Pentingnya Pemakaian Kamera CCTV di Area Dapur Bisnis Kafe


sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/cafe-signage-2519218/

Kita sudah sering mendengar  pentingnya kamera CCTV , Sebenarnya kamera CCTV itu apa sih?, CCTV merupakan singkatan dari Closet Circuit Television , CCTV merupakan kamera yang digunakan untuk mengawasi, merekam, mengintai suatu lokasi sesuai area yang diinginkan untuk keperluan pengamanan. Kamera cctv tersebut akan terintegrasi dan menlakukan transmisi sinyal sehingga dapat kita lihat pada layar monitor.

Penggunaan kamera CCTV umumnya memang bisa dipasang di berbagai tempat sesuai dengan kebutuhan. Terlebih jika Anda adalah seorang pengusaha kuliner, perlu sekali memasang kamera pengawas di berbagai titik, salah satunya adalah di area dapur kafe. 

Area dapur adalah salah satu tempat yang cukup sibuk. Bisa dipastikan, selalu ada kegiatan di area tersebut setiap harinya, dari sebelum kafe dibuka sampai dengan tutup. Memasang CCTV camera di area ini, membantu Anda memantau aktivitas semua karyawan. Ada beberapa manfaat dari pemasangan kamera pengawas di area dapur cafe yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Manfaat Memasang Kamera CCTV di Area Dapur Kafe

Meskipun terkadang memiliki luas ruangan yang lebih kecil, tetapi kafe tetap perlu kamera CCTV, terutama dapur cafe. Pemasangan kamera ini, tidak hanya memberikan manfaat bagi Anda sebagai pemilik, tetapi juga bagi para karyawan. Berikut beberapa manfaat pemasangan CCTV camera di area dapur cafe, di antaranya: 


  • Mengontrol Kualitas Persiapan Makanan untuk Pengunjung

Di dapur tentu saja tersedia berbagai bahan makanan dan minuman, hingga berbagai alat memasak. Namun, beberapa masalah kerap timbul dari makanan dan minuman yang sifatnya alergen. Jika hal seperti ini terjadi, maka akan lebih baik jika dipasang security camera sebagai tools yang mengawasi bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam olahan tertentu. Selain itu, memasang security camera di area dapur juga memberikan jaminan rasa aman sebab semua makanan dan minuman yang dikonsumsi pun terjamin kualitasnya.

  • Menilai Produktivitas Karyawan

Dari tampilan CCTV, tentu Anda bisa mengetahui siapa saja karyawan yang produktif dan mana yang tidak. Meskipun tujuan pemasangan CCTV ini baik, sebaiknya Anda tidak memasangnya berlebihan. Jenis kamera CCTV tertentu bisa mengambil gambar dengan jelas dalam jarak yang cukup jauh.

Mengingat yang Anda lakukan ini berkaitan dengan lingkungan kerja, maka sebaiknya hal ini telah disampaikan di awal. Sehingga para karyawan pun akan tahu dengan sadar, bahwa segala kegiatan mereka di dapur dan area lain sedang dipantau oleh manajemen.

  • Memantau Kegiatan Karyawan

Adanya kamera pengawas di lingkungan kerja, memang tidak digunakan untuk menguntit karyawan. Sebab hal ini dilakukan untuk memantau kinerja semua karyawan di berbagai sektor atau area kafe.

Penggunaan CCTV juga bisa menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di tempat kerja. Dengan menggunakan gambar yang akurat dan valid, maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa ikut mencari solusi terbaik bagi semua pihak yang bermasalah.

  • Media Pengawasan Bisnis

Fungsi utama semua jenis kamera CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan pada area tertentu. Bisa dibilang, kehadiran kamera pengawas adalah sebagai kegiatan pencegahan terhadap berbagai tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi di sana. 

           

Sedangkan untuk area dapur kafe, Anda bisa mengawasi siapa saja yang keluar masuk dan melihat semua kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Dapur adalah kunci utama pelayanan sebuah kafe, jika terjadi sesuatu di dalamnya maka bisa mempengaruhi berbagai elemen lainnya, mulai dari karyawan hingga pelanggan.


Jangan lupa, ada beberapa area di kafe yang sebaiknya tidak Anda pasang kamera pengawasan, antara lain : ruang ganti, toilet hingga tempat istirahat karyawan. Area-area ini memang secara umum dibuat untuk memberikan ruang privasi karyawan. 

  • Bahan Evaluasi dan Pengembangan Usaha

Penggunaan CCTV di tempat usaha, akan membantu Anda mengawasi berbagai hal yang mungkin terjadi, mulai dari kinerja karyawan hingga masalah-masalah yang mungkin terjadi pada bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Memanfaatkan teknologi semacam ini, juga akan memudahkan Anda melakukan evaluasi bisnis secara mendalam. 

Keberadaan CCTV kamera memang cukup krusial untuk sebuah bisnis, apalagi sektor kuliner. Sebelum memilih kamera dan memasangnya di kafe, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu, antara lain : 

  • Kualitas Gambar

Kualitas gambar adalah hal penting untuk semua kamera pengawas. Maka, sebaiknya pastikan jika kamera yang akan Anda pasang memberikan warna yang murni dan nyata. 

  • Sepak Terjang Perusahaan

Tidak ada salahnya mencari tahu bagaimana pelayanan yang diberikan perusahaan. Hal ini akan sangat membantu saat terjadi masalah pada kamera di kemudian hari.

  • Detail Warna

Kamera dengan detail warna yang baik dan banyak, tentu akan memberikan tampilan gambar yang lebih nyata. Jenis kamera CCTV semacam ini memang lebih baik jika dibandingkan kamera dengan tampilan hitam putih.

sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/kafe-arsitektur-interior-melawan-10084716/ 

Gunakan Kamera CCTV Terbaik untuk Keamanan Bisnis Kafe

Setelah mengetahui manfaat kamera CCTV sangatlah penting untuk sebuah usaha, khususnya kafe, tentu tidak ada salahnya memasang jenis kamera CCTV sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan jenis kamera CCTV yang tepat juga akan berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Salah satu produk CCTV camera yang bisa digunakan pada kafe Anda adalah Hikvision ColorVu.

Salah satu keuntungan menggunakan kamera CCTV Hikvision ColorVu adalah memiliki zoom dengan detail yang tajam. Sehingga, meskipun Anda memasang pada tempat yang tinggi atau berada di ujung bangunan, gambar yang ditangkap tetap akan memberikan kualitas yang terbaik karena tidak pecah.

Selain itu, gabungan antara ColorVu dengan teknologi canggih lainnya dari Hikvision, memberikan tingkat keandalannya super tinggi. Gambar yang dihasilkan lebih jernih dengan detail yang hidup sehingga meningkatkan tingkat keamanan. Anda pun tidak lagi membutuhkan banyak jenis kamera CCTV dalam satu ruangan, sebab hanya dari satu kamera saja bisa memantau ruangan secara maksimal. 

Fakta lain yang perlu Anda ketahui dari Hikvision ColorVu adalah terdapat jenis kamera CCTV varifocal yang dapat beradaptasi dengan lebih banyak skenario dengan mengubah panjang fokus kamera, sehingga memudahkan pengelolaan inventaris. Keakuratan gambar dan kedalaman warna gambar pada CCTV, akan membantu Anda menganalisa apa saja kegiatan yang terekam di dalamnya. Menarik, bukan? Jika ingin memiliki security camera dari Hikvision ColorVu.


1 komentar

  1. Memakai kamera cctv ini memang sangat penting ya, karena banyak manfaatnya

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.