-->

Pentingnya Blog Plan Bagi Seorang Blogger

 on Rabu, 15 Desember 2021 

apa itu blog planner

Sebelum masuk kelas gratis BRT Network   juga pernah  mengikuti kelas blogger yang lain dan memberikan materi tentang  pentingnya sebuah blog planner bagi seorang blogger. Dulu aku sempat bikin desain semacam buku yang aku print sendiri.


Isi poinnya adalah  mau nulis artikel apa? Judul dan point-point yang disampaikan. Dan tahun 2021 adalah tahun terjelek bagi aku karena jarang banget update blog,  bahkan hingga berbulan-bulan. Menulis jika ada titipan saja, DA blog anjlok dari 23 jadi 14. Seperti kata  Kak Marita salah satu Coach  Kelas Gratis BRT Network bahwa blog  lebih mirip  etalase jualan, isinya barang dagangan mulu. Bahwa tulisan organik itu penting untuk blog jangka panjang.

Akhir tahun 2021 seperti menambah semangat baru apalagi setelah ikut kelas, seperti tersadar untuk  kembali berbenah blog. Mulai dari bongkar template agar sesuai urutan, jika di home page itu Heading atau H1 nya adalah nama  blog, dan pada single post H1 nya harus judul artikel, sampai pada minify javascript dan css juga mengubah image dengan format Webp.  Apa itu format WebP, WebP adalah format yang dikenalkan oleh google , dimana gambar di compress  memiliki ukuran size lebih kecil namun kualitas gambar tidak pecah dan tetap bagus. Dengan ukuran tersebut dapat menjamin kecepatan loading sebuah situs.  

Dengan ikut kelas kak marita jadi mulai corat-coret lagi untuk membuat plan blog tahun 2022 , sepertinya kelas desember adalah kelas yang ada di waktu yang tepat  untuk meningkatkan semangat mengembangkan blog di tahun depan.

Baca Juga : Konten blog yang disukai pembaca

Tentang Blog Plan

1..Pengertian Blog Plan

Blog plan adalah perencanaan blog dimana kita punya list perencanaan tentang kegiatan ngeblog, tidak hanya apa saja yang akan dipublish dan jadwal postingan tetapi  lebih luas. Misalnya tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ngeblog, usaha apa yang dilakukan untuk mengembangkan blog dan membuat bank ide untuk kedepannya. Blog plan ini bisa dibuat untuk mingguan, bulanan dan tahunan.

2. Blog plans novanovili.com

Blog novanovili.com  sendiri memiliki banyak label seperti pernikahan, parenting, kesehatan, memasak, kehamilan, kecantikan,, dan Lifestyle pokoknya gado-gado banget.  Sebenarnya bisa posting tiap hari dengan label berbeda. Tetapi  karena yang punya sok sibuk jadilah blog begitu berantakan.

Bismillah, menyambut tahun baru 2022 blog novanovili.com mengevaluasi diri bahwa wajib punya blog plans. Berikut contoh blog plans yang dibuat untuk satu minggu ini dan plans yang akan dilakukan tahun depan , isinya masih sederhana banget tetapi semoga bisa dijalankan dengan baik. Target aku gak muluk-muluk DA blog naik, Alexa rank mendekati 100 ribu, dan artikel terindeks mesin pencari secara organik. Perlu banget untuk searching keyword dari tiap artikel yang akan dibuat. Banyakin BW ke blog teman-teman juga biar berkah dulu juga pernah ikut arisan blogger demi menaikkan blog di google.

Weekly Blog Planner

contoh blog plans tahunan


 3. Contoh Referensi Blog Plan  dari teman blogger

Kemarin malam diskusi  di kelompok kecil  kelas B ada  Kak Shafarida, Kak Palupi, Kak Purnama Indah, dan Mas Nur Kusmayadi yang membimbing banget plus sabar banget menjelaskan  tentang menjalankan Node.Js . Dan aku salut banget mereka punya blog planner yang desainnya keren kreatif juga punya goals yang lebih besar tahun depan. Blog plan yang mereka miliki menginspirasi banget mungkin kedepannya point-pointnya bisa ku contek hehehe.

Teman-teman penasaran bagaimana sih desain planning mereka yuk intip blog plans dari Ratnings Palupi, Pida Alandrian, Blog Mas Kus dan Kak Purnama

Baca juga : 7 hal mendasar untuk sebuah  konten kreatif

Kesimpulan

Blog plans sangat penting untuk dibuat agar kegiatan ngeblog lebih terarah, dan disiplin. Dengan adanya blog plans memberikan semangat dan gak menyimpang dari target yang dibuat.  Namun begitu blog plans tidak mengikat karena bagaimanapun kita butuh evaluasi. Jika blog plans sudah terwujud atau gak sesuai tren kita bisa mengubahnya untuk menyesuaikan. Paling penting dari sebuah blog plans yang dibuat adalah laksanakan, jangan capek-capek bikin tapi  diabaikan.

2 komentar:

  1. Bener banget, harus targetin ini mah biar terarah dan punya tujuan. Semangat buat 2022, semoga terlaksana!

    BalasHapus
  2. seru mbak kelasnya ya, dulu aku pernah bikin planning ngeblog, ehh karena banyak luputnya, jadi nggak dilaksanakan akhir-akhir ini
    sebenernya kalau bikin blog plan bisa lebih terarah juga

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.

6*J-Theme