Buka Puasa Ramadhan Jangan Asal Enak



Alhamdulilah kita kembali memasuki bulan Ramadhan. Dimana bulan ini kita diwajibkan berpuasa satu bulan, dengan tambahan nilai pada ibadah-ibadah lainnya.  Puasa tak hanya meraih pahala membersihkan rohani tapi juga untuk kebaikan jasmani.
Puasa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, memperbaiki kerja lambung dan usus, menormalkan gula darah , kolesterol dan lainnya. Tapi apakah kebaikan itu dapat dirasakan ketika kita buka puasa dengan menu yang tidak sehat? Tentu saja tidak. Bahkan banyak yang bertambah berat badannya ketika berpuasa padahal idealnya tubuh lebih ramping.


Tentu kita  tidak ingin puasa justru membuat tubuh menjadi tidak sehat.  Berikut hal-hal yang harus dilakukan saat buka puasa ramadhan.


✓ Awali dengan minum satu gelas air putih dengan suhu normal. Air sangat mudah di serap tubuh dengan begitu akan membuat tubuh Kembali segar, karena kebutuhan air segera tercukupi.  Air putih juga mengontrol nafsu makan di waktu puasa. Minumlah pure water, jangan minum air penambah energi semacam Po*car* sweat atau isotonik lain. Karena minuman ini dipastikan mengandung gula buatan. Menurut yang aku baca minuman isotonik alami itu lebih baik , jika ingin mengembalikan ion tubuh air kelapa lebih disarankan.


✓ Makan buah. Buah lebih dianjurkan dibanding kolak dan berbagai macam camilan lainnya. Bukankah sunah makan/minum saat berbuka. Iya Sunnah, tapi bulan artinya makan kolak atau cendol dua mangkok. Kita bisa memulainya dengan beberapa buah kurma, pepaya,alpukat atau buah lainnya


✓ Makan seimbang. Cukupi kebutuhan gizi saat makan. Karbohidrat  secukupnya, sayur, dan lauk pauk yang cukup. Karbohidrat yang disarankan adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, obat meal, gandum.

Baca juga : Pengalaman Berpuasa Saat Hamil


✓ Sebaiknya makan kolak atau camilan lainnya itu setelah makan nasi plus lauk pauknya. Agar kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula. Yang justru akan membuat tubuh menjadi lemas. Berujung ngantuk, tidak semangat dan malas beribadah. Dengan mengkonsumsi diakhir buka puasa kita diharapkan udah kenyang duluan gitu,jadi kita memakannya dalam porsi kecil.


Puasa Ramadhan dilakukan selama satu bulan full. Itu artinya kita tidak boleh asal-asalan mengenai asupan yang kita makan, kita harus menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa. Minum kopi, es, manis-manis, makan asal kenyang, bisa membuat tubuh drop dan sakit. Bukannya makin sehat karena puasa, malah sakit.


Untuk puasa yang sehat tentu saja kita tak  hanya memperhatikan asupan makanan saat buka puasa tapi   juga saat mempersiapkan melaksanakan puasa itu sendiri. Berikut sedikit tips agar puasa bisa dijalankan secara maksimal.


✓Sahur. Sahur itu sunnah ada nilai ibadah,ada keberkahan didalamnya. Dengan makan sahur tentu kita tidak terlalu lemas atau haus berlebihan saat puasa.


✓Waktu Makan sahur . Dianjurkan bersahur mendekati waktu imsak itu juga sunah. Minimal setengah jam sebelum imsak, jangan terlalu mepet waktu dan kita makan terburu-buru. Makan sahur terlalu awal juga membuat kita cepat haus dan lapar, waktu puasa tentu juga terasa lebih panjang. Misalkan karena takut kesiangan kita sahur jam 2 dini hari, lalu tidur lagi. Dijamin saat bangun tubuh sudah terasa lemas duluan saat pagi hari.


✓ Perbanyak Protein. Saat makan sahur  protein dan sayur dianjurkan lebih banyak  dibanding karbohidrat. Kebutuhan protein jauh lebih besar saat puasa. Jadi konsumsi protein harus lebih dari biasanya. Sumber protein tempe, tahu, telur, daging , ikan dll. Selain itu konsumsi protein membuat kita gak cepat lapar.


Hindari manis. Minuman teh manis, kopi manis justru akan membuat kita cepat haus . Karena gula itu cepat diserap tubuh.cepat pula dikeluarkan. Karen itu jika kita minuman manis akan lebih sering buang air kecil.


Hindari Mie Instan. Terlambat bangun sahur terkadang membuat kita terburu-buru, dan tak jarang makan sahur dengan mie instan rebus. Nah kalo aku nyarankan nih, dibanding makan mie instan lebih baik nyeplok atau dadar telur. Mie instan membuat kita lebih cepat lapar, dan rasa haus yang berlebihan. Karena mie menyerap air dalam usus yang seharusnya bisa diserap tubuh. Mie akan mengembang dan lama dicerna.


Menjelang Ramadhan datang biasanya kita dihebohkan untuk mempersiapkan menu berbuka yang enak yang segar. Tak hanya enak tapi sehat jauh lebih penting. Pastinya kita gak mau donk baru beberapa hari puasa udah demam, flu , batuk,diare, karena tidak memerhatikan apa yang pentingdan baik di makan  saat buka puasa Ramadhan.

Baca juga : Manfaat Puasa Bagi Penderita Maag
--
Pic : by canva

19 comments

  1. Huahaaahaaa sahur hari kedua pakai mie kemudian jadi pusing abis lemes gituuu, terus mienya yang pedes pula. Oke, mulai komen ini mau jaga kesehatan

    ReplyDelete
  2. Aku tidak berpuasa, jadi kudoakan saja penulis dan para pembaca di sini yang merayakannya, semoga puasanya lancar sampe lebaran yaaa. Semangaaatt

    ReplyDelete
  3. Betul itu, enak aja gak cukup, harus seimbang gizinya dan sehat dund.

    ReplyDelete
  4. Tetap harus menjaga keseimbangan cairan juga ya kak. jangan lupa juga harus makan makanan yang sehat. banyak serat dan cukup protein. Supaya menu nya seimbang ada baiknya memang mempersiapkan semuanya diawal supaya lebih mudah dan gampang

    ReplyDelete
  5. Kalau buka puasa memang bawaannya suka pengen makan segala macam, hilang kendali, padahal mesti tetap jaga pola makan ya biar sehat

    ReplyDelete
  6. Kalau di rumah itu Mie Instan dibuat lauk, sekalian dikasih sayur, telur gitu. Nasi dikit karena udah ada mie kan. Maunya sih makanan sehat2 semua. Tapi kadang 1-2 kali bandel makan banyak manis

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan orang sih makan makanan yg asal dimakan tuh pas buka puasa tanpa memikirkan kandungan gizi dan protein yg dimakan. Jadi kurang baik juga bagi kesehatan ya mba

    ReplyDelete
  8. Nah di aku tips yg sgt cocok ini adapah hindari manis. Karena aku cukup suka makan yg manis2. Enggak terlalu baik ya ternyata. Bs bikin mudah ngantuk jg. Hehe

    ReplyDelete
  9. kadang kalo udah pengen mie instant gimana lagi kak huhu... lama ndak makan mie instant jd kayak syurgawi hihi. asal ndak banyak dan sering ya. Tetep harus seimbang ya kandungan gizinya.

    ReplyDelete
  10. Iya bener banget mba, enak aja ga cukup tapi juga harus bergizi dan pastinya bernutrisi. Karena kalo ngejar rasa enaknya aja, tapi ujung-ujungnya sakit kan makin ga enak hehehe

    ReplyDelete
  11. Iyaaaa kdng kalau puasa suka gak merhatiin makanna apa aja yang masuk ya mbak,yg penting kenyang, pdhl kalau makan mestinya harus yg bernutrisi krn biar tubuh sehat dan gak lemes saat puasa

    ReplyDelete
  12. Iya...
    Aku keknya uda lama banget gak makan mie instan.
    Padahal kalau sekali mencium wangi mie, langsung ngileerr...

    Sedih kalau khilaf makan makanan ga bermanfaat.
    Tapi enak banget terasanya di mulut.

    ReplyDelete
  13. bener banget ya mbak kadang kita tuh cuma mikir yg penting enak aja, apalagi pas buka puasa segala di makan sampe kekenyangan huhu.. semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya dalam menjalani ibadah puasa kali ini

    ReplyDelete
  14. Aku selama puasa belum pernah maem mie instan, mbak hheee
    Terus lagi kadang minumnya abis maem ihihihiiii
    Maacihh yah mbak untuk pencerahannyaa

    ReplyDelete
  15. teringat 2 hari kemarin saat mau buka pasti beli kue apa aja tapi ternyata gara gara itu perut cepat penuh dah gitu maag kambuh lagi. sekarang udah dicoba gak beli kue jadi total hanya makan nasi lauk juga minum.

    ReplyDelete
  16. kalau di rumah untuk bukaan semuanya manis2 mbak, pasti yg disantap itu duluan, semacam kolak, kolding atau cendol. malah cemilan2 ini yang duluan disantap, makan beratnya belakangan, buahnya paling akhir,,, adeeeehhh, harus ngubah polaaa nih

    ReplyDelete
  17. biasanya kalau mie pakai sayur sekali aja

    ReplyDelete
  18. kadang kalo gak enak makan atau males makan, larinya ke mie instan

    ReplyDelete
  19. Betul ya mba ga asal makan aja.. Namanya seharian perut kosong dan jg ada aktifitas jd hrs di peehatikan bgt asupan gizi yg imbang..cmn namanya saur biarpun lauknya enak teteup aja ga nafsu makan yaak 😁 tapi kudu dilakukan biar ttp fit

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.