Membimbing Anak Generasi Alpha , Anak-Anak Digital Native

generasi-alpha

 Anak Generasi Alpha adalah anak dari generasi  milenial ( lahir tahun 1981-1996) dan dari Generasi Z (sebagian)   .Generasi Alpha adalah generasi yang lahir pada  tahun 2012 s.d 2025 nanti. Istilah generasi Alpha dikenalkan oleh Mark McCrindle seorang peneliti  dan konsultan di bidang sosial dan demografi berkebangsaan Australia pada tahun 2009. Ia mempopulerkan istilah generasi Alpha melalui bukunya  The ABC of XYZ.  Aku sangat tertarik untuk memahami bagaimana mendidik anak generasi Alpha, karena anakku lahir pada tahun 2014.

Mengutip dari penjelasan Dr. Aisyah Dahlan anak generasi Alpha adalah anak-anak yang lebih terdidik dan terlahir sebagai Digital Native yaitu anak-anak yang melek digital sejak usia dini bahkan dari bayi karena melihat orang tua mereka, misalnya membaca via gadget, berfoto selfie dan lain-lain.. Dibesarkan dalam lingkungan yang dikelilingi oleh teknologi membuat mereka terbiasa dengan perangkat elektronik sejak usia dini dan memiliki akses tak terbatas ke informasi melalui internet. Namun, dengan kemajuan teknologi juga muncul tantangan baru dalam mendidik dan membimbing mereka. Teknologi tak hanya alat hiburan bagi mereka, tetapi juga alat pembelajaran yang kuat. Mereka mampu mengambil informasi dengan cepat dan mengadaptasikannya ke dalam pemahaman mereka tentang dunia.

Minusnya dengan keadaan ini membuat mereka  ketergantungan pada teknologi. Mereka cenderung menghabiskan banyak waktu di depan layar, yang dapat mengganggu perkembangan sosial dan fisik mereka. Membuat mereka mudah terpapar pada konten yang tidak sesuai dengan usia mereka. Terlalu asik dengan  perangkat digital membuat mereka kurang bisa berinteraksi secara langsung, mereka lebih senang berkomunikasi dengan layar, chatting via game atau aplikasi lainnya.

Untuk memutus mereka dengan teknologi, gadget dan internet bukanlah hal yang tepat bahkan tidak mungkin dilakukan.  Zaman ini adalah zaman teknologi, bahkan sekedar mememesan makanan atau alat transportasi. Kita mendidik mereka  sesuai zamannya, bagaimana mereka bisa memanfaatkan digital dengan baik tapi juga tidak terdampak pada hal-hal negatif.

  1. Batas Waktu Layar: Penting untuk menetapkan batas waktu layar yang sehat bagi anak-anak generasi Alpha. Ini dapat membantu mengurangi ketergantungan mereka pada teknologi dan mendorong mereka untuk melakukan aktivitas di luar ruangan atau berinteraksi secara langsung dengan teman-teman mereka.

  2. Pendidikan Digital: Mendidik anak-anak tentang penggunaan yang aman dan bertanggung jawab terhadap teknologi sangat penting. Orang tua dan pendidik harus terlibat dalam mengajarkan anak-anak tentang privasi online, keamanan cyber, dan perilaku digital yang etis.

  3. Interaksi Sosial: Mendorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan di luar sekolah, seperti olahraga, seni, kursus bernyanyi , atau kegiatan sukarela, les membaca dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan interpersonal yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata.

  4. Model Perilaku Positif: Orang tua dan pengasuh memiliki peran penting dalam menjadi contoh yang baik bagi anak-anak generasi Alpha. Dengan menunjukkan penggunaan teknologi yang sehat dan seimbang, mereka dapat membimbing anak-anak untuk menggunakan teknologi dengan bijak.

  5. Komunikasi Terbuka: Membangun hubungan yang terbuka dan mendukung dengan anak-anak generasi Alpha sangat penting. Mendengarkan mereka dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan tentang aktivitas online mereka dapat membantu orang tua memahami tantangan yang dihadapi anak-anak mereka dan memberikan bimbingan yang sesuai juga maksimalkan waktu bersama anak.

Anak-anak generasi Alpha adalah produk dari era digital yang terus berkembang. Meskipun mereka memiliki akses tak terbatas ke teknologi, penting untuk memberikan bimbingan yang tepat agar mereka dapat menggunakan teknologi dengan bijak dan mengembangkan keterampilan sosial dan interpersonal yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata. Dengan pendekatan yang tepat, kita dapat membantu anak-anak generasi Alpha menjadi individu yang tangguh, kreatif, dan berdaya saing di era digital ini.


21 komentar

  1. Betul, melarang mereka mengenal teknologi sejak dini, bukanlah langkah yang tepat. Sebaiknya memang mengenalkan dan tetap memantau/mendampingi penggunaannya

    BalasHapus
  2. Anak-anak generasi Alpha merupakan produk dari era digital yang terus berkembang ya jadi memang penting untuk memberikan bimbingan yang tepat agar mereka dapat menggunakan teknologi dengan bijak ya kak

    BalasHapus
  3. anak bungsuku gen alpha. tadinya belum kenal gadget sejak bayi. sayang gegara covid pas kelas 4 sd, jadi terpaksa punya hp sendiri untuk keperluan tugas sekolah. sejak itu jadi agak susah lepas dr gadget namun dibatasi hanya boleh pas liburan aja

    BalasHapus
  4. Tantangan tersendiri bagi saya
    Namun saya percaya bahwa semua ada jalan untuk mendidik anak
    Saya sendiri bener bener kudu banyak ilmu sabar pastinya

    BalasHapus
  5. Punya batasan layar memang jadi kunci yang oke biar anak² step bisa bersosialisasi. Karena kalo udah mainan gadget bisa berdampak buruk alias kecanduan

    BalasHapus
  6. Anak gen Alpha kelihatannya lebih cepat beradaptasi dan pandai membaca situasi. Aktivitasnya didukung digital teknologi dari bangun tidur sampai tidur malam lagi. Tentu sebagai orangtua kita harus tarik ulur dan banyak memeberikan nasehat hal2 terbaik untuk anak. Jangan sampai segala kemudahan menggerus jiwa mereka. Semakin berekreasi dan mengikutinya sesuai minat dan bakat itu penting. TFS mak.

    BalasHapus
  7. Memang seremnya kalau uda berhubungan dengan dunia digital tuh beneran tanpa batas banget.
    Dengan akses games online aja, naudzubillaahi min dzalik anak-anak bisa menjadi target orang dewasa untuk melakukan kejahatan dunia maya.

    Jadi beneran kudu didampingi dan menjadi teman bagi sang anak agar mereka bisa bercerita apapun yang mereka alami kepada orangtuanya.

    BalasHapus
  8. Anak sekarang tuh memang lebih akrab dengan dunia digital, apalagi anakku yang memang memulai sekolah saat pandemi. Jadi memang dia sudah mengenal dunia digital sejak TK. Pembelajarannya pun sampai sekarang masih dicampur dengan digital, karena bahan-bahan belajarnya ada di aplikasi sekolahnya. Sejauh ini sih walau setiap hari dia menggunakan gawai tapi masih dalam batas aman.

    BalasHapus
  9. Setuju, mendidik generasi Alpha memang harus sesuai jaman dan memberikan pengertian serta pemahaman terkait menggunakan teknologi secara bijak, mengajak berinteraksi dengan sesama mesti dengan pendekatan yang ramah, tidak terlalu galak sehingga anak bisa memahami dan menerima. Bangun bonding dan rasa saling percaya antar anak dan orangtua pun penting . Semoga generasi Alpha menjadi anak-anak cerdas berkarakter dan beriman.

    BalasHapus
  10. sepakat mbaaa..walaupun banyak hal dan perkembangan baru yang berbeda dengan yang kita alami, anak - anak kita butuh bimbingan yang baik untuk memastikan tantangan yang ada bisa mereka hadapi dengan baik

    BalasHapus
  11. ada banyak alternatif yang bisa kita pakai ya mba untuk pastikan mereka para generasi alpha ini bisa siap dan mampu hadapi tantangan yang ada

    BalasHapus
  12. Beda generasi pastinya beda ya mbak cara mendidik anaknya. Orang tua yang seharusnya bisa beradaptasi dengan perubahan zaman ini dan menemukan metode Parenting yang tepat sesuai zaman anak

    BalasHapus
  13. Wah iya nih, anak anakku juga masuk generasi alpha
    Memang harus mendidik anak sesuai zamannya ya mbak
    Mendidik generasi alpha ini perlu membuat mereka bijak berteknologi

    BalasHapus
  14. pas lahir anak pertama, saya tuh no gadget banget ke anak sampai dia usia 4 tahun. Setelah lahir anak kedua, kayaknya anak - anak butuh deh kenal gadget tetapi memang harus kita pantau terus. Kalau terlalu anti banget, kasihan juga nantinya takut nggak bisa mengikuti perkembangan zaman.

    BalasHapus
  15. Antara senang sekaligus sedih dengan anak yang lahir sebagai digital native.

    Pola pikir dan cara berbicara berberilaku mereka jauuuh beda dengan anak anak jaman aku kecil

    BalasHapus
  16. Setuju Mbak. Mengijinkan mereka mengenal gadget, dan seluk beluknya, dengan tetap diawasi dan didampingi orang tua, akan membuat mereka berkembang dan paham.

    BalasHapus
  17. Setiap masa ada tantangannya ya. Meskipun secara teknologi semua jadi dimudahkan, termasuk cara belajar anak yang membuat ilmu jadi mudah didapat, tapi tantangan kemudahan segala sesuatu membuat jadi pisau bermata dua. Kita sebagai orang tua wajib banget deh ngawal dan ngawasi anak dalam hal menggunakan gadget. Ngeri ya sekarang. Banyak banget kasus yang bikin serem.

    BalasHapus
  18. Mendidik anak generasi alfa memerlukan pendekatan yang berbeda dan inovatif. Anak-anak ini tumbuh di era teknologi canggih, sehingga penting bagi orang tua untuk mengintegrasikan teknologi secara positif dalam pendidikan mereka. Selain itu, membangun komunikasi yang terbuka dan mengajarkan keterampilan sosial tetap menjadi prioritas utama. Mengembangkan kreativitas dan kemampuan problem-solving juga sangat krusial dalam mendukung tumbuh kembang mereka. Dengan pendekatan yang adaptif dan suportif, orang tua dapat membantu anak-anak generasi alfa mencapai potensi maksimal mereka.

    BalasHapus
  19. Tips serupa sepertinya berlaku untuk diriku juga Mak. Sekarang sebagai pekerja remote yang apa2nya serba pake teknologi digital, lepas dari gadget tuh kayak ada yg hilang gitu. Padahal kan ngga juga ya. Kita juga punya kehidupan personal dan sosial yang harus dipertahankan tanpa keterlibatan gadget. Jadi ya, sebaiknya memanfaatkan teknologi secara wise aja

    BalasHapus
  20. Kuncinya tetap didik anak sesuai zamannya ya mak. Jadi orang tua wajib terus belajar dan aware perkembangan teknologi. Karena mustahil memisahkan anak dengan teknologi sementara ke depannya mereka akan hidup berdampingan dengan teknologi.

    BalasHapus
  21. Membimbing anak Generasi Alpha, yang dikenal sebagai anak-anak digital native, memerlukan pendekatan yang berbeda dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada. Setuju banget kalau kita perlu membimbing anak-anak ini agar dapat menggunakan teknologi secara positif dan bijaksana. Dengan memahami karakteristik dan kebutuhan mereka, kita dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang dalam era digital dengan baik.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.