Tips Menabung untuk Beli Gadget Impian, Miliki Lebih Cepat

 

tips nabung untuk beli gadget


Gadget kini menjadi perangkat penting bagi setiap orang untuk memudahkan komunikasi, menjalin relationship dengan kerabat  dan keperluan lainnya. Ada banyak merek dan model ponsel yang dijual di pasaran, namun pastinya Anda ingin memiliki gadget impian dengan spek canggih dan beragam fitur menarik.

Meski bukan kebutuhan primer atau sekunder, gadget menjadi barang yang sangat dibutuhkan di era sekarang. Gadget-gadget flagship biasanya dijual dengan harga mahal sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Seringkali tingginya harga ponsel idaman menjadi kendala saat orang akan membelinya.


Keinginan memiliki gadget impian tetap bisa terwujud asalkan Anda bisa mengelola keuangan dengan bijak dan menabung secara disiplin. Supaya kegiatan menabung berjalan efektif, sebaiknya Anda membuka tabungan online khusus untuk mengumpulkan dana membeli gadget. 

Tips Menabung untuk Membeli Gadget Impian

Kebutuhan untuk membeli gadget harus direncanakan dengan matang dan dimasukkan dalam alokasi keuangan Anda. Jangan sampai ambisi memiliki gadget impian justru mengacaukan finansial Anda hingga mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan pokok.

Berikut ini tips menabung untuk membeli gadget impian yang bisa Anda terapkan agar bisa lebih cepat terealisasi:

 

Perhitungan Anggaran Membeli Gadget

  1. Riset Harga Gadget yang Diinginkan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat akan membeli gadget adalah riset harga ponsel yang diinginkan. Setiap merek dan model gadget memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasi atau kualitas yang ditawarkan. Selain itu, setiap toko juga tidak sama dalam membanderol harga gadget. Pastikan gadget yang diincar dibekali dengan spesifikasi yang Anda butuhkan dan sesuai kemampuan finansial Anda.

Jangan hanya mencari tahu model gadget dan dari satu toko saja. Anda juga perlu membandingkan produk-produk ponsel yang memiliki harga dalam rentang budget Anda. Selain itu, bandingkan juga harga dari satu toko dengan toko lainnya. Supaya mendapatkan gambaran lebih jelas, sebaiknya Anda juga membaca ulasan dari sumber yang bisa dipercaya. Misalnya menonton ulasan dari konten kreator teknologi di media sosial.

  1. Buat Perhitungan Anggaran Membeli Gadget

Setelah riset dan menentukan gadget yang ingin dibeli, selanjutnya Anda perlu memperhitungkan anggaran yang diperlukan. Pengeluaran untuk membeli gadget terhitung cukup tinggi, apalagi jika Anda ingin memiliki ponsel flagship. Oleh karena itu, Anda harus menyusun anggaran secara matang dan terperinci.

Dengan memperhitungkan anggaran, Anda bisa mengatur keuangan secara cermat agar tidak mengganggu kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya. Anda juga punya gambaran mengenai besaran dana yang perlu ditabung setiap bulan dan kapal bisa mencapai target tersebut.

  1. Membuat Skala Prioritas

Saat Anda berencana menabung untuk beli gadget impian, Anda juga perlu membuat skala prioritas. Dalam kehidupan setiap orang pastinya ada berbagai kebutuhan yang memerlukan penggunaan uang, baik itu yang sifatnya primer atau hanya keinginan. Dengan mengetahui prioritas keuangan, maka Anda bisa mengalokasikan uang secara lebih bijak dan terukur.

Prioritaskan lebih dulu memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya pokok atau urgent, seperti biaya makan, dana pendidikan anak, listrik dan internet, transportasi, dan sebagainya. Selain itu Anda juga perlu fokus pada tabungan baik jangka pendek maupun jangka panjang, salah satunya untuk membeli gadget. Anda bisa mengesampingkan pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya hanya keinginan sementara dan tidak begitu penting, misalnya nongkrong, langganan layanan hiburan, liburan, dan sebagainya.

 

  1. Mengalokasikan Pendapatan Per Bulan

Tips lainnya yang perlu Anda terapkan untuk menabung adalah mengalokasikan pendapatan per bulan. Pertama Anda perlu mencatat berapa jumlah penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya. Setelah itu tinggal membaginya ke dalam beberapa alokasi yang sudah ditentukan. Sisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk dimasukkan dalam tabungan beli gadget.

 

Besaran uang yang perlu dialokasikan ke dalam tabungan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan keuangan masing-masing orang. Jika Anda masih kesulitan menabung, ada beberapa metode alokasi gaji yang bisa Anda terapkan. Misalnya menggunakan metode alokasi 50/30/20, yaitu 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% untuk tabungan dan investasi.

 

Jangan lupa prinsip dari menabung adalah menyisihkan uang, bukan menunggu sisa uang. Jadi setelah menerima gaji, sebaiknya Anda segera mengambil beberapa persen untuk dialokasikan ke tabungan. Hindari menabung dengan cara menunggu sisa uang di akhir bulan, sebab cara ini berpotensi membuat Anda gagal dan tidak konsisten menabung.

 

  1. Menerapkan Sistem Tabungan harian

Selain menyisihkan uang setiap bulan, Anda juga bisa menerapkan sistem tabungan harian. Metode menabung harian ini memang terkesan jumlahnya sedikit, namun apabila dilakukan secara rutin dan konsisten maka hasilnya cukup signifikan. Menabung tidak melulu harus mengalokasikan uang dalam jumlah atau nominal besar.

 

Anda bisa memulai menabung dengan nominal kecil terlebih dahulu, menyesuaikan kemampuan keuangan. Nantinya setelah pendapatan bertambah, Anda bisa meningkatkan persentase uang yang dimasukkan ke dalam tabungan. Kunci dari kesuksesan menabung adalah disiplin dan mengontrol keuangan secara bijak. 

  1. Menjual Gadget Lama

Saat Anda nanti membeli gadget baru, lantas ponsel yang lama mau digunakan untuk apa? Anda bisa menjual gadget lama agar mendapat tambahan dana untuk membeli ponsel baru. Dibanding hanya dianggurkan atau tidak terlalu terpakai, lebih baik ponsel lama Anda diuangkan saja. Hasil penjualan gadget lama Anda bisa dimasukkan ke dalam tabungan. Dengan tambahan dana uang tersebut, maka dana untuk membeli gadget baru bisa terkumpul lebih cepat.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Selain menjual perangkat lama, kamu juga dapat mencari sumber penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan.

 

Gunakan Rekening Online dari Bank Digital untuk Menabung

Setelah membaca tips di atas, pastinya Anda semakin bersemangat menabung agar gadget impian bisa terbeli lebih cepat. Supaya kegiatan menabung Anda berjalan efektif dan lebih terkontrol, sebaiknya Anda membuka tabungan online. Gunakan tabungan tersebut khusus diperuntukkan menyimpan dana untuk beli gadget, sehingga tidak tercampur dengan keuangan lain dan meminimalisir keinginan memakainya

Dengan menggunakan rekening online, Anda bisa lebih mudah dalam memantau dan mengontrol keuangan. Salah satu tabungan online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME dari PermataBank. Pembukaan rekening ini bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening online ini juga sederhana dan nggak ribet.

 

 

Posting Komentar