-->

ZenCore Dan Pekan Olahraga Otak

 on Rabu, 18 Mei 2022 

Pekan Olahraga Otak antar Sekolah bersama ZenCore

Mengasah kemampuan otak melalui ZenCore

Setiap orang memiliki kemampuan  berpikir dan memiliki  IQ masing-masing. Bagaimanapun pintarnya seseorang kemampuan otak harus terus diasah, banyak membaca, mengikuti latihan-latihan, agar ingatan tetap terjaga  sekaligus menambah kemampuan daya ingat sekaligus menambah wawasan  dan pengetahuan. Setiap orang memiliki cara untuk  melatih otak, mungkin dulu kita mengenal istilah teka-teki silang baik berupa kata atau angka, sedikit lebih berat adalah bermain catur, membaca  ensiklopedia atau buku-buku lainnya. Untuk saat ini   kegiatan tersebut menjadi kurang menarik, orang-orang lebih senang memegang gadget.  Pekan Olahraga Otak  ZenCore adalah salah satu  cara pemanasan otak  yang mengasyikkan. Tidak hanya untuk siswa siswi tetapi mencakup semua usia termasuk mahasiswa, guru dan orang tua murid.

Apa itu ZenCore?

ZenCore merupakan salah satu platform yang ada di aplikasi pendidikan Zenius, yang berguna untuk melatih keterampilan fundamental semua orang. ZenCore dapat melatih skill dan knowledge yang harus dikuasai oleh tiap orang. Terlepas apa latar belakang yang dimiliki, entah itu jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang pekerjaan dari orang tersebut.

Skill dan knowledge yang bisa kita latih  melalui ZenCore adalah  melatih cara berpikir yang lebih baik, menambah pengetahuan.  Ada 3 Fundamental skill yang  diasah   yaitu Matematika,  Verbal dan logika, dan bahasa inggris.

Dengan melatih 3 kemampuan tersebut maka kita akan mudah menangkap informasi  informasi, berpikir lebih kritis  dan rasional.  Secara luas dapat meningkatkan kualitas hidup, tidak mudah terprovokasi dengan berita yang belum tentu benar. Apalagi mengingat saat ini kita overload informasi di media sosial yang tidak semuanya benar, melatih kita untuk saring dulu sebelum sharing.

ganti cara belajar


Kenapa harus ZenCore?

ZenCore dirancang  untuk mudah dipahami dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan  dan gamified. ZenCore ganti cara belajar dari yang membosankan menjadi lebih menarik, seperti sebuah permainan yang membuat siswa-siswi menjadi candu untuk belajar. Disini ada batasan waktu, skor dan level sehingga memicu  semangat untuk menuntaskan misi menyelesaikannya.

Apalagi semenjak  pandemi anak sekolah sudah dibiasakan untuk belajar online, tapi menjadi  tidak menarik karena para guru hanya memberikan tugas, tanpa  penjelasan bagaimana menyelesaikannya. Dengan ganti cara belajar ini  para siswa-siswi   bisa melakukan pemanasan otak secara mudah tanpa ada rasa malas untuk berfikir. Siswa siswi berlomba menjadi jagoan adu otak dengan teman-teman yang lain.

Saat ini di ZenCore terdapat fitur baru, yaitu Group for Adaptive Gamified Practice.Fitur ini dirancang dan diformulasikan secara adaptif untuk berlatih keterampilan fundamental kita: Numerasi, Literasi, dan Bahasa Inggris.  Belajar melalui fitur ini terasa lebih santai karena fitur ini dibuat dengan gamified experience juga, sehingga siswa-siswi bisa belajar sambil bermain. Kita juga bisa bikin group  untuk nge-ambis bareng jadi bisa adu jagoan otak siapa nih yang skornya paling tinggi dan dialah jadi pemenangnya. Ayoooo yang kalah jangan lupa traktir bakso ya.

jagoan adu otak

Pengalaman Pemanasan Otak by ZenCore

Ikut pemanasan otak via ZenCore yang paling aku senang itu  kita tidak dibiarkan dalam ketidak tahuan. Jadi bukan seru-seruan kosong. Di Akhir keseruan kita diberitahu score kita berapa, berapa yang benar dan berapa yang salah. Jika ada yang salah kita bisa cek kesalahan kita dimana dengan  memahami pembahasan yang ada.

Misalnya jika mengerjakan soal matematika. Ada pembahasan kenapa jumlah hasil akhir yang kita peroleh salah. Pembahasan tak sekedar berupa penjelasan berbentuk tulisan, tetapi juga berupa video, yang dijelaskan secara detail kita dapat menontonnya berulang sampai benar-benar paham. Jujur ini sangat membantu siswa-siswi dalam memahami rumus, literasi dan bahasa, juga membantu kita yang bukan anak sekolahan untuk berpikir secara logic, terintegrasi, dan kompleks

Setiap kita harus memiliki knowledge yang baik, salah satunya adalah knowledge pada bidang fundamental skill yang terdiri dari :

  1. Verbal Logic. Adalah kemampuan kita berpikir kritis, logis dan bertindak secara benar. Ini adalah salah satu hal yang diasah dalam keseruan ZenCore. Disini kita dilatih untuk berpikir logis dan benar, dan tidak mudah terjebak. Ini penting banget untuk kehidupan sehari-hari dimana kita banyak menerima dan mendapatkan berbagai informasi. Sebagian kita mudah terprovokasi hoax, dan mudah menyebarkan kembali, padahal itu belum tentu benar. Penting bagi kita menimbang, memikirkan ulang, sebelum bertindak atau sharing sesuatu.
  2. MatematikaMendengar matematika mungkin  sudah pusing karena harus menghitung, atau banyak rumus. Tapi percayalah disadari atau tidak hampir setiap hari kita bergaul dengan matematika. Saat berbelanja otomatis kita harus tahu harga dan jumlah uang kembalian, masak kue mesti paham takaran, ketika mau masak nasi dan lauk pauk ketika dirumah ada arisan pastinya kita paham berapa porsi yang dibutuhkan dan berpikir bagaimana nggak kekurangan. Dengan matematika kita jadi mudah paham, solid dan mudah mengintegrasikan pikiran dan mampu konsisten. Kita suka nggak sadar ya, sering berpikir kontradiktif disaat bersamaan. Tapi dengan melatih kemampuan matematika kita mampu menjaga konsistensi dalam berpikir, dalam arti lebih kuat pendirian, mampu mengatur waktu dan disiplin.
  3. Bahasa InggrisMemahami sebuah bahasa itu tidak ada ruginya, entah itu bahasa ibu, bahasa daerah, dan bahasa asing. Memahami bahasa asing penting buat kita terutama bahasa Inggris.  Paling tidak ketika kita mampu dan banyak memahami kosa kata bahasa inggris dan menggunakan dalam kalimat kalimat sederhan, akan mudah berkomunikasi jika sewaktu-waktu diperlukan. Dalam sehari-hari banyak produk yang memberikan penjelasan dalam bahasa inggris. Dengan menguasai bahasa membuat kita memiliki pikiran yang lebih kompleks.

Pekan Olahraga Otak dan Class Meeting

Pada minggu terakhir bulan Juni nanti dengan tema class meeting ZenCore mengajak para siswa-siswi  untuk ikut kompetisi Cerdas Cermat Pekan Olahraga Otak Antar Sekolah. Class Meeting membuka kesempatan untuk semua sekolah yang mau ikut dalam ajang keseruan ZenCore. Keseruan siswa dalam lomba class meeting bisa membawa nama sekolah agar lebih unggul.

Pendaftaran Pekan Olahraga Otak dan Class Meeting terhitung mulai 23 Mei  sampai dengan 10 juni 2022. Dan mulai tanggal 6 Juni ada sosialisasi bagaimana cara bermain ZenCore ke sekolah melalui webinar. Dan pada 20 sampai 26 Juni  nanti bisa ikut bermain ZenCore. Jangan lupa ajak teman-teman sekolah agar lebih ramai dan seru. Pemenang kan  diumumkan di Instagram @zeniuseducation, jangan lupa follow ya.

pemanasan otak


Yuk Download Zenius Sekarang

Nah buat kamu yang mau ikut dalam Pekan Olahraga Otak silahkan download aplikasi ZenCore   pada link berikut Aplikasi ZenCore untuk iOS dan Aplikasi ZenCore untuk Android.  Mengingat ZenCore bukan hanya untuk anak sekolahan para orang tua dan guru dianjurkan juga  untuk mendownload aplikasi ini. Selain untuk melatih otak, daya ingat , menambah fundamental skills, juga bisa jadi acuan belajar bagaimana menjelaskan ke anak dan siswa tentang pembahasan soal sehingga mudah dipahami anak-anak kita.

Saat ini banyak yang ganti cara belajar dengan metode gamifikasi, terutama sejak pandemi. Ini semua bertujuan bagaimana memudahkan para siswa  memahami pelajaran. Sehingga tak hanya bagaimana memperoleh nilai terbaik, tetapi siswa benar-benar memahami dengan cara yang menyenangkan. Zencore dari Zenius adalah terobosan membuat anak memiliki skill yang benar-benar mumpuni namun tetap membuat mereka happy. Lagi pula ZenCore  menggunakan  pendekatan adaptive learning, sehingga pengguna bisa belajar menggunakan ZenCore sesuai dengan level pemahaman.Soal-soal yang ada juga disesuaikan disesuaikan dengan score dan level kemampuan dan akan bertahap naik sesuai dengan apa yang sudah dikerjakan. Ayo jadi  jagoan adu otak bersama ZenCore dengan mengikuti Pekan Olahraga Otak antar Sekolah.

33 komentar:

  1. Senam otak, belakangan ini sepertinya butuh senam otak karena keseringan ngeblank dan lupa tiba-tiba. Mantep ini di Zencore ada senam otaknya, luar biasa. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Pekan Olahraga Otak yang diadakan Zencore ini menarik sekali untuk diikuti. Kirain hanya untuk anak2 saja eh ternyata orang dewasa juga bisa hehehe. Untuk bahasa Inggris boleh juga nih dan ada verbal logic serta matematika. Anak2ku kayaknya kepengen ikutan nih asah dan adu otak di sini.

    BalasHapus
  3. Matematika dan Bahasa Inggris itu sejatinya bukan pelajaran yang menakutkan ya. Hanya dulu belum ketemu metode yang tepat belajar yang menyenangkan dan bikin anak bahagia. Beruntung anak anak jaman sekarang bisa belajar di Zencore

    BalasHapus
  4. Weeeww seru bgt nih klo ikut zencore.
    Mau atuhlaahh, supaya semangat belajarnyaaa

    BalasHapus
  5. Menarik ini buat buat anak-anak saya yang kebetulan juga sedang mencari tempat nonformal menambah pengetahuan. terima kasih ya atas ulasannya

    BalasHapus
  6. Banyak sekali manfaat dari Zencore ini ya, cocok untuk semua usia juga baik siswa sampai orang tua. Menarik sekali

    BalasHapus
  7. Semua senang menggunakan aplikasi yang bermanfaat untuk olahraga otak. Karena aplikasi yang gak hanya mengukur dari ketahanan, tapi juga ketelitian dan konsep dasar pemahaman hal-hal umum.

    BalasHapus
  8. Nah inii... malah emaknya nih yang tertarik untuk nyobain olahraga otak Zencore ini hihihii... seru juga ya mencoba kemampuan verbal, hitungan dan bahasa asing gini. Anak-anak pun belajar dengan gembira, tidak membosankan lagi.

    BalasHapus
  9. Pas banget ini selain buat emak asah otak juga buat anak-anak remaja saya. Manfaatnya banyak pula, enggak cuma melatih otak, daya ingat , menambah fundamental skills, tapi juga bisa jadi acuan belajar sehingga soal mudah dipahami anak-anak kita.

    BalasHapus
  10. Anak-anak memang kudu kenalan sama ZenCore, ya

    ZenCore ini dirancang untuk mudah dipahami dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan gamified!

    yang tadinya merasa belajar membosankan jadi kepo malahan, karena terpicu semangat untuk menuntaskan misi menyelesaikannya.

    BalasHapus
  11. Olahraga otak Zencore ini kayaknya mengasyikkan ya buat yang suka mengasah otak. Mau nyobain ah bersama si kecil, biar makin menyenangkan

    BalasHapus
  12. otak juga bisa berolahraga ya supaya terus bisa diasah dan semakin tajam. serunya banyak kemampuan yang bisa ditajamkan

    BalasHapus
  13. Menyenangkan ya kak mengasah otak di ZenCore. Cara belajarnya juga menyenangkan. Dipastikan anak-anak senang ya mengikuti
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  14. Iya nih, saya dulu merasakan keasyikan dan kegembiraan saat bisa mengisi kotak-kotak di TTS, tapi anak-anak saya kini nggak segembira saya dulu. Emang jamannya sudah beda ya mbak.

    Kalau anak sekarang, asah otaknya pakai gadget, jawab pertanyaan di Zencore

    BalasHapus
  15. Kemampuan2 ini: Matematika, Verbal dan logika, dan bahasa inggris. kalau terasah dengan baik makan akan memudahkan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, di mana pun itu.

    BalasHapus
  16. Matematika sejak dulu selalu terkesan jadi pelajaran yang menakutkan. Tapi, kalau dibikin kayak gini, kesan itu bisa hilang. Matematika jadi terkesan menyenangkan

    BalasHapus
  17. Suka sekali dengan konsep gimified di mana kita bisa bersaing dengan teman-teman lain. Bisa membangun jiwa kompetitif, nih, karena nantinya anak akan bersaing dengan orang lain dari seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Aku mau coba download dan install aplikasinya ah :P

    BalasHapus
  18. Banyak orang yang merasa seram dengan matematika ya, tapi kalau cara mengajar atau belajarnya menyenangkan malah jadi ketagihan. Salah satu cara bisa & suka matematika jug amelatih konsisten ya, nah bisa banget ini mengasahnya lewat zencore enak ya jaman sekarang

    BalasHapus
  19. Mau akh dowload buat anak-anak di rumah , jadi ini download aplikasi zenius dulu ya didalamnya ada fitur zencore ini? (Diatas tertulis platform di aplikasi zenius? Sy jadi agak bingung)

    BalasHapus
  20. Seru nih pekan olahraga otak antar kelas. Pastinya exciting dan bikin deg-degan. Juga menguji kejujuran biar ga nyontek pake googling, ya hehe

    BalasHapus
  21. Fundamental skill ini penting karena pasti dipakai saat sudah tidak sekolah, berada di kehidupan sebenarnya. Makanya kudu diasah. Senangnya karena sekarang bisa mempelajari itu lewat Zencore

    BalasHapus
  22. Matematika tuh momok ya sejak kecil eeeh nurun ke anak, kok yaa kebetulan suami saya lulusan matematika tapi kalau ngajari anak kurang paham anaknya.

    Zencore bagus nig buat di coba (gusti yeni)

    BalasHapus
  23. Wah harus nyobain nih untuk seru2-an bareng anak-anak di rumah. Mengasah otak sekaligus bermain

    BalasHapus
  24. Ah iya, Zencore nih yang belom aku cobakan ke anak. Kepengen deh bisa melatih skill dia. Entah sisi Math atau Language. Cobain ah.

    BalasHapus
  25. Unik banget yaa..konsep dari apps Zencore ini.
    Gak biasa gitu.. Serasa mencakup seluruh kebutuhan dari berbagai usia akan melatih otak.

    BalasHapus
  26. Aku suka nih pemanasan otak si ZenCore lumayan melatih dan mengingat kembali pelajaran-pelajaran sewaktu di bangku sekolah

    BalasHapus
  27. wuahh boleh nih..masih ada waktu untuk mendaftar kegiatan Pekan Olahraga Otak. Coba ajakin si sulung ah..kali aja berminat dia

    BalasHapus
  28. Aiiiisshh bener2 ini Zencore manmbah skill pola pikir dan menambah pengetahuan tiap orang tanpa melihat apa latar belakang yang dimilikinya, jadii mencakup seua bidang yaa, seruu pisaan.

    BalasHapus
  29. Saya masih pakai ZenCore sampai sekarang. Sudah lumayan lama sih, sejak pertama kali kenalan ZenCore itu tahun lalu. Awalnya anak saya yang suka coba2. Eh sekarang saya pun ketagihan asah otak dengan fitur dari Zenius ini.

    BalasHapus
  30. Waktu sekolah dulu, matematika itu selalu jadi pelajaran yang nyebelin buatku Mak. Sekarang kok aku lihat tutor-tutor aplikasi online bisa menjelaskan dengan lebih efektif dan penerimaan siswa terhadap materi juga jadi lebih mudah. Makin seneng kalau bisa belajar mandiri dengan metode pembelajaran yang cocok begitu.

    BalasHapus
  31. Emang serusih saat anak-anak coba buka aplikasi Zencore. Karena ZenCore ini bisa ganti cara belajar dari yang membosankan menjadi lebih menarik ya kak.

    BalasHapus
  32. wah seru banget, bisa sangat membantu untuk mengasah otak ya :D

    BalasHapus
  33. Wah kompetisinya antar sekolah ya tiap sekolah berapa anggota yang ikut lombanya seru nih kayaknya yaa belajar jadi lebih menyenangkan dengan games seperti ini

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.

6*J-Theme