-->
Rabu, 29 Maret 2017

Anak Remaja Bunda Bersifat Tertutup, Mungkin 6 Kesalahan Ini Yang Telah Bunda Lakukan.



www.novanovili.com - [ Parenting] Anak merupakan bagian dari tubuh kita, darah daging kita, siapa sih yang tidak bahagia ketika anak memiliki hubungan yang dekat, akrab dan hangat  dengan anak-anak.  Tapi banyak juga bunda yang resah ketika mendapati anak yang begitu pendiam, kurang terbuka. Padahal jujur saja terkadang begitu ingin tahu apa yang sedang dirasakan oleh anak, masalah apa saja  yang sedang dihadapinya, tapi anak jarang sekali bercerita, bahkan jika ditanya sekalipun dijawab satu-satu atau tak sesuai yang kita harapkan.

Banyak anak remaja yang begitu terbuka , serta percaya kepada  teman -temannya dibanding orang tuanya. Sungguh ini sangat mengkhawatirkan terlebih dizaman sekarang banyak prilaku-prilaku anak yang menyimpang tanpa sepengetahuan orang tuanya. Orang tua wajib tahu, anak pergi kemana dengan siapa, ada rencana apa minggu ini. Banyak orang tua yang kecolongan  dengan prilaku anak.  Di rumah terlihat pendiam dan baik  gak neko-neko tapi tiba-tiba ada laporan dari sekolah bahwa anak suka membolos, merokok dll.

Tertutupnya sikap anak bisa jadi karena karakternya pendiam dan introvert memang sudah bawaannya seperti itu. Tapi kita sebagai orang tua pasti paham  anak yang pendiam yang  sudah bawaan  kecil, tapi walupun begitu biasanya mereka tetap terbuka dengan orang terdekatnya seperti ayah ibu nya atau sodara kandung yang lain.

Lalu bagaimana jika ternyata anak atau remaja yang sebenarnya memiliki sifat ceria, extrovert tapi bersikap tertutup dengan  orang tua sendiri?. 

Berikut beberapa alasan yang memungkinkan  anak bersikap tidak  terbuka kepada ortuanya :

1). Jarang mengajak anak berbicara.   Ntah apa alasannya terkadang ada orang tua yang telalu pendiam dan jarang bicara pada anak, mungkin terlalu sibuk atau merasa semua baik-baik saja  . Mungkin melihat anak berkelakuan gak macam-macam, cuma dirumah, atau asyik main sendiri,  lalu berpikiran  “ah..dia baik-baik saja kok, jadi tidak perlu tanya macam-macam”. Tapi apakah bunda yakin bahwa anak bunda baik-baik saja? kita hanya melihat tampilan luar saja loh, dihati dan pikiran  siapa tahu. Bukankah pernah ada kasus anak bunuh diri, lalu orang tua tidak tahu alasannya?, ada juga anak yang tiba-tiba melarikan diri dari rumah karena merasa tidak diperhatikan. Mengajak anak  berbicara bisa membuat mereka bersikap terbuka, merasa ada teman untuk bercerita, merasa ada orang yang bisa dipercaya untuk menyimpan “rahasianya”.  Kita bisa memulainya sedini mungkin, sejak mereka pandai berbicara karena jika menyadarinya ketika remaja agak sulit untuk “mengorek-ngorek” apa yang mereka pikirkan.

Untuk kebaikan tak ada kata terlambat, mungkin awalnya mereka jengah dengan keberadaan kita yang “kepo”, tapi yakinkanlah bahwa dia merasa nyaman dengan keberadaan kita. Anak tak hanya butuh uang tapi juga kasih sayang perhatian dan sentuhan.

Bisa juga bunda memberi pancingan kepada mereka. Berceritalah bunda lebih dahulu, curhat-curhat kecil, atau minta pendapat mereka. Dengan begitu mereka merasa dibutuhkan, dan merasa tak ada jarak dan tentunya mereka juga mau bicara dan bercerita tentang apa yang mereka rasa dan alami.

Baca juga : Ketika anak tumbuh sebagai penentang

2). Malas mendengar curhat anak. Harusnya bersyukur ketika anak mau bercerita keadaan mereka, ntah tentang sekolah, teman, bahkan sosok yang dia taksir, atu ada cowok yang naksir, dll. Walau kita tidak setuju dengan apa yang terjadi, tetaplah jadi pendengar yang baik. Jika ada hal-hal yang mungkin “menyimpang” minimal kita mengetahuinya dan pelan-pelan kita beri masukan, atau diskusi bersama beri alasan-alasan yang tepat. Karena jika kita langsung bertindak , bisa saja mereka jadi tidak mau curhat dengan kita karena sudah ketakutan duluan.


3). Memotong pembicaraan dan Prasangka Negatif. Awalnya mungkin anak ingin bercerita terbuka, tapi karena emosi atau”sok tau” kita malah memotong pembicaraan . Sikap kita ini tentu saja bikin mereka malas untuk terbuka dan bercerita  detail. Misalnya anak pulang sekolah  kesorean:

 “ Bun, tadi aku pergi ke rumah Nia..”
“Oh..jadi kamu pulang sekolah langsung kerumah Nia, rumahnya kan jauh..sendirian pula kalau kenapa-napa gimana ? besok-besok kalau mau pergi kesana telpon atau sms bunda dulu ya..”
“ Bun..Nia itu sakit hampir seminggu, jadi aku pergi sama teman sekelas sama wali kelas juga kesana, tadi udah  sms bunda, tapi gak ada jawaban, yaudah aku pergi aja, kan bukan maksud main-main”
“…….oh iya , hp bunda mati barusan dicharger”

Sok tau banget kita ya bun?  Anak jadi suka males ngomong ,ya gini deh? belum apa-apa sudah disangka negatif.  Jika sudah begini tak hanya membuat sikap tertutup pada kita  tapi bisa membuatnya tidak jujur.

4). Apa-apa dilarang dan sering marah. Sebagai orang tua kita memang harus protektif terhadap anak tapi kadang suka lebay berujung posesif. Jika ingin melarang anak berkegiatan mungkin bisa mengajaknya berdiskusi, dan memberi gambaran plus minus jika anak mengikutinya, diharapkan anak bisa memahaminya dan memilih alternatif kegiatan lain. Bagaimanapun anak butuh bergaul dan tentu untuk pengembangan diri mereka  juga.

Baca juga : Orang tua cerewet, penting

5). Bersifat otoriter dan tak ingin mendengar pendapat Anak. Sifat orang tua yang keras dan otoriter kadang membuat anak malas bicara. Toh percuma saja, diberi pendapat atau tidak, tidak akan diterima. Ujung-ujungnya anak cuma manggut dan setuju didepan ayah bunda saja, tapi  dibelakang ia membangkang merasa bebas

6). Membuka rahasia anak. Setiap anak punya keunikan tersendiri. Ada tipe yang pemalu dan sensitif. Sesuatu yang kita anggap biasa justru dianggapnya penting dan rahasia . Misalnya dia menceritakan tentang sesuatu dan menginginkan kita merahasiakannya dari siapapun.  Tapi kita menyepelekan pesan itu tiba-tiba kita nyeletuk membeberkannya didepan saudaranya yang lain lalu tertawa. Mungkin kita anggap itu biasa, tapi bagi yang sensitif, ini justru sebuah pukulan baginya. Besok-besoknya anak jadi malas bercerita.

Anak bersifat tertutup memiliki berbagai alasan, kadang mereka malas ribut karena kita yang menanggapi masalah dengan terlalu heboh dan ekspresif. Seperti telah dijelaskan bahwa anak memiliki keunikan tersendiri ,ada tipe yang tidak kita tanya pun mereka tetap berbicara, ada tipe yang tertutup dimana kita sebagai orang tua harus memiliki strategi sendiri menghadapinya. 

Yuk..bun kita jalin kedekatan dengan anak dari sekarang, terutama bunda-bunda yang anak-anaknya masih balita, masih gampang dibentuk, bener gak sih…?. #SelfReminder




Senin, 27 Maret 2017

Review: Wardah Exclusive Matte Lip Cream 12 Plump It Up


www.novanovili.com-[Review] Lebih dari setengah lusin lipstick yang aku punyai adalah wardah tapi setelah coba, aku akan pakai yang itu-itu saja warnanya  (penyakit perempuan setia) :D .  Biasanya aku suka  pakai ang warna merah hati, maroon, pokoknya warna yang agak tua soalnya wajah ku nggak putih jadi kalau pakai  warna yang soft gitu justru akan terlihat pucat jadi butuh warna yang dapat mengalahkan  dominan wajah heheehe.

Minggu, 26 Maret 2017

AC Low Watt Bisa Menjadi Solusi Untuk Hunian Minimalis


www.novanovili.com-[Lifestyle] Kebutuhan masyarakat akan pendingin udara atau AC semakin tinggi. Cuaca panas yang tidak menentu akhirnya juga ikut mendukung masyarakat untuk mulai membeli AC. Kini tidak hanya rumah-rumah mewah saja yang menggunakan AC, bahkan rumah-rumah sederhana di perkotaan bahkan pedesaan pun kini sudah terpasang pendingin udara.
Namun banyak juga masyarakat kelas menengah kebawah yang mengurungkan niatnya untuk membeli pendingin ruangan. Mereka memiliki beberapa alasan salah satunya adalah takut jika mahal nya tagihan rekening listrik tiap bulannya serta kurangnya daya listrik dirumah takut daya  down atau anjlok hingga menyebabkan rusaknya peralatan elektronik lainnya.
Nah, patut diketahui masyarakat sekarang sudah ada jenis AC Low Watt atau AC yang hemat energi. Seperti namanya, AC ini memang bisa membantu kita untuk mengurangi pemakaian energi.
Mengingat fungsinya yang tidak hanya mampu menghemat energi, namun juga ramah lingkungan tentu AC low watt ini sangat cocok untuk dipadukan dengan hunian minimalis kita.
Berikut ini adalah beberapa alasan yang mendasarinya:
  1. AC yang low watt memiliki kelebihan yang selaras dengan jenis hunian yang Anda miliki. Sesuatu yang minimalis dipadukan dengan sesuatu yang juga minimalis itu sangat tidak mungkin untuk dikeluhkan.
  2. AC jenis ini memang harga belinya lebih tinggi dibandingkan dengan AC biasa. Namun Anda hanya akan membayar mahal di muka sebagai harga beli lalu bisa menikmati manfaatnya dengan tidak adanya pembengkakan tagihan listrik bukan? Mengingat hunian minimalis seringkali dimiliki oleh keluarga menengah ke bawah maka AC Low Watt adalah solusi yang baik.
  3. Ada beberapa merek pendingin udara hemat energi yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga memiliki varian PK beragam. Mengingat hunian minimalis identik dengan area yang tidak terlalu luas, tentu Anda harus mencari AC dengan pilihan PK kecil atau sesuai dengan area rumah Anda. Salah satu merek pendingin udara yang memiliki varian PK beragam adalah Daikin. AC Daikin Deluxe R32 FTM25JV14 yang menjadi andalan Daikin di kategori pendingin udara hemat energi tersedia dalam varian 1 PK, 1 ½ PK, 2 PK, 2 ½ PK dan 3 PK. Anda bisa memilih AC dengan PK sesuai kebutuhan Anda.
Nah bagaimana, apakah sahabat Nashhah sudah memiliki gambaran tentang pendingin udara hemat energi yang akan dipasang di rumah atau kamar anak? Memilih AC Low Watt sudah waktunya donk ya..?

Selasa, 21 Maret 2017

Roti Tawar Expired, Ulang Tahun dan Pizza

www.novanovili.com - [curhat] Kali ini postingan aku beneran berisi curhatan, gak penting-penting amat sih dan gak hot-hot banget  tapi hanya menuliskan disini agar tak lekang dimakan zaman, dan terekam jejak nya  pada kenangan. #eeaaa!

Ini cerita tentang kekonyolan kami (aku dan suami)  pada suatu pagi, terasa konyol, lucu, apalagi mengingat ekspresi kami pada pagi itu, suami ku setengah kaget sedikit melongo dan wajah ku terkejut tapi campur geli melihat ekspresinya, lalu kami tertawa .

Pagi akhir bulan februari lalu seperti biasa aku disibukkan dengan urusan dapur masak, cuci piring seperti biasa. Sedang kan suami senangnya bersih-bersih, nyapu, ngelap  meja, buangin  ntah pelastik bungkus -bungkus ataupun sisa nasi diatas meja. Saat aku mengupas dan mengiris bawang, suami ku beberes meja makan sambil memeriksa sebungkus roti tawar.

“Ini roti  masih bagus gak ya…”
“ Sudah buang aja lah mas, emang sih baru tiga hari tapi pas beli udah agak keras” jawab ku sambil melihat sekilas
“ Ah..jangan main buang aja, masih bagus kayaknya….”
“ Ada tanggal kada luarsanya ga….?”
“ Eh..iya bawahnya udah ada jamur, tanggal berapa ya….?(sambil membaca) 27 Febru…, ihhhh…kemarin aku   ulang tahun” dengan wajah mengingat dengan ekspresi yang terlihat lucu
“Ha..?! (istri ikutan bego), iya ya mas..aduh maaf lupa, lagian mas gak ngingetin, gimana  mau ingat” istri durhaka boro-boro kasih kejutan , padahal moment lupa itu pas banget kasih kejutan sebenarnya ya.., tapi apa daya faktor U dan kerepotan pagi.
“Ish..gak ngucapin..gak ngasih kado , Istri kok gitu?”  becanda
“Yang ulang tahun aja lupa , wajar aja kalo yang lain juga lupa, lagian akhir bulan cadangan menipis…” aku ketawa, dia ketawa.

Akhirnya di sudut dapur aku salim minta  maaf, terus ngucapin  selamat ulang tahun plus cipika cipiki dengan pipi bau bawang dan belum mandi hahahahaha, mana adegan cepat pula sambil tengok kebelakang kali kakeknya Hamid lewat  dan melihat  adegan mencurigakan kasak kusuk didapur.

Dua minggu kejadian baru deh nraktir si pak suami  ya di beliin pizza  yah..cari yang murah saja, kasian amat yak pesen pizza nunggu ulang tahunan ekspektasinya sih surprise tapi realita biasa aja hahahaha.., tapi makannya nambah, jadi si istri durhaka cukup bahagia (yeee..kaya yang bikin lu aja).
---
Padahal awal-awal nikah dulu ulang tahun itu kok dikenang diingat banget ya. Ulang tahun gak harus dirayain sih ya, tapi tugas kita adalah menyenangkan dan membahagiakan pasangan cukup ingat saja itu rasanya senang banget. Jika ada dana lebih bisalah beli kado kalo nggak ya traktiran, kalo nggak ya sun pipi aja..hihi,,

Kalau awal-awal emang sih berasa perlu ya , untuk menumbuhkan semangat cinta didalam dada #yihaa. Aku pernah membelikannya hadiah berupa kaos dan kemeja diawal menikah dulu, oh tenyata gak muat aku beli  ukuran L seharusnya XL, karena tipe istri gak bertanggung jawab akhirnya kaos buat aku dan kemeja dia nukerin sendiri ke toko :p

Waktu aku ulang tahun pertama setelah menikah dia ngerjain aku, bilangnya gak akan pulang karena banyak kerjaan, padahal waktu itu lagi sakit, ditungguin ucapan selamat ultah gak muncul-muncul. Akhirnya hampir senja baru datang membawa kue tart, dan kado ternyata dia beli tas kerja, dan jam tangan wanita, senang lah..ya.

 Patut lelaki tahu  bahwa wanita  itu butuh diperhatikan gak perlu mahal atau mewah yang sederhana aja bikin hati wanita berbunga senang misalkan memberi kejutan dengan beli gamis terbaru untuk mereka, bener kan…???? *lalu terdengar gemuruh tepuk tangan wanita :D

Untuk wanita ketahui juga, bahwa lelaki tak se ekspresif kita wanita yang agak lebay meluapkan perasaan senangnya, seperti lonjak-lonjak, tepuk tangan, memeluk, atau bersuara riang. Terkadang kita ingin melihat mereka bersuara riang saat diberi kejutan, tapi nyatanya gak.sesuai harapan. Walaupun begitu, mereka tetap bahagia dalam diamnya dan takjub  ..dengan "kreatifitas" sang istri hehehee.. karena mereka tidak mau melihat istri makin lebay saat melihat merwka takjub :D

makin keluar jalur dari judul nih... maklum lah perempuan kalo ngomong suka-suka, persis air mengalir gak bisa dibemdung.

Sahabat Nashhah punya cerita lucu saat memperingati ultah pasangan?  cerita yuk ..biar bisa ketawa bareng…

----
Karena postingan curhat..sengaja titik titik dibanyakin biar keliatan santai plus alay :D



Senin, 20 Maret 2017

CATATAN PENTING DIBALIK KALIMAT "TERIMALAH AKU APA ADANYA DAN AKU TERIMA KAMU APA ADANYA"


   www.novanovili.com - [ Pernikahan ]
“ Terimalah aku apa adanya dan aku terima kamu apa adanya”. Wow! So sweet banget kalimatnya ya? Membuat jiwa melayang terkena panah cinta dari dua sejoli yang kasmaran.

Oke, sebentar kita tinggalkan kalimat itu dan kita  kembali ke alam nyata penuh fakta #tsaaah.

Sudah berapa lama  kita menikah?  5 tahun? 10 tahun? 15 tahun? lebih. Sudah punya berapa anak 2,3,4 bahkan 5 mungkin lebih. Apakah dari sikap kita  ada yang berubah sejak menikah ? banyak.

Dari awal bulan-bulan pertama menikah saja kita sudah banyak komplen dengan sifat pasangan. Sang suami yang cuek , dandan biasa saja, kadang malah gak mandi cukup cuci muka dipagi hari langsung berpakaian rapi, terus keluar rumah ntah kerja atau mungkin bertemu teman-teman, belum lagi handuk ditaruh asal-asalan. Tentu saja membuat  wanita yang rapi, ini sebuah masalah dan gak segan-segan  memberi tahu suami panjang lebar , dan berakhir dengan mendapat label “situkang ngomel” oleh suami dan dianggap terlalu cerewet. Dan kejadian ini bisa dibalik  mungkin saja sang suamilah  yang rapi, istri yang pemalas dan tak pandai beberes rumah. Tak hanya sholat yang bisa dijamak tapi mandi pun bisa dijamak,  Mandi pagi jam 12 siang udah sekalian untuk mandi sore, mandi sehari sekali. (egh! aku banget waktu gadis)

Sebenarnya konsekwensi “ Terimalah aku apadanya “ itu sangat berat, Ketika kita  mengatakan itu  artinya kita juga harus rela “Menerima  kamu apa adanya” terus kalimatnya ditambah ” gak cuma kebaikan yang aku terima tapi kejelekan-kejelakan kamu”. Apakah kita sanggup   untuk menerima apa adanya pasangan kita yang ternyata banyak sifat dari pasangan kita itu yang ternyata lebih 40% (mungkin gak sebanyak ini ya) punya kebiasaan jelek yang tentu saja tidak kita sukai.  

Contoh:
Kejelekan suami : Pemarah, Egois, Cemburuan, Pemalas, Cuek, Temprament, mudah tersinggung, pendendam.
Kejelekan Istri : Nyelekit, Tukang Ngomel, suka mengungkit-ngungkit masalah lalu, memotong pembicaraan, gak mau ngalah, mendominasi.

Seandainya keduanya terlibat pembicaraan serius dan tak punya keinginan untuk berubah, dijamin pertengkaran sering banget terjadi, percaya deh. Bertengkar dan sesekali cekcok itu biasa  tapi jika sering bertengkar, ada sesuatu yang harus dibenahi.
---
Dibalik “ Terima aku apa adanya” ada “aku” yang pelan-pelan ingin berubah jadi pribadi yang lebih baik untuk hubungan yang lebih baik dan  juga ada “ kamu” yang juga berusaha menciptakan hubungan yang harmonis.
 Hubungan yang baik dan harmonis diciptakan oleh rasa yang sama-sama ingin menjadi yang lebih baik
Mungkin diawal memang sulit untu merubah kebiasaan  kadang-kadang keceplosan kadang-kadang reflex main lempar handuk sembarangan, buang sampah sesuka hati. Diawal menikah perlu pembicaraan dari hati kehati dan kejujuran akan sifat jelek yang dimiliki, biar tidak kaget jika sewaktu-waktu “kejadian”. Dan katakan aku ingin berubah  untuk hubungan kita minimal mengurangi, kita saling bantu untuk hubungan kita yang makin mesra hingga tua #Tsaah *lagi*

Jika ada yang kurang sreg, ada kata atau gerak tubuh yang membuat tersinggung,  mendingan langsung saja diomongin, jangan diam. Kadang jika sesuatu masalah jika didiamkan saja, biasanya akan menggelinding bagai bola salju. kemarahan  semakin lama akan semakin besar. Segala sesuatu harus terbuka dan gak perlu disimpan didalam batin lama-lama, yang tentunya akan menyebabkan tekanan batin. :D


Tapi memang ada dari sekian banyak orang, ada yang memiliki sifat jika dia marah dia diam. Bukan diam untuk mendamaikan hati, bukan diam untuk menghindari mengeluarkan kata-kata kasar, tapi justru diam untuk memperlihatkan kemarahan.

Jujur saja jika aku pribadi  lebih senang dimarahin dengan terbuka dari pada diam. Jika ngomong atau dinyinyirin langsung maka aku bisa membela diri, nah kalau kebetulan ternyata aku benar-benar salah, aku bisa minta maaf langsung, selesai. Malamnya bisa bermesraan lagi deh, #eh.

Tapi ada yang udah marah-marahan pake suara lantang saling jawab, terus diam-diaman sampai 2 minggu, duh!. Padahal nih katanya kalau mau diam-diaman dan tidak tegur sapa itu kan maksimal  3 hari kan ya..?? lewat tiga hari  amal ibadah gak diterima, serem banget. Itu tenggang waktu yang diberikan jika ke orang lain, masa suami istri jadi kayak orang lain sih? Emang maksud menikah mau ngapa? mau marah-marahan atau mesra-mesra an?

Jadi ngelantur,

Oke jadi intinya kalimat “ Terima aku apa adanya dan aku terima kamu apa adanya itu” gak  bisa terhenti begitu saja, karena konsekwensinya bisa perceraian (jangan sampai terjadi). Dalam rumah tangga itu kita terus belajar untuk menjadi pribadi yang memiliki sikap yang lebih baik. Pernikahan itu investasi kebahagiaan untuk masa yang panjang, belum lagi kalau sudah punya anak, anak sudah sekolah sudah besar  masa kita sifatnya gitu-gitu saja. Arus informasi yang gampang diperoleh, anak-anak sekarang jadi cepat dewasa, bahkan lebih bijak dari orang tuanya, makin kritis , jangan sampai kita malah dinasehatin anak-anak, malu dong ah sama anak.

 #Selfreminder juga buat aku, karena pernikahan itu adalah ruang belajar yang terus hidup untuk investasi kebahagiaan  untuk masa yang panjang. Bagaimana menurut sahabat Nashhah? ada yang mau sharing  pengalaman atau mau menambahkan dipersilahkan dengan senang hati.



Sabtu, 18 Maret 2017

ANAK USIA BATITA SENANG MEMECAHKAN SESUATU, INILAH YANG HARUS DILAKUKAN



 www.novanovili.com-[ Parenting ] Sebelum menginjak usia 2 tahun anak ku senang sekali memcahkan gelas, bahkan pernah dia sengaja mengambil gelas dalam lemari lalu melemparkannya,  sengaja  mengambil gelas yang kebetulan diletakkan dipinggir meja, sengaja menggoyang-goyang rak piring dan mengambil piring disana lalu melepaskannya.

 Awalnya aku  biasa, lalu sebel, lalu bingung, lalu memikirkan bagaimana solusinya . Sebagai manusia biasa pasti ada sebal, marah, tapi juga harus intropeksi diri, apalagi sebagai seorang ibu harus banyak sabar, banyak belajar. Berawal dari ketidak sengajaan. Ya, awalnya anak tidak bermaksud membanting kan gelas atau piring, tapi suatu waktu mungkin memegang gelas, lepas dan terjatuh.  Lalu kenapa bisa seperti ketagihan dan berulang.

baca juga : inilah saat kesabaran seorang ibu harus dilevel puncak

Menurut ku ada beberapa alasan:

  • Anak menyukai sensasi suara pecah dan kacavyang berserakan, namanya juga anak-anak kan ya..? belum mengerti. Untuk selanjutnya dia seakan memiliki kerinduan untuk melihat dan mendengar kejadian serupa.
  •  Reaksi kita yang berlebihan. Sebenarnya sih wajar saja  kita teriak berlari antara terkejut dan takut anak  luka terinjak pecahan kaca ditambah omelan yang keluar dari mulut “ misalnya , ya tuhan..kenapa dipecahin sih nak, nanti kalau luka bagaimana  berdarah loh, sakit loh..bla..bala.. ",panjang banget. Tau gak? ternyata anak sama sekali tidak menyimak yang kita omelin panjang lebar, tapi justru ia merekam reaksi wajah takut/marah kita dan suara kita yang melengking karena ketakutan. bertambah lagi  point sensasi “rindu” yang di ingin dilihatnya.Kelihatan banget saat aku buru-buru mengangkat dia, dan aku ngoceh anak ku malah serius melihat wajah ku dan seperti menikmati.

Bagaimana solusinya, langkah apa sih yang diambil?

 Sebagai ibu (semua orang dewasa di rumah)  tidak boleh lengah, pastikan meletakkan sesuatu yang mudah pecah jauh dari jangkauan anak-anak, misalnya meletakkan gelas setelah minum  di tengah meja, atau menjauhkan vas bunga berbahan kaca dari tempat yang mudah dijangkaunya. gak masalah rumah tidak terlihat indah walau bagaimanapun keselamatan anak lebih penting. Karena aalasan sebenarnya sayang anak bukan sayang vas bunga he2, jangan kebalik ya buibu :D

sumber : pixabay.com
Gantilah peralatan makanannya dari pekakas yang tidak mudah pecah, bolehlah untuk sementara waktu menggunakan piring atau gelas berbahan pelastik. Biasanya anak usia segitu kan sudah belajar untuk makan sendiri dan minum sendiri. Kita juga gak mau menghambat kemandirian anak  bukan?
Jauhkan peralatan atau pekakas yang mudah pecah dari rak piring (gak mungkin juga kan ya… ntar rak piring kosong dong.. :D), ya minimal letakkan ke rak yang lebih tinggi yang mungkin jauh dari jangkauannya. Biasanya emang gitu kan ya..? anak-anak seusia itu rak piring jadi mainan, semua perabotan diturunkan, ya panci, ya baskom, ya mangkok diturunin semua, kadang dibawa sampai ke ruang tamu.

Saat “kejadian”  anak melakukan hal yang sama, memecahkan gelas atau pring, bereaksilah  biasa. Tampakkan wajah yang biasa, jangan teriak , jangan ngomel,. Tapi tetap sigap angkat dia jauhkan dari pecahan yang berhamburan, lalu sapu bersih.

Ajak Bicara.Setelah bersih dan beres, lalu ajak anak duduk bersama beri pemahaman kepada anak bahwa itu bahaya. Nak… gak boleh lagi pecahin gelas ya…, nanti kakinya luka loh berdarah loh. Gapapa sedikit menakutinya sambil pegang tangan atau kakinya sambil agak-agak bergidik atau bagaimana. Anak usia biasanya sudah paham diajak ngomong, walau mereka sendiri belum lancar berbicara. Kenapa setelah bersih, yak arena percuma jika kita ngomel atau ngomong saat heboh ngangkat dia , terus lari-lari ambil sapu, mereka tidak akan memahami yang kita katakana, tapi malah menikmati reaksi wajah kita yang ketakutan. Pastikan saat berbicara berhadapan dengannya melihat matanya, dan dia memperhatikan gerak mulut kita. bukan sambil main atau nonton TV.

Baca juga : Orang tua cerewet, penting

Itu beberapa hal yang aku lakukan saat anak  memecahkan gelas baik sengaja atau tanpa sengaja. Bersyukur akhir-akhir ini  kebiasaan itu sudah tak berualang. Tapi tetap kita sebagai orang tua harus waspada, tidak meletakkan gelas dipinggir meja atu tempat lain yang mudah dijangkaunya.

Teman-teman punya pengalaman seperti ini, anak suka memecah atau membating  gelas? bagaimana solusiny? sharing disini yuk berbagi pengalaman.


Kamis, 16 Maret 2017

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI TEMPAT TIDUR

sumber foto : mataharimalldotcom
www.novanovili.com - [Lifestyle]
Untuk memilih tempat tidur yang sesuai  dengan kebutuhan kita itu gampang-gampang sulit. Banyak juga yang berpendapat bahwa memilih tempat tidur itu hal remeh temeh “ lah, cuma tempat tidur aja kok repot”. Tapi faktanya banyak yang  menyesal  setelah tempat tidur dipasang dikamar. Alasan macam-macam,  salah satunya tempat tidur yang tidak nyaman  dan membuat badan pegal-pegal  saat bangun dipagi hari.
Tempat tidur  tak hanya sekedar melepas kantuk, tapi juga harus membuat kita nyaman tidur dan beristirahat. Tidur yang nyenyak dan posisi tubuh yang tepat akan membuat tubuh  kembali bugar, dan bersemangat beraktivitas keesokan harinya. Masihkah mengatakan bahwa urusan memilih tempat tidur adalah hal yang remeh temeh?

Senin, 13 Maret 2017

10 Universitas di Malang dengan Jurusan Teknik Informatika

Tinggal beberapa bulan lagi  akan dilaksanakan pengumuman Kelulusan Ujian Nasional  baik tingkat SMA/SMK/MA maupun tingkat SMP. Khusus untuk kelulusan tingkat SMA, biasanya mereka akan sibuk mencari Perguruan Tinggi yang cocok untuk kuliah melanjutkan pendidikan mereka kejenjang yang lebih tinggi. Bahkan Orang tua juga ikut memikirkan pendidikan anak untuk  mencari tempat kuliah yang cocok bagi anak-anak mereka.


Pulau Jawa biasanya menjadi tujuan utama untuk melanjutkan pendidikan. Salah satunya adalah kota Malang. Selain kota bunga dan terkenal dengan hawanya yang dingin , Malang juga dikenal sebagai kota Pendidikan, dimana kota ini memiliki banyak universitas dan politeknik yang terkenal hingga seluruh Indonesia. Ditambah dengan meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang datang dari luar kota dari tahun ke tahun membuat julukan tersebut semakin melekat pada kota Malang. Salah satu bidang ilmu yang menjadi favorit para mahasiswa baru adalah teknik informatika. Tercatat 10 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang mempunyai jurusan teknik informatika di dalamnya. Berikut ini adalah daftar kampus teknik informatika yang ada di Malang beserta akreditasi dari BAN PT sebagai referensi Anda yang ingin menempuh perkuliahan di jurusan teknik informatika :

1.       Universitas Brawijaya Malang
Kota Malang memiliki 2 universitas negeri, salah satunya yaitu Universitas Brawijaya. Kampus negeri favorit ini memiliki jurusan teknik informatika yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dengan akreditasi B (2013).

2.       Universitas Negeri Malang
Nama jurusan IT di universitas negeri ini yaitu Pendidikan Teknik Informatika, dimana lulusannya nanti akan mendapat gelar S.Pd. Pada umumnya mereka akan berprofesi menjadi guru professional atau instruktur di bidang IT atau bisa juga berwirausaha. Akreditasi jurusan PTI adalah B (2016).

3.       Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas swasta yang sangat terkenal hingga ke seluruh nusantara ini juga memiliki jurusan teknik informatika yang mendapat akreditasi B pada tahun 2014.

4.       Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang
Kampus teknik informatika ini semakin berkembang pesat sejak berganti status dari institut menjadi universitas. Akreditasi yang dimiliki jurusan teknik informatika di kampus ini adalah B (2014).

5.       Universitas Kanjuruhan Malang
Jurusan teknik informatika terbilang masih baru di kampus swasta ini, dimana proses akreditasi masih berjalan.

6.       Institut Teknologi Nusantara (ITN) Malang
Kampus swasta ini termasuk kampus pionir di kota Malang, yaitu berdiri sejak tahun 1972. Saat ini jurusan Informatika di kampus ITN memiliki akreditasi B (2015).

7.       Politeknik Negeri Malang
Jenjang pendidikan teknik informatika di kampus ini adalah D-IV dimana lulusannya memiliki gelar SST (Sarjana Sain Terapan). Akreditasi yang dimiliki adalah B (2013).

8.       Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang
Sesuai namanya, kampus teknik informatika ini memfokuskan diri pada pendidikan IT dan komputer. Nilai akreditasi yang diperoleh adalah B pada tahun 2014.

9.       Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional Malang
Dahulu kampus ini adalah sebuah lembaga pendidikan luar sekolah yang kemudian bermetamorfosis menjadi sebuah sekolah tinggi. Jurusan teknik informatika pada kampus ini memiliki akreditasi C (2014).

10.   Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Asia (STMIK Asia) Malang
Serupa dengan STT STIKMA Internasional, akreditasi jurusan teknik informatika di STMIK Asia ini adalah C (2015).

Semoga referensi kampus teknik informatika di Malang tersebut bermanfaat bagi adik-adik  yang berminat untuk menempuh pendidikan di bidang IT di kota Malang.




Sabtu, 11 Maret 2017

Wanita menolak lamaran pria. Ini yang wajib diketahui pria


www.novanovili.com - [Lifestyle] Banyak pria yang langsung menuduh wanita materialistis ketika lamaran atau ajakan menikah ditolak wanita yang menjadi dambaannya. Perlu dicatat tak semua wanita mendambakan pria ganteng untuk menikahinya, atau mengharapkan pria super kaya untuk menjadi imamnya dalam menjalani biduk rumahtangga. 

Faktanya banyak wanita yang mengatakan bahwa dia hanya ingin pria sederhana, bertanggungjawab, setia, dan sayang kepadanya. Sangat jarang yang bilang harus super ganteng, harus kaya raya, karena harta bisa dicari seiring membangun rumah tangga secara berkah. Lagi pula hal-hal yang bersifat duniawi justru akan menimbulkan masalah dimasa datang. Misalnya suami ganteng ujung-ujungnya jadi sumber pertengkaran , karena perasaan cemburu, atau banyak wanita yang menggoda dll.

Jika alasannya begitu kenapa saja masih ada wanita yang menolak lamaran pria, yang jelas-jelas mencintai dan akan menikahinya. Wanita memang unik mereka memiliki sifat-sifat yang sulit ditebak. Tapi salah satu cara mendamaikan hati yang galau akibat penolakan adalah dengan berprasangka baik pada Allah mungkin dia  bukan  jodoh yang tepat dan terbaik, selain itu harus sabar dan terus memperbaiki diri agar diberikan jodoh yang tepat.

Berikut hal-hal yang mungkin membuat wanita berpikir ulang untuk menjadi istri mu.

Kepribadian dan Etos kerja. Kepribadian yang dimaksud disini adalah sikap diri, sopan santun , tata krama, cara berbicara, semangat hidup. Semangat hidup yaitu rasa percaya diri dan optimis menjalani kehidupan. Seorang akhwat pernah bercerita bahwa dia menolak  lamaran seoarang pria rekan kerjanya  karena dia melihat si pria ini seperti tak punya etos kerja, lamban dan seperti orang yang malas menjalani hari-harinya, misalnya datang kekantor terlambat, banyak ngobrol dll. Yes, Wanita butuh figur pemimpin dalam rumah tangga bagaimana bisa menjadi pemimpin jika menyemangati diri sendiri saja tidak bisa.

Baca juga : Antara ta'aruf,php , dan ban serep

Pekerjaan. Seperti yang disebutkan diatas bahwa tak semua wanita ingin pria kaya raya dia hanya butuh pria yang  semangat bekerja dan bertanggung jawab. Walaupun gaji pas-pasan paling tidak kamu bisa menunjukkan  punya modal untuk menghidupi dan memberikan kebahagiaan dari hasil keringat mu sendiri.  Untuk diawal ini perlu banget, beda lagi jika  nanti di tengah “jalan” kalian berdua memutuskan bikin usaha sendiri atau mau bagaimana-bagaimananya.

Egois. Banyak pria yang egois dengan berjanji ingin menikahi wanita, tapi tak pernah tahu waktu yang tepat untuk memenuhi janjinya. Wanita sangat tidak suka “digantung” dan butuh kepastian. Jadi jangan salahkan dia jika tiba-tiba dia meninggalkan dan mengambil keputusan untuk menerima lamaran pria lain.

Terlalu Menggampangkan Masaalah. Ketika ajakan menikah disampaikan, biasanya wanita akan memberikan beberapa pertanyaan pada pria, hal ini sering dilakukan saat-saat perkenalan atau taaruf. Misalnya aku gak  bisa masak loh, bagaimana nanti?  dll. Jawabanmu seperti apa? akan mempengaruhi keputusan wanita , misalnya kamu jawab “ alah..gampag, nanti begini..tinggal begitu..” dll. Biasanya wanita akan lebih banyak istikhoroh dengan pria model begini.

Baca juga : 6 Alasan kenapa menikah muda menjadi viral

Emosi. Selain bidang spritual calon suami , yang menjadi pertimbangan lain wanita, adalah tingkat emosional dan cara mengambil keputusan dari seorang pria juga hal paling penting. Wanita tidak suka pria yang emosional dan tempramental. Pria bisa dinilai bagaimana saat dia marah. Makanya banyak wanita bertanya tanya “ jika kamu marah? apa yang kamu lakukan?” karena ini juga masuk daftar ceklis dalam mengambil keputusan.

Wanita itu sangat sensitif  dan cendrung merasa takut ketika harus melangkah kepelaminan tak heran jika mereka sangat berhati-hati memilih suami.  Alasan-alasan kenapa pria ditolak itu sangat banyak , tergantung wanita seperti apa yang akan dijadikan istri.

Beberapa waktu lalu saat BW ke blognya MbaK Ria . M. Fasha aku juga menemukan artikel beberapa alasan kenapa pria ditolak, lengkapnya di “ Hai Lelaki! ini alasan Kenapa Ajakan Nikah Kalian DITOLAK” pada artikel ini mba Ria M. Fasha lebih terbuka dan blak-blakkan berdasarkan pengalaman yang dia alami dan berdasarkan pengamatannya.  Secara garis besar hampir sama yang aku jabarkan diatas hanya saja disini mba Ria lebih rinci , jelasnya langsung ke blognya saja ya, disini aku tulis point-pointnya saja.

Ini alasan wanita menolak ajakan menikah dari seorang pria :

Berjanji akan menikahi tapi masih dalam waktu lama, misalnya dua atau emapat tahun lagi. Siapa yang bisa jamin ya?? dalam satu menit saja kadang hati bisa berubah. Secara pribadi aku juga gak setuju dengan hal ini, mending siapa cepat dia dapat he2.
Menikah tapi nunggu sukses dulu, tapi gak tau suksesnya kapan, dan “jalani hubungan ini aja dulu”. Hello wanita gak suka digantung ya, dan butuh kepastian. Wanita gak suka lebel “perawan tua”.
Menyombongkan harta dan jabatan. Sebelkan ya, belum apa-apa sudah ngomongin harta benda. Memang sih, perempuan suka jika calon suaminya mapan. Tapi kalau belum apa-apa kok ya harta dijadikan daya tarik, kesannya kok belum apa-apa perempuannya sudah disangka matre. Hal semacam ini sudah bikin perempuan ilfill duluan.
Tidak Sabar Meyakinkan Orang Tua Perempuan. Laki-laki itu harus gentel dan berani untuk memperjuangkan cintanya. Jadi jika orang tua kurang yakin  sudah sepantasnya seorang pria dengan gagah berani meyakinkan bahwa anak mereka akan bahagia jika menikah dengannya. Tapi Jika nggak berani, ya jangan salahkan jika di tikung sipemberani he2
Salah mencari pihak ketiga. Maksud hati minta dikenalin, maksud hati agar dipermudah ternyata pihak ketiga tidak amanah. Nah  kan.., lebih baik berani langsung lamar ke orang tua perempuan , dari pada pihak ketiganya gak menyampaikan malah  dilamar orang lain lebih dulu.

Buat pria yang belum menikah, jangan remehkan diri anda dengen lebel pria jelek dan tidak kaya. karena tak semua wanita menggilai lelaki ganteng dan kaya raya.  Rupa ganteng/cantik itu merupakan ujian berumah tangga, karena itu kesholehan dan pribadi yang baik jadi syarat utama.
___
Btw buat manteman yang ingin kenalan dengan Blogger cantik asal Bengkulu Mba Ria M. Fasaha , seorang istri dan juga ibu ini bisa klik klik akunt sosial medianya .

Blog : www.riafasha.com
Fb : Ria M Fasha
IG :@riafasha
Twitter : @chikaraen 
Ria M Fasha ngeblog sejak 2009

Jangan lupa juga kunjungi blog probadinya, banyak artikel menarik, tentang tips dan trik, soal pernikahan , sampai resep masakan khas bengkulu.

Baca juga : Ketika Niat Tak Lagi Lurus




Selasa, 07 Maret 2017

Mengenal Kuliner Khas Korea Selatan

Sejak maraknya drama Korea,  Korea makin terkenal ,terutama Korea selatan yang beribukota di Seoul. Tak hanya jalan kisah drama yang membuat kita "baper" dan aktor dan aktris yang membuat kesengsem, tapi juga kota  daerah  tempat dilakukannya shooting drama tersebut yang membuat orang orang penasaran untuk mengunjunginya.


Tak heran kini banyak sekali yang menjadikan Korea Selatan menjadi destinasi wisata, termasuk masyarakat Imdonesia. Korsel memang memiliki tempat wisata yang sangat menarik sebut saja Seoul Tower, hanok village desa tradisional korea dan istana kerajaan korea yg sering muncul pada drama atai film lolosal korea. Kuliner Korea Selatan juga  memiliki beberapa makanan khas , yang cita rasa kulinernya  terkenal dengan rasa pedas dan sajian hangatnya.

Tak hanya saya teman-teman yang lain pasti ingin banget ke Korea Selatan kan
.? apalagi melihat teman-teman blogger yang udah pernah berkunjung  ke negri oppa-oppa ganteng heheehehe

Tapi sebelum kesana bolehlah kita kenalan dulu dengan kuliner khas Korea Selatan. Berikut kuliner khas Korea Selatan yang cukup menggugah selera :
  1. Kimchi
https://media4.popsugar-assets.com/files/2012/03/12/1/192/1922195/80b175b7d54b5e7d_23219340_22f1ba951d_o.jpg
Kimchi merupakan jenis sayuran fermentasi, sayuran yang diolah seperti sawi atau lobak. Kimchi memiliki cita rasa yang unik, kimchi memiliki perpaduan rasa pedas dan asin. Kimchi merupakan makanan wajib masyarakat korea, suasana makan semakin lezat jika ditambah kimchi.
  1. Bulgogi
http://www.neontommy.com/sites/default/files/users/user835/photo%20copy%203.JPG
Orang korea juga menyukai daging sapi, bulgogi merupakan makanan khas korea yang berasal dari daging sapi, bagian sirloin diiris tipis lalu dipanggang. Namun sebelum dipanggang daging sapi tersebut sudah dibumbui terlebih dahulu agar terasa semakin manis.
  1. Ddukbokki
https://sites.google.com/site/1132702189v1/_/rsrc/1388897058783/food-k/ddeokbokki/Ddeokbokki.jpg?height=240&width=320
Makanan ini sudah ada sejak lama di korea, dan hingga saat ini masyarakat korea masih suka menikmati ddukbokki. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis bercampur pedas, jika anda mengadakan liburan ke korea selatan maka anda dengan mudah bisa menemukan warung ddukbokki di korea karena ini termasuk jajanan pasar yang dijual dipinggir jalan.
  1. Jjampong
https://jinjuprojectnyc.files.wordpress.com/2012/07/jjampong.jpg
Jjampong merupakan makanan lain yang cukup populer ditengah masyarakat korea, ini merupakan jenis mie yang dimasak bersama dengan beberapa seafood. Bersiap-siap saat memakan jjampong karena rasa makanan ini akan membakar lidah anda, pedas.
  1. Kimbab
http://blog.kitchenaid.com/wp-content/uploads/Kimbap-on-plate.jpg
Kimbab merupakan sushinya korea, makanan ini juga dijual di pinggir jalanan. Kimbab berisi nasi, sayur, ikan atau daging lalu digulung bulat dengan nori/rumput laut. Bentuk kimbab juga bervariasi ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk segitiga.
Nah, begitu menggugah selera bukan? Sudah terfikir akan mencoba makanan mana terlebih dahulu? Selain terkenal dengan fashion atau kosmetik ternyata Korea Selatan juga terkenal dengan kuliner khasnya. Jadi tak perlu membawa makanan dari Indonesia karena dapat di pastikan bahwa anda tidak akan kelaparan bila liburan ke Korea Selatan.

Teman teman yang udah kesana boleh sharing tentang makanan Korea disini loh, atau ada restoran khas korea di Indoneaia? kasih tau dong tempatnya..

Kamis, 02 Maret 2017

Jangan Salah Pilih! Ikuti 5 Tips Berikut Ini Sebelum Membeli High Heels


Sumber : Hasson Associatedo


www.novanovili.com - [Lifestyle-Tips] Bagi wanita, high heels merupakan salah satu fashion item yang cukup penting. Selain bisa menyempurnakan penampilan, high heels juga bisa memberi efek lebih jenjang dan seksi pada kaki.
Oleh karena itu, memilih high heels tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, high heels yang tidak tepat justru akan membuat kita tidak nyaman saat menggunakannya, atau justru teronggok begitu saja di rak sepatu karena tidak cocok dengan berbagai outfit yang kita punya.
Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini sebelum kamu membeli high heels!

1. Utamakan kenyamanan

Sumber: Confused Sandals
Faktor kenyamanan merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan. Apalagi jika high heels tersebut akan dipakai dalam waktu yang lama. Misalnya di acara pesta atau selama sehari penuh. Sepatu high heels yang dibuat dengan perhitungan yang tepat akan memberi efek yang lebih nyaman saat digunakan dibanding high heels yang dibuat asal-asalan.

2. Bijak dalam memilih tinggi heels

Sumber: Sale Stock
Pilihlah high heels yang tingginya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk dipakai sehari-hari, kamu bisa memilih heels dengan tinggi 5-7 cm. Sementara untuk kebutuhan pesta, kamu bisa memilih heels yang lebih tinggi. Namun pastikan juga kamu bisa berjalan dengan mudah saat memakainya.
Jangan sampai heels-mu justru membuat kamu tidak nyaman atau malah membuat cara jalanmu menjadi aneh karena tidak biasa memakai heels yang terlalu tinggi.

3. Perhatikan bahan sepatu yang digunakan

Sumber:  todayonline

Bahan-bahan tertentu bisa menyebabkan lecet di kaki. Terutama untuk jenis sepatu high heels yang menuntut tumit harus bekerja ekstra untuk menahan bobot tubuh. Untuk memilih bahan yang tepat, pastikan untuk mencoba dulu high heels yang akan kamu beli, lalu gunakan sambil berjalan beberapa langkah.
Selain itu, berbagai jenis bahan juga bisa mempengaruhi look dari heels kamu. Ada beberapa bahan seperti bahan kulit, kulit sintetis atau suede.

4. Pilih model high heels sesuai kebutuhan

Sumber: Sale Stock
Memilih model high heels tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Misalnya, untuk office look, sebaiknya kamu memilih pump heels atau pointed heels. Sedangkan untuk tampilan yang lebih seksi dan romantis, kamu bisa memilih high heels dengan model tali temali untuk dipadukan dengan dress favoritmu.

5. Cermat dalam menentukan warna

Sumber: Sale Stock
Jika kamu ingin sepatu heels-mu bisa cocok dengan berbagai outfit, pilihlah warna-warna nude seperti peach, silver, atau coklat muda. Sementara bagi kamu yang cukup berani bermain dengan warna, tidak ada salahnya memilih warna-warna bold yang bisa memberi statement untuk penampilan kamu, seperti warna merah menyala atau shocking pink.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum membeli high heels agar tak salah pilih. Kalau kamu bingung mencari high heels kekinian  yang nyaman, kamu bisa temukan di Sale Stock Indonesia yang menjual berbagai produk fashion secara online. Tak perlu repot-repot datang ke toko sepatu, cukup dengan duduk cantik di rumah, kamu bisa bebas pilih semua jenis sepatu atau sandal jenis high heels sesuka hati dengan mudah.

Serunya lagi, semua produk di Sale Stock dibanderol dengan harga jujur dan bebas biaya kiriman. Kamu juga nggak perlu takut barang yang tiba di tangan kamu berbeda dengan yang di foto, karena Sale Stock Indonesia menjamin bahwa detail ukuran dan fotonya bukan hoax!

Kapan lagi bisa belanja semudah dan sejujur ini?

6*J-Theme