Inilah Yang Harus Tercukupi Diawal Kehamilan


Ketika pertama kali mengetahui kehamilan , aku meminta suami untuk membeli susu kehamilan. Menurut buku yang ku baca bahasa pembentukan tabung syaraf otak itu sudah dimulai dan dibentuk sejak pertama kehamilan.Apa yang dijelaskan pada buku tersebut tidaklah salah, tapi hamil harus minum susu ibu hamil itu tidaklah begitu urgen. Selama sang ibu bisa mencukupi nutrisi melalui makanan sehat, buah, sayur, ikan ,telur dan lainnya yang dibutuhkan janin minum susu hamil bisa di nomor duakan. Kecuali jika ibu mengalami morning sicknes hebat, muntah, pusing ,mual, susah untuk makan maka susu atau bisa diandalkan. Ini bukan artinya saya melarang untuk minum susu, hanya saja hukumnya tidak wajib.

Walau butuh asupan diawal kehamilan bukan artinya kita boleh makan sesuka hati tapi tetap dengan porsi yang seimbang. Pasti kita gak mau banget hamil 2 bulan tapi seperti sudah 6 bulan, gemuk. Jangan ikuti mitos makan banyak karena merasa untuk 2 orang, karena janin diawal kehamilan itu hanya seukuran beras, atau toge jadi gak cocok banget kalau kita makan nasi 2 piring beserta lauk pauk. Bayangkan jika makan 3  kali sehari artinya kita mengkonsumsi 6 Pring nasi dengan porsi banyak belum ditambah berbagai camilan. Waspada terhadap penumpukan kalori yang banyak, berujung kegemukan, hipertensi atau diabetes, yang justru sangat membahayakan kehamilan. Jangan sampai saat hamil bobot tubuh jauh naik dibatas normal.

Untuk ibu dengan berat badan rendah kenaikan berat badan selama kehamilan adalah 15 kg sampai dengan 20 kg. Untuk berat badan normal diawal kehamilan  peningkatan berat badan selama kehamilan adalah antara 12,5 kg sampai dengan 15 kg. Untuk ibu yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas lebih menjaga berat badan , karena hanya boleh naik antara 7,5 kg sampai dengan 12,5 kg. Untuk mengetahui apakah berat badan kurang,normal atau berlebih saat awal kehamilan kita perlu menghitung indeks masa tubuh (IMT). Caranya adalah Berat Badan dibagi dengan tinggi badan. (Lihat Image)

IMT Kurang dari 18, 5 : Berat badan rendah
IMT  = 18,5 -22,9 : Berat Badan Normal
IMT lebih dari 22,9 : Berat Badan Berlebih

Baca juga : Do & Don't Diawal Kehamilan

Nah untuk mencegah kekurangan nutrisi atau berlebih diawal kehamilan kita perlu tahu apa yang paling penting yang harus tercukupi diawal kehamilan :

Asam Folat. Diawal kehamilan aku diresepkan dokter asam folat. Aku gak banyak nanya sih apa gunanya asam folat ini. Ternyata setelah aku baca berbagai artikel, asam folat sangat penting untuk mencegah kelainan syaraf, gangguan otak . Sebenarnya Sam folat bisa kita temui pada makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan seperti alpukat, kacang-kacangan. Hanya saja proses masak membuat asam folat berkurang. Karena itu ibu hamil dianjurkan minum asam folat berbentuk tablet  dengan dosis yang telah ditentukan.

Zat Besi. Selamat darah merah berfungsi mengantarkan nutrisi makanan dan oksigen kepada janin, agar nutrisi janin terpenuhi. Bayangkan jika ibu mengalami anemia berat? , tentu janin tidak sehat. Karena itu selain makanan yang harus dicukupi ibu hamil tidak disarankan banyak bergadang dan harus cukup istirahat agar tidak terkena anemia.

Baca Juga :

Lucu Tapi Nyata, Inilah Yang Sering Dilakukan Ibu Muda Saat Hamil Pertama


Vitamin B6. Mungkin banyak yang belum tahu ternyata vitamin B6 adalah zat anti muntah.  Biasanya saat kita mengeluh mual dokter memberikan resep anti mual. Tapi hal yang wajar ko, saat hamil itu mual dan muntah asal tidak terus terusan. Tapi Jiak tak tertahankan bisa minta saran dokter untuk memberikan resep anti muntah.

Selama kehamilan hindari obat yang bukan resep dokter kandungan. Susunan syaraf pusat begitu cepat berkembang di tri semester pertama kehamilan  jika itu masih kita lakukan sangat berbahaya untuk perkembangan otak janin. Hindari makan daging mentah, jika makan sate pastikan masak maksimal, dan jika ingin lalapan sayuran pastikan sudah di cuci bersih dan jika bisa hindari saja,makanlah sayuran yang sudah dimasak. Ini untuk mencegah infeksi  selama kehamilan seperti toxoplasma ataupun yang lainnya.

Baca juga :
Baby Blues Syndrome Dapat Dicegah

Jika ngomong harus tercukupi saat hamil banyak banget sih, termasuk jangan sampai kekurangan kasih sayang suami, lol. Tapi 3  hal diatas adalah hal urgen yang harus dipenuhi saat hamil, dan jangan kebanyakan makan karena alasan lagi doyan atau yang makan itu untuk 2 orang. Faktanya itu hanya mitos, karena berat badan berlebih ketika hamil sangat membahayakan.

16 comments

  1. Mbak, saya sedang promil tapi baru sebatas minum asam folat dan sangobion. Saya ada riwayat darah rendah dan mens tidak teratur.

    Mudah-mudahan bulan ini terjadi kehamilan :) belum berani cek. Belum jatuh tempo period. Takut kecewa kalau test hehe...
    Mudah-mudahan bulan ini telat mens. karena sebulan terakhir saya nggak absen minumnya. Udah usaha juga. Saya termasuk yang berat badan kurang.

    Makasih ya mbak infonya. Maaf numpang curhat hihi...

    ReplyDelete
  2. harus rajin makan sayur buah dan minum susu

    ReplyDelete
  3. Konsumsi vitamin untuk ibu hamil sebisa mungkin harus mengikuti petunjuk dokter ya. Kalau makanan, dokter saya pernah bilang, apa aja boleh yang penting dimasak dengan baik dan sehat. Hhehehe

    ReplyDelete
  4. haha bener, bukan hanya nutrisi yang harus terpenuhi selama kehamilan namun juga kasih sayang suami, ea ea ea

    ReplyDelete
  5. Bener, Mba.. Dulu waktu hamil aku suka dinasihatin Budeku yang bidan untuk konsumsi makanan/minuman yang mengandung asam folat dan zat besi terutama. Susu, sayur buah jadi menu yang ngga boleh dilupakan. Beda saat waktu single hehe

    ReplyDelete
  6. Saat hamil anak pertama aku masih percaya, kao hamil itu makan untuk 2 orang dan hasilnya berat saat hamil naik lebih dari 20kg dan anakku beratnya 3,8kg.. fiuh... ngeluarinnya susah banget, Alhamdulillah melahirkan secara normal mba.. nice to sharing mba

    ReplyDelete
  7. Saat hamil pertama saya gak kepikiran soal persiapan. Sekarang saat mau hamil lagi merasa banyak banget yang akan disiapkan. Padahal hamil belum kunjung datang. Mohon doanya segera hamil ya. Sekarang persiapannya makin banyak nih tambah masukan dari artikel ini. Segera dikabulkan hamil nya ya Allah. Amin...

    ReplyDelete
  8. Waah baru tau soal BB. Saya overweigh tapi pas hamil naiknya 16kg semua. Kelebihan juga yaa.. hiks.

    ReplyDelete
  9. Betul banget mabk. Dulu aku kurang tercukupi zat besi jdnya anemia dan anakku BBLR.
    Satu lg kalau boleh nambahin adalah kebutuhan protein jg mbak, dulu albuminku jg rendah... krn kurang protein...

    ReplyDelete
  10. bumil masa yang sensitif jangan kekurangan maupun kelebihan. pas banget pagi ini lagi ngebahas kehamilan trus baca ini

    ReplyDelete
  11. Bener. Semasa hamil bukan berarti harus makan sebanyak-banyak dengan alasan untuk 2 orang. Tetapi, sesuai dengan kebutuhan aja :)

    ReplyDelete
  12. Menu sehat buat bumil sangat penting ya, karena itu awal kehidupan janin untuk tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
  13. Aku baru tau nih klo besarnya janin pas awal kehamilan itu hanya sebesar beras atau tauge. Bener juga yaa. .Aku jadi ikut ngebayangin, janin sekecil itu mendapat asupan berlebihan yg ujungnya obesitas dan membahayakan si janin. Masuk banget logika ini untuj org awam kayak aky

    ReplyDelete
  14. Aku mual tapi gak sampai muntah,makanya waktu dokter tawarin anti mual kutolak. Mualnya anggreng sampai 3 bulan, harus banyak makan. Klo mulut ga ngemil..muaaal banget

    ReplyDelete
  15. Hehe jd ingat masa2 hamil dulu tiap kehamilan beda2 kondisinya tp emang yg penting pengetahuan calon ibu hrs komplete ttg kehamilan biar bs optimal..

    ReplyDelete
  16. Tips ini susah mudah gampang diterapkan saat hamil. Tapi perlu usaha dan semangat
    Btw itu nulisnya diawal apa di awal yaba seharusnya :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.