Cerita Ujung Tahun


Deraian awan di ujung tahun.
Menghanyutkan ku dalam buaian asa
Menjatuhkan mu dalam genggaman takdirku

Lihatlah.
Begitu banyak
butir - butir hujan yang siap mengukir.
mengukir cerita tentang cinta 
Cerita tentang asa.

Lembar lembar kehidupan telah terhampar.
Untuk kita torehkan cerita baru tentang kita

Haru biru kebahagiaan.
Dan segala kisah
Akan kita arungi bersama
Dalam lingkup takdir kita.

___

By: Novili

Allah akan memberi apa yang kita butuhkan..

Kisah dibawah ini saya ambil dari sebuah situs kisah ini sangat menyentuh.. dan sejujurnya sangat menyentil kita... kita begitu sering berdo'a kepada Allah meminta apa-apa yang kita inginkan... dan akan merasa sedih dan putus asa ketika do'a kita tidak di kabulkan Allah, padahal Allah maha tahu apa-apa yang kita butuhkan.. dan Allah menggiring kita kearah yang kita butuhkan bukan kepada yang kita inginkan.... karena apa yang kita inginkan belum tentu membawa kebaikan....



Di Karangayu, sebuah desa di Kendal, Jawa Tengah, hiduplah seorang ibu penjual tempe . Tak ada pekerjaan lain yang dapat dia lalukan sebagai penyambung hidup. Meski demikian, nyaris tak pernah lahir keluhan dari bibirnya. Ia jalani hidup dengan riang. "Jika tempe ini yang nanti mengantarku ke surga, kenapa aku harus menyesalinya. .." demikian dia selalu memaknai hidupnya.

Suatu pagi, setelah salat subuh, dia pun berkemas. Mengambil keranjang bambu tempat tempe , dia berjalan ke dapur. Diambilnya tempe-tempe yang dia letakkan di atas meja panjang. Tapi, deg! dadanya gemuruh. Tempe yang akan dia jual, ternyata belum jadi. Masih berupa kacang, sebagian berderai, belum disatukan ikatan- ikatan putih kapas dari peragian. Tempe itu masih harus menunggu satu hari lagi untuk jadi. Tubuhnya lemas. Dia bayangkan, hari ini pasti dia tidak akan mendapatkan uang, untuk akan, dan modal membeli kacang, yang akan dia olah kembali menjadi tempe .

Di tengah putus asa, terbersit harapan di dadanya. Dia tahu, jika meminta kepada Allah, pasti tak akan ada yang mustahil. Maka, di tengadahkan kepala, dia angkat tangan, dia baca doa. "Ya Allah, Engkau tahu kesulitanku. Aku tahu Engkau pasti menyayangi hamba-Mu yang hina ini. Bantulah aku ya Allah, jadikanlah kedelai ini menjadi tempe . Hanya kepada-Mu kuserahkan nasibku..."

Dalam hati, dia yakin, Allah akan mengabulkan doanya. Dengan tenang, dia tekan dan mampatkan daun pembungkus tempe . Dia rasakan hangat yang menjalari daun itu. Proses peragian memang masih berlangsung.

Dadanya gemuruh. Dan pelan, dia buka daun pembungkus tempe . Dan... dia kecewa. Tempe itu masih belum juga berubah. Kacangnya belum semua menyatu oleh kapas-kapas ragi putih. Tapi, dengan memaksa senyum, dia berdiri. Dia yakin, Allah pasti sedang "memproses" doanya. Dan tempe itu pasti akan jadi. Dia yakin, Allah tidak akan menyengsarakan hambanya yang setia beribadah seperti dia. Sambil meletakkan semua tempe setengah jadi itu ke dalam keranjang, dia berdoa lagi. "Ya Allah, aku tahu tak pernah ada yang mustahil bagi-Mu. Engkau maha tahu, bahwa tak ada yang bisa aku lakukan selain berjualan tempe . Karena itu ya Allah, jadikanlah. Bantulah aku, kabulkan doaku..."
Sebelum mengunci pintu dan berjalan menuju pasar, dia buka lagi daun pembungkus tempe . Pasti telah jadi sekarang, batinnya. Dengan berdebar, dia intip dari daun itu, dan... belum jadi. Kacang itu belum sepenuhnya memutih. Tak ada perubahan apa pun atas ragian kacang tersebut. "Keajaiban Tuhan akan datang... pasti," yakinnya. Dia pun berjalan ke pasar. Di sepanjang perjalanan itu, dia yakin, "tangan" Tuhan tengah bekerja untuk mematangkan proses peragian atas tempe-tempenya. Berkali-kali dia dia memanjatkan doa... berkali-kali dia yakinkan diri, Allah pasti mengabulkan doanya. Sampai di pasar, di tempat dia biasa berjualan, dia letakkan keranjang-keranjang itu. "Pasti sekarang telah jadi tempe !" batinnya.

Dengan berdebar, dia buka daun pembungkus tempe itu, pelan-pelan. Dan... dia terlonjak. Tempe itu masih tak ada perubahan. Masih sama seperti ketika pertama kali dia buka di dapur tadi. Kecewa, aitmata menitiki keriput pipinya. Kenapa doaku tidak dikabulkan? Kenapa tempe ini tidak jadi? Kenapa Tuhan begitu tidak adil? Apakah Dia ingin aku menderita? Apa salahku? Demikian batinnya berkecamuk.

Dengan lemas, dia gelar tempe-tempe setengah jadi itu di atas plastik yang telah dia sediakan. Tangannya lemas, tak ada keyakinan akan ada yang mau membeli tempenya itu. Dan dia tiba-tiba merasa lapar...merasa sendirian. Tuhan telah meninggalkan aku, batinnya. Airmatanya kian menitik. Terbayang esok dia tak dapat berjualan... esok dia pun tak akan dapat makan. Dilihatnya kesibukan pasar, orang yang lalu lalang, dan "teman-temannya" sesama penjual tempe di sisi kanan dagangannya yang mulai berkemas. Dianggukinya mereka yang pamit, karena tempenya telah laku. Kesedihannya mulai memuncak. Diingatnya, tak pernah dia mengalami kejadian ini. Tak pernah tempenya tak jadi. Tangisnya kian keras. Dia merasa cobaan itu terasa berat...

Di tengah kesedihan itu, sebuah tepukan menyinggahi pundaknya. Dia memalingkan wajah, seorang perempuan cantik, paro baya, tengah tersenyum, memandangnya. "Maaf Ibu, apa ibu punya tempe yang setengah jadi? Capek saya sejak pagi mencari-cari di pasar ini, tak ada yang menjualnya. Ibu punya??" Penjual tempe itu bengong. Terkesima. Tiba-tiba wajahnya pucat. Tanpa menjawab pertanyaan si ibu cantik tadi, dia cepat menadahkan tangan. "Ya Allah, saat ini aku tidak ingin tempe itu jadi. Jangan engkau kabulkan doaku yang tadi. Biarkan sajalah tempe itu seperti tadi, jangan jadikan tempe ..."
Lalu segera dia mengambil tempenya. Tapi, setengah ragu, dia letakkan lagi. "jangan-jangan, sekarang sudah jadi tempe ..." "Bagaimana Bu? Apa ibu menjual tempe setengah jadi?" tanya perempuan itu lagi. Kepanikan melandanya lagi. "Duh Gusti... bagaimana ini? Tolonglah ya Allah, jangan jadikan tempe ya?" ucapnya berkali-kali. Dan dengan gemetar, dia buka pelan-pelan daun pembungkus tempe itu. Dan apa yang dia lihat, pembaca?? Di balik daun yang hangat itu, dia lihat tempe yang masih sama. Belum jadi! "Alhamdulillah! " pekiknya, tanpa sadar. Segera dia angsurkan tempe itu kepada si pembeli. Sembari membungkus, dia pun bertanya kepada si ibu cantik itu. "Kok Ibu aneh ya, mencari tempe kok yang belum jadi?" "Oohh, bukan begitu, Bu. Anak saya, si Sulhanuddin, yang kuliah S2 di Australia ingin sekali makan tempe, asli buatan sini. Nah, agar bisa sampai sana belum busuk, saya pun mencari tempe yang belum jadi. Jadi,saat saya bawa besok, sampai sana masih layak dimakan. Ohh ya, jadi semuanya berapa, Bu?"

Pembaca, ini kisah yang biasa bukan? Dalam kehidupan sehari-hari, kita acap berdoa, dan "memaksakan" Allah memberikan apa yang menurut kita paling cocok untuk kita. Dan jika doa kita tidak dikabulkan, kita merasa diabaikan, merasa kecewa. padahal, Allah paling tahu apa yang paling cocok untuk kita. Bahwa semua rencananya adalah sangat sempurna. Kisah sederhana yang menarik, karena seringkali kita pun mengalami hal yg serupa.
Di saat kita tidak memahami ada hikmah di balik semua skenario yg Allah SWT takdirkan.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu;Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" (QS. Al Baqarah 216)

Puisi : Rindu Ramadhan

Bumi tak henti dalam putaran
Matahari dan bulan datang bergantian
Sebelas bulan berada dalam penantian
Merindukan Ramadhan yang penuh persahabatan

Kini Kerinduan telah terobatkan
Kegembiraan hadir menyambut Ramadhan
Uluran tangan saling memaafkan
Dihalau jauh rasa permusuhan


Jejak-jejak iman membasahi hati tiap insan
Debar Ketaqwaan-pun dibangkitkan
Sungguhlah bulan penuh kemuliaan
Beradu banyak berbuat kebaikan


Hari-hari diukir penuh senyuman
Walau dahaga lapar dirasakan
Tunduk Ibadah penuh kekhusukan
Merayu Tuhan harapkan hidup penuh keberkahan

Andai sajalah semua bulan bernyawa Ramadhan
Kedengkian dan dendam dihapuskan
Cinta dan sayang meliputi hati tiap insan
Hidup pastilah beriring kedamaian

Ramadhan charger keimanan

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ( Albaqarah : 183)

Marhaban ya ramadhan...selamat datang bulan suci lagi penuh keberkahan..

Sebentar lagi kita akan memasuki sebuah bulan..yg mana setiap orang muslim menanti kehadirannya...kenapa begitu..? Karena di bulan itu penuh dengan kemuliaan dan keberkahan setiap amal ibadah yg di lakukan dengan ikhlas,insyaAllah akan berbalas dengan kebaikan yg di lipat gandakan..

Yup! Bulan apa lagi kalau bukan bulan ramadhan, dimana pada bulan ini setiap muslim di wajibkan untuk berpuasa,dan menjaga diri dari segala sesuatu yg membatalkan puasa maupun yg dapat merusak pahala puasa..dan dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah kepada Allah swt.
Puasa ramadhan tak hanya sekedar menjalankan kewajiban..tetapi juga sebagai wadah untuk kita melatih dan mendisiplinkan diri dalam melaksanakan ajaran agama dalam rangka meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan kita..serta sebagai alat charger keimanan kita yg kemungkinan sudah low..karena banyak terpakai urusan dunia..biasanya nih..sebulan dua bulan setelah ramadhan berlalu ibadah-ibadah sunat masih rajin kita lakukan..tapi seiring dengan kesibukan..sedikit demi sedikit berkurang..ibarat ponsel..kita juga perlu di charger agar keimanan kita tetap bertahan jangan sampai padam..

Begitu juga dengan kebersihan hati , ramadhan itu ibarat pemutih hati kita yg mungkin disana telah bertumpuk noda-noda hitam..ntah berupa kedengkian..dendam..kejengkelan..dll.Maka dari itu sebelum memasuki bulan puasa kita dianjurkan untuk saling memaafkan..membersihkan hati terjalin rasa saling menyayangi..agar puasa yg kita jalankan tidak dikotori oleh sesuatu yg tidak diridhoi Allah

:-) Sebenarnya..kita yg menyambut kehadiran bulan penuh ampunan dan keberkahan ini..atau justru sebenarnya kita yg disambut untuk memasukinya..karena kita dijamu dengan segala kelebihan, kemuliaan dan kenikmatan Ramadhan..
..apa pun itu, yg penting di bulan ini kita mengharapkan agar Allah memberikan kesehatan dan keimanan yg kuat pada kita agar kita dapat menjalankan ibadah dengan baik dan total,amin...

SELAMAT MELAKSANAKAN IBADAH PUASA 1430 H
MOHON MAAF LAHIR BATIN..

Puisi : Cintaku Semburat Jingga


Denting waktu mengirim terang ke tepi malam..
Singgah sebentar di ujung mega..
Disambut senyum lembayung jingga..
Indahnya cakrawala takjubkan hati memukau mata..
Bagai getar cinta menyusup di sukma..
Lupakan penat lelahnya raga..
Sangatlah ingin cintaku indah bak semburat jinggga..
Namun taklah ingin cintaku singkat bagai berada dipelupuk senja..
Indah merona didepan mata..
Namun sekejap hilang dirampas gulita..

Puisi : Hutanku


Gelapnya hutan dirangkul malam..
Tak lah bulan membiarkan..
Cahayanya menyelinap diketiak dedaunan..
Remang temaram penuh keromantisan..

Teduh syahdu mendamaikan..
Burung, jangkrik, kumbang menyatukan merdu dialunan nada
Sungguh tiada meresahkan
Penuh tentram hingga fajar menerangkan..

Namun kicauan riang tiba-tiba tergantikan..
Hiruk pikuk penuh ketakutan
Segenap penghuni berlarian
Derap langkah datang penuh keserakahan
Membuat hutanku bak neraka jahanam..
Asap hitam membumbung ke ketinggian
Menghancurkan kehidupan dalam hitungan jam

Hutanku kini tinggal kenangan..
Kabut menyeruak ke pemukiman..
Menyusup lunak ke rongga pernafasan..
Mata merah..hambat penglihatan..

Hutanku hilang..
Tanahnya lekang..
Kemarau datang kabut tersandingkan..
Hujan tiba rakyat kebanjiran
Sampai kapankah ini kan dibiarkan..?

(by novili)

Salam yang sempurna

Sebagai sesama muslim kita dianjurkan untuk saling mendo'akan,salah satunya melalui ucapan salam..karena dalam salam tsb mengandung do'a keselamatan,kesejahteraan dan keberkatan.


Hukum mengucapkan salam adalah sunnat. Sedangkan menjawab salam hukumnya adalah fardhu 'ain(kewajiban individu) jika sendirian, dan fardhu kifayah(kewajiban yang bisa diwakili) jika banyak orang. Jadi apabila ada seorang saja yang menjawab salam maka gugurlah kewajiban bagi yang lainnya. Sedangkan jika tidak ada seorangpun yang menjawab maka berdosalah seluruhnya.

Ada beberapa ayat alqur'an dan hadits tentang anjuran mengucapkan salam..

Alqur'an:

Apabila kalian diberi salam/penghormatan, maka balaslah dengan yang lebih baik atau balaslah dengan yang serupa.” (QS. An-Nisa’: 86)

"Hai orang-orang yg beriman janganlah kamu memasuki rumah yg bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.yg demikian itu lebih baik bagimu agar kamu selalu ingat"(An-nur:27)

".....maka apabila kamu memasuki rumah hendaklah kamu memberi salam......salam yang ditetapkan dari Allah,yang diberi berkat lagi baik. Demikian Allah menjelaskan agar kamu memahaminya"(An-nur:61)


Hadits:

"Apakah amalan yg terbaik dalam islam? Jawabnya:"memberi makanan dan uluk salam kepada orang yg sudah dikenal maupun belum di kenal"(HR.Bukhari-Muslim)

Dari Abu hurairah, Nabi saw bersabda" ketika Allah menciptakan nabi Adam Ia berfirman"pergilah kamu dan uluk salamlah kepada para malaikat yg tengah duduk,dan perhatikan jawaban mereka itu,maka hal semacam itu bakal ditetapkan menjadi uluk salammu dan anak keturunanmu kelak maka uluk salam lah dia "assalaamu'alaikum" lalu mereka menjawab"Assalamu'alaika warahmatullaah", mereka menjawab dengan yang terbaik yakni ditambah kata warahmatullaah. (HR.Bukhari-Muslim)



“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucapkan , ‘Assalaamu’alaikum’. Maka dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia duduk, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sepuluh’. Kemudian datang lagi orang yang kedua, memberi salam, ‘Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaah.’ Setelah dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ia pun duduk, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Dua puluh’. Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan salam: ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baraakaatuh’. Maka dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia pun duduk dan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tiga puluh’.” (Hadits Riwayat Bukhari )


dan banyak lagi hadits yg lain dan yg paling dianjurkan adalah salam dengan mengucapkan "ASSALAAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAAH WABARAAKATUH"

Sepertinya ga perlu lagi diterangkan kapan tepatnya salam diucapkan..biasanya selain bertamu,bertemu & berpisah,berpapasan, memulai pidato,dll..saat ini salam sering kita ucapkan ketika memulai komunikasi di telepon atau pun via sms yg menunjukkan etika kita dalam berkomunikasi dengan sesama.

Tapi walaupun kita tahu salam merupakan sebuah do'a yang insyaAllah diterima Allah..kita sering mengucapkan dengan tidak serius..bermain-main..bahan candaan.. mengucapkan salam dengan kata - kata yg ga ada artinya..
Misalnya nih ada beberapa contoh salam yg ga serius ketika masuk rumah..atau di sekolah dengan teman-teman..atau pas datang ke kantor:

-"Mlekom..." (apa artinya ya... ?)
-"lamlikum..." (auk dech..)
-" kum.." (eh! yg dengar jawab "lam.." kalau ga ya cuma "hmmm" doang)
-"Assalaamu'alacium"( ssst..ni gue bangets pas SMA, terus dijawab teman-teman"waalaciumsayang" terus jadi cekikikan ga jelas..huu! Eh,Jangan bilang siapa-siapa ya..ini cuma rahasia kita..)


eh kalo di sms biasa nya lain lagi..
-"Ass.."(katanya sih arti sebenarnya pan**t)
-"Mlexom"(lebih ga jelas..mau di jawab apa..coba?)

Setelah dipikir-pikir dari pada buang tenaga & suara dengan kata-kata yang gak jelas artinya mending diucapkan secara sempurna toh tenaga dan pulsa yg di keluarin sama aja.. Malah dapat do'a dan berkah lagi..

"Oke dech..besok ga gitu lagi..salamnya sempurna. Janji"

Puisi : SESAL




Kemilau perak menyeruak dipagi lengang
Menyusuri siang hingga jingga mengambang
Kian berlalu hingga bulan berpagar bintang
Bumi pun tak lelah berputar riang


Timbul tenggelam sinar menerpa terang
Datang dan pergi jingga di saat petang
Begitu banyak waktu terluang
Beribu hari ikut menghilang


Tiadalah diri ingat sembahyang
Kemanakah pergi iman melayang
Terpesona hingar bingar dunia gemilang
Namun sesal terlambat datang


Ketika tubuh lemah telentang
Menunggu maut kan menjelang
Tetesan air mata kian berlinang
Mengingat diri nan pembangkang
Aturan Tuhan dianggap penghalang


Namun tiada daya tuk hidup mengulang
Kini ajal telah datang
Roh dicabut tubuh meregang
Hanya diiringi tangisan keluarga tersayang
Tanpa amal yang menopang
Hanya siksaan nan menghadang
Sungguhlah nasib begitu malang
Sebab pikiran keduniaan lebih tertuang
Kebutuhan akhirat selalu di tentang


_____ Nova Violita

Jilbab sebagai alat kontrol diri


Alqur’an merupakan kitab suci umat islam yang isinya kompliiiit..banget.., kok komplit..? ya iya lah…. Hampir semua aspek kehidupan ada aturannya… katanya nih….Alqur’an tuh banyak berisi rumus-rumus canggih, rumus tentang kehidupan, rumus tentang peradaban , kemanusiaan , keimanan, rumus tentang pernikahan, kebahagiaan, keadilan rumus tentang kebenaran ! ye…. Ini sih isi lagunya justice voice…, emang! Dicontek abis….he2 .

Eh! Tapi bener kok, dalam Alqur’an tidak hanya berisi aturan tentang manusia dan tuhannya atau antar sesama manusia.. tetapi mencakup semuanya… termasuk aturan tentang cara berpakaian bagi pemeluk agama islam..

Ga percaya…..? nih dalilnya..dari Alqur’an…

Hai anak Adam, Sesungguhnya kami Telah menurunkan kepadamu Pakaian untuk menutup auratmu dan Pakaian indah untuk perhiasan. dan Pakaian takwa Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia Telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya kami Telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman. ( Al-‘araf 26-27)
Kita dianjurkan berpakaian untuk menutup aurat(bagian tubuh yang tak boleh dilihat) …menurut hadits batasan aurat untuk pria adalah antara pusar dan lutut dan wanita ..hampir seluruh tubuhnya merupakan aurat kecuali wajah dan kedua telapak tangannya.
Salah satu Hadits tentang batasan aurat wanita( sesuai judul…di sini Cuma membahas tentang jilbab jadi tidak ditulis hadits untuk aurat lelaki)

Dari Khalid bin Duraik, dari Aisyah r. A. Asma' binti Abu Bakar R. A., pernah berkunjung kepada Rasulullah S. A. W. memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah S. A. W. berpaling dari padanya seraya bersabda: "Wahai Asma', sesungguhnya wanita apabila telah baligh, tidak benar terlihat dari padanya kecuali ini... dan ini...". Beliau memberi isyarat kepada wajah dan kedua tangannya.
Khusus untuk para wanita jenis pakaian yang dianjur adalah menggunakan jilbab dan kerudung..

"Katakanlah kepada wanita yang beriman, 'hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan pehiasaannya kecuali yang biasa nampak dari pandangan. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan jangan- lah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau kepada ayah mereka, atau putra-putra mereka, atau saudara- saudara mereka, atau putra-putra suami mereka, atau wanita- wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan- pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap kaum wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat kaum wanita. dan janganlah mereka memukul kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung". (Qs An Nur : 31)
Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istri engkau, anak-anak engkau yang perempuan dan perempuan-perempuan orang-orang yang beriman, supaya mereka menutup tubuhnya dengan baju dalamnya (Jilbab). (Dengan) demikian itu mereka lebih patut dikenal dan (karena itu) mereka tidak diganggu. Dan Alloh itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang. QS. Al - Ahzab (33): 59



Nah, dari kedua ayat diatas dijelaskan bahwa wanita tidak boleh memperlihatkan auratnya kepada selain yang disebutkan pada surat An nur ayat 31…Dan yang perlu kita ketahui ternyata antara jilbab dan kerudung itu ternyata berbeda..jilbab itu memiliki arti luas yaitu pakaian lapang dan longgar yang dapat menutupi aurat dari atas kepala sampai kedua telapak kakinya.. sedang kerudung adalah tudung kepala yang dapat menutupi kepala leher dan dada. Tapi kalau kita nih di Indonesia ..biasa menyebut kerudung itu dengan jilbab .. tapi apapun bahasanya.. yang penting kita memakai pakaian sesuai anjuran alqur’an yang merupakan kewajiban kita sebagai wanita muslim yaitu memakai pakaian yang dapat menutupi seluruh aurat kita dan pakaian itu longgar tidak transparan..tidak ketat hinggga atau dapat memperlihatkan lekuk tubuh..

Terus…kalau ada wanita yang memakai pakaian ketat.. celana panjang..sempit baju lengan panjang tapi ketat pungsat.. kalau nungging keliatan cd-nya dan memakai tudung kepala Cuma sampai leher..kalau angkat tangan kelihatan udel ne..terus poninya pakai di keluarin ( lagi terend nih jilbab poni) apa bisa dibilang wanita berjilbab ya…? Tau deh… jawab sendiri ajach…

Pada akhir ummatku nanti akan muncul kaum laki-laki yang menaiki pelana seperti layaknya kaum laki-laki, mereka turun kemasjid-masjid, wanita-wanita mereka berpakaian tetapi laksana telanjang, diatas kepala mereka (ada sesuatu) seperti punuk unta yang lemah gemulai. Laknatlah mereka, karena sesungguhnya mereka adalah wanita-wanita yang terlaknat” (HR. Ahmad)

Jilbab tak hanya sekedar berfungsi sebagai penutup aurat saja tapi agar dikenal sebagai muslimah..dan agar tidak diganggu seperti yang telah dijelaskan seperti ayat diatas..sekedar menambahkan bagi saya jilbab juga sebagai alat kontrol diri dalam bersikap dan bertingkah laku.. karena banyak diantara kita yang mengatakan “ah..buat apa pakai jilbab yang pentingkan hati…” atau ada juga yang bilang “ di luar aja yang pakai jibab tapi dalamnya (hatinya) jelek… kelakuan masih tidak benar” dll.

Memang sih…orang yang pakai jilbab belum tentu itu hatinya baik..bersih…dan terkadang masih ada prilaku yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.. tapi paling tidak dengan jilbab lambat laun kita dapat berproses kearah pribadi yang lebih baik..
Misalnya yang tadinya kita bersifat tukang boong..kesana kemari kerjanya ngerumpiin orang…atau kalau lagi ngumpul becanda sama teman-teman ketawanya ngakakkk…bangets tiga RT kedengaran…atau ada yang hobinya jalan-jalam ke mall seharian tanpa ada keperluan…cuma mejeng doang... dengan jilbab kan jadi ada rem buat nahan.

“ aduh…ketawaku tadi keras banget ya…malu..masa jilbaber kayak gini… bisa merusak citra jilbab nih gara-gara aku nanti yang lain ikut kena imbas..”

Atau.. kalau yang malas sholat..

“ Duh malu nih sama diri sendiri dan Tuhan… masa diluar pakai jilbab tapi sholat bolong-bolong…aku mesti rajin sholat nih! Biar tak kelihatanya saja alim..tapi harus alim beneran..”

Itu sih ..sebagian contoh…mungkin banyak contoh-contoh lainnya… tapi saya tidak bilang orang yang tidak pakai jilbab itu tidak bisa mengerem tindakannya.. tapi alangkah baiknya jika hati kita (dirasa- katanya… ) baik..dan ditambah dengan pakaian yang baik pula..jadikan komplit.. didalam baik diluar juga kelihatan menyejukkan..

Sekarang kita sudah tau…kalau jilbab itu wajib dan membawa kebaikan kepada prilaku kita kedepannya..yuk..kita istiqomah dengan jilbab yang kita pakai bagi yang belum, mari kita menyempurnakan pakaian kita sesuai tuntunan Al-qur’an dan hadits…… “Malu..ah..aku kan ga ikut pengajian..masa pakai jilbab..lebar lagi!?” Pakai jilbab itu tidak menunggu ikut pengajian.. mengikuti ajaran Alqur’an dan Hadits tidak menunggu ikut pengajian.. begitu tahu kewajiban langsung dilaksanakan.. Nanti setelah pakai Jilbab dan punya niat untuk menambah pemahaman tentang islam dan kemudian ikut pengajian itu sich… lebih oke lagi.
Semoga Allah membimbing kita semua..untuk dapat berprilaku sesuai yang di Firmankannya dalam Alqur’an..Amin…

InsyaAllah,tapi gak janji

Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya Aku akan mengerjakan Ini besok pagi,
Kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini".( Qs.Al-kahfi,23-24)


Kata insyaAllah harus kita ucapkan ketika kita akan melakukan sesuatu tetapi belum pasti dilakukan..salah satunya ketika berjanji dg teman atau siapa pun..

Insya Allah memiliki makna:
"Jika Allah mengizinkan"
"Jika Allah berkehendak"
"Jika Allah memperkenankan"

Dengan mengucapkan InsyaAllah ketika kita akan melakukan dan melaksanakan sesuatu yg belum pasti, menunjukkan ketundukan kita kepada Allah swt dan kelemahan kita sebagai makhluk..dimana kita tidak memiliki kekuatan dan kuasa apa2 dihadapan Allah,kita hanyalah makhluk yg hanya bisa membuat rencana dan keputusan sesungguhnya 100% berada dalam genggaman Allah..

Tapi terkadang sebagian kita ketika membuat janji mengaburkan dan menggeser makna insyaAllah..

- Sekedar basa basi..cuma ucapan..
- Sebagai alasan untuk tidak menepati..
- Menunjukkan keraguan.. sebenarnya tidak akan melakukan
- Menganggap remeh janji..dan sengaja melupakan..
- Merasa tidak enak..untuk mengatakan tidak bisa berjanji..

Pada hal dengan mengucapkan insyaAllah ketika berjanji bearti di dalam hati kita tertanam kuat untuk menepatinya kecuali ada hal2 di luar kuasa kita yg membatalkannya misalnya hujan..ada musibah atau ada hal yg sangat penting yg tiba2 harus di selesaikan..
Karena pergeseran itu kata InsyaAllah tak lagi "diakui" sebagian orang..mungkin kita sendiri..

"Pokoknya kamu harus datang..gak ada tu insyaAllah-insyaAllah-an"
"InsyaAllah tuh kan kisi-kisinya tidak.."
Walaupun sipengucap janji sangat yakin ingin menepatinya...mereka jadi tidak lagi dipercaya..

Memang seharusnya jika mulut berucap dengan menyebut nama Allah janganlah terselip kebohongan..dengan niat mengingkarinya..kita harus memaknainya dengan maksud sebenarnya..bukan sekedar kebiasaan..
Jadi gak ada lagi tuh kalimat:
"InsyaAllah..tapi gak janji lo ya.."
dengan kalimat insyaAllah bearti telah membuat janji dan berkeinginan kuat menepati.
Jika seumpamanya kita berkemungkinan besar tidak bisa lebih baik kita berterus terang..mungkin dengan kalimat-kalimat lain yang jauh dari maksud menutupi alasan sebenarnya di balik kata insyaAllah..

Mungkin selama ini kita khilaf dan kurang memaknainya dengan baik..semoga Allah memaafkan kelemahan kita yg telah menutupi kemunafikan kita di balik nama agungnya -Amin..

(wallahu 'alam)

Puisi : TAHAJUD


Malam larut terpaku hening..
Suara jangkrik bersahutan nyaring..
Mata lelap di tubuh lelah tak bergeming..
Membawa mimpi ke alam asing


Hentakan embun berurai dingin..
Dipeluk beku sepoian angin..
Menarik tangan tuk berselimut kain..
Berpindah ke alam mimpi yang lain


Tidaklah bagi pemilik hati nan bening..
Jauhkan diri dari jiwa yg kering..
Bagai selalu dibasahi embun bening..
Bangun bangkit dari baring..


Tundukkan malam berbuat ihsan..
Tebarkan sajadah nyalakan dian iman..
Terlena sujud di belaian Tuhan..
Mohon ridho dan ampunan..
Bersihkan diri dari dosa dan kesalahan..
Menjadikan malam penuh keberkahan..
Takkan tahajud pernah ditinggalkan..
Walau mimpi menggodakan..
Kobarkan semangat penuh ketaqwaan..

(by novili)

______________


*Note  : Puisi ini pernah kukirim ke harian Riau Pos dan puisi ini diterbitkan pada Ahad 23 Agustus 2009 dan diberi tanggapan olehMarhalim Zaini  Pengasuh kolom Bengkel Sastra saat itu, dan tanpa sengaja aku menemukan banyak temen blogger yang ikut post puisi ini baik di blog maupun di facebook, bersyukur banyak yang suka walau terkadang mereka tak menyebutkan sumber Aslinya :) 
*note ini di tulis pada mei 2013, 


Puisi diterbitkan pada hari Minggu, 23 Agustus 2009
 

Mendapat Tannggapan dari pengasuh Bengkel Sastra Marhalim Zaini




KDRT Dan Pengendalian Marah

Akhir-akhir ini kita sering menyaksikan dan membaca berita tentang kekerasan dalam rumah tangga yang biasa disebut kasus KDRT. Kekerasan tsb bisa dilakukan oleh suami terhadap istri dan orang tua terhadap anak, kekerasan tersebut berupa penganiayaan, penyiksaan fisik yg di lakukan pelaku terhadap korban. Walaupun sebenarnya kekerasan dlm rumah tangga itu tidak hanya berupa penyiksaan fisik saja tapi juga penekanan psikis..misalnya membentak, mengancam, yang membuat anggota rumah merasa tidak tentram, takut jika berada di dekat pelaku. Tetapi kasus yg selalu diangkat adalah kasus penyiksaan secara fisik,karena bekas penyiksaan dapat di lihat dan bisa di jadikan bukti di pengadilan jika kasus tersebut di laporkan.

Terkadang yang sering kita sesalkan adalah pemicu KDRT itu adalah kemarahan yg disebabkan oleh hal-hal yg sepele.. Misalnya ada orang tua memukul anaknya hingga wajahnya biru lebam hanya karena si anak meminta uang jajan yg cuma Rp 1000, atau suami memukul istri karena sayur keasinan..(ho ho ,semoga Allah melindungi kita dari suami yg seperti ini..amin..)
ehm!

Di sini saya tidak akan bahas tentang hukum kasus kade erte itu.. tapi bagaimana cara kita mengendalikan diri kita disaat marah agar kemarahan tersebut tidak merugikan orang lain dan ujung-ujungnya akan merugikan kita sendiri. Marah adalah hal yang manusiawi dan harus dilakukan jika ada hal-hal yg patut untuk menjadi alasan  marah, apa lagi jika untuk kebaikan tetapi juga tidak boleh berlebih lebihan seperti orang kesetanan.

Eh! tapi ada juga loh orang yg hobinya marah.Terang-terangan ngomong kalau dia tu pemarah.. temperament dan meminta orang lain hati-hati jangan sampai membuat dia marah. Idih..! Kenapa bukan dia aja ya yg berupaya membuat dirinya berubah, belajar mengendalikan emosi ketika marah? Kalau hipertensi bagaimana? Ya berobat dong dan jaga makanan.

Lantas bagaimana cara mengendalikan diri ketika emosi marah meluap-luap? Selain belajar melatih kecerdasan emosi diri kita untuk sabar, Ikhlas dan tenang ketika marah  lakukan tips ini yang juga merupakan sunnah  Rasulullah 'alaisalam, ada beberapa hal yg mesti kita lakukan:

1) Membaca ta'auwudz, berlindung kepada Allah agar kemarahan tidak menyebabkan suatu kejelekan.
2) Berwudhu, sesungguhnya marah itu dari syetan,dan dia tercipta dari api dan api dapat dipadamkan dengan air.
3) Duduk, jika marah dalam keadaan berdiri kemungkinan banyak hal yg akan dilakukan entah itu menampar,memukul, maka di anjurkan untuk duduk.
4) Diam, ini merupakan hal yg patut di lakukan..jika marah biasanya mulut akan ngomel berpanjangan.. Kemungkinan akan membuat orang jengkel dan akan memicu orang untuk melakukan hal yang tidak baik, tapi bukan pula diam dalam arti menunjukkan kemarahan dan mogok bicara lantas tidak bertegur sapa, diam disini hanya membatasi diri agar tidak banyak mengeluarkan kata kata yg jelek..
5) Sholat dua rokaat, meminta kepada Allah agar lebih sabar dan tenang.

Terus kalau marah di jalanan bagaimana..?ga mungkin dong..duduk atau sholat.. Ya cukup sabarkan hati dan ikhlas dan berlindung kepada Allah dari kemarahan yg jelek.

Sesungguhnya kesabaran keikhlasan dan maaf adalah hal yg utama, tidak membesar besarkan masalah yg sebenarnya jika dipikirkan dengan tenang dapat di selesaikan dengan mudah dan tidak membuat sulit. Ini terbukti kebanyakan dari mereka yang melakukan tindakan kekerasan terhadap keluarganya merasa menyesal karena tidak bisa mengendalikan emosi ketika marah, sedangkan pemicu kemarahan adalah hal hal yg terkadang remeh temeh..

Eh, nih ada cerita bagus yg bisa jadi renungan buat kita yang saya kutip dari sebuah buku:

Ada seorang lelaki yg sedang mengagumi mobil barunya..dalam kekagumannya tiba2 anaknya yg berumur tiga tahun dengan gembira memukul mobilnya hingga peot cat mobil yg mengkilat itu. Lelaki itu terperanjat dan emosi,lalu mendorong dan memukul anaknya dengan kayu sbg hukuman hingga jari mungil anaknya itu remuk..
Lelaki itu tersadar,lalu melarikan anaknya ke rumah sakit. Meski dokter telah berupaya tapi jari jari itu tak terselamatkan ,dan dokter terpaksa memotong jari-jari dari dua tangan anak itu..
Ketika anak itu sadar dari perawatan,ia melihat tangannya di balut dia berkata.." ayah..aku minta maaf atas mobil..tapi kapankah jari-jari ku akan tumbuh lagi..??
Lelaki itu tertuduk lemas menyesali perbuatannya..sungguh suatu tak termaafkan..
Diceritakan lelaki tersebut bunuh diri karena memikirkan tindakan bodohnya..

----
Duh..sedih banget ya..? Benda yang rusak bisa di perbaiki tapi perasaan sakit dan kecacatan tak dapat di perbaiki.
Bagaimanapun maaf lebih utama ,apa lagi untuk orang-orang tercinta bagi kita.
Mungkin cerita yang mirip banyak terjadi disekitar kita anak dicubit hingga mengelupas karena hanya menumpahkan segelas air dikarpet, atau anak di pukul hingga biru hanya karena memecahkan piring..

Semoga Allah melindungi kita dari kemarahan yang merusak kebaikan..Amin..

Katanya? Mana buktinya!

Katanya Ikhlas?
Tapi..setiap bantuan yg kau berikan,kau selalu berharap suatu imbalan diberikan kepada mu.. , bahkan terkadang..kau selalu menyebut-nyebut kebaikan yg telah kau berikan... Kau riya..sum'ah... Kemana ikhlas yg kau dengungkan...?!
Dan disaat ujian Allah menghampiri mu, di bibirmu meluncur beribu keluh kesah dan penyesalan dan terkadang makian... Dan kau katakan bahwa Tuhan itu tidak adil pada mu..
Oh! Bahkan terkadang di sela takbir..ketika tangan mu diangkat untuk menyembah tuhan mu..dan ketika jilbab lebar mu berkibar di tiup angin..kau melirik dan berharap agar orang lain memuji mu...
TIDAK!! Kau bukan seorang yg tulus ikhlas mengharap ridho Allah swt, ketika berbuat kebaikan..

Katanya Pemaaf?
Tapi kenapa di dalam hatimu masih terbersit dendam..masih melintas di dada mu keinginan agar org lain celaka... Bertumpuk kebencian disela senyum kebohonganmu... Tersimpan permusuhan di balik uluran maaf mu.?

Katanya Tawakal dan Beriman?
Tapi kenapa kamu masih sering cemas.. disetiap langkahmu kau selalu ragu dengan setiap usaha mu.. Padahal kau telah menyerahkan seluruh jiwa ragamu kepada Tuhan..berserah diri.. Adakah yg kau ragukan dari kekuasaan Tuhan mu..? Tak kah kau percaya dengan kekuasaanNya...?

Mungkin bisa saja kau berujar..
Bahwa dirimu seorang yang ikhlas, pemaaf, sabar, sholehah,alim..baik hati dan lain lain..tapi yang lebih tahu dirimu adalah dirimu sendiri.. Dan tentunya juga sipenguasa alam Allah swt.
Ketika kamu berkata "ya saya maaf kan.. "
" ya saya ikhlas..dan sabar"
cobalah teropong hati mu yg terdalam.. Benarkah..sesuai lisan atau sekedar basa basi pemanis kata?

Kamu bisa menutupi hati dari pandangan orang lain..tapi tidak bisa dari Allah..karena hati adalah tumpuan pandangan Allah..bukan lahiriah saja..
Dan kamu tak kan dikatakan beriman..sebelum di uji..tak lah kamu mendapatkan medali emas sebelum melalui pertandingan yg panjang...

Oh...betapa rendahnya diri ini...dimatamu ya Allah...telah sombong telah mengatakan diri ini terbaik.. Pada hal masih banyak ujian yg blm dilewati...masih panjang lorong yg akan di lewati...

Ya Tuhan ku..bimbinglah aku untuk selalu di dalam kebaikan.. Dan tolong hatiku..untuk benar-benar membuktikan jika keimananku..tidak sekedar "katanya"..amin..amin ya robbal 'alamin..

Puisi : Meretas takdir

Waktu terus berlalu..
Detik demi detik kian terpetik..
Tiada nan tahu apa yang terjadi esok hari..
Adakah butir mutiara kilau mentari..bercahaya cerahkan hari..
Ataukah justru butir hujan yang mengelamkan jiwa..
Tetapkan lah diri sediakan payung kesabaran dan keikhlasan..

Jikalah cerah menerang tak kan jiwa pongah mengekang..,jikalah kelam berurai takkan butir air mata ikut berderai mengeluh di jiwa nan rapuh..

Segala nan terjadi bukanlah kuasa si makhluk pemilik keinginan nan muluk.. Semua berawal dari secarik skenario sang Kholiq..

Maha suci Allah nan agung pemilik ar'sy nan tinggi.. tak kan menyiakan makhluk nan tunduk dan berserah diri pada nya..

Kehidupan hanyalah perpindahan dari satu keadaan ke keadaan yang lain.. Hingga terdampar ke kehidupan nan kekal yg telah di janjikan.. dengan membawa bekal..sesuai tabungan yg diraup di dunia nan penuh ujian..

HIKMAH DIBALIK MUSIBAH

Innalilahi wa innalilahi roji'un..sesuatu datang dari Allah swt dan kembali pada Allah jua..
Malang tak dapat di raih untung tak dapat di raih.. Itu lah musibah datangnya tak dapat di tebak..
Baru 2 hari saya dirawat di RS karena kecelakaan motor,saya ditabrak motor ketika akan menyebrang jalan, padahal saya orang tipe yg sangat hati2, tpi tidak tau hari sabtu kemarin 20 juni 2009,hal itu terjadi sama saya..hingga wajah saya memar..dan dapat beberapa jahitan di kepala..mau duduk saja kepala berat dan pusing saya sempat sedih..tapi mau bagaimana lagi..sesungguhnya ujian tuhan itu dapat datang tanpa di tebak, mau tidak mau mesti sabar dan menerimanya dengan ikhlas.. Sesungguhnya jika kita terkena musibah jika sabar ikhlas dan selalu ingat pada ALLAH SWT, musibah dan rasa sakit menjadi ibadah dan dapat menghapus dosa-dosa kita. Amin..

Terkadang timbul pikiran "seandainya saya begini.." dan "jikalau saya begitu.." musibah ini tak kan terjadi, tapi lekas2 saya buang jauh pikiran itu, kata "seandainya" dan "jikalau" hanyalah bahasa setan untuk mengingkari takdir, segala sesuatu yg terjadi pada kita adalah sudah ketentuan Allah swt..,kita telah hati2 tapi masih saja terjadi,itu semua berjalan diluar kuasa kita..

Paling tidak dengan adanya musibah ini menjadi ladang intropeksi diri agar kelak lebih berhati2 lagi.. Dan mungkin amal ibadah kita msih kurang.. Sedekah masih jarang..mungkin masih kurang ramah dg orang2 sekitar..wallahu alam..sesungguhnya Allah yg maha tahu..
Selain itu kita dapat lebih tahu, betapa cintanya orang orang terdekat kita.. Keluarga.. Teman.. Tetangga.. Semua mendo'akan yg terbaik buat kita..memberi support dan optimis untuk sembuh.
Ini baru terjadi dua hari.. Bahkan menulis ini saya masih di rumah sakit.. Buat menghilang kan rasa gelisah.. Tapi semoga tidak terjadi apa2.. Dan Allah akan memberikan kesembuhan dengan tiada penyakit sesudahnya, amin..
Mohon doa semua..
Terimakasih..

Pemilu

Wah..wah.. Bentar lagi pemilu neh...
Kalau dulu cuma nyoblos gambar partai.. Kini kali ke dua pilih presiden secara langsung n tinggal contreng tok.. pake spidol.. Gampang banget..
Juli nanti masyarakat berbondong2 ke te-pe-es tempat pembelian sayur eh maksudnya tempat pemungutan suara, rame2 milih pemimpin buat lima tahun ke depan.. yang katanya bakal dapat nentuin nasib selanjutnya.. masa seh...? Makanya para calon presiden banyak banget iklannya seliweran di tv, macem2.. Ada lagu.."ABC... presiden ku.. Lanjutkan " eh ada yg pake slogan lomba lari.."lebih cepat lebih baik" trus ada lagi yg mencoba menarik perhatian masyarakat petani..n nelayan.. Deklarasi dekat pembuangan sampah..
Macam-macam dech.. intinya buat narik hati rakyat buat milih..
Tapi masyarakat indonesia katanya sudah pada cerdas.. memilih sesuai hati nurani.. dan mana yang bisa dipercaya, iklan dan duit tidak mempengaruhi.. Tapi siapa yg bisa jamin. Buktinya waktu pemilihan caleg bulan April lalu banyak caleg terpilih bukan caleg berkualitas, tapi caleg berkuantitas yaitu caleg yg terpilih karena duit..
Heh.. Itu buktinya masih banyak masyarakat kita tidak cerdas.. Hanya sebagian saja yg cerdas.. Seperti halnya yg menikmati kesuksesan pemilu..,hanya sebagian.
Lebih banyak yg merasa pemilu tak akan mempengaruhi nasibnya, jadi siapa pun yg terpilih yg oke atau yg tidak.. bagi mereka sama saja. Terus bagaimana dong..cara membuat rakyat jadi pintar,cerdas n memiliki pikiran berkualitas berkualitas..nah itu dia pe-er untuk presiden terpilih nanti..bagaimana meningkatkan mutu pendidikan negara ini.

Ko ngomong jadi serius gini ya..? Rileks dulu ah..bikin puisi yuk..judulnya PEMILU.,

SEBENTAR LAGI KAN TIBA PEMILU
BANYAK AJAKAN BISIK RAYU
BERUJAR BEGINI BEGITU
AGUNGKAN DIRI NOMOR SATU
MEMBUAT HATI JADI RAGU PILIH YG LAMA ATAU YANG BARU
TAKUT TAKUT CUMA RAYU
BAGAI PEMILU NAN TELAH LALU
BUAL JANJI DEKAT PEMILU
TAK TAHU MENAHU SETELAH ITU
TINGGALLAH HATI YG TERGUGU
RENUNGI NASIB NAN TETAP PILU
SUNGGUH PEMBUAL JANJI TAK TAHU MALU
TUNGGU TEGURAN TUHAN YANG MAHA TAHU..

Bagaimana puisinya.. Oke ga sich..

Met pemilu aja dech..

Please don't cry.. Semangat...!!

Pernah sedih..?(pernah...!!!)
pernah sakit hati? Tapi bukan radang lever.. Pernah mengeluh.. Resah n gelisah...?
Huh.. Ya pernah dong.. Namanya juga orang hidup pasti punya setumpuk masalah..yang kadang bikin pikiran jadi ruwet n kadang sampe nangis..
Yuk.. Coba nasihati diri sendiri.. Memang secara langsung tidak menyelesaikan masalah.. Tapi paling tidak sedikit membuat tenang...
1) jika ada menyakiti atau melukai perasaanku..aku harus coba untuk bersabar tenangkan hati dan mencoba memaafkan..karena dendam dan sakit hati hanya membuat perasaan semakin terasa sesak.
2) aku sudah berusaha keras tapi kesuksesan blm menghampiri..aku tak boleh dengki pd keberhasilan orang lain.. Itu akan menambah beban perasaan..mungkin ini giliran dia,besok akan tiba giliran ku.
3) perasaan sedih ini bersumber pada perilaku atau dosa yg ku lakukan.. Aku mesti Cepat mohon ampun pada tuhan.. Dan aku tak kan mengulanginya.. Aku Buat diri semakin dekat pada sang pencipta.
4) Berprasangka baik lah pada Allah sesungguhnya Dia maha tahu apa yang terbaik buat ku..aku harus ikhlas, sabar dan syukur terhadap apa2 yang diberikan pada ku,sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan.
5) Aku harus buang kesedihanku aku tak boleh berlarut-larut aku harus buang jauh2 semua beban menghimpit dada ku,karena hidup terus berjalan.
6) aku mesti semangat..optimis, ceria, penuh senyum..aku tak kan bersedih apa2 yg luput dariku sesungguhnya Allah beserta ku.
7) aku tak kan pernah berharap pada siapapun kecuali pada Allah semata, sesungguhnya aku termasuk pada orang yg sangat beruntung..

Huh.. Lega..
Mungkin rasa sedih tiba2 datang menghampiri diri.. Cobalah kurangi dengan menulis daftar nasihat diri seperti diatas.. Semoga akan membuat tenang..

Selamat mencoba!
Smile..smile.. :-)
semangattt...!!!

.


Puisi : ZIKIR ALAM

Matahari dan bulan pancarkan sinar-Mu
Desiran angin bisikkan asma-Mu
Tetesan hujan guratkan nama-Mu
Lembayung jingga siratkan indah-Mu
Gunung dan langit menyanjung-Mu
Seluruh alam tunduk pada-Mu
Dengan tasbih,tahmid dan takbir, getar dawai hati mengalun agungkan-Mu
Tentram jiwa mengingat-Mu
Engkaulah Allah..tuhan penguasa alam
_____ Nova Violita

PAMER SIFAT JELEK...

"Eh! eh ! Aku ni pintar lo... orangnya maniez... baik hati kalau ngomong itu lembut... dan menenangkan.."
 
Pernah dengar komentar seperti di atas, seseorang yang memuji-muji dirinya sendiri... mungkin pernah ya..? baik serius ataupun sekedar becanda...., wajar sih jika ada orang yang bangga dengan hal baik yang ada pada dirinya.. walau pun kedengaran kurang enak dan akan berakibat timbul sifat sombong.. dan mungkin ada orang yang yang mendengarnya.. jadi kurang suka.. karena terkesan pamer..

Tapi pernah juga dong... dengar komentar seperti ini...

" kamu jangan main-main sama saya.. saya ini orangnya pemarah lo..!" Plus dengan mata melotot...

" Males.. dech... liat orang kaya gitu... pengennya.. ngomentarin aja,. ih... coba lihat pake baju warnanya tabrakan,,, ga matching... mana kerudungnya merah lagi...uh! uh!... maaf ya.. aku orangnya mang kaya gini kalau ngomong suka ceplas-ceplos... jadi mohon di mengerti kalo ada yang tersinggung.."

"Aduh...aku ni sedikit sombong... jadi kamu jangan marah sama aku... mengerti sedikit kenapa.."

dll....

Bagai mana kalau mendengar kalimat seperti itu..., marah, kesal, santai aja... atau mencoba untuk mengerti..atau cuek aja bersifat bodo amat, ketika ada orang yang mengatakan agar kita mengerti dengan sifat-sifat jelek yang mereka miliki... pada hal kita sudah memendam kesal pada mereka karena sifat jelek mereka... padahal kita sudah meminta dengan hormat.. agar mereka tidak seperti itu....

" Pleas dong... kamu jangan marah-marah gitu didepan orang.... aku kan tadi ga sengaja nabrak kamu...aku kan sudah meminta maaf.., kamu sering banget kaya gitu... sama teman yang lain kamu juga begitu.... kan malu.. coba kamu digituin di depan orang lain... bagai mana perasaan kamu..."

" Kamu jangan suka ngomong sembarangan gitu... ceplas-ceplos... ntar orangnya ga suka takutnya dia tersinggung.. marah.. jadi nambah musuh...."

Apa jawab nya :
" Ngerti dong....! aku tu orang nya kan emang gitu... aku sadar... jadi mohon dimengerti"! dikasih tau malah balik marah..

Waw..... udah tau punya sifat jelek tapi bangga.. dengan sifatnya... kemana-mana di promosi-in..

Terus.... bagaimana dong.....
penulis juga tidak tahu mesti ngapa... paling santai aja.. kali ya..? habis kalu dipikirin jadi tambah pusing... atau kadang-kadang justru kita sendiri seperti itu...tapi tidak sadar kalu kita meminta agar orang lain mengerti dengan sifat yang kita miliki.." aku orangnya mang begitu....mau bagaimana lagi.."
Jika kita merasa seperti itu... mestinya kita merubahnya... pelan-pelan... karena untuk merubah karakter yang sudah jadi kebiasaan.. perlu proses... jangan sampai kita termasuk pda golongan orang yang bangga dengan kejelekan..
karena ada beberapa cara orang menyikapi sifat jeleknya... ada orang yang tidak pernah sadar kalau dia memiliki sifat yang tidak disukai orang lain dan menuduh orang lain yang memiliki sifat jelek yang tidak bisa mengerti dengan sifat jelek yang dia miliki, dan ada yang sadar kalau dia sadar memiliki sifat jelek..n bangga dan menjadikannya sebagai cirinya.. dan meminta agar orang lain mengerti dengan sifatnya.. dan yang terakhir ... dan beginilah seharusnya kita bersikap.. kita sadar dengan sifat jelek kita.. dan berusaha untuk merubah kearah yang lebih baik...

jangan sampai kita tidak pernah ingin merubah kebiasaan jelek yang kita miliki..
terus apa bedanya dengan kalimat seorang preman pasar yang suka mabuk-mabukan... yang suka berkelahi yang berkata...


"eh coi coi.... mau tau ga? kemaren malem..nih gue..minum asoka di campur bir... terus makan "obat" ... badan gue rasanya melayang-layang.... pas disimpang jalan...sono.. gue ketemu cewe.. eh asyik gue gangguin... tu cewe teriak-teriak... akhirnya gue digebukin ma orang-orang disitu.. abistu diceburin ke got, he he....hiks..hiks... tapi badan gue ga ngerasa sakit... liat aja....hebat kan gue.."
nih dia.. bangga..., bukannya tobat sudah melakukan kesalahan... malah pamer kemana-mana.

jadi.... mari kita sama-sama intropeksi diri kita... mungkin banyak sifat-sifat jelek yang kita miliki dan menyakiti perasaan orang lain... dan berusaha untuk merubahnya....


semoga kita bisa memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya.....  Amin..

Tentang Aku dan Blog



Assalammu'alaikum.., 
Hai saya seorang Mom dengan satu anak, yang berdomisili di kabupaten Indragiri Hulu  Provinsi Riau. Blog bagi saya  adalah tempat berbagi. Menuliskan semuanya disini.  Blog Nashhan memuat  berbagai artikel parenting, relationship, review,tips, puisi ataupun sekedar curhat. Saya berharap apa yang dipublish di blog Nashhah memberikan manfaatnya dan menginspirasi semua sahabat yang berkunjung kesini.

Bagi sahabat yang berkunjung  jangan lupa kritik sarannya  di kolom komentar,yang penting gak sara, gak saru, ataupun bersifat pornografi. Untuk komentar spam atau komentar  yang mengandung link atau broken link akan dihapus.

BUKU ANTOLOGI

1) Harmoni~Antologi Puisi Warung Blogger 2014

2)   Hati ibu Seluas Samudra tahun 2014

MENERIMA TAWARAN KERJASAMA 
Blog ini juga menerima job review, content placement dan sejenisnya bagi yang berminat bekerja sama bisa hubungi via email lengkapnya baca halaman Disclosure  atau Dm via    Instagram, (Menerima Campaign Produk/buzzing/ endors)

Terimakasih sudah berkunjung ke blog  Nashah.

Salam,
Nova Violita

.


J-Theme