Sedang Radang Tenggorokan, Bolehkah Berolahraga?


Pernah mengalami radang tenggorokan? Yang pernahengalami pasti rasanya sakit banget ya. Biasanya setelah sakit tenggorokan ujung-ujungnya pilek disertai batuk.  Gak enak banget, menelan terasa sakit  dan tenggorokan terasa kering dan sakit .
Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sementara itu, virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air.

“Gejala radang tenggorokan biasanya ditunjukkan dengan munculnya rasa sakit saat menelan, demam, terdapat benjolan di area leher, suara serak, hingga adanya darah dalam air liur,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Berikut cara untuk Mencegah dan menyembuhkan radang tenggorokan.
  1. Minum air cukup , jika sedang influenza baik nya dengan air hangat.
  2. Makanan bergizi,bisa sup hangat , sayuran dan buah.
  3. Menghirup uap dan berkumur-kumur dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.
  4. Stop makanan banyak mengandung minyak, seperti gorengan dan minuman dingin.
  5. Olah raga.
  6.  Istirahat  dan tidur  yang cukup, hindari begadang.

Olahraga memang baik, tapi bagaimana jika sedang radang tenggorokan?

Saat sedang menderita radang tenggorokan, badan turut terasa berat dan lemas. Untuk mengangkat kembali semangat, Anda terpikir untuk melakukan olahraga. Namun, apakah penderita radang tenggorokan diperbolehkan berolahraga?

Olahraga intensitas rendah hingga sedang dapat dilakukan saat radang tenggorokan. Aktivitas fisik ini justru bisa membantu kita meningkatkan respons sistem daya tahan tubuh.

Akan tetapi, jika sakit tenggorokan disertai dengan gejala tambahan seperti demam, ada baiknya menunggu sampai gejala tersebut mereda. Adapun, jenis-jenis olahraga intensitas sedang yang bisa dilakukan adalah berjalan, bersepeda, peregangan, dan yoga.

Selain itu, saat berolahraga di tengah kondisi radang tenggorokan, cobalah untuk memperlambat atau mengurangi durasi latihan rutin Anda. Bila biasanya olahraga berjalan kaki yang dilakukan selama 30 menit per hari, kita bisa menguranginya menjadi 15 menit.

Hal yang harus diingat, tidak disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang berisiko menekan sistem kekebalan tubuh. Latihan intensitas tinggi misalnya aktivitas ketahanan dan angkat beban.

Olahraga intensitas ringan dan sedang memang diperbolehkan saat sedang sakit radang tenggorokan. Hanya saja, segera hentikan olahraga apabila mengalami rasa sesak di dada, kelelahan, dan demam. Istirahatlah sejenak atau tunda olahraga hingga gejala tersebut reda. Selain itu, usahakanlah tidur malam cukup 7-8 jam setiap hari. Istirahat cukup akan mempercepat proses pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

21 comments

  1. Kayaknya kalau lagi radang gini, olah raganya mending cari yang simpel aja ya. Kaya jalan santai gitu deh. Biar bsia tetep olah raga tapi fisik nggak terlalu diforsir kan

    ReplyDelete
  2. Wawasan baru buat aku nih Mbaa
    Soale, banyak mitos2 seputar dunia medis yg memang kudu kita cari benar atau enggak ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Jangan dipaksakan olahraga kalau sedang sakit, ya. Apalagi kalau sampai demam kayak gitu. Saya juga lebih memilih banyak istirahat

    ReplyDelete
  4. Aku sering banget radang tenggorokan, penyebabnya gara2 keseringan makan gorengan atau daya tahan tubuh lagi menurun.

    ReplyDelete
  5. Aku kalau kebanakan minum dingin langsung radang tenggorokan, tapi selama ini gak meghentikan olahraga sih. Ternyata dari tulisan ini bisa dapat penjelasannya ya boleh aja olahraga asal gak mengalami sesak napas

    ReplyDelete
  6. Radang tenggorokan itu sakit yang nggak kelihatan tapi cukup menyiksa. Biasanya saya sakit tenggorokan sehingga susah menelan itu gejala mau kena flu.

    ReplyDelete
  7. apalagi kalo yg kena anak-anak ya mbak...bisa sampai demam tinggi. sakit itu walau tampaknya jenis sepele tapi ssh terasa menganggu

    ReplyDelete
  8. Ku beneran baru tau nih kalo lagi radang tenggorokan gak boleh olahraga ya mba,

    ReplyDelete
  9. ALhamdulillah saya jarang banget kena radang tenggorokan. Mungkin karena sering konsumsi jeniper ya, mau batuk gitu langsung deh enggak jadi, hehehe

    ReplyDelete
  10. Mba aku langganan dulu radang tenggorokan sampe demam udah mah sakit nelen suara juga sember :((

    ReplyDelete
  11. aku sih prefer istirahat dulu mba. Olahraga penting tapi kalua ngga fit malah sakiiit

    ReplyDelete
  12. Kalo radang tenggorokan nya masih awal sih gak terasa kalo buat olah raga. Tapi bawa bekal air putih, agar gampang minum kalo haus. Biasanya kayak gampang kesedak gitu, jadi butuh minum

    ReplyDelete
  13. Jadi tersindir, hihihi. Yang sakit radang tenggorokan aja masih dianjurkan untuk olahraga. Masa yang ga sakit masih males olahraga, huhu.

    ReplyDelete
  14. Duh PR banget nih.. gak radang aja aku males olahraga.. huhuhu

    ReplyDelete
  15. Wah noted nih, selama ini aku kira tidak masalah kalau berolahraga lumayan berat saat sakit tenggorokan. Ternyata tidak boleh ya mbak, yg boleh olahraga ringan sampai sedang.

    ReplyDelete
  16. kalau aku sih kalau lagi nggak fit udah ngga kepikiran olahraga, mba...yang penting istirahat cukup aja ya..biar cepat pulih

    ReplyDelete
  17. Loh kirain kalau olahraga jadi nanti cepet sembuh. Tapi kalau radang enak minum jeruk ama tidur pling bener ya

    ReplyDelete
  18. Aku sih no problem kalo sedang radang tenggorokan olahraga. Malah aku jadi bikin cepet sembuh

    ReplyDelete
  19. Iyaaa...
    Suka susah napas kalau radang...
    Huhu...sakiit~
    Dan jadi males ngomelin anak.

    ReplyDelete
  20. saya kalau radang tenggorokan perbanyak minum air putih dan yang mengandung vitamin C, olah raga paling jalan santai aja hehe

    ReplyDelete
  21. Alangkah lebih baik rutin berolahraga sebelum penyakit datang, hhehehe

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.