya kami sapih model gini. Jadi menurut saya intinya tergantung bagaimana ketegasan dan fasilitas yang kita berikan ke anak ya

    BalasHapus
  26. Sepakat Mbk, aku pun lagi program anak-anak biar enggak kecanduan gadget jadi aku batasi banget. Bahkan beberapa hari ini no gadget banget. Kudu tegas dan tega sih. Apalagi kerjaanku banyak dengan smartphone.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.