Mampir Sejenak Di Danau Raja


Danau Raja berada di ibukota kabupaten Indragiri hulu tepatnya di kota Rengat. Danau Raja memiliki ukuran yang cukup luas.  Ditepian danau raja juga dibuat seperti hutan kota, pepohonan yang ada  cukup rindang sehingga cukup teduh untuk pengunjung walau suasana matahari dalam keadaan terik.  

Masak Tanpa Ribet Dengan Sasa Santan Kelapa


Sebagai istri , dan ibu yang sekaligus bekerja harus pintar dan kreatif memanajemen waktu. Salah pekerjaan yang cukup memakan waktu di pagi hari itu adalah memasak.

Timbal Balik Cinta, Benarkah Cinta Tanpa Pamrih?


Benarkah cinta yang kita berikan terhadap pasangan itu tanpa pamrih?. Sejujurnya tidak, karena saat kita mencintainya dengan tulus, kita pasti  punya harapan yang sama, kita ingin pasangan juga memiliki rasa yang sama kita ingin mereka memberi imbalan yang sama atas nama cinta.

Biaya Kuliah Terbaik Universitas Swasta Berkualitas


Kini masyarakat menyadari begitu pentingnya pendidikan, begitu pentingnya sebuah ijazah sarjana dalam mencari pekerjaan untuk meningkatnya kualitas dan taraf hidup dimas

Family Time Dengan Smart TV


Qualitytime bareng keluarga itu wajib hukumnya. Setelah sekian hari berkutat dengan kesibukan masing-masing akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk bersantai dengan keluarga. Lupakanlah pekerjaan sejenak, dan habiskan waktu dengan orang-orang tersayang.


Qualitytime dengan keluarga untuk meningkatkan bonding , keakraban antar anggota keluarga lainnya. Keluarga tidak hanya tumbuh dari materi yang terpenuhi, tapi juga butuh kehangatan dan saling menyayangi antara semua anggota keluarga.



Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang dengan keluarga. Berolahraga bersama, piknik, jalan-jalan ke mal, dan sebagainya. Kita  juga bisa menyisihkan waktu untuk  menonton bioskop dengan keluarga.


Tetapi memanfaatkan waktu dengan keluarga tidak harus  berpergian. Bersantai dirumah juga mendekatkan kita dengan keluarga. Kita bisa menyenangkan keluarga dengan membuat masakan kesukaan mereka. Bisa juga bergotong royong merapikan rumah bersama .Menonton acara TV favorite keluarga juga bisa menjadi pilihan.  Teknologi yang semakin canggih membuat kita  tidak perlu jauh-jauh ke bioskop untuk menonton film. Smart TV dari Panasonic dapat menjamin kepuasan penggunanya yang memiliki spesifikasi handal, mewujudkan kenyamanan nonton bareng keluarga. Dengan kemudahan mengakses internet menggunakan televisi, kita  dapat nonton film dengan smart TV.

Aplikasi menonton berbayar dapat kita gunakan karena smart TV memiliki beragam film dengan berbagai genre. Kita bisa menikmati itu semua dengan mudah. Pilihlah film kemudian bersantailah dengan keluarga sambil menyantap popcorn , atau sambil menyantap hidangan pavorite keluarga . Se-simpel itu.


Televisi keluaran Panasonic memiliki fitur pintar yaitu Multi Windows. Sesuai dengan namanya, Anda dapat membuka beragam aplikasi dalam waktu yang sama sekaligus. Browsing internet menjadi lebih asik.


Selain itu, smartTV Panasonic dilengkapi dengan fitur Media Player. Anda bisa menonton film melalui penyimpanan USB. Unduh film yang Anda dan keluarga sukai, dan tontonlah sambil bercengkrama.


Dengan smartTV, menjelajah internet dan menonton film menjadi lebih mudah.


Dengan berlangganan smart TV kita  juga dapat bermain game bersama keluarga . Tanpa menggunakan konsol tambahan,  bermain game dengan asyik dan lebih mudah. Install game dan mainlah bersama orang tersayang. Dengan bermain game bersama keluarga, hubungan dengan keluarga akan semakin erat. Kita juga dapat mengajarkan buah hati tentang  pelajaran  menang dan kalah.


Selain menonton dan bermain game, kita juga bisa membuat prakarya atau memasak bersama keluarga. Kita bisa browsing resep atau tata cara membuat prakarya dengan smart TV. Karena menggunakan layar yang lebih besar, akan memudahkan  untuk membaca prosedur dari jarak jauh.


Hal seru lain yang dapat dilakukan di akhir pekan adalah karaoke. Smart TV dapat memudahkan Anda menjelajah lagu atau video karaoke untuk dinikmati bersama keluarga. Dengan smart TV semua bisa lebih dekat.


Bagaimana? Famili time dengan jalan-jalan ketempat yang jauh memang menyenangkan. Tapi tentunya tak dapat kita lakukan terus menerus,  ada waktu-waktu tertentu  dan harus direncanakan matang jauh-jauh hari . Selain itu juga butuh dana lebih.  Dengan menggunakan  Smart TV, kapanpun bisa mendekatkan dan menghangatkan hubungan keluarga, satu untuk semua.

Makan? Pastikan Dulu Rasa Lapar Mu

Berbadan gemuk subur tanda makmur, kalimat ini 100 persen gak berlaku lagi. Kalo zaman dulu orang langsing kurus tanda tak bahagia, tapi sekarang dibilang agak gemukan saja sudah langsung baper duluan. Suka envy kalau ngeliat teman walau sudah menikah dan punya anak  body tetap langsing, baju tetap muat. Aku sendiri  sudah puas banget memili tubuh yang cendrung kurus, sebelum menikah bobot aku cuma 40-42 kg, jadi saat menjelangn hamil beratku mencapai 50-52 kg senang banget lah, keliatan lebih berisi tapi gak gemuk banget. Namunsetelah melahirkan beratku 60 kg, dan keliatan banget pipi tembem, dan perut yang maju, hohoho.
Salah satu penyebab  bobot tubuh naik adalah selera makan yang menjadi-jadi,  serasa perut gak ada kenyangnya.  Walau sudah sarapan pagi tetap ada cemilan menjelang makan siang, aku lebih suka gak ada makanan apapun yang dibawa dekat meja kerja, masalahnya jika ada pasti selalu pengen nyomot kue, ngunyah lagi ngunyah lagi, mamahbiak banget. Menjelang sore juga begitu suka kepikiran “enak nya makan apa ya?”, padahal sudah makan siang. Makanan berat selalu jadi pilihan, ya bakso, mia ayam, martabak dll.
Beberapa waktu lalu baca-baca tentang Dewi Hughes yang bisa menurunkan berat badannya hingga puluhan kilo gram, wow banget perjuangannya ya. Satu hal yang aku tangkap dari penjelasannya  bahwa pengaturan pola makan banyak  itu bukan berasal dari perut tapi dipikiran, ya gak mikirin makanan jika memang sudah makan, apalagi dia sanggup gak makan nasi hanya sayuran dan kacang tanah giling tanpa garam dan gula. Jika seperti itu jujur saja aku gak sanggup  heheheehe.
Jadi sebelum kita memutuskan untuk makan sesuatu diluar jam makan, kita perlu pastikan rasa lapar itu datangnya dari mana, pastikan rasa lapar yang ada:
Lapar mata: Tidak tahan melihat makanan yang ada di depan mata. Misalnya ada teman bawa makanan ke kantor, yakin kamu makan karena lapar benaran, atau cuma gak tahan godaan dengan kue yang lezat. Atau lagi jalan-jalan di mall melihat kue-kee dietalase , lalau datang rasa lapar yang turun dari mata. Jika ingin makan paling tidak bisa menunda  hingga jam makan tiba, dan benar-benar lapar dan perut harus diisi.
Lapar yang datang dari penciuman. Sudah makan nasi goreng spesial pakai telur, tiba-tiba tercium aroma bakso yang lewat didepan rumah. Duh, wanginya bikin lapar ya…(sering banget ngomong begini kan..?), kalau gak kuat godaan pasti deh beli bakso dan makan bakso, padahal makan nasi goreng belum sampai satu jam.

Lapar yang cuma ada dalam pikiran. Nah, ini seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kebanyakan rasa lapar itu memang cuma ada dipikiran. Sudah makan , sudah nge juss, sudah ngemil, dan masih bisa bilang “hmmm..kayaknya kalau makan ini enak deh”, rasanya mau makaaaaaaan melulu. Rasa ingin makan selalu ada dipikiran, padahal jika puasa saja kita sanggup masa menunda waktu makan saja kewalahan.
Saat ini aku mencoba menepis “perasaan lapar” walau sebenarnya gak lapar, dan mengelola pikiran dengan bilang “aku kan sudah makan” cukup nutrisinya dan gak akan pingsan nunggu waktu jam makan tiba. Dulu waktu gadis memang aku gak doyan ngemil, makan tetap tiga kali sehari, bobot tubuh standar. Nah kemarin baca postingan dan komentar teman-teman tentang diet ketogenik (kalo gak salah) ngurangin karbohidrat, dan katanya simple saja buat yang berdarah “O’, cukup kurangi porsi nasi bisa turun berat badan, asal jangan makan mi, martabak pokoknya kandungan karbohidrat tinggi. Ini juga cuma tahap ngurangi nasi dulu sih, kalau yang menu-menu khusus gitu belum coba. Untuk hasilnya lihat nanti hahahaha, semoga tahan godaan. Untuk saat ini cuma memastikan posisi rasa lapar itu dimana, diperut kah atau cuma dipikiran doank.
Teman-teman punya cara mengatur pola makan ga? sharing yuk..
--
#KEBloggingCollab
Trigger :
https://emak2blogger.com/2017/11/17/diet-sederhana-yang-menyehatkan/



4 Faktor Memperparah Mata Katarak

Mata katarak merupakan salah satu penyakit mata yang akibatnya bisa mengaburkan penglihatan.  Pupil mata akan terlihat lebih keruh bahkan putih, pada keadaan yang lebih parah membuat penderita katarak kehilangan penglihatan. Untuk menyembuhkan biasanya butuh tindakan operasi mata, ketika katarak sudah matang atau memiliki ketebalan tertentu sehingga perlu dikelupas lewat operasi.
Katarak memiliki beberapa stadium:
✓katarak insipien: kekeruhan sangat minimal
✓katarak imatur: keruh sebagian, lensa masih memiliki bagian yang jernih
✓katarak matur/matang: lensa sudah keruh secara keseluruhan
✓katarak hipermatur: bagian permukaan sudah merembes melalui kapsul lensa dan mengakibatkan peradangan.
Banyak hal yang dapat menyebabkan mata katarak. Faktor usia banyak menyebabkan para manula terkena katarak. Selain itu faktor kebiasaan buruk bisa juga menyebabkan mata katarak minuman keras, merokok,  dan obat-obatan terlarang bisa menyebabkan katarak pada mata.
Berkonsultasi dan mengonsumsi obat mata katarak, bisa menghindarkan anda terkena mata katarak sedini mungkin.  Adapula beberapa tanaman herbal yang  dipercaya dapat menyembuhkan katarak mata
Adapun, dari sekian banyak faktor pendukung mata katarak, terdapat ada  4 faktor  penyakit pendukung atau memperparah seperti berikut ini;
  1. Adanya Penyakit Glaukoma. Para ahli menyebutkan bahwa penyakit glaukoma ialah penyakit yang merusak pada mata akibat tekanan tekanan pada bagian dalam mata. Penyakit ini menyerang fungsi pada bagian optik mata. Salah satu fungsi utama optik mata ini ialah mengirimkan sinyal yang ditangkap mata menuju otak. Saat anda atau siapapun pernah mengalami ini, baik sudah mengalami operasi atau belum, bisa menyebabkan penyakit mata katarak mudah terjadi.
  2. Memiliki Penyakit Diabetes. Salah satu penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia ialah diabetes. Penyakit diabetes ini adalah terdapat gula berlebihan pada tubuh yang tentu saja merusak kadar gula di dalam tubuh. Menurut para ahli, penyakit ini bisa menjadi faktor pendukung pada mata katarak.
  3. Pernah Mengalami Cedera Mata Atau Otak. Salah satu faktor pendukung mata katarak ialah pernah mengalami cedera pada bagian mata maupun pada bagian otak. Misalnya, anda pernah terkena benturan atau kecelakaan pada mata. Hal yang terjadi pada saat mengalami cedera mata dan otak, membuat komponen didalamnya bisa berubah. Apabila sebelumnya tidak terasa, maka saat mata anda menuju katarak, hal itu amat berpengaruh.
  4. Sering Terkena Radiasi Cahaya Atau Sinar. Mata seringkali sulit untuk melihat apabila melihat atau terkena langsung cahaya atau sinar. Misalnya, saat mata anda selalu melihat dengan pencahayaan yang kurang, mata anda akan bekerja ekstra untuk menangkapnya. Nah,apabila hal itu dilakukan terus menerus atau menjadi kebiasaan, maka akan merubah beberapa fungsi atau komponen hingga menyebabkan tidak stabil. Selain itu, banyak hal lain atau contoh lain lagi. Hal itu merupakan faktor pendukung untuk memudahkan anda terkena mata katarak.

Keempat hal diatas mesti anda perhatikan secara betul apabila anda tidak mau berakhir dengan mengonsumsi obat mata katarak dan berbagai penyembuhan lainnya.

Untuk memakan obat mata katarak sebaiknya berkonsultasi pada dokter atau ahlinya. Pastinya kita tidak mau apa yang kita konsumsi justru memperparah penyakit atau bahkan berefek menimbulkan penyakit lainnya.

Tips Tepat untuk Menyambut Hadirnya Promo Harbolnas


Buat temen-temen yang suka belanja online, dan lagi nunggu diskon plus bebas ongkir, bulan Desember nanti waktu paling tepat loh . Pasalnya di bulan Desember akan ada perayaan hari belanja online nasional atau harbolnas dimana akan ada diskon atau potongan harga besar-besaran dari banyak pelaku ecommerce yang bisa twman-teman manfaatkan. Salah satu situs belanja online terpercaya yang pasti sudah ditunggu-tunggu promosinya adalah Bukalapak yang menjadi wadah dari ratusan pelapak aktif. Promo harbolnas 2017 bisa dijadikan sarana yang tepat untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari ataupun barang incaran dari dulu dengan harga yang lebih terjangkau.

Diperingati setiap tanggal 12 Desember, Harbolnas pada awalnya bertujuan untuk menyatukan para pelaku e commerce untuk melakukan promosi dengan maksud agar masyarakat memberikan kepercayaan terhadap transaksi online sehingga bisa melakukan belanja melalui sistem online yang mulai di rintis. Namun saat ini dengan semakin berkembangnya jaman, transaksi belanja online sudah bisa diterima masyarakat terutama kalangan dewasa dan remaja sehingga promo harbolnas dimanfaatkan sebagai perayaan untuk bisa memberikan promosi murah meriah kepada para calon pembeli.

Bagi yang sering mengunjungi situs Bukalapak, di hari Harbolnas nanti akan banyak ditemukan promosi dengan sistem sebagai berikut:

  • Flash sale yaitu diskon untuk durasi tertentu pada produk-produk tertentu.
  • Voucher belanja yang dibagikan di waktu-waktu tertentu.
  • Beli 1 dapat 1 atau 2 untuk produk-produk tertentu.
  • Potongan harga hingga 90%.
  • Promosi free ongkos kirim.


Karena moment harbolnas merupakan moment yang dinanti oleh banyak orang, maka tak aneh jika ada kemungkinan situs Bukalapak akan banyak dibuka di saat yang bersamaan. Akibatnya situs menjadi sedikit lamban dibandingkan dengan waktu-waktu biasa. Selain itu banyaknya antusias masyarakat juga wajib Anda antisipasi karena bisa berpengaruh pada kenyamanan Anda berbelanja. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyambut promo harbolnas 2017  agar Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan aman.

  1. Luangkan waktu untuk berbelanja di jam-jam senggang.
Banyaknya antusiasme warga untuk merayakan harbolnas demi mendapatkan barang idaman dengan harga murah akan membuat situs menjadi sedikit lamban karena banyaknya permintaan masuk ke situs tersebut. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan belanja di waktu yang lenggang seperti di pagi hari atau bahkan tengah malam. Biasanya situs akan berada di waktu padat pengunjung di jam istirahat siang hingga sore dan malam hari.

  1. Buat list barang idaman sebelumnya.
Banyaknya produk yang di display juga bisa mengalihkan perhatian Anda ketika berbelanja. Sebaiknya terlebih dahulu Anda mencari produk idaman dengan cara menuliskan terlebih dahulu listnya. Jika produk idaman sudah didapatkan maka Anda bisa melanjutkan untuk berbelanja produk lainnya. List beberapa produk mulai yang prioritas ingin di beli, misalkan  Panci Presto, Tas Kerja, Sepatu, Kamera, Smartphone  dan lain sebagainya.

  1. Siapkan sistem pembayaran.
Bukalapak bisa menerima sistem pembayaran melalui transfer ATM, kartu kredit hingga melalui gerai mini market yang telah bekerja sama. Untuk itu Anda perlu mengisi ATM Anda untuk bisa membayar jumlah belanjaan dengan cara cepat. Atau Anda juga bisa menggunakan kartu kredit sehingga tidak perlu keluar ke mesin ATM. Namun perlu diingat bahwa belanja menggunakan kartu kredit memiliki fee yang harus Anda bayarkan.

Tips di atas bisa  teman-teman lakukan agar ketika tiba hari Harbolnas bisa memanfaatkan promo harbolnas 2017 dengan lebih nyaman dan leluasa. Jangan lupa untuk melakukan survey harga produk normal sebelumnya sehingga kita mengerti dan bisa memilih produk mana yang betul-betul memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar, jangan sampai salah pilih loh..

Jenis Tanaman Sebagai Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh


Setiap penyakit pasti ada obatnya, Ketika sakit kita wajib optimis bahwa penyakit apapun bisa sembuh, asal kita rutin dan disiplin minum obat baik secara medis atau dengan obat-obatan herbal. Zaman sekarang dengan usia yg relatif masih muda, sudah terserang berbagai penyakit yang tergolong serius. Sebut saja diabetes, hipertensi, stroke, kolesterol. jantung dll. Pola makan memang mempengaruhi kesehatan, pastikan jangan terlalu banyak makan berlemak, manis, atau makanan siap saji yang banyak mengandung pengawet.


Salah satu penyakit yang tak memandang usia adalah asam urat. Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Jika sudah terkena asam urat  makan kita wajib menjaga pola makan, ada beberapa makanan atau sayuran seperti kacang kacangan  atau tumbuhan merambat semacam umbi-umbian.


Meminum obat secara medis memang cepat menghilangkan rasa sakit dan menurunkan asam urat dalam darah. Tapi biasanya hanya menghilangkan rasa sakit sementara dan akan kambuh kembali. Selain menjaga makan ada baiknya kita meminum rebusan tumbuhan yang sudah pasti alami tanpa bahan kimia dan pengawet. Ada beberapa  tumbuhan obat  yang dipercaya sebagai obat asam urat alami paling ampuh. Biasanya dengan cara direbus, dan diminumkan kepada penderita asam urat.


Berikut beberapa jenis tanaman yang dipercaya  dan biasa digunakan untuk melakukan pengobatan asam urat dengan cara – cara alami yang sangat aman dan manjur.

  1. Brotowali. Cara mengolahnya cukup sederhana, anda hanya perlu merebus daun brotowali kemudian disaring untuk diambil airnya
  2. Kumis Kucing. Untuk menyembuhkan asam urat, maka minumlah rebusan daun kumis kucing ini secara teratur.
  3. Sambiloto. Cara mengolahnya dengan cara direbus kemudian diminum air rebusannya.
  4. Daun Salam. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu dengan cara merebusnya kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum secara teratur.
  5. Jahe Merah. Cara mengolahnya buatlah jahe merah sebagai minuman atau yang sering dikenal dengan wedang jahe.
  6. Teh Hijau. Anda dapat membuat teh hijau sebagai minuman untuk menyembuhkan asam urat sekaligus untuk mengurangi berat badan


Itulah beberapa tanaman yang sudah terbukti sebagai obat asam urat alami paling ampuh. Tanaman tersebut sangat mudah ditemukan, seperti daun salam yang juga kita manfaatkan untuk bumbu masakan.

Buat teman-teman atau punya saudara yg memiliki asam urat tak kunjung sembuh atau butuh info tentang pengobatan penyakit bisa ngulik  informasi ke website GueSehat.com atau dengan mengunduh aplikasi mobile GueSehat di google playstore menggunakan ponsel pintar berbasis android dan apple.

Pakai Sarung Tangan Motor Jangan Cuma Karena Takut Hitam

Naik motor sudah menjadi keseharian ku. Motor memang menjadi transportasi utama didaerah ku, angkot atau yang sering kami bilang oplet itu hanya untuk jarak jauh saja, untuk dalam kota masayarakat umumnya menggunakan motor. Walau motor menjadi transportasi utama, banyak masayarakat yang kurang memikirkan keselamatan saat berkendara, pakai helm jika mau saja atau ketika ada woro-woro bakalan ada razia, bahkan banyak anak-anak SMP yang naik motor  ngebut-ngebut sesukanya. Padahal helm itu bukan untuk kebaikan pak polisi tapi untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengendara sendiri, jadi kenapa pakai helm saja kucing-kucingan sama polisi ya?. Hmm..termasuk aku sih , tapi kadang-kadang hahahaha ( sami mawon)
Untuk aku pribadi awalnya emang gak suka pakai helm sih, tapi makin kesini aku malah lengkap kalau naik motor , pakai helm dan sarung tangan. Awalnya banyak alasan sih, ya berat lah, alah..cuma dekat saja kok, atau kan lewat “dalam” gak ada polisi (nah..kan?). Loh, kok tiba-tiba berubah pikiran?

Perempuan memang makhluk yang unik ya, terkadang untuk menyampaikan sesuatu itu butuh pendekatan, dan sudut pandang yang berbeda (tsaah) . Jika pak polisi bilang pakai lah helm dan sarung tangan, agar lebih aman dan nyaman berkendara, dan ketika terjadi kecelakaan kemungkinan cedera akan lebih minimal. Maka para wanita (aku) memiliki cara pandang berbeda, yang kenyataannya nyinyiran orang lain lebih menusuk dari tilang polisi.
“ih..tangan ama muka kok beda warna sih..?”
“Muka mu kok agak iteman  sekarang ya..?”
“ Kok tanganmu udah keriput kering gitu, makanya pakai pelembab, dan pakai sarung tangan kalau naik motor, walau cuma jarak dekat?”
Apa?I Apa ? Kamu bilang! Coba bilang sekali lagi? ( tapi cuma dalam hati)
Buru-buru lari ke depan kaca…, ya ampun bener kata dia..
“makasih ya, sudah ngata-ngain tangan aku beda dengan pipi “ ( dalam hati juga) :D jauh beda dengan status fb :
“ Ih..sebel banget, kok ya nyinyir bilang warna tangan beda dengan warna wajah, wajar donk orang kemana-mana naik motor, lagi pula muka kan lebih sering dibedakin dirawat sama tangan, jadi tangan suka lupa ngerawat dirinya sendiri bla bla bla ” padahal dalam hati ngiyain.
Dengan motivasi kulit belang akhirnya beli sarung tangan motor, lengkap diolesi krim petroleum jelly dulu biar gak kering , dan menggunakan  helm. Duh, wanita.
Tapi nih, sebaiknya pakai helm  atau  sarung tangan motor jangan cuma takut hitam. Karena Jika itu dijadikan motivasi maka kita cuma pake ujung jaket untuk meutupinya atau melilitkan ujung jilbab ke wajah, nggak aman banget kan ya. Jadi apaun motivasinya tetap keamanan yang diutamakan.
Pilih helm yang benar-benar aman dan ada penutup wajahnya dan usahakan bewarna gelap. Penutup berfungsi menghindari angin, dan debu yang bisa mebuat pedih mata, juga menghindari adanya binatang kecil yang kadang suka “nyasar” ke mata seperi lebah dan kumbang. Disarankan warna gelap, agar tidak terlalu silau, dan panas matahari tidak begitu menyengat diwajah yang membuat kulit kering, dan menghitam karena sengatan matahari.
Kalau sarung tangan memang jarang digunakan orang untuk jarak dekat sih, tapi untuk kesehatan kulit gak ada salahnya kita menggunakannya. Apalagi untuk daerah Riau yang panas memang baik untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, selain itu agar tangan tidak licin saat berkeringat, yang kemungkinan bisa menyebabkan kecelakaan. Sarung tangan motor memang banyak jenisnya, kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan harganya juga relatif murah. Jika hanya untuk jarak dekat buat sehari-hari, gak mungkin dong kita beli sarung tangan ala pembalap motor. Pilih sarung tangan motor yang dilengkapi dengan karet sehingga lebih mudah mencengkram walaupun dalam keadaan licin ketika hujan.
Dari segi keamanan sebaiknya tidak menggunakan  sarung tangan yang langsung melekat di setang motor. Memang terlihat unik, motifnya juga lucu-lucu dan simple  tapi sangat tidak dianjurkan, apalagi mempertimbangkan soal keamanan karena menghambat gerakan reflek saat jatuh, tangan tak leluasa menumpu.
Jadikan  sarung tangan sebagai perlengkapan wajib saat naik motor, karena bukan sekedar mencegah kulit tangan hitam atau sebagai aksesoris semata. Nyatanya  sangat membatu kenyamanan dan keamanan saat berkendaraan.

Damainya Hidup Ber-Agama

Semua Agama Mengajarkan Kebaikan, itu benar karena jika mengajarkan mencuri, merampok membunuh, itu namanya ketua bandit. Soal agama yang paling benar yang mana, itu tergantung keyakinan masing-masing, agama saya agama kamu, ibadah saya dengan cara saya, dan beribadahlah kamu dengan cara kamu.
Kita bersyukur diajarkan tentang   kebaikan  , etika, dan nilai moral yang lainnya. Jika ada yang tidak baik itu bukan salah agamanya tapi adalah  orangnya, ingat agama mengajarkan kebaikan. Tanpa agama(atheis) pun bisa berbuat baik dan bermoral, jadi kenapa perlu agama?. Dari mana atheis tahu jika sesuatu itu punya nilai kebaikan dan bermoral, sedangkan mereka tidak punya kitab, tidak punya panduan, tidak punya tolak ukur bahwa itu baik atau buruk. Atheis berkembang sekitar abad ke 18 jika tidak salah sekitar tahun 1700-an (mohon maaf jika salah), dimana agama sudah banyak barulah timbul pemberontakan tentang agama mengingkari adanya Tuhan, karena Tuhan itu cuma ada di imajinasi saja, Tuhan itu ciptaan khayalan manusia. Jadi nilai kebaikan atheis pada dasarnya juga mengadopsi kebudayaan dan nilai agama  yang sudah berkembang dimasyarakat sebelumnya.
Mengenai kehidupan lebih damai tanpa agama, itu pastilah hanyalah melihat satu sisi kehidupan saja. Keberagaman memang rentan menimbulkan kegaduhan, dan itu sesuatu yang wajar. Apakah cuma agama yang menimbulkan kegaduhan? tentu saja tidak banyak persoalan yang menimbulkan kegaduhan seperti perebutan kekuasaan dan lainnya. Buktinya Jepang yang terkenal atheis yang katanya hidup damai pikiran nya baik, kenapa  juga datang  membuang banyak waktu tenaga cuma untuk memerangi Indonesia dengan kejam, banyak wanita Indonesia dibikin pelacur dan diperkosa, bangsa Indonesia  dijajah, kerja paksa, yang mungkin disana juga termasuk nenek, mbah buyut kita  yang jadi korban. Apa yang menjadi ukuran damai, baik dan bermoral itu?
Kita bersyukur memiliki agama, memiliki Tuhan dan mempunyai Do’a. Disaat sedih  kita bisa bersujud, mengangkat tangan, berlutut sesuai keyakinan , meminta setetes kedamaian dan ketentraman kepada Tuhan. Kita bahagia ketika kita memiliki do’a yang  memberikan ketenangan secara rohani. Mungki orang beragama ada yang bunuh diri , tapi lebih banyak yang atheis yang bunuh diri. Karena mereka tidak punya cara yang bisa mendamaikan jiwa mereka. Tidak heran di Jepang angka bunuh diri sangat tinggi, minuman keras dirumah menjadi hal yang biasa untuk mabuk-mabukan melepas kan masalah (lihat saja di film kartun doraemon sibapak suka pulang dalam keadaan mabuk), banyak tempat game dan perjudian dipenuhi para lanjut usia yang seharusnya jika mereka beragama lebih damai disibukkan dengan ibadah dan ketenangan. Mereka yang hidupnya kelihatan damai belum tentu hatinya damai, buktinya banyak juga yang atheis ingin mencari Tuhan dan ingin memiliki satu agama dan kepercayaan.
Baca  Juga : Agama & Identitas

Dengan agama kita mengenal dosa, dengan perasaan berdosa kita jadi takut untuk berbuat yang tidak baik, semacam perzinahan, pemerkosaan, mencuri dll. Di Negara yang beragama juga banyak yang melakukan perzinahan dan perampokan , tapi pesti lebih banyak yang melakukannya yang tak mempercayai adanya pengawasan Tuhan. Dan  bisa dibilang orang yang beragama tapi tidak percaya atau tidak takut dosa, 0,0000000000000000000000000000001% atheis atau sesuai tingkat kadar keimanannya kepada Tuhan (Wallahualam).
Dengan adanya agama hidup lebih bahagia ada perasaan yang berbeda dan istimewa ketika menyambut perayaan-perayaan hari besar, silaturahmi dengan keluarga. Loh, atheis juga bahagia setiap hari, bisa pesta bergembira setiap hari, main music, ketawa-ketawa sesuka hati, karokean dll. Tetapi punya perayaan waktu-waktu khusus itu jauh lebih menyenangkan, jika perayaan dilakukan setiap hari tentu tak punya nilai khusus dan tak ada lagi keistimewaannya. Bakso itu enak, tapi kalau makan tiap hari jadi eneg, ketemu teman dan senang-senang itu asyik, kalau tiap hari pasti bosan, makanya banyak yang atheis merasa jiwanya hampa.  
Dengan agama wanita lebih terhormat. Kehidupan berumah tangga adalah impian, bisa menjalani hidup dengan orang yang dicintai. Ada perayaan ada acara yang sakral ketika menyatukan dua insane sehingga terasa begitu istimewa dan mulia. Kebanyakan para atheis hanya mengisi formulir untuk melengkapi syarat administrasi Negara sebagai bukti legal mereka akan terus tinggal serumah sebagai suami istri, ada juga beberapa yang  menggunakan cara Kristen di “gereja” (bukan tempat ibadah tapi sekedar tempat pertemuan) mereka, ada pendeta tapi hanya sebagai saksi atau memimpin acara yang tentunya tak ada nama Tuhan disebut. Ya, mereka cuma butuh legal secara hukum negara yang walaupun tanpa itu mereka bisa tinggal serumah dan sekedar komitmen berdua atau antar keluarga saja, bahkan sebelum itu mereka biasanya hidup bebas.

Baca Juga : Menanamkan Keimanan Sejak Dini
Mungkin saat ini kita belum taat, mungkin iman kita masih goyah, mungkin tingkat keshalihan kita masih jauh dari yang seharusnya, tapi jangan sampai meninggalkan Tuhan seutuhnya. Hidup itu turun naik , gelap terang, disuatu saaat mungkin kita terperangkap diruang gelap dengan jalan buntu, dengan percaya Tuhan  tak akan pernah meninggalkan kita, kita bisa berbalik arah “tersungkur” memohon ampun kepadaNya.
Sebagai orang beragama dan percaya kepada Tuhan, tidak sepatutnya berbicara seakan meyepelekan, meremehkan, megejek  sebuah nilai agama. Jika belum bisa taat, setidaknya tidak mengatakan agama itu tak membuat hati tentram dan damai, mungkin kita yang belum bisa fokus untuk mendalami agama, jadi,bukan agama yang salah. Merasa agama terlalu membebani dan kurang ikhlas menjalankan perintah, sehingga merasa terikat dan terkungkung, dan ingin merasa bebas  dan mengatakan “tanpa agama orang bisa berbuat baik”, tapi alangkah baiknya jika kita beragama dan terus berbuat kebaikan. Kita saja tak ingin dikatakan buruk, bagaimana kita bisa merendahkan dan terkesan mengejek  agama yang diturunkan Tuhan.

Baca Juga :  7 cara mudah memberikan pemahaman agama untuk anak usia balita


Inilah Kenapa Tak Boleh Marah Di Sosial Media


Media sosial seperti rumah berdinding kaca, betul itu akunt atau rumah kamu sendiri, kamu bisa bebas melakukan apa saja. Tapi ingat rumah kamu berdinding kaca bahkan tak memiliki batas dengan dunia luar apapun yang kamu lakukan akan mudah terlihat dan terdengar oleh semua orang. Apapun yang kamu tuliskan dapat dibaca oleh ruang publik, dan publik dengan bebas mengartikan, menduga, bahkan menuduh apa yang kamu unggah.  Tentu, kita pun tak bisa menyalahkan apa yang mereka anggapkan tentang diri kita, toh kita sendiri telah memberi peluang untuk di nilai negatif. 


Sebagian orang ada pula menganggap sosial media sebagai tempat pencitraan. Menuliskan yang baik-baik, mengunggah yang baik-baik, dan orang-orang yang tahu siapa kamu,menilai mu munafik. Tapi, paling tidak jika mengunggah sesuatu yang baik , kita memberikan pengaruh positif untuk orang-orang yang membaca dan melihat apa yang ditulis. Memberikan efek positif untuk kita yang menulis, yang pelan-pelan bersikap menyesuaikan apa yang kita tulis, atau sebagai pengingat pribadi. Tak ada minusnya jika kita menuliskan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi pembaca atau melihat apa yang kita share di sosmed.

Beda halnya jika kita menuliskan sesuatu yang buruk, ntah ucapan kasar, menyindir , memprovokasi, marah, memaki, atau sekedar sharing  konten negatif tanpa menyaring dulu berita apa yang kita bagikan apakah, benar atau cuma kebohongan.


Ini Kenapa Kamu Tak Boleh Memaki di Sosial Media :
Penilaian Negatif. Menuliskan yang baik saja dianggap pencitraan dan dituduh munafik. Wajar saja ketika kita  dianggap pribadi yang buruk ketika memperlihatkan kemarahan di sosial media.


Dijauhi Teman. Teman-teman yang awalnya respect dan perhatian, tiba-tiba menjadi enggan untuk sharing , curhat , dsb. Mereka menganggap kamu memberikan aura negatif kepada mereka. Jujur saja ketika ada orang marah-marah tidak jelas kita sedikit banyak jadi  ikut emosi-an, tidak sehat secara psikologis.

Jauh Jodoh. Buat single yang sampai saat ini yang jodohnya belum kelihatan hilalnya, coba deh lihat-lihat status yang lalu. Apakah banyak berisi curhatan negatif, mengeluh  , memaki kasar orang lain bahkan saudara sendiri, menyindir yang orangnya ntah siapa seribu pembaca ikut baper berjamaah. Ya, siapa juga yang mau sama orang yang dikit-dikit curhat di FB, dikit-dikit marah bikin status , live Instagram, status WA, BBM. Mereka calon jodoh kamu pasti membayangkan bagaimana jika ada masalah dengan mereka, atau mertua, terus di sindir di status dll, orang sekitar Indonesia raya bakalan komentar. Sungguh memiliki pasangan yang seperti ini sebuah kekhawatiran tersendiri, calon jodoh mikir banyak untuk melamar kamu, atau ogah minta dilamar.


Dituntut secara hukum. Nah, mengerikan ya?. Beberapa waktu lalu ada kejadian “lokal” bukan sekala nasional maksudnya. Si A marah-marah karena si B tidak bayar hutang, sebenarnya sangat wajar ya . Tapi menjadi masalah ketika marah di Facebook pakai nyolek nama si B. Akhirnya keluarga si B marah, menganggap sebagai pencemaran nama baik anak mereka, selanjutnya bisa saja sih dituntut secara hukum, tapi sepertinya diselesaikan secara kekeluargaan.

Menyerang diri sendiri. Segala efek negatif yang ditimbukan dari perkataan kasar yang disebutkan sebelumnya memang bisa dikatakan Boomerang, menyerang diri sendiri. Tapi yang ini dimaksudkan adalah secara kejiwaan diri sendiri. Ketika melampiaskan kemarahannya itu artinya memupuk kebencian di hati,  bukannya membuat lebih tenang justru kebencian terus terpupuk, karena terpengaruh dari munculnya beragam komentar, apalagi mendapat komentar yang terkesan “mendukung” apa yang telah kita perbuat.


Sebenarnya ntah itu kemarahan di dunia nyata ataupun dunia maya, tak selayaknya mengumpat, memaki ,dan sejenisnya. Marah mungkin cuma butuh waktu sedikit tapi biasanya menuai penyesalan yang panjang.



#selfreminder

Waspadai Suami Pelaku Tindakan KDRT


Kehidupan rumah tangga yang damai tentram adalah impian setiap orang, apalagi wanita tak sedikitpun pernah membayangkan rumah tangga yang “suram”. Tapi seiring berjalannya waktu banyak sekali wanita yang merasa salah mengambil keputusan untuk menikah. Kenapa? karena merasa tersakiti, tertekan, terancam oleh sikap suami. Suami yang dulu begitu lembut saat berpacaran, romantis, perhatian, tapi setelah sekian tahun terasa begitu kasar. Kekerasan dalam rumah tangga memang sangat menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak rumah yang seharusnya jadi tempat yang hangat , justru menjadi tempat yang membuat hati selalu cemas.

KDRT menurut Undang-Undang PKDRT adalah Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga (Pasal 1 ayat 1).

Apakah tindak KDRT bisa dicegah?, Ya. Apapun bentuknya tindak kejahatan itu bisa dicegah termasuk KDRT, paling tidak  meminimalisasi kejadian tindak KDRT tersebut.  Salah satu tindak pencegahan itu adalah berani bersuara, berani menyampaikan rasa tidak suka kepada pasangan tentang apa yang telah dia lakukan kepada kita itu tidak benar. Tidak mentolerir setiap kekerasan yang menghampiri kita sebagai wanita/istri.

Tak menutup mata, bahwa wanita itu lebih mengedepankan perasaan dibanding logika. Sama sekali tak menuduh mereka memiliki cinta tanpa logika, karena setiap orang pasti punya alasan untuk tetap bertahan, dan tidak pula mengatakan mereka sebagai perempuan “bodoh” karena keputusan yang mereka ambil, pastinya sudah tahu apa akibatnya. Mungkin mereka memilih mencintai dalam luka, dan mereka menikmati, padahal lebih nikmat mencintai dalam kedamaian.  Tapi kalo ditanya kekuatan hati orang tentu beda-beda ya?, ada yang bisa damai dalam tekanan ada  yang suasana damai tapi dianya (pihak istri) bikin rusuh .

Seperti halnya penyakit, KDRT sebelum parah pasti ada indikasi dan gejala, ada gelagat yang menjurus pada tindakan KDRT tersebut.  Jika memang ada gejala, lebih baik buka suara , komunikasikan dengan suami bahwa “ini” tak bisa ditolerir “ini” aku nggak suka, buat perjanjian  bahwa pernikahan yang damai tidak akan bisa berjalan.

TempramentalPerlu diselidiki jika suami sering marah  untuk hal-hal yang sebenarnya  bisa diselesaikan tanpa marah-marah. Apakah ada masalah ditempat kerja, apakah ada tekanan kerja, sampai pada gangguan kesehatan seperti hipertensi.  Tentunya sebelum tahap penyelesaian tindakan kita harus tahu dulu penyebabnya.

Tidak Suka Istri Berdandan. Pernah mendengar  ada istri yang dimarahi karena istrinya pakai lipstick atau bedak?. Mungkin kita bisa terima kalau suami orang sholeh banget dan nyuruh istri bercadar kecantikan isri hanya untuk suami, ini tentu beda konteks. Suami yang melarang istri pakai lipstick itu nyata ada. Istrinya hanya dirumah dan tak bekerja, lalu sesekali ingin keluar rumah denagn bedak tipis dan lipstick biar lebih cerah . Apa tanggapan suami?, memarahi, membentak, mengancam, membanting-banting. Apakah suami seperti ini “sehat”?. Boro-boro nyuruh ke salon atau membelikan kosmetik, beli gincu dipasar tanpa merk harga 5000 rupiah saja dimarah. Kok bisa bilang begini?, karena ini kejadian dan dialami saudara sendiri, yang diikuti tindakan minus lainnya seperti memukul dll. Akhirnya sang istri lari karena gak berani melawan. Tapi yang ini menurutku termasuk berani ,sih.

Melarang Istri Bersosialisasi. Manusia itu makhluk sosial butuh untuk bersosialisasi. Istri butuh bergaul jika hanya ikut arisan seminggu sekali, atau wiridan, kegiatan ibu-ibu PKK dll, kenapa harus dilarang, kenapa harus marah. Apakah istri selingkuh, main hati?. Terdengar lucu ya, tapi ternyata ada pria-pria yang “sakit” yang melarang istrinya , marah dll. Jika ada suami punya “penyakit” ini perlu untuk diberi”penataran “ sejak awal. Karena .menikah itu bukanlah sebuah penjara.

Selalu Menyalahkan . Istri bukan malaikat bukan manusia yang sempurna. Jika Istri melakukan kesalahan yang sebenarnya pun bukan lah sebuah kesalahan. Selalu dimarah, dimaki, dibilang bodoh dll. Minta dilayani terus, tapi tak pernah melayanikan dan memikirkan perasaan  istri. Pria seperti ini, ntah menganhgap istrinya sebagai apa? bahkan pembantu pun tak  layak untuk dihina dan direndahkan.

Tekanan Finansial. Istri pastinya ingin diberi kepercayaan dalam mengelola keuangan keluarga. Istri ingin dihargai dengan sebuah kepercayaan. Seorang ibu curhat pada temannya, bahwa sejak awal menikah suaminya tak pernah memberinya uang, suami sih belanja seperti beras, dan sayur mayur, tapi tak pernah memberinya uang. Waktu muda dulu sang ibu bekerja jadi dia tak peduli dengan sikap suaminya itu. Tapi sekarang dia pensiun suaminya juga, tapi sikap suami tetap keras kasar  dan tidak berubah.  Kebiasaan yang terus dibiarkan maka lama-lama dinikmati walau sakit. 

Tindakan KDRT itu bukan hanya kekerasan fisik, tapi juga ancaman, kebencian, termasuk soal Finansial dan pemenuhan kebutuhan keluarga. Melarang istri bekerja tapi dia sendiri tak sanggup memenuhi, atau membiarkan istri bekerja suami enak-enakan luntang lantung bahkan rokok sebatang pun minta ke istri, dan jika ditolak lebih garang dari anjing yang kelaparan.

Jadi ingat kejadian beberapa bulan lalu di daerah ku yang  sempat ramai diranah facebook. Seorang suami memukul gigi istrinya sampai patah dan pingsan dengan tang. Katanya sang suami  meninggalkannya dan menikah dengan wanita lain, lalu pulang minta uang 400 ribu kepada istrinya. Tentu saja sang istri menolak, lalu suami dengan semena-mena . Kalau aku pikir bukan sakit lagi nih suami, udah gila beneran.

Kasar dalam berhubungan Seks. Orang- orang bilang seks itu nafkah bathin karena disana ada kesenangan, ketenangan dan kenyamanan. Apakah semuanya bisa didapat dengan kekasaran, keterpaksaan, dan ketakutan? tentu tidak. Seks itu untuk kedua belah pihak bukan hanya pihak suami tapi juga istri. Sedih rasanya mendengar ketika istri diperlakukan bagai budak nafsu , ditarik ke tempat tidur, begitu selesai di usir dengan kata yg tak pantas. Seks dalam rumah tangga bukan sekedar pelampiasan syahwat semata, ada perasaan sayang, cinta, kelembutan yang harus dijaga.

Membentak dan Memukul  .  Jika sudah membentak dan memukul ini tentu bukan indikasi lagi ya, ini sudah 100 persen pelaku tindakan KDRT. Bentakan dan bersuara keras beda intonasi. Anak kecil juga tahu mana teriakan marah mana yang bukan.  Bentakan yang dikeluarkan boleh saja sih, asal kita sebagai istri benar-benar salah, misalnya ketahuan selingkuh atau istri yang lebih dahulu berkata kasar. Lah.., kalau cuma lupa membeli sesuatu yang diminta, lupa membuatkan minum, telat menyediakan makan, kitakan bisa protes. Kita istrinya bukan pembantu apalagi budaknya. Jika diawal-awal menikah sudah begini bagaimana jika udah sekian tahun? , segerakan komunikasikan. Jangan tunggu dengan bilang “mungkin kalau punya anak bisa berubah”. Tak semua orang bisa berubah cepat, jadi harus selalu diingatkan kesalahannya, dan waspada. Apalagi juka sudah berani memukul, sebaiknya cepat diberi peringatan


 Wanita itu lembut, tapi bukan lemah. Jika merasa tak sanggup atau tidak tahu apa yang harus diperbuat ketika mengalami tindakan KDRT, lebih baik suarakan, laporkan kepada orang terdekat baik keluarga suami maupun keluarga sendiri. Jangan sampai mereka kaget  , atau mereka tahu ketika kita telah berdarah-darah atau dilarikan ke Rumah Sakit.

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Kamu Upgrade Penampilan


Sudah menjadi rahasia umum kalau wanita paling suka bilang “gak punya baju”  ketika mau menghadiri suatu acara.  Malah ada yang punya prinsip  jika  baju sudah dipakai sekali, sudah gak mau lagi dipakai , elah...seperti seleb saja ya?!.

Menyadari bahwa diri ini bukanlah seorang seleb, yang selalu punya uang buat beli baju baru tapi juga butuh upgrade penampilan ala emak millenial gak ada salahnya donk beli baju minimal 3 bulan sekali?!. Apalagi sebagai perempuan berhijab pakaian itu banyak modenya, dan kerudung pun macam jenisnya ditambah pula outer segala macam,  tak heran jika semua itu menjadi alasan untuk bisa tampil kekinian. Kalau aku lebih senang beli kerudung yang banyak ketimbang baju. Jadi gamis satu warna netral di mix match dengan beberapa kerudung. Ini juga semacam strategi biar gak kelihatan pakai baju yang itu-itu saja. Untuk bisa beli baju yang diincar, jujur saja aku sengaja nabung sedikit demi sedikit nanti setelah cukup baru deh dibelikan. Sebagai ‘bendahara” rumah tangga, pasti gak mau juga keuangan tekor gara-gara  beli baju baru.

Selain menyicil nabung , untuk bisa beli baju baru biasanya aku cari waktu-waktu tertentu untuk belanja, walaupun cuma satu baju ( emak-emak hemat). Berikut waktu-waktu yang biasa ku gunakan untuk belanja, terutama belanja online, karena didaerah tempat tinggal ku belum ada mall. Tapi disini aku tetap pakai kata “mall” biar teman-teman jadi “ngeh” kapan waktunya bisa belanja ngirit.

  1. Saat Perayaan Hari besar.  Disaat lebaran, Natal, dan Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk berbelanja. Disaat seperti ini hampir semua orang membeli pakaian baru. Sebagai daya tarik baik Mall ataupun toko online biasanya mereka akan memberikan diskon besar-besaran. Tapi kita tetap harus jeli memilih dan memilah, karena di khawatirkan ada produk cacat.
  2. Saat liburan. Saat masa liburan sekolah tiba biasanya  mall dan toko online /e-commerce banyak yang memberi diskon, cashback, voucher dll.  Pada saat itu banyak yang berlibur danembutuhkan pakaian baru.
  3. Weekend dan ketika perayaan anniversary.Khusus untuk yang suka belanja online harus sering mengunjungi e-commerce, marketplace , biasanya mereka suka memberikan potongan harga  diwaktu-waktu weekend dan ulang tahun toko.
  4. Harbolnas. Harbolnas adalah hari belanja nasional. Ini hadir di setiap tahunnya  di tanggal cantik seperti 11.11 (11 November) dan 12.12 (12 Desember ) . Saat harbolnas ini tak hanya potongan harga di beberapa e-commerce juga bebas ongkos kirim.

Nah, diwaktu-waktu tersebut cocok banget buat dipakai belanja terutama belanja online. Selain itu kita juga harus pintar membandingkan harga antar satu e-commerce satu dengan yang lainnya. Biasanya nih diwaktu-waktu tersebut mereka saling berlomba -lomba memberikan promo dan diskon, jadi kudu teliti memilih e-commercenya dan pastikan e-commerce yang tidak banyak menjual barang tiruan atau kawe. Kok bisa? Ya bisalah karena kita cendrung melihat harganya yang murah, untuk itu baca dengan teliti deskripsi produk yang kita beli tak hanya pakaian tapi juga produk lainnya.

Terus?
Ada  nggak e-commerce yang memberikan diskon doubel-double?. Ada dong. Buat kamu yang mau dapat diskon dan promo  dengan nilai lebih kamu bisa belanja di Zalora. Memasuki akhir tahun, kamu akan menemukan banyak sekali diskon yang menarik. Pada bulan Desember nanti, kamu dapat belanja sepuasnya di momen harbolnas Zalora Indonesia tepatnya tanggal 12-15 Desember, untuk memastikan nya kamu bisa kunjungi ZALORA sekarang juga.

Ayukkk pilih-pilih waktunya upgrade penampilan, biar suami makin cinta.

J-Theme